Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sate Ayam yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada July 25, 2019

Sate Ayam

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sate Ayam yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Sate Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sate Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sate Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Ayam memakai 17 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sate ayam adalah menu yang ibu bikin pada saat Idul Adha karena kami sekeluarga ga ada yang doyan daging kambing.Jadi supaya kami anak2nya tidak ngiler ngeliat orang lain bakar sate,ibu akhirnya bikin sate ayam.Kami bakarnya bareng2 depan rumah.Sate ayam juga sering sekali kami buat saat malam pergantian tahun.Bukan untuk merayakan malam tahun baru,tapi karena tiap tanggal 31 desember kami mengadakan haul nenek kami yang sudah tiada.Jadilah malam itu keluarga besar berkumpul.Kami masak nasi kebuli,semur jengkol,ayam bakar dan sate ayam. #SemuaTentangIbu #BarbequeBarengIbu #Kombes_MenuAkhirTahun #SateAyam #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_id #LoveIbuAlways #KasihIbuSepanjangMasa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Ayam:

  1. 1 ekor ayam,ambil dagingnya
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Bumbu rendaman di haluskan :
  4. 2 siung bawang putih
  5. Lada bubuk
  6. Garam
  7. Bumbu kacang :
  8. 150 gr kacang tanah
  9. 3 siung bawang putih
  10. 7 buah cabe merah
  11. 5 siung bawang merah
  12. 1 butir kemiri,sangrai
  13. 50 gr gula jawa
  14. 1/2 buah terasi
  15. Gula pasir
  16. Garam
  17. 200 ml air matang

Langkah-langkah untuk membuat Sate Ayam

1
Potong2 daging ayam menjadi kotak2 kecil.Beri perasan jeruk nipis lalu di aduk rata.Diamkan 15 menit.Cuci bersih lalu tiriskan.
2
Beri bumbu marinasi,aduk rata lalu diamkan kira2 30 menit.Saya masukkan dalam kulkas.
3
Tusuk daging ayam dengan tusukan sate,banyaknya sesuai selera saja.
4
Untuk sambal kacang : goreng kacang hingga matang,angkat lalu sisihkan.Goreng bawang merah,bawang putih,cabe,terasi.Angkat dan tiriskan.
5
Haluskan kacang goreng dengan bumbu yang di goreng tadi,kemiri,gula jawa,garam dan gula pasir jika suka.Kalau saya,saya blender dengan di tambah sedikit air.
6
Tumis sambal kacang dengan 4-5 sdm minyak goreng.Beri air lalu masak terus hingga mengental.Cicipi rasanya.
7
Ambil 2 sdm bumbu kacang.Beri kecap manis,aduk rata.
8
Bakar sate ayam di atas pemanggang.Saya menggunakan teflon.Kalau sudah setengah matang,angkat lalu olesi bumbu kacang yang sudah di beri kecap.
9
Bakar kembali sambil di bolak balik hingga benar-benar matang.Angkat.
10
Sajikan dengan sambal kacang dan acar.Saya hanya beri sambal kacang,irisan duo bawang dan cabe rawit utuh.
Sate Ayam - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pasta Saus Bumbu Sate

Pasta Saus Bumbu Sate

Pasta merupakan hidangan berbahan gandum yang biasanya dijadikan sebagai makanan pokok oleh orang eropa. Sedangkan sate merupakan makanan khas Indonesia yang sudah mendunia, yaitu berupa olahan daging (ditusuk/dililit) yang dibakar dan kemudian diberi bumbu kacang. Ternyata cita rasa kontinental dan oriental (pasta + bumbu sate) bisa dipadukan menjadi hidangan yang lezat. Silahkan mencoba ^_^

1 porsi
30 menit
Sate Ayam ala Sonia

Sate Ayam ala Sonia

Bantuin tugas adik buat makanan khas daerah. Modal 60rb jadi banyak dan hasilnya memuaskan. Team 9.2 SMP 11 Kota Bekasi

4 porsi
Sate Ayam Jakarta Abang-Abang

Sate Ayam Jakarta Abang-Abang

Kangen sekali dgn sate abang2 di Jakarta jadi usaha deh membuat sendiri

20 tusuk
Sate Ayam Tanpa Lemak ala amih Fatih

Sate Ayam Tanpa Lemak ala amih Fatih

Ada ayam fillet dikulkas bingung mau dibuat apa ya udah ide spontan langsung buat sate ayam

Sate Kere (Gembus)

