Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Gunting Singkawang yang Lezat Sekali

Dipos pada January 6, 2019

Bubur Gunting Singkawang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Gunting Singkawang yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Bubur Gunting Singkawang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Gunting Singkawang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Gunting Singkawang ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Gunting Singkawang kira-kira 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Gunting Singkawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Gunting Singkawang memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dessert yang mudah dibuat & cepat proses mengolahnya, khas Singkawang, Kalimantan Barat. Disebut bubur gunting karena taburan cakuenya digunting tipis-tipis. Ini favorit keluarga kami di rumah. #KapsulAjaib Semoga resep saya juga bisa bermanfaat bagi para Ibu dari anak-anak pasien atau survivor kanker yang membutuhkan asupan makanan/minuman bernutrisi baik. ๐Ÿ’•๐Ÿ™ Semangat terus ya, buat teman-teman yang sedang berjuang melawan kanker.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Gunting Singkawang:

  1. 500 gram kacang hijau kering kupas
  2. 300 gram gula pasir atau gula batu
  3. 2,5 liter air
  4. 5 lembar daun pandan
  5. 20 gram tepung tapioka dilarutkan dengan air dingin
  6. 3 pcs cakue, iris atau gunting tipis-tipis lalu sangrai 6 menit
  7. secukupnya es batu atau es serut,
  8. 5 gram jamur putih, rendam dalam air panas, potong-potong
  9. 5 gram jamur kuping, rendam dalam air panas, potong-potong

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Gunting Singkawang

1
Rebus 1,5 liter air hingga mendidih, masukkan kacang hijau kupas dan aduk-aduk. Masukkan gula pasir atau gula batu dan daun pandan. Masak hingga matang dan tiriskan.
Bubur Gunting Singkawang - Step 1
2
Siapkan dua macam jamur yang sebelumnya sudah direbus dengan gula pasir dan daun pandan, potong-potong sesuai selera.
Bubur Gunting Singkawang - Step 2
3
Siapkan semua bahan dan mangkok atau gelas sajinya.
Bubur Gunting Singkawang - Step 3
4
Rebusan air kacang hijau kupas dimasak kembali dengan tambahan gula pasir dan larutan tepung tapioka, aduk hingga agak mengental.
5
Semua bahan ditata di gelas saji atau mangkok. Bisa disajikan hangat atau dengan es batu, sesuai selera. Cakue renyah ditaburkan di atasnya sesaat sebelum disajikan.
Bubur Gunting Singkawang - Step 5
Bubur Gunting Singkawang - Step 5
Bubur Gunting Singkawang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ubi Ungu

Bubur Ubi Ungu

Ini tuh bubur ubi yg dibuat karna pengen aj. Jadi gak niat bikin dgn bahan seadanya d rumah. .

2 porsi
Bubur Kurma Saudi

Bubur Kurma Saudi

Bismillahirrahmanirrahim... Hari Sabtu Waktunya Semarak bareng Clover๐Ÿฅฐ Alhamdulillah Minggu ini tema nya "SARAPAN SPECIAL" idenya mba Eko lilis yg menang kocokan arisan sekalian ada Giveaway nya dari mba Eko lilis Semoga Mba Eko dan keluarga sehat selalu, banyak rejekinya, dan dimudahkan segala urusan nya Aamiin Bubur kurma cocok banget buat sarapan pagi, simpel dan bikin kenyang Alhamdulillah baby 8m suka banget. Karena judulnya sarapan special jadi saya bikin sarapan yg gk biasa ๐Ÿคญ Tapi ini enaaak dan bikin kenyang Alhamdulillah Sekalian nge recook buat Cookies Cocomtang resepnya mba sinta Source: Ummu Khansa Recook; Ummu Zahra dengan sedikit modifikasi #GASarapanSpesial #Semarak_GASarapanSpesial #CookpadCommunity_Tangerang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #Cookies_UmmuKhansa #CocomtangPost #Cookpad_id #MasakItuSaya #DiRumahAja #ResepSimpel #UmmuZahra

Bubur ayam wortel (masak di rice cooker)

Bubur ayam wortel (masak di rice cooker)

Memanfaarkan nasi sisa di rice cooker, sayang kalo dibuang, jadilah bubur modifikasi dengan resep sesuai bahan yang ada dikulkas. Untuk temennya sesuai selera ya (me: mendon dan kerupuk gendar) #PejuangGoldenApron3

Bubur ayam

Bubur ayam

Kangen pass lagi Batam, tiap pagi sarapan bubur ayam... Iseng bikin sendiri aja.... Nggak kalah mantap nya ๐Ÿ˜‹

2 org
Bubur ayam

Bubur ayam

Senengnya saat berhasil menemukan resep dari rasa bubur yang digemari keisha putri saya. Dicoba coba dan tarra pas sesuai ekspektasi sama kaya yg dijyal abang" berlogat sunda pas kita jalan-jalan dijogja. Secara anak saya paling susah makan bubur

5 porsi
Bubur Ayam Kilat

Bubur Ayam Kilat

Assalamualaikum... Alhamdulillah yah.. sudah masuk hari ke-7 bulan puasa.. Bingung mau makan apa sedangkan waktu berbuka sudah mepet, mau beli keluar males karena diri ini sudah terbiasa #dirumahaja ๐Ÿ˜„. Jadi ya sudah manfaatin bahanยฒ yang ada, buat masakan yang benerยฒ praktis buat aku semoga praktis juga buat kalian ๐Ÿฅฐ. #FestivalRamadhanCookpad #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #MasakItuSaya #cookpad #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_borneo

4 porsi
Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Gampang bikinnya, enaaak manis lembut harum pandan gurih rasanya...

4 porsi
*Nyabu* (nyarap bubur)

*Nyabu* (nyarap bubur)

* Nyabu* dulu enak nih biar tambah se ma ngat yuk bikin dulu bubur ayam nya

1mankok buryam
Bubur Sayur Korea (Yachaejuk)

Bubur Sayur Korea (Yachaejuk)

#DiRumahAja #KeDapurAja #CookpapIndonesia

Bubur Manado

Bubur Manado

Pertama kali nyobain makanan ini dikampus langsung jatuh cintaaa.. Nyobain resepnya deh..

Bubur ayam

Bubur ayam

Kangen bubur ayam yang satu ini .Dulu sering beli waktu di bogor .#PejuangGoldenApron3

8 porsi
Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Mamak babang okka masaknya sllu pake sayur yg ad di rmh y mak.... Jd g saklek kudu 4 bintang dll.... Yg penting ngandung protein,serat,&karbo ....

Bubur sagu

Bubur sagu

Krn pak suami lg ngidam bubur sagu buatan almarhumah mama,terpaksa malam2 bebikinan beginian #PejuangGoldenApron2

Bubur kacang ijo madura tanpa rendam

Bubur kacang ijo madura tanpa rendam

Cuaca lagi mendung abis ujan. Enaknya makan yg anget, kebetulan ada kacang ijo sisa tugas sekolah anak๐Ÿคญ. Langsung deh rebus ga pake lama2 rendam.