Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Banjar...Nyaman Banar yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 18, 2022

Soto Banjar...Nyaman Banar

Hari ini saya akan berbagi resep Soto Banjar...Nyaman Banar yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Soto Banjar...Nyaman Banar yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Soto Banjar...Nyaman Banar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Soto Banjar...Nyaman Banar sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Soto Banjar...Nyaman Banar biasanya untuk 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Banjar...Nyaman Banar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Banjar...Nyaman Banar memakai 48 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya terima challenge #DutaRecookBeraksi Minggu ini dari CilMin #CookpadCommunity_Borneo boleh recook dari Winniarti Ummu LaZha. Sedaaaap banget, complicated saat memasaknya tapi sebanding sama tastenya. Melebihi resto kalau kata suami. Alhamdulillah. Terimakasih bunda Winni πŸ€—πŸ˜πŸ™ Tentang : #ApakahAku "Biasanya aku dimakan dengan lontong, kuah ku bening, tapi di beberapa daerah kuahku cukup pekat. Ya.. aku ada hampir disetiap daerah di Indonesia. Serupa, namun memiliki ciri khas yang berbeda disetiap daerahnya. Irisan wortel dan kentang selalu menyertaiku" Kalau clue-nya diatas sepertinya "Soto Banjar" Hai, Bubuhan Samarendah, Bunda Ela, nitayasari, dan lain-lain ikutan challengenya yuk ah cusss goyang dapurnya masing-masing #Ahhaaaii πŸ˜‹πŸ˜ #JelajahResepKhasNusantara #DutaRecookSamarinda

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Banjar...Nyaman Banar:

  1. Bahan Ketupat/ Lontong :
  2. 3 cup beras (cup Magicom)
  3. 10 buah anyaman ketupat kosong ukuran sedang
  4. 1000 liter air untuk merebus ketupat
  5. Bahan Kuah Soto :
  6. 1/2 ekor ayam kampung
  7. 2.5 liter air
  8. 2 batang daun bawang
  9. 2 blok kaldu ayam (2 sdm)
  10. 2 sdm bawang putih goreng
  11. 1/2 sdm garam
  12. 1/2 sdm gula pasir
  13. Bahan Kuah Soto (Cemplung) :
  14. 6 biji kapulaga
  15. 5 cm kayu manis
  16. 5 biji cengkeh
  17. 2 buah bunga lawang/ pekak
  18. Bumbu Kuah Soto (Dihaluskan) :
  19. 15 butir bawang merah (75 gram)
  20. 7 butir bawang putih (30 gram)
  21. 2 ruas jempol jahe
  22. 1 sdt merica bubuk (17 butir)
  23. 5 biji kenari (boleh ditambahkan jika ingin kuah kental)
  24. 1 sdt adas
  25. 1/2 sdt kas-kas
  26. 1/2 serutan biji pala
  27. 2 iris ganti-ganti/ geganti
  28. 2 sdm minyak untuk menumis
  29. Bahan Sambal Soto :
  30. 10 buah cabe rawit
  31. 1 buah cabe merah besar
  32. 1 siung bawang merah
  33. 1 siung bawang putih
  34. 2 sdm minyak goreng
  35. Bahan Perkedel :
  36. 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
  37. 1 batang seledri, iris
  38. 1 siung bawang putih, iris
  39. 1 butir telur ayam, kocok lepas
  40. 1 sdt garam
  41. 1 sdt kaldu bubuk
  42. 200 ml minyak untuk menggoreng perkedel
  43. Bahan Pelengkap Soto :
  44. 6 sdm bawang goreng
  45. 3 biji telur itik rebus
  46. 3 batang wortel rebus, potong-potong
  47. 1 bungkus soun, rendam air panas hingga lunak
  48. Jeruk limau kuit/ jeruk nipis/ jeruk sambal/ jeruk kunci

