Cara Gampang Menyiapkan Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah, Enak Banget

Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah. Divideo kali ini saya membuat asinan Bogor dari buah kedondong. Cuman garam, gula, cabai, dan sedikit air. Resep ASINAN BUAH pedas manis asem seger oleh dapurVY.

Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah Baca Juga: Resep Asinan Jeruk Istimewa Enak, Kudapan Pilihan. Bayangkan berapa buah jeruk nipis yang harus dikonsumsi dalam terapi ini? Suara.com – Jeruk nipis kerap digunakan sebagai bumbu pelengkap makanan agar lebih sedap.

Kalau sedang lapar enaknya mencari ide resep asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Divideo kali ini saya membuat asinan Bogor dari buah kedondong. Cuman garam, gula, cabai, dan sedikit air. Resep ASINAN BUAH pedas manis asem seger oleh dapurVY.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah menggunakan 6 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah:

  1. Ambil 500 gr kedondong (rp 3.000,-).
  2. Gunakan 3 butir jeruk nipis (rp 1.500,-).
  3. Gunakan 4 cabe rawit (klo cabe satuannya apa y? biji? tangkai? ya pokoknya 4 pcs itu, rp 1.000,-).
  4. Ambil garam (sesuai selera, yonyah pke 2 sdt muncup).
  5. Sediakan 5 sdm gula pasir (anggeplah rp 1.500,-).
  6. Siapkan garam untuk menggarami.

Di samping itu, jeruk nipis juga digunakan sebagai minuman nan berkhasiat. Bahkan, minum air perasan jeruk nipis setiap pagi saat perut kosong dipercaya memberikan banyak manfaat tak terduga bagi. Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto dan mie kocok. Bahkan, aroma dan rasanya yang kecut serta segar, menjadikan air perasan jeruk nipis sering dijadikan penghilang bau amis pada ikan sebelum diolah.

Cara menyiapkan Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah:

  1. Kupas, dan cuci bersih kedondong,.
  2. Potong2 kedondong sesuai selera.
  3. Rendam dalam air bersih yg sudah di beri garam, penggaraman kedondong biasanya +- 1 jam, tp karna udah g sabar, cuma nyonyah rendem 20menitan.
  4. Selama menggarami kedondong, rebus air, beri gula, garam, irisan lombok ( g pandai ngulek, jd di iris tipis, setelah mendidih, diamkan sebentar, berikan perasan jeruk nipis.
  5. Matikan api untuk rebusan tadi, setelah itu, bilas kedondong yg sudah di garami tadi, lalu masukan dlm kuah.
  6. Biarkan dingin, setelah dingin, bisa di simpan di kulkas, tp, yg punya nyonyah….langsung habis…hehe.
  7. Nah, gimana bunda? Ini salah satu alternatif bagi yg g suka dg penggunaan cuka… Ok kita masuk ke bagian perhitungan biaya y Total biaya yg sy hitung +- 7rb, mudah2 an g salah itung, Bisa buat 5-7porsi, tergantung yg mbagi y, Nyonyah sendiri menggunakan gelas cangkir untuk penyajian, ternyata jd 7 cangkir dg masing2 cangkir berisi 6 potong buah kedondong (sekali lg, ini smua tergantung ukuran buah dan potongan buahnya) Tp yg nyonyah tau, tukang jual asinan yg pke cup itu per porsi jualnya 9rb/cup. Emang sih, disana buahnya lengkap, dan ada tambahan krupuk ketela, Ya tp untuk skala rumahan modal 7rb untuk ber 7, bisa di bilang murah meriah dong…. Per gelas cm 1.000,- harga yg sangat membahagiakan kantong dan lidah….

Sari perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan air hangat dan baking soda dapat membersihkan segala permukaan yang kotor, berminyak, bahkan berkerak! Maka itu, memiliki pohon jeruk nipis di rumah tentu saja merupakan hal yang menguntungkan untuk diri sendiri. Kalau di rasa-rasa asam manis pedasnya hampir mirip dengan sajian Kimchi ala Korea. Rasanya segar, apa lagi kalau di makan dalam kondisi dingin. Faktanya, jeruk nipis juga dapat mengatasi permasalahan lambung seperti maag lho.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang simpel di atas dapat memudahkan bunda menyediakan makanan yang menarik untuk keluarga ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tips singkat menyajikan asinan kedondong (jeruk nipis) ala nyonyah yang bisa Anda praktikkan di tempat tinggal anda. Semoga suka ya

Related Posts