Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 29, 2019

Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan biasanya untuk 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pernah lihat warung pecel lele Lamongan pinggir jalan yang jual pecel ayam, gurame, atau nila, juga jual pecel ikan gabus? Rasanya jarang ya? Apa karena ikan gabus harganya tidak semurah lele? Saya beli di pasar modern BSD #cookpadcommunity_id_tangerang, per kg harga gabus segar Rp 90.000 , gabus mati per kg Rp 80.000. Jauh dibanding harga lele, seporsi pecel lele plus nasi lalap hanya 15000an. Atau karena kurang pembeli? Padahal ikan predator ini mengandung protein Albumin yg berguna pembentukan sel darah putih, dan jaringan baru dalam tubuh (source: Google). Bisa juga karena pasokan ikan gabus segar masih sedikit di wilayah tertentu, padahal tidak begitu di daerah Labuhan Batu Sumatera Utara (cerita cookpader). Ikan Gabus asin di Pangandaran, harganya per kg bisa sampai seratus ribu, kata kawan yang tinggal disana. Berarti dugaan saya benar, pasokan Gabus sedikit tapi permintaan tinggi. Di Sidoarjo ada menu masakan rawon ikan kuthuk (gabus/haruan), di Jakarta dan sekitarnya banyak penjual masakan Gabus pucung, artinya gabus cukup dikenal di masyarakat #ikanjanganditawar Saya jadi kepikiran kalau buka warung Pecel disebut juga Pecak atau Penyet ikan Gabus#ikanjanganditawar dari mana suplai stok gabusnya ya? Apa saya mulai aja dulu membudidayakan gabus di kolam sendiri ya? Ah... masak aja dulu deh!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan:

  1. 1 ekor ikan gabus
  2. 1 sdt ketumbar sangrai
  3. 1 siung bawang putih
  4. 2 bawang merah
  5. Secukupnya garam, jeruk nipis
  6. Bahan Sambal :
  7. Secukupnya cabe rawit, cabe merah besar
  8. 3 bawang putih
  9. 6 bawang merah
  10. 1 biji tomat merah
  11. Secukupnya kemiri
  12. 1/2 sdt terasi
  13. Secukupnya garam, gula merah
  14. Lalapan tomat, timun, kol

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan

1
Bersihkan ikan gabus dengan air, sampai hilang lendirnya. Lalu balur dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan 10 menit.
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 1
2
Siapkan Bumbu marinasi ikan dan bahan sambal
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 2
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 2
3
Goreng bahan sambal hingga layu. Bakar terasi seperlunya.
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 3
4
Uleg bahan sambal yang sudah mateng, tambahkan gula garam, koreksi rasa.
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 4
5
Goreng ikan hingga mateng berwarna keemasan. Sajikan dengan lalapan dan sambal dadakan.
Pecel Gabus ala Warung Pecel Lele Lamongan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Pecel

Nasi Pecel

Bikin nasi pecel sendiri, soalnya kalo beli pedesnya kurang. Ini resep mudah dengan bahan seadanya anti ribet ya, buibuu.

Sambel Pecel Lele Lamongan

Sambel Pecel Lele Lamongan

Akhirnya nemu resep sambel pecel lele yg cocok di lidah ๐Ÿ˜ Rasanya sama kaya sambel pecel lele langganan ๐Ÿคค Pake resep Sambel Terasi-nya mba Intan Erika, tp dimodif menyesuaikan bahan yg ada ๐Ÿ‘Œ #dirumahaja #kedapuraja

Nasi Pecel Lengkap Lauk (Nasi Uduk+ Ayam Usus Goreng +Sambal)

Nasi Pecel Lengkap Lauk (Nasi Uduk+ Ayam Usus Goreng +Sambal)

Assalamualaikum Alhmdlah bisa buat nasi.pecel lengkap dengan lauknya. #Potberbisik_Bekasi #Cookpadcommunity_Bekasi

5 orang
45 menit
Nasi Pecel ekonomis

Nasi Pecel ekonomis

Hari ini mau belanja kejebak banjir dimana-mana. Ada jalur aman eeehh macetnya sampai gak bisa gerak. Akhirnya balik kanan nunggu kang sayur lewat meski pasti tinggal sisa. Saya bikin pecel dengan bahan seadanya di kang sayur karena Jujur saja kulkas udah kosong gak ada sayuran sama sekali. Nasi pecel ini di sajikan dengan rempeyek pasangan nya. Saya polosan saja karena memang gak ada stok di toples.

