Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 9, 2022

Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat

Hari ini saya akan berbagi resep Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat memakai 5 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kalinya saya masak ketupat dan bikin kulit ketupatnya sendiri juga pas menjelang Hari Raya Idul Adha kemarin, jadi tiap Idul Adha sebelumnya saya selalu beli ketupat yang sudah jadi, karena saya tidak berani bikin, jika gagal beras akan terbuang😐, jadi kenapa pas Idul Adha aja saya memasak? Karena jika Hari Raya Idul Fitri, saya selalu pulang kampung, dan Ibu yang selalu masak ketupat dan yang lainnya, dan tugas saya hanya membantu saja. Sering saya berpikir sebagai anak pertama dan satu-satunya anak perempuan dengan 2 orang adik laki-laki semua, mungkin suatu saat saya akan mengambil peranan ini memasak semua keperluan Hari Raya Idul Fitri, dan kebetulan ada kerabat bisa bikin kulit ketupat, jadi pas mau lebaran kemarin saya tertarik membuat kulit ketupat, belajar seharian utak-atik janur dan melihat youtube juga, sampai-sampai malamnya terbawa mimpi😅 pas subuhnya, sehabis solat subuh langsung yang dicari janur, mengayam lagi dan akhirnya bisa juga, langsung deh belajar sama ibu cara mengisi ketupat dan memasak ketupatnya, jadi pas menjelang Idul Adha di Depok kemarin, saya memberanikan diri masak ketupat, bahkan ibu mertua, pas Idul Adha kemarin tidak bikin ketupat karena saya sendiri yang memasakan untuk beliau karena saya bikin kulit ketupat cukup banyak, itulah bagian memasak ditahun 2019, pertama masak ketupat dan bisa mengayam ribetnya kulit ketupat. #DariPengenJadiBisa #CookpadCommunity_Depok #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat:

  1. Bahan Kulit Ketupat :
  2. 6 lembar janur (daun kelapa yang masih muda kekuningan)
  3. Bahan Ketupat :
  4. 2,5 cup (ukuran cup magicom)
  5. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat

1
Siapkan janur, gunakan janur / daun kelapa yang masih mudaa kekuningan supaya ketupat tidak bagian luarnya tidak berwarna kecoklatan, lalu ambil 1 lembar janur kemudian serut hingga janur terbagi 2 dan sisihkan bagian tengahnya yaitu lidinya, letakkan 1 janur ditangan kiri, posisi bawah janur ada diatas, sekitar 15 cm diatas jari tangan.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 1
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 1
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 1
2
Lalu lipatkan kebelakang tangan sebanyak 3 kali lipatan, dan ditangan kanan kebalikannya posisi bawar janur ada dibawah sekitar 15 cm juga, lalu lipat janur kebelakang tangan sebanyak 3 kali juga.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 2
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 2
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 2
3
Tahap ini buat saya tahap paling susah karena seperti membuat pondasi jika dalam membuat rumah😊, kemudian mulai menganyam, yaitu posisi janur ditangan kanan masuk satu-satu ke janur tangan kiri berselang-seling, dan bentuk kulit ketupat sudah mulai terlihat.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 3
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 3
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 3
4
Tahap selanjutnya merapihkan pinggiran kulit ketupat, yaitu tinggal menutup dengan mengayam selang-seling pinggiran kulit ketupat dengan bagian janur yang tersisa, dan jadilah kulit ketupat.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 4
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 4
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 4
5
Lakukan hingga semua janur dibentuk menjadi kulit ketupat, siapkan beras, lalu cuci berasnya kemudian tiriskan.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 5
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 5
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 5
6
Pengisian ketupat : ambil 1 buah kulit ketupat, buka bagian atas, lalu isi dengan beras sebanyak setengahnya dari kulit ketupat tersebut, kemudian jika sudah diisi beras, kulit ketupat dikunci supaya rapi, yaitu robek tengah daun bagian atas pas memasukkan beras tadi.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 6
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 6
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 6
7
Lalu masukkan ujung janur yang ada depannya, hingga ujung janur yang kecil bertemu keduanya dalam 1 lubang, kemudian isi semua kulit ketupat hingga beras habis, lalu tata didalam panci presto, lalu isi air sebanyak setengahnya dari panci presto tersebut, tutup panci presto lalu masak selama 1 jam dari bunyi panci presto mulai berdesis.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 7
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 7
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 7
8
Jika dimasak sudah 1 jam, matikan api, diamkan hingga desis / uapnya hilang, baru panci presto boleh dibuka, lalu angkat ketupat kemudian tiriskan / digantung, tunggu hingga ketupat dingin, baru bisa dipotong-potong dan dimakan sebagai campuran dengan makanan lain.
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 8
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 8
Ketupat dan Membuat Kulit Ketupat - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Punya ayam kampung banyak banget bun..stiap hari di lepas n stiap habis ashar di tangkapin masukin ke kandangnya..tapi ada saja ayam yang susah di tangkap sampai" sudah mau magrib pun ayam yang 1 nya masih belum tertangkap,,pas sudah bisa di tangkap langsung saja paginya di potong n di masak opor ayam..

