Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sate Ayam ala Madura yang Enak Banget

Dipos pada July 8, 2019

Sate Ayam ala Madura

Sore-sore begini enaknya membuat Sate Ayam ala Madura yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Sate Ayam ala Madura yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sate Ayam ala Madura, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sate Ayam ala Madura enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sate Ayam ala Madura adalah 4-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Ayam ala Madura sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Ayam ala Madura memakai 28 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah beberapa kali percobaan bermacam macam resep, akhirnya jatuh cinta dengan paduan bumbu bumbu ini. Menurutku ini yang paling pas di lidahku, dan cukup mirip dengan yang dijual di pinggir jalan. (Yg kefoto hanya setengahnya dari total hasil masakan)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Ayam ala Madura:

  1. Bumbu Ayam
  2. 1/2 kg dada ayam (2 dada ayam)
  3. 1/2 jeruk lemon
  4. Merica
  5. Garam
  6. Kaldu bubuk
  7. 1 sdm margarin
  8. 3 sdm sambal kacang
  9. 2 sdm kecap
  10. Bumbu Sambal Kacang
  11. 200 gram kacang tanah
  12. 4 daun jeruk
  13. 4 bawang merah
  14. 4 bawang putih
  15. 5 cabe rawit (sesuai selera pedas)
  16. 3 kemiri
  17. Merica
  18. Garam
  19. Air kaldu ayam (kaldu bubuk)
  20. Air putih (sesuaikam kekentalan yg diingatkan)
  21. 1/2 bulatan gula jawa
  22. Kecap
  23. 2 sdm minyak goreng
  24. Pelengkap
  25. 5 cabe rawit
  26. 3 bawang merah
  27. Timun
  28. Daun selada

Langkah-langkah untuk membuat Sate Ayam ala Madura

1
Goreng kacang tanah sampai matang. Haluskan bumbu dan kacang secara terpisah. Tumis bumbu (duo bawang, kemiri dll). Setelah harum, masukkan kacang tanah yg telah dihaluskan. Beri sedikit air putih (air kaldu ayam jika ada). Masukkan seluruh bumbu. Masak hingga keluar minyak. Koreksi rasa.
2
Siapkan dada ayam yg sudah dipotong kecil-kecil, beri perasan air jeruk lemon, merica, garam, kaldu bubuk, sambal kacang, kecap dan sedikit margarin. Diamkan selama 2-3 jam.
3
Siapkan ayam dan tusukan sate, kemudian bakar/panggang bisa menggunakan oven selama Β±30-45 menit, menggunakan panas 200Β°C. Setiap 15 menit beri olesan sisa rendaman ayam+kecap, dan balik ayamnya. Setelah dirasa sudah matang, sajikan dengan irisan cabe rawit dan bawang merah mentah.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

190 Gado-gado Praktis dengan Bumbu Pecel Siap Pakai

190 Gado-gado Praktis dengan Bumbu Pecel Siap Pakai

Menu andalan kalau lagi pengen makan gado-gado tapi waktu masak terbatas, yaitu dengan memanfaatkan stok bumbu pecel siap pakai. Praktis, endulisius, dan semuanya suka. Untuk lontong menulnya, saya bikin sendiri, ga sampai berjam-jam. Cara bikin lontong menul yang hemat gas, bisa dibaca di resep saya sebelumnya dengan link berikut: https://cookpad.com/id/resep/13312436-170-lontong-menul-hemat-gas-metode-10-30-20 #PejuangGoldenApron3 #Week11 #OlahanSayuranKayana

2 porsi
15 menit
Sate Padang

Sate Padang

Nyobain resepnya mbak icha irawan yang hits banget di ig, ini versi kuah yang nggak pedas, jadi cocok buat yang punya anak kecil.

