Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan 42 Pecel Lele Homemade yang Sempurna

Dipos pada June 27, 2019

42 Pecel Lele Homemade

Anda sedang mencari inspirasi resep 42 Pecel Lele Homemade yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya 42 Pecel Lele Homemade yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 42 Pecel Lele Homemade, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian 42 Pecel Lele Homemade di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat 42 Pecel Lele Homemade biasanya untuk 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 42 Pecel Lele Homemade sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 42 Pecel Lele Homemade memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Anak pertama pengen lauk lele goreng. Berhubung ayah ibuk suka menu hwuaahhh, lelenya dibikin menu pecel lele ini. Sambalnya mantabs lho moms, mampu nambah lele sama nasi berkali-kali,hehehe. Selamat mencoba yaa moms ;) #PejuangGoldenApron3 #OlahanLeleKayana #OlahanSambelKayana

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 42 Pecel Lele Homemade:

  1. 2 ekor Lele
  2. 1 sdt Ketumbar bubuk
  3. 1/2 sdt Kunyit bubuk
  4. Secukupnya Garam
  5. Secukupnya Air
  6. Secukupnya Tepung terigu
  7. Secukupnya Minyak goreng
  8. Bahan Sambel Pecel Lele:
  9. 5 buah Cabe rawit merah
  10. 5 buah Cabe kriting merah
  11. 5 siung Bamer (Bawang merah)
  12. 1 buah Tomat merah
  13. 1/2 bungkus Terasi ABC kecil
  14. 2 lembar Daun jeruk, buang tulang daunnya
  15. Secukupnya Garam
  16. Secukupnya Gula jawa
  17. 2 sdm Minyak goreng
  18. Bahan Lalapan:
  19. Kubis
  20. Timun

Langkah-langkah untuk membuat 42 Pecel Lele Homemade

1
Cuci bersih lele yang sudah dibersihkan bagian perutnya, lalu potong menjadi dua bagian (untuk menghemat minyak saat menggoreng). Tambahkan Ketumbar bubuk, Kunyit bubuk, Garam, dan Air hingga semua bagian lele terendam. Aduk rata. Diamkan 15-30 menit agar bumbu meresap.
42 Pecel Lele Homemade - Step 1
42 Pecel Lele Homemade - Step 1
2
Setelah bumbu meresap, panaskan Minyak goreng (banyaknya sekira semua bagian lele terendam). Tambahkan 1 sdt Garam (supaya tidak meletup-letup saat menggoreng). Sembari menunggu minyaknya panas, tiriskan lele dari rendaman bumbu kemudian gulingkan ke Tepung terigu (untuk membantu mengurangi lengket di wajan saat menggoreng).
42 Pecel Lele Homemade - Step 2
42 Pecel Lele Homemade - Step 2
3
Goreng lele dalam minyak panas. Balik lele ketika salah satu sisi sudah berwarna kecoklatan/matang. Setelah matang di kedua sisi, angkat dan tiriskan.
42 Pecel Lele Homemade - Step 3
42 Pecel Lele Homemade - Step 3
4
Sambil menggoreng lele, siapkan bahan-bahan sambel pecel lelenya. Haluskan Cabe rawit merah, Cabe kriting merah, Bamer, Tomat merah, dan Terasi.
42 Pecel Lele Homemade - Step 4
42 Pecel Lele Homemade - Step 4
5
Goreng sambel tanpa minyak hingga air menguap semua. Setelah tidak ada airnya, tambahkan Minyak goreng, Daun jeruk, Gula jawa, dan Garam. Aduk rata. Tes rasa. Masak hingga harum dan matang.
42 Pecel Lele Homemade - Step 5
42 Pecel Lele Homemade - Step 5
42 Pecel Lele Homemade - Step 5
6
Pecel lele siap disantap bersama nasi dan lalapan.
42 Pecel Lele Homemade - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi pecel pincuk

Nasi pecel pincuk

Postingrame2 Minggu 3 Maret 2019 #pr_semuadehadadisini . Kebetulan sekali sekalian weekend sebagai menu keluarga . Tema Cooking "One Dish Meal / makanan Sepinggan . Sengaja kami buat Nasi Pecel Pincuk atau disajikan dengan pincuk daun pisang serasa lebih sedap . Supaya kembali ke alam menu ini lengkap disajikan nasi , sayur mayur , bumbu pecel homemade serta empal ayam goreng , telur ceplok serta pelengkap Rempeyek kacang tanah dinikmati rame2 bersama keluarga serasa makan di luar boleh dicoba yummy 😍 #pr_semuadehadadisini #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_bandung #berburucelemekemas #resolusi2019 #kemauandankemampuan

