Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bubur Suro yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 29, 2018

Bubur Suro

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Suro yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bubur Suro yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Suro, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Suro ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Suro biasanya untuk 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Suro diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Suro sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Suro memakai 36 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur suro selalu ada dalam perayaan 1 Muharram. Oleh karena itu saya mencoba membuatnya untuk perayaan nanti sore di desa saya๐Ÿ˜Š Alhamdulillah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Suro:

  1. ๐Ÿ“ŒBahan Bubur :
  2. 1/2 kg beras (merk apa saja)
  3. 150 ml air santan
  4. 1 sdt garam
  5. ๐Ÿ“Œ Bahan Kari :
  6. 250 gr daging sapi
  7. 5 buah tahu
  8. 1 liter santan
  9. 6 siung bawang merah
  10. 4 siung bawang putih
  11. kemiri
  12. jahe
  13. lengkuas
  14. kunyit
  15. ketumbar
  16. serai (geprek)
  17. daun jeruk (biarkan utuh)
  18. garam
  19. gula pasir
  20. minyak (untuk menumis)
  21. ๐Ÿ“ŒBahan Sambal Goreng :
  22. 1 papan tempe
  23. kacang tanah
  24. ikan teri
  25. 4 siung bawang merah
  26. 2 siung bawang putih
  27. cabe rawit
  28. cabe merah besar
  29. air asam jawa
  30. gula pasir
  31. garam
  32. minyak goreng
  33. ๐Ÿ“ŒBahan Telor Dadar :
  34. 2 butir telur
  35. secukupnya garam
  36. minyak (untuk menggoreng)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Suro

1
BUBUR : cuci bersih beras, kemudian masukkan dalam panci dengan dicampur air (masak sampai nasi menjadi bubur)jika masih membentuk beras tetapi airnya sudah menyusut, tambahkan lagi airnya sampai beras benar2 menjadi bubur. Jika sudah menjadi bubur masukkan santan dan garam. Tunggu mendidih dan mengental lalu matikan kompor.
Bubur Suro - Step 1
2
KARI : 1). Haluskan bumbunya antara lain bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit,lengkuas,ketumbar, dan garam. 2). Tumis bumbu dengan minyak sampai harum serta masukkan daun jeruk dan serai, jika sudah harum masukkan irisan dagingnya dilanjutkan dengan santannya beserta tahu. Beri garam, gula dan penyedap rasa.(Sesuaikan rasa). Masak hingga mendidih.
Bubur Suro - Step 2
3
Untuk isian kari nya saya pakai daging sapi dan tahu. Sebelumnya daging sapi direbus dulu dan tahunya digoreng.
Bubur Suro - Step 3
4
SAMBAL GORENG : 1).Goreng kering tempe, kacang, dan teri nya. 2).Kemudian buat bumbunya dg merajang tipis bawang putih, bawang merah, cabe besar dan cabe rawit. Jika sudah Tumis bumbu serta masukkan air asam, gula dan garam.(sesuaikan rasa). Jika sudah berbau harum masukkan gorengan kacang, tempe, dan teri.
Bubur Suro - Step 4
5
TELUR DADAR : Kocok telur pada mangkuk, beri garam secukupnya. Lalu goreng.
Bubur Suro - Step 5
6
Hidangkan bubur suro dengan ketiga rekan nya ๐Ÿ˜‚yaitu kari, sambl goreng, dan telur dadar ๐Ÿ˜Š Jika suka pedas bisa ditambhkan sambal ๐Ÿ˜Š
Bubur Suro - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chicken rice porridge/bubur ayam mrs merlin

Chicken rice porridge/bubur ayam mrs merlin

kemaren aku udah bikin cakwe.. hari ini masih ada sisa aku buat bubur aja... bubur ala chinese gtuh yang ga pake kuah kuahan..

Bubur Telur Yampung Kacang Merah (MPASI 6+)

Bubur Telur Yampung Kacang Merah (MPASI 6+)

Dijamin anak suka silakan dicoba ๐Ÿ˜

3 porsi
15 mnt
Bubur ayam kuah santan kuning

Bubur ayam kuah santan kuning

Sarapan nya bur yam saja,dengan bahan seadanya

4porsi
Bubur Sederhana

Bubur Sederhana

Risiko jadi anak rantau, kalau sakit harus bisa merawat diri sendiri. Sedih ya ๐Ÿ˜‚ Jadi ini adalah pertama kalinya saya masak bubur, meskipun sederhana dan dengan bahan seadanya di kulkas, setidaknya lidah saya yang setengah mati rasa ini masih bisa mentolelirnya. *iyalah cuma ada ini, ya pasti dimakan ๐Ÿ˜‚

2 porsi
60 menit
Bubur kacang ijo jahe

Bubur kacang ijo jahe

Source pawon mommy najam

6 porsi
Baked Oatmeal Porridge

Baked Oatmeal Porridge

ceritany lagi mau mulai hidup sehat #gayabanget ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ berhu ung saya tipe org yg gk pnh sarapan *malesbikinsarapan* jdi cari2 resep bikin sarapan yg gampang,gk ribet,dan mayan cepet hehehe ini resep punya ci sheila dri ig @cookingwithsheila tq lohhh ciii resepny๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚oh iyah ini resep udh dimodifikasi sdikit takarannya...klo ikutin percis bisa ksi makan se-rt๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

2 porsi
60 menit
MPASI 6+: Bubur Hati Ayam, Ayam Kampung, Kacang Merah, Kentang & Jagung

