Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Biji Salak (Ubi Kuning) yang Anti Gagal

Dipos pada September 12, 2018

Biji Salak (Ubi Kuning)

Hari ini saya akan berbagi resep Biji Salak (Ubi Kuning) yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Biji Salak (Ubi Kuning) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Biji Salak (Ubi Kuning), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak (Ubi Kuning) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Biji Salak (Ubi Kuning) biasanya untuk 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak (Ubi Kuning) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak (Ubi Kuning) memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hidangan buka puasa ditengah wabah covid sehingga bisa tetap buat dirumah☺️

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak (Ubi Kuning):

  1. Bahan biji salak
  2. 500 gr ubi kuning
  3. 150 gr tepung tapioka
  4. Bahan kuah gula
  5. 150 gr gula merah
  6. 1 L air
  7. 1/2 sdm garam
  8. 1 sdm tepung tapioka
  9. 1 lembar pandan
  10. Bahan kuah santan
  11. 300 ml santan (santan murni)
  12. 150 ml air
  13. 1/2 sdt garam
  14. 3 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak (Ubi Kuning)

1
Pertama, untuk membuat biji salaknya. Rebus ubi sampai matang. Lalu angkat pindahkan ke dalam wadah dan haluskan. Setelah ubi halus, tambahkan tepung tapioka dan uleni hingga tercampur.
2
Selanjutnya, bentuk adonan seperti bola-bola sampai adonan habis.
3
Untuk kuah gulanya. Pertama, campur air, gula merah, garam, tepung tapioka dan garam, panaskan hingga mendidih. Lalu, masukan adonan yang sudah dibentuk tadi, tunggu sampai biji salak berada diatas permukaan air (mengapung).
4
Buat kuah santan, masukan santan, air, daun pandan dan garam secukupnya. Aduk sampai santan mendidih. Matikan kompor. Tata biji salak kedalam mangkuk, dan siram dengan kuah santan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji salak ubi mantapz

Biji salak ubi mantapz

Biji salak

banyak
1 jam
Kolak biji salak ubi ungu😋😋😋😋

Kolak biji salak ubi ungu😋😋😋😋

Cocok di makan pas cuaca panas² dan di kasih es batu asli mantu😋😋😄😄

satu keluarga
35menit
MPASI bubur ayam tempe

MPASI bubur ayam tempe

Karena kemarin kenrich sudah menginjak 7 bulan, maka buburnya saya buat aga kental... alhamdulillah suka jugaaa.. apapun yg ibu nya olah, kenrich suka... alhamdulillah

Biji Salak Ubi mutiara

Biji Salak Ubi mutiara

Menu buka puasa hari ini dengan biji salak dari ubi kuning, rasa ubi yang manis bercampur kuah gula merah dan saus santan yummiie..kenyal #FestivalRamadanCookpad

Bubur Ayam + Kabocha + Kentang + EVOO (MPASI Baby Bellvanessa 6m+)

Bubur Ayam + Kabocha + Kentang + EVOO (MPASI Baby Bellvanessa 6m+)

Reaksi Baby Bellvanessa : karna Baby Bellvanessa lg batuk jadi Baby Bellvanessa hanya makan 1/2 porsi saja tp dia terlihat suka coz mulutnya minta terus tp agak lambat nelannya. Gpp yg penting Baby Bell mau makan yah... Get well very soon Baby Bell 😘

3 porsi
Kolak Biji Salak / Bubur Candil

Kolak Biji Salak / Bubur Candil

Kalau di daerah saya kolak biji salak ini dikenal dengan sebutan "Jenang Grendul". Waktu saya kasih bubur candil ini, mama saya bilang enak sekali. Katanya bulatan ubi nya enak dan kenyal, ga keras seperti yang dijual di luaran. Pas banget dengan tema belanja ide di pasar cookpad minggu ini adalah bumbu masakan Asia. Kali ini saya menggunakan perpaduan ubi kuning dan tepung tapioka untuk membuat kolak biji salak. Kedua bahan ini dicampur lalu dibentuk bulat dan direbus. Hasil akhirnya menyerupai biji buah salak.. Kolak biji salak ini dinikmati dengan siraman santan dan menghasilkan cita rasa yang manis dan gurih... 👍👍👍 #BelanjaIdeDiPasarCookpad

3 porsi
1 jam
Bubur ayam  bandung

Bubur ayam  bandung

Suami lagi ga enak makan akhirnya aku bikin ini bubur Sekalian buat sarapan seluruh keluarga... Paling enak dimakan panas panas yuk ikuti resep saya...