6 pincuk
240 menit
Pecel Lele Sambal Lamongan

Pecel Lele Sambal Lamongan

#NawarinIkan #Semarak_NawarinIkan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta . Bismillah,,,Ikutan Semarak bareng teman-teman [email protected],,,ide dari mbak Tri Puji Lestari,,,masak tema aneka olahan Ikan Tawar. Saya buat ini,,,Pecel Lele Lamongan,,,aslinya suka beli ini di kaki lima, doyan aja, gak pernah kepikiran bikin,,, soalnya banyak yang jual, klo bikin sendiri takutnya gak sesuai ekspektasi,,,ealah ternyata setelah cooksnap resepnya mbakYu Echa dari cc_jogja rasanya enaaak banget, bener2 mirip seperti yang dijual abang-abang kaki lima, gak nyesel dan pingin bikin lagi,,,yuk ah cek resepnya ☺️

8-10 porsi
Menu diet nasi tahu bakar sambal pecel with salad

Menu diet nasi tahu bakar sambal pecel with salad

Ini menu makan saya dikala diet.....

1 porsi
30 menit
Pecel Lele gurih

Pecel Lele gurih

Udah lama gk masak lele semoga habis di lahap,karena biasanya kalau dah lama gk masak jadi nafsu makanya,karena saya kel kecil jadi masaknya hanya sedikit #PejuangGoldenApron2

Sambel pecel lele

Sambel pecel lele

Ini resep sambel yang kemarin buat bareng ikan lele goreng kremes yaa #PejuangGoldenApron3 #mingguke25

Nasi Gurih Pecel Jogja

Nasi Gurih Pecel Jogja

Dulu waktu berkunjung ke tempat nenek, nenek saya sering bikin Sega Gurih (Nasi Gurih). Nah untuk kontes ini saya ingin membagikan resep nasi gurih perpaduan dengan makanan kesukaan saya yaitu Pecel. Semoga bermanfaat karena makanan ini sangat mudah dibuat.

45 menit
236. Pecel Lele Krispy #ComboAnjangsana_SumBar

236. Pecel Lele Krispy #ComboAnjangsana_SumBar

Masih dalam rangka ikutan program #JelajahResep. Dan minggu ini temanya #JelajahResepRumahan. Ikan lele ini adalah salah satu ikan yang mudah didapatkan di daerah perumahan. Lele adalah salah satu sumber Asam Lemak Omega-3. Seperti yang kita ketahui, asam lemak omega-3 sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Daging ikan lele yang berwarna putih mengandung sedikit lemak, sehingga lele tidak digolongkan ke dalam ikan yang tinggi kandungan lemak sehat seperti salmon. Meskipun demikian, ikan lele mengandung EPA dan DHA, dua zat yang merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kecerdasan otak. Dan karena ini bukan ikan air laut, jadi lele merupakan salah satu ikan yang rendah merkuri, hal ini diungkapkan oleh Environmental Protection Agency. Dikutip dari artikel Lemonilo. Sumber Resep : Aziza Rahmi #JelajahResep #JelajahResepRumahan #ComboAnjangsana_SumBar #CookpadCommunity_Bogor #GA_TheNextLevel Week 24 #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuAku Minggu 97.

8 ekor
1 jam
Nasi pecel pincuk madiun#BikinRamadanBerkesan

Nasi pecel pincuk madiun#BikinRamadanBerkesan

Kalau merantau pasti kangen makanan khas daérah. Kaya saya lg pngn maem nasi pecel.

