Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam & telur yang Menggugah Selera

Dipos pada January 18, 2022

Opor Ayam & telur

Bagaimana membuat Opor Ayam & telur yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam & telur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam & telur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam & telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam & telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam & telur memakai 21 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ayam lagi 'mursidah' a.k.a murah 😁 mari divariasi sebelum anggota dirumah pada bosan. #DirumahAja #Covid19

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam & telur:

  1. 1 ekor ayam
  2. 500 ml santan cair
  3. Bumbu halus:
  4. 5 bh Bawang merah
  5. 5 bh Bawang putih
  6. secukupnya Jahe (3cm)
  7. secukupnya kunyit (5cm)
  8. 4 bh kemiri
  9. daun kunyit (1lmbr)
  10. daun jeruk (4lmbr)
  11. 2 batang serai
  12. secukupnya lengkuas (4cm)
  13. secukupnya ketumbar bubuk (1sdt)
  14. secukupnya jinten bubuk (1sdt)
  15. cabe rawit (jika suka pedas)
  16. secukupnya daun salam (2lmbr)
  17. secukupnya gula
  18. secukupnya micin
  19. secukupnya garam
  20. secukupnya kaldu bubuk
  21. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam & telur

1
Potong ayam sesuai keinginan, cuci bersih & lumuri jeruk nipis, diamkan 15menit. setelah 15menit goreng setengah matang dlm minyak panas.
2
Untuk telurnya pakai telur yg sudah di rebus saja, kupas cangkangnya lalu goreng setengah matang (jangan terlalu kering)
3
Siapkan bumbu halus lalu blender hingga bumbu halus & tercampur semua.
4
Siapkan minyak secukupnya diwajan untuk menumis, lalu tumis bumbu halus beserta daun jeruk, daun kunyit, lengkuas, jinten bubuk, ketumbar bubuk, serai dan daun salam.
5
Jika bumbu sudah harum, masukan santan kental kedalam wajan, berikan 1 gelas air agar santan tidak terlalu kental. (jika suka santan kental, boleh tidak ditambahkan air)
6
Setelah itu masukan ayam & telur yg sudah digoreng setengah matang tadi, kedalam larutan santan & bumbu.
7
Aduk-aduk & masak sampai mendidih. jika sdh mendidih, tambahkan garam, kaldu bubuk, micin & gula.
8
Tes rasa, jika sudah dirasa pas, biarkan santan mendidih di atas kompor selama 15menit, agar santan dan bumbu meresap sempurna ke daging ayam & telur.
9
Jangan lupa aduk2 terus santan saat telah mendidih selama memasak, agar santan tidak pecah.
10
Jika sudah masak, matikan kompor & siap dihidangkan.
11
Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam tanpa kemiri

Opor ayam tanpa kemiri

Pengen banget makan opor ayam pakai lontong,tapi malas kepasar jadi pakai bumbu yg ada

Opor Anam khas Palembang

Opor Anam khas Palembang

Bismillah.. Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallah huwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd.. Selamat Hari Raya Kurban teman2 semua, mohon maaf lahir dan batin πŸ™. Alhamdulillah melanjutkan challenge #BancakanOnlineBarengCookpad periode kedua dengan tema hidangan utama bancakan dengan olahan berbahan dasar daging (ayam, sapi, kambing), saya membuat opor anam khas palembang. Semoga bisa berkesempatan mendapatkan rezeki #Ebook dari Cookpad. Ini menjadi salah satu menu wajib dikeluarga saya. Suka sekali dg aroma rempah2nya. Biasanya dirumah mama yg masakin, tp lebaran idul adha kali ini msh blm bs pulang kampung jd bikin sendiri dirumah dg bantuan mama lewat telpon untuk bahan2nya 🀭😁. Source : my lovely mom #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi #MakananPalembang

Opor Nangka Muda

Opor Nangka Muda

#PejuangGoldenApron2

Opor Ayam Sehat Non-Msg Endeuss

Opor Ayam Sehat Non-Msg Endeuss

Opor Ayam Sederhana Anti Drama Anti Gagal

5 orang
30 menit
Opor Ayam Tahu Tempe (Pelengkap Gudeg)

Opor Ayam Tahu Tempe (Pelengkap Gudeg)

#PejuangGoldenApron3 Gudeg tidak lengkap jika tidak ada opornya, dan paling enak opornya adalah opor ayam. Jadi teringat saat jadi anak kost jaman baheula dulu, tidak punya uang buat beli nasib gudeg ayam, nasi gudeg tahu tempe sudah cukuplah. So, untuk mengenang kembali masa-masa "susah" dulu, aku campurkan tahu tempe dalam opor ayam yang kubuat ini.

5 porsi
1 jam
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini first time banget bikin opor, lumayan lah ya buat amatiran kayak saya πŸ€£πŸ˜‡ #TeamTrees #cookpadcommunityKarawang

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

menu wajib saat lebaran...

12 porsi
1 jam
Opor Ayam Kuah Putih

Opor Ayam Kuah Putih

Sambil nunggu launching baby ditambah ga bisa kemana-mana akibat pandemi, mamak jadi sering masak. Dari kemaren udah segala dibikin, tapi ga sempet foto & nulis resep disini. Baru sekarang aja sempet buka cookpad lagi. Oiya, ini ayamnya aku pake sisa kemaren bikin masakan (beli sekilo, trus dibagi 3 gitu & ini sisa 4 potong, hampir setengah kilo sepertinya). Jadi buat bukibuk, takaran bumbunya disesuaikan aja yaaa 😊

1 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Lebaran tahun ini #dirumahaja ya bun.. Kali ini pengen dpt tiket masuk golden apron 3 ah🀭 bismillah.. semoga dpt rejeki disini😊❀. Bikin opor ayam kampung, resep dr keluarga suami, yg dimakan pake sego gore (nasi kuning) dan sambel goreng kentang ati. #TiketMasukGoldenApron3 #CookpadCommunity_Cilegon #cookpadcommunity_banten #pawonibukhanif

Opor ayam pedas

Opor ayam pedas

Pengen makan yang berkuah dan yang pedas akhirnya kepikiran masak opor pedas

Terik telur tempe tanpa santan

Terik telur tempe tanpa santan

Jadi inget Almarhum Ibu..

keluarga besar
Terik Ceker Ayam dan Tahu

Terik Ceker Ayam dan Tahu

Menu puasa ke 21. Simpel aja ya.. 😊 Source: heny rosita . . . #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Pontianak #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #DirumahAja #TiketMasukGoldenApron3 #MudikOnline

Opor Hati Ayam MPASI 1th

Opor Hati Ayam MPASI 1th

Resep ke -102 Minggu ke -49 #berburucelemekemas #resolusi2019 , ini menu makan siang oreen hari ini yaa bun .. ini untuk bumbu opor nya , mama oreen beli yang udah jadi yaa bun ... hehehe

Opor Telur (endog gludug)

Opor Telur (endog gludug)

Saat dikulkas kehabisan bahan masakan...marilah kita memasak dengan bahan seadanya😊

21. Opor ayam mudah untuk lebaran

21. Opor ayam mudah untuk lebaran

Opor ayam pertama buatan sendiri. Karena covid dan gaboleh mudik, akhirnya mau gamau bikin opor ayam padahal biasanya tinggal makan πŸ˜‚ walopun ini kebanyakan air, tp rasanya ttp enak kok