Sate Padang

Sate Padang

Dulu saya ngak suka makan sate padang,menurutku ngak pas dilidahku Sdh menikah ternyata paksu suka banget sama sate padang aku jadi ketularan suka juga, berhubung dapet daging Qurbannya banyak buati sate padang aja buat paksu .. Ternyata gampang ya buatnya πŸ˜… Resep dari ibu malka

Sate Tempe Bumbu Kacang

Sate Tempe Bumbu Kacang

Bisa bangettt bikin menu enak gak pake mahal, ini salah satunya. Sate tempe yang dipadukan dengan bumbu kacang ala sate ayam. Hanya membutuhkan biaya tidak lebih dari 30 ribu 1 papan tempe 5000 25 Tusuk sate 3500 Kacang dan bumbu 8000 Total 16.500 Yeyyy..kan gak sampe 30 ribu bisa dapat lauk untuk 4 orang . . #Busway_AnekaSate #KampungIdaman #Kopijos_PosbarIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Kopijos #SateTempe #BumbuKacang #IndonesianFood #MasakItuSaya #Cookpad #CookpadIndonesia

"Sate Padang"

"Sate Padang"

Source : Muslim Hijrah Karena gk suka daging,sya ganti pake ayam.. Kebetulan masih ada lontong,jadilah sate padang yg selalu ngangenin..πŸ˜„

Sate Padang

Sate Padang

aku bukan orang padang dan sebelumnya juga belum pernah merasakan sate padang tp ada yg request ..hayoooooooo di coba siapa takut berhubung susah dapet jerohan sapi aku make daging sapi aja :):):)

1 porsi
60 menit
Kuah Sate Padang

Kuah Sate Padang

Lagi kepengen buat sate niih 😁 03.. #PGA3Week3 #DiRumahAja #KeDapurAja #NgeksisDiCookpad #PejuangGoldenApron3 #TiketMasukGoldenApron3 #CookpadCommunity_Riau #CookpadCommunityIndonesia #Culinary Teman2 bisa lht langkah2 pembuatannya di channel youtube saya "Nur Rahmah Jamil" atau Link Youtube. πŸ‘‡ https://youtu.be/cs3SBDbnqYM

Sate Padang 😘😘😘

Sate Padang 😘😘😘

Ini makanan terfavorit anak2 dirumah, mereka gak ada bosan2 nya ama makanan yg satu ini.. tp berhubung abang2 yg jualan sate Padang hanya buka malam hari, trus rame pula antri nya... Jd setelah liat resep sana sini.. akhirnya yg ini pilihan mantaps πŸ‘ Alhamdulillah anak2 suka 😍😍😍

Sate ayam bumbu kacang simpleee binggooo

Sate ayam bumbu kacang simpleee binggooo

Kebetulan mau nyambut bulan puasaa, n mama aku banyak beli ayam, jdi separuh ayam nya ku jadiin sateee hihi😜

Sate Padang

Sate Padang

Lagi pengen bgt makan sate padang yang di medan, yg pedees. Nyari nyari di lahat ga nemu rasa yg sesuai hati. Maka saya nanya2 orang tua, teman dan kakak ipar yang sudah pengalaman membuat sate padang.

Sate Padang Rumahan

Sate Padang Rumahan

Sebagai penggemar sate padang, rasa2nya bokek jg setiap mau makan nasi padang harus beli di luar dengan harga lumayan.. Mumpung masih ada sisa daging sapi, yukk kita coba bikin sate padang rumahan..

3 orang
45 menit
Sate padang kikil

Sate padang kikil

untuk 4-5porsi
Lontong pecel simpel jadi dalam 15 menit

Lontong pecel simpel jadi dalam 15 menit

Masakan simpel dalam 15 menit sebelum berangkat kantor

4 porsi
Sate ayam praktis

Sate ayam praktis

Sate ayam praktis ini dibuat tanpa ribet. Sebab gak perlu arang. Cukup pake teflon aja. Sudah bisa menikmati sajian sate serasa beli😁😁. Sudah hemat, lezat dan terjamin kebersihan y. Yuk dicoba