MPASI 6+: Bubur Hati Ayam, Ayam Kampung, Kacang Merah, Kentang & Jagung

Menu kesukaan Aisha, dengan bahan-bahan bergizi dan tidak amis. Reaksi: makan lahap, pup lancar โ˜บ๏ธ

Bubur Ayam Spesial

Bubur Ayam Spesial

Haloo guyss, sudah punya inspirasi buat sarapan besok? Kalau belum yuk cobain resep sarapan andalanku. Yups! Sarapan buryam endess banget apalagi cuaca di pegunungan dingin, jadi makin cucok buat menyantap buryam spesial homemade. Soalnya kurang puas yaaa sis kalau beli buryam cuma banyak buburnya tapi ayamnya dikitt banget, sampai kadang lauknya udah abis buburnya masih banyak banget. Mumpung bahan lagi komplit langsung deh eksekusi buryam yang super yummy! ๐Ÿ˜‹ sayangnya kerupuknya ketinggalan kefoto, inget2 udah makan, yaudah anggap saja kerupuknya adaa sis. Oh iyaa, harusnya pake kacang kedelai ya sis tapi berhubung punyanya kacang tanah yaudah deh pake seadanya. Cek resepnya di bawah ya sis, happy cooking! #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #Sarapanku #Cookpadcomunity_Semarang #Week7

7 porsi
1 jam
Bubur ayam

Bubur ayam

Masak bubur ayam setahun sekali dibulan suro,lalu dibagikan ke jamaah sholat jumat,bahagia rasanya bisa berbagi.jd sy masak banyak,untuk 1 1/2 kg beras pulen sy dpt 27 porsi.kalo mau masask sedikit tinggal dibagi aja.ini sy simpan dicp resepnya,soalnya setiap bkin pasti bertanya2?berapa dah ya takaran airnya?semenjak gabung dicookpad jd mudah,banyak ilmu didpt disini,bs simpan resep .kali aja ada yg mau jualan,boleh jg tuh,bs jd ladang usaha.

27 porsi
Bubur Asyura dengan Magic Com

Bubur Asyura dengan Magic Com

Saat perayaan Muharrom kemarin, sekolah mengadakan acara makan bubur Asyura bersama. Otomatis Bunda belajar masak bubur dong untuk dibawa Ayah ke sekolah. Nah, menurut artikel yang Bunda baca, bubur Asyura ini seperti bubur biasa, topping-nya pun suka-suka. Tahun lalu, Bunda pernah dikasih bubur Asyura yang topping-nya serundeng, kacang tanah goreng, ayam suwir, irusan telur dadar, dan bulir-bulir buah delima. Rasanya unik dan enak. Tapi karena kali ini bikinnya mendadak, bubur kreasi Bunda menggunakan bahan seadanya di kulkas.

6 porsi
Bubur ayam

Bubur ayam

Disini saya bumbu kuning buburnya pakai sisa bumbu ungkep ayam ya bu ibu. Selamat mencoba.

Bubur kacang hijau metode 5.30.7

Bubur kacang hijau metode 5.30.7

Source:Giacintapermana.posbar arisan recook masih bersama Bu gia.dengan memakai metode fah unmi yasmin kalo ga salah 5.30.7.ini resepnya yg saya pakai #bandungarisanrecook4_Giacintapermana #cookpadcommunity_bandung #Ga_thenextlevel #cookpadindonesia

Bubur Ayam

Bubur Ayam

1 kata untuk bubur buatan sendiri, enakkkkkk, gurih tanpa msg Selamat Mencoba semoga Resep ini Bermanfaat

3 porsi
70 menit
Bubur Asyura

Bubur Asyura

Adat budaya di kalimantan, setiap tanggal 10 muharam diadakan masak masal bubur asyura, ternyata si ading suka, dan nagih ke emaknya, walhasil setelah tanya sana sini cobalah dibuat sendiri tapi versi sendiri dan ga ribet rasa 11 12 lah xixixi karna bikin sendiri pastinya rasa lebih maknyos. Tapi utk porsi dikira sendiri aja ya

Bubur kacang ijo (5-30-7)

Bubur kacang ijo (5-30-7)

Meski tak pakai presto, memasak dengan teknik "rebus 5 menit" ini bisa mateng sempurna lho..alhamdulillaah..ngirit2 gas..๐Ÿ˜.

Bubur ayam khas cianjur

Bubur ayam khas cianjur

Ayoo, siapa yang lg rindu makanan khas Cianjur ini? Ngidam kali ini rindu bgt bubur Cianjur. Makanan khas daerah tempat lahirku โค๏ธ Tapi di Palembang agak susah ya cari bubur Cianjur. Ada pun yg jual tempatnya jauh dari rumah ๐Ÿ˜ญ. Akhirnya tanya tanya mama dan bikinlah bubur ini sendiri. Alhamdulillah sehari itu 3 kali makan bubur ayam. Sedaapppp betul rasanyaaa ๐Ÿ’•๐Ÿคค Yg mau coba bikin pake resep aku, yuk kepoin resepnya di bawah ๐Ÿ‘‡

Bubur oats

Bubur oats

Mulai program diet lagi setelah sekian lama membiarkan tubuh ini membesar๐Ÿ˜… kebetulan privat trainer saya menyarankan untuk puasa, dan jadilah menu simple dan rendah kalori untuk sajian sahur hari ini. Happy cooking๐Ÿฅฐ #diet #oatmeal

1 porsi
15 menit