Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rendang jengkol yang Lezat Sekali

Dipos pada January 25, 2020

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Rendang jengkol yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang jengkol bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Made for Bataknese family gathering. My mom in law asked me untuk bikin rendang jengkol pedas. Beli 1 kg jengkol dan saya buat 2 resep, rendang jengkol yang pedas, dan semur jengkol yang tidak pedas. Win-win for all. #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1/2 kg jengkol
  2. 1/2 liter santan
  3. Secukupnya air
  4. 17 siung bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 3 butir kemiri
  7. 10 cabe merah besar
  8. 20 cabe rawit merah
  9. 2 ruas jari kunyit, bakar
  10. 3 ruas jari laos
  11. 2 batang sereh
  12. 1 lembar daun kunyit
  13. 6 lembar daun jeruk
  14. Secukupnya daun salam untuk merebus jengkol
  15. Secukupnya garam, gula, dan kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rendam jengkol sehari semalam. Buang airnya, ganti air dan masak jengkol dengan daun salam selama 30 menit. Matikan kompor, biarkan jengkol dipanci tertutup selama 30 menit. Setelah itu geprek jengkol.
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
2
Blender semua bumbu halus, tumis sampai harum. Masukkan laos dan sereh geprek, daun kunyit dan daun jeruk. Masukkan jengkol dan tambahkan santan dan air. Jangan lupa masukkan garam, gula pasir, dan kaldu jamur. Masak sampai air menyusut.
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
3
Pindahkan ke wadah saji Dan taburkan bawang goreng. Note: 1 kg jengkol seperti biasa saya buat menjadi 2 resep.
Rendang jengkol - Step 3
Rendang jengkol - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Batita-Balita

Rendang Batita-Balita

Ga cuma orang dewasa lho, batita-balita boleh kok makan rendang. Kalau masak sendiri kan bisa disesuaikan bumbunya buat anak2, ga pedes tapi tetep jadi rendang. Cobain yuk! Resep lainnya main yuk ke instagram @pawonkulo.

Rendang Daging Sapi (5 Jam)

Rendang Daging Sapi (5 Jam)

Bismillahirrahmaanirrahiim, resep pertama memulai perjalanan menjadi #PejuangGoldenApron3 adalah rendang! Yang bikin awang-awangen masak rendang adalah karena harus prepare bumbu yg bermacam-macam. Kalau sudah direbus pakai api kecil mah sudah aman ditinggal-tinggal. Hihi. Berhubung sedang ada pandemi gini suami nggak bisa mudik waktu lebaran, akhirnya saya bikin rendang buat dikirim ke suami. Saya bikin kering tapi masih sedikit basah biar awet. Saya pakai resep mba Endang JTT dengan cara masak niru mamanya temen saya. Dan berhasil, lumayan lah meskipun nggak item2 amat. Hehe.

Pizza Jumbo Rendang Pedas

Pizza Jumbo Rendang Pedas

Karena rendang masakan kesukaan saya maka saya terinspirasi untuk membuat pizza rendang sendiri

8 porsi
2 jam 30 menit
37. Rendang Daging

37. Rendang Daging

Ada masakan rendang favorit kami sekeluarga, yaitu masakan dr yanda (ayahnya) temenku. Tiap dia dpt paketan rendang, pasti kami sekeluarga kebagian 🤭 rendang olahan beliau itu yaampun mantep banget pedasnya.. banyak banget ampas bumbunya yg awal dikira itu serundeng tp pas d makan itu adl bumbu yg mulai garing krn udh sering dipanaskan. Puedes nya puedes banget tp gak nyelekit gak bikin sakit perut, rasanya gamau berhenti makan rendang itu 😄 Ternyata beliau pake beberapa bumbu yg kebetulan aku punya stoknya d rmh, woalaaaa jadilah rendang ini.. tp sygny ini belum saklek sm punya beliau krn dipakein bumbu instan, gapake potongan daun kunyit dan blenderan cabe (kidsfriendly). **Kalo seumpama mau pake blenderan cabe, bisa pake ¼kg cabe kering yaa.. trs daun kunyitnya bisa dimasukin pas udh setengah jalan masaknya. #yogyakartafirstpotluck #5weeks5recipeyogyakarta #cookpadcommunity_yogyakarta #berburucelemekemas #resolusi2019

Rendang Ayam Spesial Bawang

Rendang Ayam Spesial Bawang

Rendang Ayam Spesial Bawang. Bikin hanya 1 jam jadi. Momen lebaran di rumah saja jadi berkesan hangat. Sederhana namun mantap.

6 porsi
Rendang Daging Telor

Rendang Daging Telor

Ini peran utama dari Sayur Kuning dan Sambal Cabe Ijo kemarin ya mom.....

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Dikasih rendang dan masih ada sisaan dikulkas, akhirnya dibuat nasigoreng. Ini pake rendang pagi sore hasil nasi nya lebih hitam. Semakin banyak bumbu rendang yg dipakai, bumbu lain spt garam dll dikurangi ya.

1 porsi
Rendang ala slow cooker

Rendang ala slow cooker

Rendang ini tidak pakai cabai biar anak2 juga bisa ikut makan.

19. Tahu Telur Puyuh Bumbu Rendang Indofood

19. Tahu Telur Puyuh Bumbu Rendang Indofood

Malam2 baru masak, punya tahu sama telur puyuh, bingung mau di masak apa, ada bumbu rendang indofood. Jadi deh masakan ala2 tapi rasa mantap.

Rendang Daging

Rendang Daging

Resepnya iboo Etu (restuutamidewi)

Rendang putih telur

Rendang putih telur

Ada putih telur dikulkas yang tidak terpakai waktu membuat kue nastar untuk idul Fitri kemarin...males ke pasar dan kewarung masak seadanya yg ada di dalam kulkas....taraaaaa jadilah rendang putih telur...

Rendang Daging

Rendang Daging

Karena #berusahahiduplebihsehat tapi pengen rendang 🙄🤪, kubuat sendiri rendangnya, dengan 3 sdm santan kental aja, teteup enak kok .. Source : Xander’s kitchen Pengempukkan daging kupakai #slowcooker jadi penggunaan air sedikit. Bila menggunakan kompor biasa, tambahkan air secukupnya. #cookpadcommunity_tangerang #bancakanonlinebarengcookpad #ebook #cocomtangpost_sireda

4-5 porsi
2 jam
Telur Bumbu Rendang

Telur Bumbu Rendang

Source : ig ayudiahrespatih

Rendang Ayam Kacang Merah

Rendang Ayam Kacang Merah

Mau bikinin rendang buat mamah mertua, mamah suka rendang tapi gak suka sapi, yaudah saya ganti ayam aja, yg penting judulnya tetap rendang kan mah😃 Lebih suka rendang kering dari pada yg basah, karena yg kering lebih tahan lama, selera sih sebenarnya. #pejuanggoldenapron2 #tantanganmingguke11 #semuatentangibu #makananfavoritibu #saturesepsatupohon

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Tak ada daging jengkol pun bisa so yummy

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bismillah Sekali kali masak rendang menggunakan ayam. 13/05/20*