Langkah-langkah untuk membuat Soto Banjar...Nyaman Banar

1
Siapkan semua bahan.
2
Membuat ketupat : cuci beras lalu tiriskan. Masukan beras kedalam ketupat dengan cara membuka sisi atas ketupat, isi menggunakan sendok hingga terisi setengah ketupat.
3
Rebus selama Β±1-2 jam (saya adaptasi metode 5.30.7 menjadi 20.30.20 atau 20 menit direbus, 30 menit diistirahatkan, lalu rebus kembali selama 20 menit). Lalu angkat dan tiriskan ketupat.
4
Kaldu ayam/ kuah : cuci bersih ayam, didihkan air didalam lanci, lalu rebus ayam selama Β±20-30 menit. Angkat, tiriskan, lalu suwir-suwir.
5
Bumbu Halus : Rendam kenari dan geganti ke dalam air panas selama beberapa menit hingga kulit kenari lebih lembek, lalu kupas kulitnya. Haluskan rempah yang agak keras yaitu adas, merica butiran, kas kas dan serutan pala menggunakan ulekan agar lebih halus. Lalu masukkan semua ke dalam gelas blender. Bisa juga memasukkan semua bahan tanpa diulek terlebih dahulu.
6
Blender bumbu hingga halus. Lalu tumis bersama kapulaga, cengkeh, bunga lawang, dan kayu manis. Tumis hingga bumbu benar-benar masak. Matikan api.
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 6
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 6
7
Kuah Soto : Masukkan bumbu ke dalam air rebusan ayam, aduk-aduk. Masak hingga kuah mendidih, tambahkan gula, garam, dan penyedap, cek rasa. Sebelum mematikan api, masukkan rajangan bawang prei. Didihkan sebentar agar daun bawang layu. Matikan api, taburi dengan sejumput bawang putih goreng, lalu tutup panci.
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 7
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 7
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 7
8
Membuat Perkedel : Goreng kentang sampai matang, lalu angkat dan tiriskan, haluskan kentang menggunakan ulekan bersama dengan bawang putih, lalu tambahkan merica bubuk, irisan daun seledri, garam, dan penyedap. Remas-remas lalu bentuk bulat pipih. Kemudian celupkan ke dalam kocokan telur. Goreng perkedel hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
9
Membuat Sambal : cuci bersih semua bahan lalu blender dengan air hingga agak halus. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis sambal yang sudah di blender hingga sambal matang.
10
Penyajian : potong potong ketupat, letakkan ke dalam piring (porsi sesuai selera) lalu tambahkan soun, kemudian suwiran ayam, lalu irisan telur rebus, daun seledri, dan terakhir irisan wortel rebus. Siramkan kuah soto ke dalam piring, lalu beri taburan bawang merah goreng.
11
Sajikan bersama sambal, perkedel, irisan jeruk untuk nantinya diperas diatas kuah. Nyaman banaaaar lah wal! πŸ˜‰πŸ˜‹
Soto Banjar...Nyaman Banar - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tipat Cantok

Tipat Cantok

🌷 Bismillah,... Namanya mak2 ya, kl pas jemput krucil2 biasanya paling demen nunggu di kantin sekolah, sambil nyemil2 syantikkk 😊 dan tipat cantok ini salah satu fav akyuuuu. Tp berhubung saat ini krucil2 belajarnya dirumah (daring) jd ya tdk bisa nongki di kantin deh utk sementara waktu. Krn pengen bngt, yo wis kita buat sdr aja deh di rumah, yukkkkk mareee 🌟 Cara dan selera saya πŸ™πŸ˜Š #JelajahResepKhasNusantara #JelajahResepSehat #JelajahResep #CookpadCommunity_Bali

1 orng
49. Ketupat Keto Konyaku

49. Ketupat Keto Konyaku

Sebagai penganut KF lifestyle putriku selalu minta dibuatkan ketupat/lontong KW πŸ˜‚. Ketupat KW ini berbahan dasar konyaku dan buatnya lebih mudah dari pada ketupat atau lontong dari beras. Ketupat konyaku ini biasa dinikmati dgn opor ayam, sayur, sate dll. Rasanya enak juga kok, gurih dan yang pasti tinggi serat dan rendah karbohidrat..😍 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadindonesia #cookpadcommunity_bandung #ketopad

Ketupat irit gas metode 5.30.7

Ketupat irit gas metode 5.30.7

. Selamat Idul Adha temen2 semua.. . Dari awal ga ada rencana mau bikin ketupat. Cuma coincident aja liat mas sayur bawa janur di gantung2 di mobil, terus kok jadi mupeng. Perdana masak ketupat sendiri. Biasanya makan kupat pas mudik aja πŸ˜† . Baru sempet bikin tadi malem, dan paginya nyobain Alhamdulillah ternyata pas di lidah. Cucok tekstur n mateng nya. Ga pake drama boros gas pula. Masyaa Allah.... mamak senaaang πŸ₯°πŸ˜πŸ₯° Source: ugi #pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_tangerang #bertumbuhbersamacookpad