8 porsi
60 menit
Ketupat Sayur Sederhana

Ketupat Sayur Sederhana

Masih edisi beberes stok, ternyata masih ada stok ketupat mini lebaran tahun lalu. Sebelum kadaluarsa, mending dimanfaatin. Akhirnya saya buat jadi menu sarapan. Passss banget untuk pagi yg diguyur hujan..👌

4 orang
1 jam
Ketupat Sayur Labu Siam

Ketupat Sayur Labu Siam

Nemu ketupat di warung, jd pengen bikin menu lebaran 😂 cusss deh bikin sayur labu siam🤤😍 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bogor

Opor ayam enak

Opor ayam enak

30 menit
321. KeDuPas (Ketupat Durian Pastry)

321. KeDuPas (Ketupat Durian Pastry)

09.05.2021.... Sebentar lagi Lebaran,  saya coba buat kreasi ketupat dari pastry dengan krim durian di dalamnya dan ternyata banyak yang penasaran dengan rasanya. Wangi , manis durian dengan creamy susu dan gurih keju membuat lebaran kali ini berbeda. #CookingCommunityClass_MenuHariKemenangan #GA_MenuHariKemenangan #CookpadCommunity_jakarta #SalamKompakSelalu #cookpad #cookpadcommunity_borneo #PejuangGoldenApron3 #genkgadogado #GACC

4pcs
4 jam
Sayur ketupat sederhana

Sayur ketupat sederhana

selamat mencoba say.. makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat #aamiin

1 panci sedang
1/2 jam
Ketupat presto

Ketupat presto

Ketupat nya haruslah pakai presto, selain masaknya singkat, hasilnyapun tdk keras, buatnya Kalau lebaran aja. Iedul Fitri dan Iedul Adha.

15 porsi
60 menit
Sayur Ketupat Simple

Sayur Ketupat Simple

lahir dan besar di Jakarta, walaupun orang tua dari Jawa Tengah dan Yogyakarta 2 kali lebaran ga bisa mudik, tapi mau lebaran di Jakarta atau di kampung halaman sekalipun, yang dihidangkan dan disantap ya sayur ketupat ini padahal sayur ketupat ini khas Betawi lho tetap ada yang kurang aja kalau ga makan ketupat pakai sayurnya resep mamak kesayanganku ini, agak dimodifikasi sedikit ya karena saya menggunakan fiber creme dan cabe yang saya kurangi menyesuaikan selera keluarga di rumah yang kurang suka pedas, hihihi ikut meramaikan #GASpesialRamadanPeda yuuuk untuk makanan khas lebaran Source : Dapur Ade #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_DapurAde #FiberCreme #TanpaSantan #PenggantiSusu #EnakBisaSehat

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Hidangan yang wajib ada di hari spesial yaitu di dua hari raya Umat islam di indonesi, Idul Fitri dan Idul Adha Ketupat adalah menu utama nya, padanan ketupat ini yg mungkin berbeda di setiap daerah di Indonesia, di daerah saya Jakarta,karena memang saya adalah asli Betawi, ketupat dipadankan dengan Sayur Godog dan Semur Daging. #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda

rame rame
Ketupat sayur seadanya

Ketupat sayur seadanya

Habis ngoprek2 storage kitchen, eh ketemu ketupat instant satu bungkus isi 10, yah direbus saja cepat, bikin deh sayur seadanya yg penting endeus.. #dirumahaja #PejuangGoldenApron2

Ketupat Pulut / Ketan

Ketupat Pulut / Ketan

Lebaran kemarin bikin ketupat untuk dibawa ke rumah neneknya anak-anak. hmmm...nikmatnya...

45 Mnt- 1 Jam
Ketupat metode 5.30.7

Ketupat metode 5.30.7

Habis bikin lontong sekarang bikin ketupat dengan metode yg sama, ga ribet lg seperti dulu, selain mudah trz lebih hemat gas lg 😊 #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenApron3 #50

Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

25-30 buah
2 Jam
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Perdana buat ketupat sendiri biasanya cuma bantu2 mama aja .. Dan terharuu hasilnyaa baguss semuaa

2 orang
4 jam
Terik daging khas solo

Terik daging khas solo

Terik daging adalah masakan yang sering ada di dalam nasi kotak kenduri atau hantaran atau dihidangkan saat perhelatan acara besar. Saya senang sekali memasak masakan khas tradisional terutama masakan jawa. Semoga resep ini bisa dicoba dan hasilnya memuaskan.

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

ketupat ini sering dibuat bersama keluarga dalam rangka menyambut idul fitri atau idul adha. caranya mudah banget!

Ketupat Pecel Sayur

Ketupat Pecel Sayur

Ini adalah makanan favorit ibuku. Dulu ibu sering buat atau beli pecel + lontong/ketupat ini. Sekarang juga kalo lagi pulang kampung ibu pasti beliin pecel ini. Kita makan bersama ibu dan seluruh anggota keluarga lainnya, nikmat banget deh 😍 #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu #SatuResepSatuPohon #teamtrees #cookpadcommunity_Karawang #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clover #clovercookinglover #berburucelemekemas #resolusi2019 #resep3r

Ketupat Janur

Ketupat Janur

Ini pertama kalinya masak ketupat sendiri, biasanya udah tinggal makan aja kalo mudik 😅 Untuk banyak orang, tahun ini adalah yg pertama kali tidak mudik, masak sendiri, jauh dari keluarga terutama yg rantauan. Begitupun saya yg rantau, tapi saya tetap bahagia bisa tetep bareng anak & suami. #dirumahsaja #TiketMasukGoldenApron3

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

MRT(Masak Resep Teman) hadir di minggu kedua bulan Maret ini,bergandengan dg Monas( MoNanya? Silahkan) yang menampilkan teh Opi & pilihanku jatuh pada resep Ketupat Kandangan, atau biasa keluargaku sebut "Haruan Panggang Bakuah",untuk teman makan ketupat.yuk kedapur.... Source: OpiBun,dg penyesuaian selera keluargaku . #MRT_OpiBun #CookpadCommunity_Jakarta #memasakdengancinta #nikmatidengansyukur #PertahankanImunTubuh