Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rendang Daging Sapi (5 Jam) yang Enak

Dipos pada January 28, 2020

Rendang Daging Sapi (5 Jam)

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang Daging Sapi (5 Jam) yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Rendang Daging Sapi (5 Jam) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi (5 Jam), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Daging Sapi (5 Jam) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi (5 Jam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi (5 Jam) memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmaanirrahiim, resep pertama memulai perjalanan menjadi #PejuangGoldenApron3 adalah rendang! Yang bikin awang-awangen masak rendang adalah karena harus prepare bumbu yg bermacam-macam. Kalau sudah direbus pakai api kecil mah sudah aman ditinggal-tinggal. Hihi. Berhubung sedang ada pandemi gini suami nggak bisa mudik waktu lebaran, akhirnya saya bikin rendang buat dikirim ke suami. Saya bikin kering tapi masih sedikit basah biar awet. Saya pakai resep mba Endang JTT dengan cara masak niru mamanya temen saya. Dan berhasil, lumayan lah meskipun nggak item2 amat. Hehe.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi (5 Jam):

  1. 1,5 kg daging sapi
  2. 2500 ml santan dari 2 butir kelapa
  3. 5 lembar daun salam
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. Secukupnya garam kasar
  6. Secukupnya gula
  7. Secukupnya kaldu bubuk (saya Royco sapi)
  8. Bumbu Halus Kering
  9. 1 biji pala
  10. 3 kapulaga
  11. 3 bunga lawang/pekak/star anise
  12. 3 cengkeh
  13. 2 sdm ketumbar sangrai
  14. 1/2 sdt jinten sangrai
  15. Bumbu Halus
  16. 200 gr cabe keriting
  17. 50 gr cabe rawit
  18. 20 buah bawang merah
  19. 10 siung bawang putih
  20. 2 batang sereh (ambil putihnya saja)
  21. 9 buah kemiri sangrai
  22. 3 cm kunyit
  23. 3 cm jahe
  24. 3 cm lengkuas

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi (5 Jam)

1
Siapkan semua bahan. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan.
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 1
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 1
2
Berikut adalah penampakan bumbu halus dan bumbu kering.
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 2
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 2
3
Tumis bumbu halus dan bumbu kering sampai benar-benar matang dan harum. Lalu masukkan santan, daun salam, dan daun jeruk. Rebus hingga mendidih sambil tambahkan garam, gula, kaldu sampai rasanya pas. Setelah mendidih masukkan daging sapi dan kecilkan api. Saya pakai api super kecil. Lanjutkan merebus hingga kuah menyusut.
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 3
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 3
4
Saya rebus 5 jam sampai airnya hilang, jadinya kering seperti ini. Sedap banget!
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 4
5
Setelah uap panasnya hilang, saya pack ke plastik zip seperti ini dan saya bekukan. Jadi kalau mau makan tinggal angetin satu atau dua bungkus.
Rendang Daging Sapi (5 Jam) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Telur

Rendang Telur

Rendang telur ini saya tidak pakai santan, karena suami tidak suka makanan bersantan, tapi tetap enak walaupun tidak ada rasa santannya, anak-anak juga suka👪

5 orang
½ jam
Rendang ati ampela

Rendang ati ampela

pendamping ketupat sayur

Rendang Ayam santan kara (alakadarnya)

Rendang Ayam santan kara (alakadarnya)

Cek kulkas bingung mau masak apa, liat santan kara cabe sama ayam. Cuss bikin ini aja😍

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Dapoer deta adam

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ini sih masaknya udh kemarin cuma baru dipost

Rendang Daging

Rendang Daging

Resep 13. Resep rendang ini adalah resep dari ibu saya. Dulu ibu suka bikin rendang, rasanya endeusss dan pasti ludesss dimakan anak2nya 😁 saya bela2in bikin rendang pake kelapa parut supaya rasanya original kyk masakan ibu, biasanya kan pake santan instan 😄😄 #SemuaTentangIbu #DagingFavoritIbu #PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Jengkol adalah salah satu makanan favorit Ibu... Jadi saya belajar mengolah Jengkol agar bisa memasak makanan kesukaan Ibu dengan rasa yang sempurna... #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu

Rendang

Rendang

Bisa dibilang ini adalah signature dish aku. Tiap ku buat rendang, seluruh isi rumah heboh. Belom mateng aja udah ditungguin, apalagi udah mateng. Langsung gragas 🤣🤣 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Rendang Kikil Kaki Sapi

Rendang Kikil Kaki Sapi

Suami dan Bapak mertua suka banget rendang bikinanku. Pas lagi kumpul suami iseng pengen makan kikil , si bapak pengen rendang . Akhirnya satukan aja keinginan mereka .