Pecel Lele ala Ben Ungermann

Pecel Lele ala Ben Ungermann

Gara gara liat master chef tantangan duplikasi jadi pengen coba pecel lele ala ben ungermann ini

1 orang
30 menit
Sambal Pecel Lele

Sambal Pecel Lele

Suami minta dibuatkan pecel lele, kebetulan bahan2nya ada semua di kulkas, buka2 CP nemu resepnya mba Annisa Fadhilah, sekalian ikutan #MulaiMisiHero_Bekasi Membuat sambelnya simpel dan mudah, eh.. ternyata pas dicobain enak dan cocok di lidah suami, Alhamdulillah..sdh pasti uang belanja bulanannya akan ditambah lg deh ini. Bagi pecinta sambal, mana nih suaranyaaa...๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #PejuangGoldenApron3 #EmakNusantaraKreatif #cookpadcommunity_bekasi #cookpad_id #dapoer_eva #kedapuraja #masakitusaya #week2_3

Sambal Pecel Lele & Ayam ala Dapoer Mama Cindhy

Sambal Pecel Lele & Ayam ala Dapoer Mama Cindhy

Kangen makan sambel Pecel Lele & Ayam langganan yang ada dipinggir jalan..hehe Selama pandemi corona hampir ngga pernah makan makanan yang dulu suka dimakan ditendaยฒ pinggir jalan, terutama pecel lele dan ayam.. ๐Ÿคญ Mengobati rasa rindu, yuuukk aahh akhirnya buat sendiri sambelnya.. ๐Ÿ˜‰ Masya Allah Moms..endolita bgt, rasa bisa kita sesuaikan dgn selera kita yg pas..hehe Silahkan dicoba moms! #DiRumahAja #WeekendChallange #cookpadcommunity_tangerang #BerburuCelemekEmas #pejuangapron #wajibrecook #fresh #sambal #pecelleleayam #terasi #pedas #cabe

6 - 7 orang
20 menit
Sego Pecel Jawa Timuran

Sego Pecel Jawa Timuran

Rindu Sih Rindu... Tiket Pesawat Hrs dRefund Krn Pandemi... Untunglah #WorkFromHome #DirumahAja Bikin Makin Semangat Ngulik dDapur... Pas Juga Ramadhan...Br Bisa Menyiapkan Menu Berbuka Terbaik n BerVariasi Setiap Hari Buat Suami... Alhamdulillah Stok Sambel Pecel dr Jawa Selalu Ada dKulkas... Hari Ini Spesial Juga Mas Garwo Request Pecel... Eksekusi deh Bikin Pecel dgn Oseng Pedes...Sundukan...Tempe...Peyek... Ala Kampung Halaman Lah... Signature Ibu jg Nih...Oseng2 Pedes Pelengkap Pecel... Semoga Bisa Jadi Obat Rindu ๐Ÿ˜ #TiketMasukGoldenApron3 #NgeksisDiCookpad #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #FestivalRamadanCookpad #MudikOnline #RamadanPenuhIdeMemasak #MasakItuSaya #CiptakanSuasanaDariMasakan #Cookpadcommunity_Pontianak #Cookpadcommunity_Borneo

Sambel ala warung pecel lele

Sambel ala warung pecel lele

Niat hati kepengen makan sambel ala abang pecel lele pinggir jalan sepuasnya, kalo beli kan sambelnya terbatas, hehehe... Setelah beberapa kali trial n error kayaknya kali ini pas dilidah ๐Ÿ˜

Sambel pecel lele / Sambel pecel ayam

Sambel pecel lele / Sambel pecel ayam

Watch out ! pas bikin Sambel ini ada yang meledak meledak jadi siap siap penutup wok pokoknya rame deh kayaknpetasan secaraaaa semua bahan saya goreng terlebih dahulu tapi Di jamin manteb !

Nasi goreng bumbu pecel

Nasi goreng bumbu pecel

260917_Bang.@nto Pingin makan Nasi Goreng tapi yang beda dari yang dijual mamang nasi goreng langganan. Kebetulan lagi males guys buat olah-olah sayur ๐Ÿ˜โœŒ๏ธ Masih ada Peyek Kacang, dan Acar BTW. Buat Nasi Goreng Bumbu Pecel aja , Aroma Kacang, Kencur dan daun jeruk yang buat nasi goreng ini lezat dan beda. Apa lagi ditambah telur dadar, acar dan peyek kacang ngx sabaran jadinya. Berangkat olah-olah ๐Ÿ˜๐Ÿ‘Œ :

Sambal Pecel Lele enak

Sambal Pecel Lele enak

Pecel lele ala HomeMade siap disantap untuk keluarga๐Ÿ˜‰

Pecel Lele๐Ÿฆˆ

Pecel Lele๐Ÿฆˆ

Masih edisi #dirumahaja membuat kita semakin kreatif๐Ÿ˜€

Pecel lele khas Lamongan

Pecel lele khas Lamongan

Sebagai istri dari orang lamongan, wajib donk gue harus bisa bikin pecel lele yang jd ikon di daerah sana. Ya gak sih gaess ๐Ÿ˜†๐Ÿค— Tp kita fokus ke sambelnya aja ya gaes,kalo untuk lele goreng semua orang pasti sudah bisa kan yakk.. Nii aq kasih resep rahasia dibalik enaknya sambel khas abang" penjual pecel lele โœŒ๏ธ

2 porsi
30 menit
Nasi pecel

Nasi pecel

Resep ini cocok buat ibu yang ada kegiatan lain selain memasak di rumah, karena cepat dan praktis. Selamat mencoba