Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bibimbap (Nasi campur Korea) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 31, 2017

Bibimbap (Nasi campur Korea)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bibimbap (Nasi campur Korea) yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bibimbap (Nasi campur Korea) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bibimbap (Nasi campur Korea), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bibimbap (Nasi campur Korea) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bibimbap (Nasi campur Korea) adalah 1-2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bibimbap (Nasi campur Korea) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bibimbap (Nasi campur Korea) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bibimbap (Nasi campur Korea) memakai 25 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep minggu ke-10 untuk #PejuangGoldenApron3 Masih ada sedikit sisa daging sapi dari Iedul Adha kemarin, yuk dibuat bibimbap saja. Nasi campur ala Korea ini sayuran pendampingnya banyak. Cara memasaknya pun berbeda. Sedikit ribet sih hehe tapi seru. Dan insya Allah sehat dari beberapa macam sayurnya juga dapet. Resep kali ini minus gochujang sih, karena ga punya. Tapi, rasanya tetap enak. Mungkin kalau ditambah gochujang, bisa menambah rasa lagi ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bibimbap (Nasi campur Korea):

  1. Secukupnya Nasi matang
  2. Secukupnya Minyak wijen
  3. Secukupnya Biji wijen (disangrai)
  4. Bahan sayuran pendamping nasi:
  5. 1 genggam Bayam hijau
  6. 1 genggam Tauge/kecambah
  7. 1 buah Wortel ukuran sedang
  8. 2 buah Jamur kancing
  9. 1 buah Telur
  10. Bahan bumbu sayuran pendamping:
  11. Secukupnya Garam
  12. 2 siung Bawang putih (dihaluskan)
  13. Secukupnya Minyak wijen
  14. Bahan tumis daging:
  15. 1 genggam Daging sapi (direndam baking soda semalaman)
  16. Secukupnya Minyak wijen
  17. Secukupnya Bawang putih (dihaluskan)
  18. Secukupnya Garam
  19. 1 sdt Kecap asin
  20. 1 sdt Kecap manis
  21. Secukupnya Lada putih
  22. Secukupnya Penyedap
  23. Bahan masak:
  24. Secukupnya Air (untuk merebus dan blanching)
  25. Secukupnya Minyak (untuk menumis)

Langkah-langkah untuk membuat Bibimbap (Nasi campur Korea)

1
Haluskan 2 siung bawang putih. Sisihkan. Setelah itu potong-potong dan cuci semua bahan pendamping (sayur dan daging). Wortelnya dipotong memanjang (seperti korek). Untuk bayam, cukup potong akarnya saja.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 1
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 1
2
Yang pertama saya buat adalah sunny side up atau telur ceplok. Sebenarnya untuk telur ini, mau dimasak terakhir juga bisa. Pilihan masing-masing. Kalau saya, agar lebih bersih ke wajan saja sih kalau telur dulu yg saya masak. Beri sejumput garam. Setelah matang, sisihkan (kalau saya disimpan di piring lain)
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 2
3
Berikutnya kita akan blanching bayam hijau. Cuci bayam hingga bersih. Kemudian, panaskan air dalam panci. Setelah mendidih, masukkan bayam dan rebus selama 1 menit. Setelah 1 menit, angkat bayam dari panci dan langsung cuci lagi di air mengalir yang dingin ya. Setelah itu, peras bayam dan potong menjadi 4 bagian. Bumbui dengan seujung sendok bawang putih halus, garam dan secukupnya minyak wijen. Aduk bayam dengan bumbu dan sisihkan (saya simpan di piring telur tadi).
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 3
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 3
4
Sayur berikutnya yang akan dimasak adalah tauge/kecambah. Setelah tauge dicuci bersih, rebus tauge selama 10-15 menit di dalam air yang diberi sejumput garam. Setelah dirasa matang, tiriskan taugenya lalu bumbui lagi dengan bawang putih halus + garam + minyak wijen. Aduk hingga merata dan sisihkan.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 4
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 4
5
Berikutnya kita tumis wortel. Setelah wortel dipotong dan dicuci, taburi garam dan diamkan sebentar. Setelah itu tumis sebentar. Setelah dirasa cukup matang, sisihkan.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 5
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 5
6
Berikutnya kita tumis jamur. Potong dan cuci jamur. Setelah itu tumis, masukkan sejumput garam, bawang putih halus dan minyak wijen. Setelah matang, sisihkan.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 6
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 6
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 6
7
Terakhir, kita masak daging sapinya. Lebih baik daging sapinya direndam di air baking soda semalaman ya agar daging nya empuk saat dimasak. Setelah dipotong dan dicuci, marinasi daging dengan secukupnya garam, bawang putih halus dan minyak wijen. Setelah itu tumis, kemudian tambahkan kecap asin, kecap manis, lada putih dan penyedap. Masak hingga bumbu meresap. Setelah matang sisihkan.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 7
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 7
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 7
8
Setelah semua bahan pendamping nasinya sudah siap. Masukkan nasi putih ke dalam mangkuk (sesuai dengan selera masing-masing). Lalu tata sayuran dan daging di atas nasi. Terakhir, simpan telur di tengah. Taburi wijen sangrai dan minyak wijen. Bibimbap pun siap disantap. Jangan lupa diaduk/dicampur dulu ya semua pendampingnya dengan nasi sebelum dimakan.
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 8
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 8
Bibimbap (Nasi campur Korea) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Resep Sapi Teriyaki Ala Hokben - Resep Sedap