10 buah
42 menit
Soto Banjar

Soto Banjar

Indonesia memang kaya akam rempahnya. Dan soto banjar ini adalah salah satu makanan yang kaya rempah, alhamdulillah dapat kesempatan merasakan dan membuatnya sendiri. πŸ˜„ rempahnya asli dikirim dari kalteng, trimakasih mb mega 😍😍 sebelumnya sudah pernah buat tapi ad rempah yang kurang karena memang disini ndak ada. Hehe #BerapiBerami_SilvaMalexhi #BemasakSotoBanjar_SilvaMalexhi #CookpadCommunity_Kalbar #PejuangGoldenApron3

Lodeh sayur #pelengkap ketupat sayur

Lodeh sayur #pelengkap ketupat sayur

Pagi2 pengen ketupat sayur, cma disini adanya ketupat sayur padang dan saya kurang suka 😷 jadinya bikin sayur lodeh sendiri, trus tinggal beli lontong/ketupatnya deh...

Bakso Lombok Uleg Simple Khas Temanggung

Bakso Lombok Uleg Simple Khas Temanggung

Sesungguhnya ku tak pede upload resep ini karna terlalu simple hihi itu di gambar keliatannya kuahnya merah yak maaf efek camera aslinya mah engga merah merah acan 🀭 yg ku buat hanya kuah simple nya aja ✌ aku buat ini tgl 25 mei sekalian ngabisin ketupat lebaran, ini salah satu makanan khas kampung saya 'TEMANGGUNG' edisi kangen kampung halaman ceritanya

2 porsi
Soto Banjar

Soto Banjar

Bismillahirrahmanirrahim. Makanan ini membuat saya mengenang almarhumah mama yang kelahiran Barabai Kalimantan Selatan. Biasa beliau yang selalu membuatkan untuk kami di hari Raya Idul Fitr atau saat kami ingin makanan inii. Untuk Soto Banjar yang saya buat ini recook dari Kak Silva Malexhi yang beberapa waktu lalu menjadi narasumber saat cooking class Soto Banjar di WAG Cookpad Kalimantan Barat. . Alhamdulillah senang sekali saya mendapat paket dari beliau yang berisi rempah-rempah khas yang sulit di cari di sini. (geganti, khas2,kenari). Saat menumis bumbu aroma rempahnya benar-benar harum berbau khas yang memang beda dengan kuah soto yang lain. Sehingga saya menjadi tak sabar untuk segera menikmati nya. πŸ˜€ Terima kasih kak #SilvaMalexi yang telah berbaik hati memberi paket rempah asli. Semoga kakak selalu sehat ya. Yuk kita lihat resep nya. Source : Silva Malexhi #berapiberami_SilvaMalexhi #BemasakSotoBanjar_SilvaMalexhi #SotoBanjar_MamahAura #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadIndonesia

6 porsi
60 menit
Ketupat Opor ayam sederhana

Ketupat Opor ayam sederhana

Ceritanya, moment lebaran tahun pertama masakin opor buat suami tercinta..dan akhirnya berhasil hore...

Taoge Goreng

Taoge Goreng

Resep dasarnya aku liat di blog Diah Didi ya. Cuma aku tambahin jumlah cabe dan bawangnya sedikit dan aku ga pake gula pasir karena udah manis dari kecapnya ^_^

03. Tahu Tek-tek

03. Tahu Tek-tek

By : Reny suryaningsih Liat abang2 jualan di jalan pengen beli takut gak sesuai rasanya, ya udah deh akhirnya saya bikin aja sendiri.. #KeDapurAja #PejuangGoldenApron #CookpadCommunity_Pasuruan #belanjaidedipasarcookpad #sarungtangancookpad #sutilcookpad #reseppawon_q #ResepReny

1 porsi
20 menit
Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Salah satu soto dari sekian banyak soto nusantara , kuahnya bening dan gurih dengan isiannya ayam atau bisa juga daging sapi, ciri khasnya disajikan bersama ketupat/lontong dan krupuk merah juga sambal kacangnya Source : @heshidayat #Cookpad10 #CookpadCommunity