Sate Kere (Gembus)

sate kere biasanya ada 2 macam,,yaitu sate daging,kikil & ginjal sapi dan satunya lagi sate gembus/tempe yang terbuat dari ampas tahu,,, kemarin dikasih tetangga tempe gembus,, senengnya bukan main,,secara disini tempe gembus langka sekali,, langsung aja aku olah jadi sate kere,,nyam,,nyam,,enak ^_^

2 orang
40 menit
Sate Rempah Lebaran

Sate Rempah Lebaran

Resep ini saya adaptasi dan sedikit modifikasi dari buku resep karya Ibu Afin Murtie. Niatnya mau sajikan utk alternatif side-dish pas lebaran. Bahan dan proses buatnya terbilang mudah, dan bisa jg utk hantaran makanan kpd kerabat.

10 porsi
Bakso ayam bumbu sate

Bakso ayam bumbu sate

#Tantanganakhirtahun #Masakditahunbaru

Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura

#PekanInspirasi #Pekan_Madura #cookpadcommunity_jajarta #resolusi2019

Sate Ayam

Sate Ayam

Ramadan tiba ramadan tiba 🎤🎤🎤 Sering dan banyak masak tapi selalu lupa kadang gak sempat foto" step by step epek sibuk jualan takjil dibulan ramadan jadinya yaa foto seadanya 😁 #SiapRamadan #AntiRibet Porsi Besar

100tusuk lebih
Sate sapi empuk

Sate sapi empuk

Dapat dgg kurban ada 1kg,yg 1/4 mau dibuat sate aja ah, lumayan buat lauk sore,

Ceker Bumbu Sate

Ceker Bumbu Sate

Assalamualaikum,wr.wb,,,,sahabat cookpad,, #SiapRamadan hari ini,saya ingin berbagi menu untuk berbuka puasa dari olahan ceker ayam Ceker bumbu sate ini biasanya tersedia di penjual sate,perbedaan menu seperti ini,ceker ayamnya tidak dibakar,tapi langsung diolah dengan bumbu khasnya sate,,, Biar makan puas, bisa disantap saat berbuka puasa alangkah baiknya jika kita masak sendiri di rumah untuk keluarga Ayo ikutan biar tidak penasaran sama menu ini,,,, Source Nur Sabatiana #SiapRamadan #AhlinyaAyam #SerbaCeker #Cookpadcommunity_surabaya #Cookpadcommunity_madura #Clovercookinglover #Cookingwithheartheatingwithlove

Sate Bakso Tahu

Sate Bakso Tahu

Siang-siang pengin makan camilan buka kulkas yang ada cuma tahu, akhirnya bikin sate bakso tahu. Lumayan enak meskipun baksonya dari tahu.

14 porsi
30 menit
Sate ayam teflon

Sate ayam teflon

Beli dada ayam 500 gr bingung mau di apain, di goreng terlalu sering, akhirnya buka cookpad ketemu resep nya #sitikulsum. Alhamdulillah keluarga suka #ahlinyaayam

Sate Ayam Godok

Sate Ayam Godok

Masak ini cocok untuk acara2 keluarga di rumah #sategodok #sateayam

Sate  Dada Ayam Fillet Dengan Rempah-Rempah

Sate  Dada Ayam Fillet Dengan Rempah-Rempah

Sate Ayam adalah salah satu makanan favorit orang-orang Indonesia dan mancanegara. Cara mengolah sate di setiap daerah, negara pun berbeda-beda. Kali ini saya ajak saudara-saudari untuk membuat sate yang rasanya agak sedikit berbeda dengan yang jual di jalan-jalan. Kita menggunakan dada ayam fillet yang dibumbui rempah-rempah dengan saus kacang yang bercampur Thai Red Curry Paste ( Bumbu Kare Merah Thailand). Bagi pengikut saya yang baru ; and dapat menyimak resep cara membuat "Thai Red Curry Paste " di halamanku. Bagi pengikut la aku, kalian baru mengetahui bahwa sebenarnya Thai Red Curry bukan saja hanya digunakan untuk membuat Kare tetapi sangat cocok untuk dicampur dengan saus sate. Mari coba sensasi rasa saus kacang dan daging yang berbeda!

60. Menit
Sate ayam rumahan

Sate ayam rumahan

Siang ini pingin makan sama sate+sup enak kyk nya 😋yuk ahh ubrak abrik dapur😁

Tahu bumbu sate

Tahu bumbu sate

Ini ni menu favorite suami tercinta 😘 sering banget mintak di buatin ini menu. Yuuuk di coba sis...

30menit