Pecel lele bakar cowek

Pecel lele bakar cowek

Pecel lele cowek

Sambel pecel lele

Sambel pecel lele

Ceritanya abangku baru aja mancing ikan lele.nahh..jadi bikin sambel pecel ala warung pecel deh.lebih puas karena buatan sendiri :-)

Pecel Lele ala beginner😁

Pecel Lele ala beginner😁

Akhirnya berhasil goreng lele gak amis hehehehe cuss ini resep uniknya

Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan

Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan

Pernah lihat warung pecel lele Lamongan pinggir jalan yang jual pecel ayam, gurame, atau nila, juga jual pecel ikan gabus? Rasanya jarang ya? Apa karena ikan gabus harganya tidak semurah lele? Saya beli di pasar modern BSD #cookpadcommunity_id_tangerang, per kg harga gabus segar Rp 90.000 , gabus mati per kg Rp 80.000. Jauh dibanding harga lele, seporsi pecel lele plus nasi lalap hanya 15000an. Atau karena kurang pembeli? Padahal ikan predator ini mengandung protein Albumin yg berguna pembentukan sel darah putih, dan jaringan baru dalam tubuh (source: Google). Bisa juga karena pasokan ikan gabus segar masih sedikit di wilayah tertentu, padahal tidak begitu di daerah Labuhan Batu Sumatera Utara (cerita cookpader). Ikan Gabus asin di Pangandaran, harganya per kg bisa sampai seratus ribu, kata kawan yang tinggal disana. Berarti dugaan saya benar, pasokan Gabus sedikit tapi permintaan tinggi. Di Sidoarjo ada menu masakan rawon ikan kuthuk (gabus/haruan), di Jakarta dan sekitarnya banyak penjual masakan Gabus pucung, artinya gabus cukup dikenal di masyarakat #ikanjanganditawar Saya jadi kepikiran kalau buka warung Pecel disebut juga Pecak atau Penyet ikan Gabus#ikanjanganditawar dari mana suplai stok gabusnya ya? Apa saya mulai aja dulu membudidayakan gabus di kolam sendiri ya? Ah... masak aja dulu deh!

1 porsi
15 menit
Nasi Pecel lalap kucai #bikin ramadhanberkesan

Nasi Pecel lalap kucai #bikin ramadhanberkesan

Buat menu sahur segar kucai dan kemangi..

Sambal Bawang/ Sambel pecel Lele

Sambal Bawang/ Sambel pecel Lele

Sambal resep dari mama, ini enak bgt dimakan sama nasi anget, ayam/ikan goreng sama lalapan 😋😋 awas kalap😅 #sambal #sambalbawang #sambalpecel #sambalpecellele

Sambal pecel lele

Sambal pecel lele

Sambel ini bikin nafsu makan banget, bikin ngabisi nasi wkwkwk. Mantul dah pokoknya

Pecel Lele

Pecel Lele

#DiRumahAja bareng keluarga, dan Alhamdulillah jadi lebih banyak ngobrol, diskusi dan pastinya jadi tambah deket. Yang tadinya sibuk terus, kerja terus, sekolah terus, jadi lebih banyak waktu buat ngumpul. Plusnya harus bebikinan di dapur buat temen ngobrol dan #WeekendChallenge dari Mamah.

7 porsi
Pecel Lele Santen

Pecel Lele Santen

masakan ini adalah masakan turun temurun dan menjadi favorite keluarga

Bibimbab Wonogiri/Pecel Sayur

Bibimbab Wonogiri/Pecel Sayur

Bibimbapnya orang wonogiri...hehehee□kalo bibimbap Korea pake saus gochujang, saya mah pake sambel kacang aja...lidah saya lebih pas□maklum lidah ndeso.....

1 porsi
25 menit
Sego Pecel Jawa Timuran

Sego Pecel Jawa Timuran

Rindu Sih Rindu... Tiket Pesawat Hrs dRefund Krn Pandemi... Untunglah #WorkFromHome #DirumahAja Bikin Makin Semangat Ngulik dDapur... Pas Juga Ramadhan...Br Bisa Menyiapkan Menu Berbuka Terbaik n BerVariasi Setiap Hari Buat Suami... Alhamdulillah Stok Sambel Pecel dr Jawa Selalu Ada dKulkas... Hari Ini Spesial Juga Mas Garwo Request Pecel... Eksekusi deh Bikin Pecel dgn Oseng Pedes...Sundukan...Tempe...Peyek... Ala Kampung Halaman Lah... Signature Ibu jg Nih...Oseng2 Pedes Pelengkap Pecel... Semoga Bisa Jadi Obat Rindu 😍 #TiketMasukGoldenApron3 #NgeksisDiCookpad #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #FestivalRamadanCookpad #MudikOnline #RamadanPenuhIdeMemasak #MasakItuSaya #CiptakanSuasanaDariMasakan #Cookpadcommunity_Pontianak #Cookpadcommunity_Borneo