Resep Sapi Teriyaki Ala Hokben - Resep Sedap

Ini dia cara gampang resep ngolah daging sapi jadi teriyaki ala hokben cukup dirumah aja ditambah masih baru baru abis idul adha, diresep saya pakai kikkoman kalau nga ada bisa di ganti merek lain. menurut saya ini cara paling gampang dan simple mudah diikuti. di simak ya resep olahan daging sapi ala hoka hoka bentonya.

2-3 Orang
45 menit
Sambel ati super duper enak banget

Sambel ati super duper enak banget

Tiap lebaran mbah pasti bikin opor ayam dengan sandingan sambel ati. Sambel atinya tu enak bangeeet ga bisa nolak. Sampe akhirnya aku suka minta bikinin tanpa harus nunggu lebaran. Dan sekarang udah jauh dari mbah. Nyoba bikin sendiri. Ini dia resepnya..

TUMIS SAPI LADA HITAM πŸ– | MAKIN DI β™₯SUAMI 😍

TUMIS SAPI LADA HITAM πŸ– | MAKIN DI β™₯SUAMI 😍

Masak daging sapi JANGAN DI RENDANG MULU bunπŸ˜‚ Hari raya kurban pasti banyak daging sapi ya, coba kita buat resep ala resro ini.. Mudah banget bun, kalau gak ada paprika, pake cabe rawit merah aja, sama persis rasa nya bun 😍 cekidot bun... .... #PejuangGoldenApron3 . #CABEKU #dagingsapi #tumissapiladahitam #sapiladahitam . #dagingsapi #tumissapi #sapiladahitam #olahansapi #yummy #kueviral #viral #corona #garagaracorona #covid19

5 orang
1 jam
Nastar Klasik

Nastar Klasik

Suka banget sama cemilan ini😍.Anak2 juga kalo males makan,pasti nyemilnya ini.Makanya aku sering bikin nastar buat cemilan dirumah,meskipun bukan hari lebaranπŸ˜…. Kali ini pake resepnya ci Tintin Rayner,nastarnya kokoh,ga cepet ancur,tapi dalemnya lembutt bangetπŸ˜‹ Source:Tintin Rayner #PejuangGoldenApron2 #MingguKe51 #CookpadComunityJakarta

68. Bakso Sapi Non MSG

68. Bakso Sapi Non MSG

Baru sempet ngolah daging kurban... Biasanya saya masak rawon atau soto.. Tapi kali ini saya bikin bakso karena request dari anak anak dan suami.. 500 gram jadi 60 pentol... Karena ada yang besar dan yang kecil, maklum... Amatiran 🀣🀣🀣🀣