Untuk 5 porsi
1 jam 30 menit
Bubur Ceker Ayam (mpasi 7+)

Bubur Ceker Ayam (mpasi 7+)

1 porsi
25 menit
Biji Salak Ubi Madu (MPASI)

Biji Salak Ubi Madu (MPASI)

Setiap hari bingung bikin cemilan apa lagi buat si Cumil, secara emaknya pengen dia makannya tiap hari beda. Nah, hari ini kita bikin biji salak.

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Bismillah... #PekanPosbar #GlutenFree #KolakBundaMelvy #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke5

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

Niatnya mau beli sayur aja, pas sampai di tempat yang jualan saya melihat ada ubi ungu. Ubi ungu biasanya selalu menarik perhatian saya bawaanya jadi pengen beli aja, mungkin karena warnanya yang menarik menurut saya. Akhirnya saya beli juga ubi ungunya mau saya bikin kolak biji salak. Ngomongin kolak biji salak jadi ingat bikin kolak biji salak saat bulan puasa di masa kecil. Keluaga saya termasuk dalam golongan keluarga besar otomatis buat kolak nya juga harus banyak. Yang lama dalam proses membuat kolak biji salak itu kan membentuk bulet" adonan ubinya, jadi supaya cepat selesai adonanya dibagi dalam mangkok" kecil, masing" kami dikasi tugas utk bulet" in 1 mangkok kecil adonan ubinya 😊 Setiap kali membuat kolak biasanya saya selalu pakai gula aren atau gula tebu, kali ini saya kasi gula pasir karena ingin menonjolkan warna ubi ungunya. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasaka.

Biji salak

Biji salak

Cemilan paling enak dan buatnya pun paling simpleee.. Selamat mencoba !

Biji salak (Bubur srintil)

Biji salak (Bubur srintil)

Kangen jenang grendul yang kalo di depok dikenal dengan nama biji salak dan kalo di surabaya namanya bubur srintil #festivalramadancookpad #cabeku #ramadanpenuhidemasakan

Bubur Goreng Ati Ayam

Bubur Goreng Ati Ayam

Mau coba buat bubur goreng topping ati ayam oseng.. Tapi kayanya kelamaan..akhirnya jadilah ini.. Babyku usia 9m10d hari ini..

Biji salak

Biji salak

Permintaan anak yg mbarep minta bikin bubur biji salak, selama ini beli aja kalau pingin. Berhubung situasi lg psbb karena virus covid-19, dirumah aja coba2 bikin sendiri ternyata gampang ya😊. ( lihat resep dr you tube mbak Zasanah san, thanks mbak resepnya ya).

🇲🇨 Jenang grendul | Biji Salak Ubi orange | Bubur Candil 🇲🇨

🇲🇨 Jenang grendul | Biji Salak Ubi orange | Bubur Candil 🇲🇨

Berawal dari bosan makan nasi, beralih ke ubi rebus. Beli ubi nya kebanyakan, jadilah pengen makan jajajan tradisional yang udah mulai jarang yg jual. Pas Banget di momen hari kemerdekaan, nonton tv upacara bendera sambil makan jeneng grendul berasa kembali ke tempo dulu. Dirgahayu Indonesiaku 🇲🇨 #PekanPosbar #JajananTradisional #OlahanUbi

5 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Satu menu tajil yang suka dibikin ibu saya......sekarang bikin sendiri karna gak bisa mudik 😭