Ketoprak

Ketoprak

Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas drama tradisional yang diyakini berasal dari Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta. Itu yg sy tau ttg ketoprak sblm hijrah kesini🀭 padahal klo di jakarta, ketoprak itu makananπŸ˜‹ Dan yg sy tau ttg makanan spt ini, itu kaya kupat tahu klo di sundaneseπŸ˜„sama2 bumbu kacang dan ada kupat tahu tauge bihun, sama toh? Tp ttp tak sama... Ketoprak disini, yang merupakan salah satu makanan tradisional khas Jakarta masih laris dicari untuk sarapan ataupun makan malam. Sajian ini terdiri dari irisan ketupat/lontong yang disajikan bersama tauge, tahu goreng, dan bihun, lalu diberi siraman saus kacang dan kerupuk, jaman now dikasih pelengkap telur jadi ketoprak telorπŸ˜‹ Yuks eksekusi🀀saya juga recook dari #ResepKoki #PejuangGoldenApron3 #BertumbuhBersamaCookpad #WeekendChallenge #JelajahResep #JelajahResepNusantara #JelajahResepKhasNusantara #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_Id #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis

3 porsi
30 menit
Sate padang rumahan ala bun

Sate padang rumahan ala bun

Makanan favorit anak anak, kalo beli bisa 2-3 porsi lumayan ya ... Mumpung punya stock lidah rebus dirumah (resepnya sebelum ini) yuk cus eksekusi. Puas makannya ☺️

6 porsi
35 menit
Tahu Guling Khas Yogyakarta

Tahu Guling Khas Yogyakarta

Cerita nya mamah cookpad kesayangan semua ngajak jalan jalan online lintas Bandung- Sumatera Barat- Yogyakarta pas banget kan di saat keadaan Negeri kita masih dlm suasana pembatasan semua kegiatan nahh aku jalan jalan nya dari dulu pingin ke Yogyakarta dan Bandung sampai lah aku jalan jalan nya di dapur CP nya mba Ratna @Dapur Bunda Aileen sekalian kirim utk #ArisanCooksnapSalamKenal #CooksnapDapurBundaAileen #PekanCooksnap #Cooksnap_id #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

3 orang
30 menit
Sate Lidah Padang

Sate Lidah Padang

Minggu ke-37 #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Depok Source : Xanders Kitchen Recook : Vina Ghatfan

Sayur Labu (sayur ketupat)

Sayur Labu (sayur ketupat)

Kemarin ada lontong, tapi ga ada temennya jadi buat sayur ini aja. Waktu lebaran juga bikin sayur labu buat temennya ketupat karena sayur ini ga pedas, jadi alhamdulillah anak-anak suka. #PejuangGoldenApron3 Senin, 1 Juni 2020 Week 1

Ketupat Metode 5.30.7 dan Tips

Ketupat Metode 5.30.7 dan Tips

Assalamualaikum,wr.wb,,,Sobat Cookpaders,, Ketupat,,,buat ketupat dari daun kelapa ini,tidaklah susah, mematangkan beras dalam cangkang ketupat ini, yang membutuhkan waktu yang lama Kelebihan Ketupat dengan lontong yang dibungkus plastik ataupun daun,Ketupat yang dimasak hingga matang dan tanak jauh lebih awet daripada lontong berbungkus daun atapun plastik Ini ada tips berdasarkan pengalaman saat memasak Ketupat 1.Apabila beras yang kita pakai beras pulen,ketupat tidak akan tahan lama/mudah berair 2.Apabila beras yang kita pakai bukan pulen,hasil ketupatnya tidak mudah berair,kalau disimpan lebih tahan lama,teksturnya empuk tetapi kurang lembut 3.Apabila beras yang kita pakai bukan beras pulen,isi sesuai dengan takaran kita membuat ketupat, jangan terlalu berlebih,agar hasilnya tetap empuk,bisa disiasati dengan menambah air saat merebus, sehingga ketupat terendam dan beras mudah empuk dan lembut 3.Apabila kita memakai beras pulen,dan akan disimpan,lebih bagus kalau ketupat yang sudah matang,dikukus terlebih dulu sebelum disimpan Ketupat yang saya masak ini memakai beras bukan pulen, Alhamdulillah,,, hasilnya tidak mengecewakan,,enak,empuk,lembut,hemat waktu dan gas Source Ugi #GA_TheNextLevel #DirumahAja #BagikanInspirasimu #Cookpadcommunity_surabaya #Cookpadcommunity_madura #Clovercookinglover #Cookingwithheartheatingwithlove #3

Sayur Godog betawi / Sayur Ketupat

Sayur Godog betawi / Sayur Ketupat

Resep mertua, nikmatnya dlm kesederhanaan bumbu dan cara yg d pakai.

10 porsi
30 menit