Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sate Rempah Lebaran yang Bikin Ngiler

Dipos pada July 26, 2019

Sate Rempah Lebaran

Anda sedang mencari inspirasi resep Sate Rempah Lebaran yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Sate Rempah Lebaran yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sate Rempah Lebaran, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sate Rempah Lebaran bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sate Rempah Lebaran yaitu 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Rempah Lebaran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Rempah Lebaran memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini saya adaptasi dan sedikit modifikasi dari buku resep karya Ibu Afin Murtie. Niatnya mau sajikan utk alternatif side-dish pas lebaran. Bahan dan proses buatnya terbilang mudah, dan bisa jg utk hantaran makanan kpd kerabat.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Rempah Lebaran:

  1. 300 gram udang kupas
  2. 300 gram dada ayam fillet
  3. 1/2 butir kelapa muda parut
  4. 2 butir telur
  5. 2 sdm tepung sagu
  6. Tusuk sate
  7. 4 buah cabe merah, haluskan
  8. 4 siung bawang putih, haluskan
  9. 3 siung bawang merah, haluskan
  10. 3 ruas jari kencur, haluskan
  11. 3 ruas jari lengkuas, haluskan
  12. 4 lembar daun jeruk purut, haluskan
  13. 1 sdt garam
  14. 1 sdt gula
  15. 1/2 sdt lada bubuk
  16. Saus bumbu kacang utk olesan ketika bakar dan saus pendamping

Langkah-langkah untuk membuat Sate Rempah Lebaran

1
Haluskan dg chopper udang dan ayam, tambahkan bumbu halus, telur, dan tepung sagu kedalamnya, aduk hingga tercampur rata
2
Campur adonan tsb dg kelapa parut, aduk rata
3
Kepalkan adonan pada tusuk sate, kukus dg alas daun pisang sampai matang, sekitar 20 menit
4
Dinginkan sate, bisa langsung dibakar atau disimpan di kulkas sbg frozen food
5
Panggang sate diatas wajan pemanggang/sejenisnya sambil dioles dg bumbu kacang, sampai kulit sate berubah warna kecoklatan dan dirasa cukup, karena adonan sate sudah matang (dikukus)
6
Siap disajikan dg taburan bawang goreng, cabai iris dan siraman saus bumbu kacang
7
Note: kalau diresep stlh dikukus sate tsb digoreng, dan di resep ada tambahan tahu

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate ayam endesss

Sate ayam endesss

Di kulkas ada ayam bingung mau diapain..mau digoreng jg bosen itu" mulu akhirnya taraa nyate ajahh🍒🍑

5 porsi
Sate Godhog

Sate Godhog

Menu andalan mama mertua, enak. Anaknya suka, ay pun sukee sukee πŸ‘πŸ˜Έ Beli daging sekilo, langsung rebus aja pake bumbu dasar. Simpan freezer, kapan perlu pakeee 😸

Sate Ayam Ponorogo

Sate Ayam Ponorogo

Ini kesukaannya si eneng πŸ‘§πŸ˜˜ Resepnya liat di blog nya Mba @bundnina_ makasih resepnya Mba, izin share resepnya..

Sate ayam

Sate ayam

Sate ayam

127. Sate Kere

127. Sate Kere

Sate kere, alias satenya orang miskin (pada jaman dulu, jaman penjajahan). Sate yang terbuat dari tempe gembus/menjes, alias ampas tahu. Juga terbuat dari jeroan sapi. Dan disajikan dengan bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Sate ini khasnya orang solo. Dan sempat viral ketika jadi salah satu menu jamuan saat anak Pak Jokowi menikah 😁 (maap saya pihak netral. Bukan bermaksud mendukung salah satu paslon πŸ™) Dan sepertinya sejak itu sate ini mulai dikenal masyarakat luas selain orang solo. Gimana rasanya? Enak kog. Apalagi kalau bumbunya pedes. Karena tempe di bacem sebelum di bakar, jadi bumbunya meresap ke tempe. Waktu bikin ini ngga ada orang rumah yang tau. Waktu mateng, pada nanya ini sate apa. Kog kotakΒ². Saya bilang aja sate ayam yang dagingnya di olah πŸ˜‚ pada percaya semua. Kali ini saya bikin 100% tempe gembus. Tanpa jeroan sapi. Tapi bisa misal pakai jerohan sapi, seperti babat, krecek atau kulit sapi dll. Source : Syahla Moms Cuisine Modified : Hanifah Agustiningsih #cookpadcommunity_mojokerto #cookpadcommunity_id #cookpad_id #clovers #clovercookinglover #cookinglover #bukansekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #berburucelemekemas #resolusi2019 #olahantempegembus #semarak_ditusukinaja #ditusukinaja #semarakclover

Sate ayam

Sate ayam

menu berbuka hari ini,sekalian untuk menu sahur nanti malam,tingal dipanasi diteflon aja ,ini resep sate yang super simpel tapi rasa mantull , #siapRamadan #OlahaAyam #sate ayam #Masakitusaya #cookpadcomunity #AhlinyaAyam

Sate Komo #2

Sate Komo #2

Selamat siang cookpaders, sebelumnya saya sudah pernah posting resep ini ya.. Bumbunya masih sama hanya saja cara memasaknya yang berbeda... Kali ini dagingnya ngga saya ungkep dulu tapi hanya saya uleni berkali kali sampai bumbu meresap lalu ditambahkan sedikit minyak.. Resep ini dari ibu mertua sih sebenernya hehe, dan bikin yang persis ini karena request pak suami haha... Jadilah nelfon dulu sambil nguleg bumbunya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†... Hasilnya lebih empuk, lebih gurih, lebih enak ya dari sebelumnya... Untuk daging harus pakai yang kualitas paling bagus (lulur / lulur dalam) πŸ™ #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #MingguKe26 #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_surabaya #CloverCookingLover #CookingWithHeartEatingWithLove #TidakSekedarMemasak #Cookpad

Sate jamur

Sate jamur

Menu favorite keluarga...semua sihh suka sate apa aja Sate ayam,kambing,sate baso,sate jamur juga endull 😍

Sate ayam

Sate ayam

2 porsi
20 menit
Sate manis

Sate manis

mau ksh tips untuk daging ayam untuk sate

Sate kere

Sate kere

#berburucelemekemas #resolusi2019 #siapramadan #cookpadcommunity_bogor Pas liat tempe gembus di kang sayur langsung dibeli, soalnya jarang" ada tempe satu ini. belum kepikiran dibikin apa, tadinya mau digoreng aja buat buka puasa, tapi keinget kq gorengan mulu πŸ˜… Eh keinget pernah cookmark resep sate kere punya Cece nonce langsung aja eksekusi buat buka πŸ€— Makasih Cece nonce inspirasi nya 😘

Sate Ati Bumbu Santan

Sate Ati Bumbu Santan

Berbeda dengan sate pada umumnya, bahan dasar sate ini diungkep dulu memakai bumbu plus santan. Baunya enak, teksturnya juga empuk. Selamat mencoba!

Cilok Bakar Bumbu Sate

Cilok Bakar Bumbu Sate

Terinspirasi oleh hujan seharian kemarin, pengen bikin cilok bakar, tapi baru eksekusi pagi ini, lumayan, keponakan doyan.. Ini bahannya seadanya, ngabisin tepung kanji yang tersisa..

Tahu bumbu sate (sate tahu)

Tahu bumbu sate (sate tahu)

Ini bukan sate tahu yg pke tusuk sate yah. Ini resep almh mama dulu kami suka bgt makan ini sm telor dadar aja nikmat bgt, resep sederhana aja gmpang bgt buatnya.