Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam kampung yang Enak Banget

Dipos pada January 27, 2022

Opor ayam kampung

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor ayam kampung yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor ayam kampung yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam kampung bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Request suami minta dimasakin opor ayam kampung.. semoga makin lahap maem.nya😘💕

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 2 batang sereh
  3. 3 lembar daun salam
  4. 1 batang daun bawang
  5. 1 bungkus santan instan
  6. Garam, kaldu jamur
  7. Beberapa cabe rawit utuh
  8. Bumbu halus
  9. 8 siung bawang merah
  10. 5 siung bawang putih
  11. 3 buah cabe rawit merah
  12. 1 jumput ketumbar
  13. 1 jumput merica
  14. 8 buah kemiri
  15. 10 cm kunyit
  16. 3 cm lengkuas
  17. 5 cm jahe
  18. Gula merah
  19. Asam matang
  20. Garam

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung

1
Siapkan bumbu, haluskan kecuali sereh dan daun salam. (Karena hasil ulegkan terlalu banyak saya sisihkan setengah bumbu halus)
Opor ayam kampung - Step 1
2
Siapkan minyak dan tumis bumbu halus ditambah sereh, daun salam, kaldu jamur dan garam.
3
Cuci bersih ayam dan tiriskan
4
Setelah bumbu tumis matang, masukkan ayam dan tambahkan air biar semua terendam. Masak sampai mendidih dan airnya agak menyusut.
5
Setelah ayam empuk matikan api. siapkan wajan satu lagi dengan minyak banyak untuk menggoreng ayam.
6
Setelah selesai menggoreng ayam, panaskan kuah bumbu tadi.. tambahkan cabe rawit dan santan. Biarkan sampai mendidih, masukkan ayam dan tunggu sampai bumbu meresap.
7
Koreksi rasa dan sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam spesial

Opor ayam spesial

Menu andalan , kesukaan suami

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Mantap jiwa .. 😂

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

27 Mei 2019 / 22 Ramadhan 1440 H #Minggu21 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #SiapRamadan #AhlinyaAyam #HidanganAyamLebaran . . . Bismillah, ndaaak terasa ramadhan tahun ini bakal berlalu. Sedihnyaaaaa. Ya Rabb semoga kami berjumpa lagi dengan ramadhan ditahun yang akan datang dengan amalan yang jauh lebih baik. Allahuma Aamiin. Kalau bicara mengenai menu lebaran, yg wajib ya OPOR AYAM. Pasangan sama ketupat. Ini perdana saya nulis resep opor ayam bumbu kuning. Rasa mirip lah dengan yg putih. beda warna dan lebih syantik berwarna kuning.

Opor Ayam Tahu Qu

Opor Ayam Tahu Qu

Penasaran bikin opor.....tanya sana sini.... akhirnya masak deh. Sesuai selera keluarga. Karena pernah beli bumbu jadi , eh kok malah rasanya seperti kare.... Ok inilah hasil masakan saya. Opor ayam... selamat mencoba ya ..😘🙏 #GoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_Bali

Terik sapi ndeso

Terik sapi ndeso

Setiap acara hajatan / kondangan / ewuh di kampungku, gak ketingglan sm nih lauk, #menu_andalan #lauk_wajib_nya_orang_wonogiri #siapbersinar

1mangkok
1jam
Opor Ayam #SiapRamadan

Opor Ayam #SiapRamadan

Hari ini masak opor ayam buat buka puasa sekaligus ngeramein #SiapRamadan Opor ayam ini terinspirasi dari resep opor ci xanders kitchen. Tapi ini saya buat sesuai selera saya. Opor ini saya buat tidak pedas karna buat makan si kecil juga.

10 porsi
Lontong opor

Lontong opor

masih kangen nih makanan khas lebaran, setelah mudik d bikinlah lontong opor ini, tdnya pengen pake ketupat cmn g ad kulit ketupat jdnya ya sudahlah bikin lontong aj.... untuk resep opornya d sebelah ya 😊😊 oo iya catatan nih...pemakaian air tergantung berasnya ya...kglo berasnya pulen air kurangin dikit aj..

140.Nasi Biryani Opor

140.Nasi Biryani Opor

Memanfaatkan masakan sisa lebaran menjadi menu baru yg asiiik...#resolusi2019#berburucelemekemas#cookpadcommunityindonesia#nasibiryani

5 org
Opor ayam tahu pedas

Opor ayam tahu pedas

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Kampung Fibercreme

Opor Ayam Kampung Fibercreme

Masih ada stok ayam kampung,tapi anak laki bosen dibikin soto. Buka resep mba icha irawan *hahaha lagi2* langsung niat bikin opor,tapi ga punya santan. Dan baru inget punya simpenan fibercreme. Cus deh dibikin,Alhamdulilah suami suka.

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Menyatukan resep mamah & ibu mertua untuk bekal suami 🤗

Opor kuning tahu telor

Opor kuning tahu telor

Menu ini juga termasuk menu simple ,namun tetap enak. Kali ini yang buat anak saya sekalian mengasah belajar memasaknya. Yuk di coba resepnya #siapramadan #cookpadcommunity_Bogor #cookpadcommunity

Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

Gara gara temenku pengin makan opor, jadinya kita membuat Opor Ayam sesuai request teman 😊

3 Orang
Opor Kentang ala Banjar

Opor Kentang ala Banjar

Source : mommy Frielingga Sit Pekan inspirasi cookpad minggu ini adalah Masakan Banjar (Kalimantan Selatan). Aku benar2 kurang update masakan Banjar itu gimana, untung buka2 cookpad nya mb Lingga yang org Banjar ternyata masakan dan kue2 nya enak2 ya? Ini namanya opor kentang, unik banget karena bentuk masakannya tidak seperti opor pada umumnya yang kita kenal. Kemudian di toppingnya ditaburi ketumbar tumbuk. Aduh kalau dimakan dengan daun ketumbar, tambah sedep nih🤤 Aku suka banget harumnya biji ketumbar serta daunnya 🥰 #Pekan_Banjar #PekanInspirasi #Berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_tangerang #cookpad_aop