1 jam 30 menit
Gulai Sapi

Gulai Sapi

Bismillah Resep ini saya dapat dari ibu mertua. Qadarullah bulan lalu saya opname di RS, pulang opname menginap di rumah mertua, karena bertepatan dg idul adha ada banyak daging di freezer, akhirnya bumer masak gulai daging kambing dan soto daging sapi. Gulainya suami yg makan, sotonya saya yg makan, karena saya sedang menyusui, kata bumer busui tidak boleh makan daging kambing (baiklah manut saja hehe). Karena waktu itu cuma bisa nelan ludah lihat suami makan gulai, hari ini saya coba masak gulai sesuai resep dari bumer tercinta, tp dg daging sapi. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa makan gulai dan yg terpenting suami suka. #CABEKU #bamasakjosantan

5 orang
1 jam
Tengkleng Rica Kambing

Tengkleng Rica Kambing

Sebelum pandemi suami sering tugas luar kota, salah satunya ke Solo. Tiap kesana owner pabrik disolo yg dikunjungi selalu ngajakin makan tengkleng kambing. Tiap pulang selalu cerita tengkleng kambingnya enak. Jadi klo sebulan 3 kali kunjungan ke solo, bakalan cerita yg sama kalo tengklengnya enak. Ini semacam kode buat istrinya masakin tengkleng πŸ˜‚ Dulu sempat bikin tengkleng tp dilihatin lama masakannya sama suami trus bilang kok gak sama ky yg dimakan. Woalah ternyata yg dimaksut tengkleng ricaπŸ˜…. Berhubung idul adha kemarin dapet iga dan daging kambing, akhirnya eksekusi yg selama ini dipengen suami. Sekalian ikut meramaikan posbar setelah beberapa kali ga pernah ikut posbar πŸ˜† #AlumniKelasCookpad_OlahanDaging #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_surabaya

Daging Sapi Sambal Merah

Daging Sapi Sambal Merah

Dapat daging kurban, bingung mau di apain. Mau di rendang ribet, belum ada santan, jadi ya di sambel aja. Mantab, enak dan yang paling penting suami doyan. #PejuangGoldenApron3 #dagingkurban

5 orang
1 jam
Sambel Godog lebaran

Sambel Godog lebaran

Berhubung ga mau fusing ak pake labu siam saza deh alias gambas wat Sambel Godog lebaran ny, mantaf lah

Semur Sapi Lebaran

Semur Sapi Lebaran

Bikin semur sapi lebaran deh, padahal pengen jg bikin Sambel Goreng Daging, tapi mau ny 3 mcm saza sdh, padahal msh semfat lah tuk bikin satu masyam lagi, org masih jam 11 siang ng syudah beresy masyak koq..

Soto Daging πŸ–πŸ„

Soto Daging πŸ–πŸ„

Ini 2hari moment lebaran kemarin yg bikin kalap ... Trus puyeng 😡 ,, abis bikin sate kambing , paginya soto sapi ... Besok nya tongseng kambing ... Tensi auto mledak 🌑️

5-7 porsi
2jam
Semur pedas daging kambing

Semur pedas daging kambing

biasanya saya kalo masak semur daging dengan bumbu yg sederhana saja,tapi kali ini saya kasih bumbu lengkap ala saya😁.sbenarnya ini prosesnya masak pas hari raya idul adha kemarin cuma bru sempet di post.sengaja saya kasih telur karna kebetulan anak sya tidak suka daging kambing.kalo semur identik dengan rasa manis,ini saya bikin pedas nampol biar makannya nambah terusπŸ˜…

Soto Betawi Fiber cream lezatos

Soto Betawi Fiber cream lezatos

soucre: Firdaningsih Mash ada stok daging sisa kurban, dari kmrn mau dibikin soto betawi. Berhubung saya senang makanan berbumbu, alhasil recook lah resep dr bunda firdaningsih. Ada beberapa bhn yg saya tidak pakai dan diganti... hasil emang enaaak #BanggaKirimRecook