6 porsi
4 jam
Rendang daging

Rendang daging

Yang memasak ini sangat lama. Tapi perjuangan terbayar cantik dgn kelezatan nya...

Rendang ati ampela

Rendang ati ampela

#CookpadCommunity_Jakarta #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas Sebenarnya saya udah sering bikin resep ini cuma gak pernah di tulis di cookpad🙏🏻😜karna yang udah udah warna si bumbunya itu gak cantik kalo udah matengnya(kaya bukan rendang jadinya)mungkin karna si atinya ini x,akhirnya saya ubah cara pembuatannya tapi bumbunya sama seperti yang biasa saya buat😊ternyata sukses😍resep saya ini tanpa santan ya😊saya kalo buat resep ini selalu beli bumbu jadi di pasar(yg udah di giling)kenapa?????kalo bumbu dasarnya mungkin semua orang udah tau,tp rendang kan selalu ada bumbu wanginya(rempah yg banyak yang buat aromanya tuh khas banget)saya sempet nanya sm yang dagang di pasar pas beli ini(maksudnya biar bisa bikin bumbu sendiri di rumah😂)saya perhatikan tiap bumbu yg di masukan ke kantong pas saya pesen bumbu rendang ini( semua saya tau pas si penjual masukin tiap bumbu,kecuali 1 yang terakhir🤔)saya tanya sama penjualnya.....bu itu apa???kata yang jual wangi wangian biasa buat masakan padang,saya tanya lagi.....apa aja bu?si penjual bilang kurang tau😂😅yang pasti rempah2 dan banyak jawabnya🤣🤣🤣🤣mungkin karna banyak jenis rempah dan si penjual gak hafal apa aja isinya😅walaupun saya beli bumbu jadi di pasar,alhamdulillah masakan saya gak cepat basi😊yang penting si bumbunya di masak sampai benar benar matang biar gak cepat basi,takaran garam di kurangi karna biasanya bumbu jadi kaya gini udah di kasih garam(katanya sih biar awet/tahan lama gitu).

Rendang pakis rencah kerang

Rendang pakis rencah kerang

Masakan jadul zaman nenekku

Rendang daging

Rendang daging

Lebaran kali ini rmang niat banget pengen coba bikin rendang yang bumbunya bikin sendiri, Alhamdulillah not bad untuk hidangan lebaran besok :)

3,5 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Resep pertama untuk #pejuanggoldenapron3 bikin rendang😁😁 semangat

Rendang sapi

Rendang sapi

Walaupun bukan orang Padang asli,tapi rasa rendang daging ini recommended Masya Allah enak bgt walaupun cuma makanin bumbunya saja udah enak gurih sekali karena dari santan & bumbu serundeng kelapanya. Dimakan bareng keluarga besar saat kumpul hari raya jadi pelengkap makan lontong / nasi. Dapat daging sapi kurban lumayan banyak.lihat bumbu lengkap kecuali daun kunyit. Kunci dari nikmatnya rendang ialah umbu2 (serundeng kelapa yg dihaluskan sampai keluar minyak),dimasak sampai kering & santan keluar minyaknya bisa tahan 5 hari walaupun tidak panaskan. Ikut meramaikan #bancakanOnlineBarengCookpad berharap semoga dapat #ebook #cookpadCommunityBekasi #pejuangGoldenApron3

Rendang ayam kampung

Rendang ayam kampung

Punya kelapa parut bingung mau diapain. Awalnya beli mau buat gethuk, tapi karena singkongnya kurang bagus untuk dibuat gethuk, daripada kelapa parut nganggur mending disangrai aja buat bikin rendang. Berhubung masih punya rendang daging di kulkas, ya sudahlah..sekarang kita bikin rendang ayam deh. #PejuangGoldenApron2