3-4org
Jangan Lombok

Jangan Lombok

Sudah hampir 1 thn ini gak bisa pulang ke purwantoro wojogiri karna pandemi covid hari raya jadi gg bisa pulang deh ke sana kangen keluarga yg di sana apalagi masakan si mbh yang selau jadi primadona.. akhirnya bikin sayur yang wajib selalu di makan setiap kesana sambil masak sambil vc an sama si mbh biar gg salah masak nya..xixixixi.... rasa nya tetep ada yang kurang karena gg ada pete nya... Xixixi... Tapi tetep nikmat karna makan bareng sma keluarga di gresik ..lumayan yah... Sedikit mengurangi rasa kangen untuk mudik.. #CABEKU #bamasakjosantan #CookpadCommunity_gresik #Cookpaders #CookpadCommunity_Indonesia #KomunitasPaders

Sambal Goreng Kambing-Kentang

Sambal Goreng Kambing-Kentang

Pas Idul Adha kemarin dapet paha kambing. Di sate, tapi masih nyisa. Akhirnya di oprek lagi dijadiin sambal goreng + kentang πŸ”₯πŸ”₯ #PejuangGoldenApron3

Nasi Mandhi Rice Cooker

Nasi Mandhi Rice Cooker

Suasana idul kurban, jadi pengen cobain hidangan timur tengah. Pertama adalah nasi mandhi ini yaaa. Aku bikin yg simpel dulu. Next mau cobain nasi kebuli dengan bahan yg ga instan hehe.

2-3 orang
30-40 menit
Beef Teriyaki

Beef Teriyaki

Dapat kiriman daging qurban sampai hari kedua blm kepikiran mau dibuat apa.. setelah liat liat d cookpad ketemu resep mom of radhika.. cuss lah buat dan rasanya mirip dengan resto sebelah (h***e*) enaaaaak bgd.. anak anak suka πŸ‘πŸ˜‰

Beef Bulgogi

Beef Bulgogi

Bismillah ceritanya memberdayakan daging qurban yg mendekam cantik di freezer πŸ˜‚ ada bbrp bahan yg saya skip karna gada stok, dan di bawah ini ssya tulis resep aslinya yah silakan dicoba, enak dan simple bgt 😍😍 source: Bunda Ela #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor

20. Capjay Sayur Sehat

20. Capjay Sayur Sehat

Assalamualaikum teman-teman Cookpad! Masih Idul Adha ya. Lagi pengen makan sayur nih setelah beberapa hari makan olahan daging terus. Hehehe. Masih ada sisa sayuran capjay. Wortelnya sudah aku ambil buat sup iga kemarin. Teman-teman bisa pakai sayuran apa saja ya, ga harus sama kaya punyaku ini. Yuk kita buat masakan simpel dan sehat! #JadiPejuangGA3Lagi

Asem-asem Kambing, Buncis dan Tahu

Asem-asem Kambing, Buncis dan Tahu

Saat kecil tahunya masakan asem-asem isinya sayuran. Saat Idul Adha dan mendapat daging kambing, masakan yang dibuat biasanya cuma satai kambing. Kali ini, setelah sering masak, mengenal banyak nama food selebgram dan mengenal aplikasi Cookpad ternyata banyak sekali menu masakan yang bisa dibuat dari olahan daging kambing dan sayuran. Salah satunya adalah masakan asem-asem daging ini. Selain rasanya yang enak, di beberapa daerah di Indonesia ini adalah menu khas mereka, seperti Wonogiri dan Semarang. Meskipun bahan utamanya adalah daging kambing, tapi aroma prengus yang biasa ada di daging ini tidak mengganggu lho bahkan tidak terasa. Yang penting disantap saat hangat ya. Resep kali ini saya recook dari resep Bunda Diah Didi yang saya baca di web. Sila dicoba, InsyaAllah suka. Jangan lupa kuahnya dikondisikan ya, jangan terlalu sedikit. Pengalaman pertama masak ini, isi kuah kurang sebanding dengan kuahnya, jadi di detik-detik terakhir tidak kebagian kuah, he... Mending perbanyak kuah daripada isi. Tapi untuk takaran resep ini, InsyaAllah pas ya. Happy cooking! πŸ₯° #GA_TheNextLevel #BelanjaIdeDiPasarCookpad #sarungtanganCookpad