Bagaimana Menyiapkan Gulai tempoyak ikan gabus yang Enak Banget

Dipos pada April 26, 2022

Gulai tempoyak ikan gabus

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai tempoyak ikan gabus yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Gulai tempoyak ikan gabus yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai tempoyak ikan gabus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai tempoyak ikan gabus bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai tempoyak ikan gabus sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Gulai tempoyak ikan gabus memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Ceritanya ada duren dalam kulkas 2biji akhir nya kepikiran buat masak tempoyak di tambah di kulkas ada ikan gabus kecil taraaa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai tempoyak ikan gabus:

  1. 1/4 Ikan gabus
  2. 2 biji duren
  3. Cabe rawit (kalu ada pakek cabe merah y campur)
  4. 1 ruas Bawang putih
  5. sedikit Kunyit
  6. Penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Gulai tempoyak ikan gabus

1
Goreng ikan gabus ampek garing,yg sudah di bersih ya
2
Ulek cabe garam bawang putih n kuyit nya
3
Durennya di kupas buang bijinya,lalu kasih air sedikit trus di tekan2 biar lembut pakai sendok
Gulai tempoyak ikan gabus - Step 3
4
Tumis bumbu masukan duren yang udah lembut kasih air lagi,tunggu agk air nya berkurang lalu masukan ikan gabus nya
5
Tunggu hingga meresap lalu sajikan dehhh
Gulai tempoyak ikan gabus - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai cakalang daun singkong

Gulai cakalang daun singkong

Suka sekali memasak sesuatu yang praktis, lauk dan sayur dimasak sekaligus

Gulai ikan nila (manis asam belimbing wuluh)

Gulai ikan nila (manis asam belimbing wuluh)

Terinspirasi dari rumah makan terkenal. Kk ipar makan gule ikan gurame. Terus pas aku cobain enak. Suami jg suka. Akhirnya nanya2 sama mama, sama kaka.ternyata kalo gule ikan bisa diganti ikan apa aja.terus pesen kaka,gulenya pakein belimbing wuluh biar seger. Akhirnya sabtu pagi ke agen ikan segar sama suami. Rencana mau beli ikan nila, Tapi udah keabisan, hufft padahal masih pagi. Beruntung tinggal,di daerah bukan pelosok. Jd mau kemana2 mudah. Terus nyari ke tukang ikan segar lain. Tp bukan agen, dan akhirnya dapet nila. Sekalian dibersihin,dipotongin. Biar pulang2 tgl eksekusi. Hihihi *Padahal males bersihinnya* Pulangnya seperti biasa gugling dulu cookpad. Resep gulai nila. Aku dapet resepnya bunda yanni. Thx bund resepnya endess banget. Keluargaku sukaa semua. Bumbunya meresap sempurna di ikan nila. Tapi aku gapakein santen karna suami ga terlalu suka sebenernya biar ga kolesterol (menghindari ajasih) terus biar ga cepet basi juga. Ikanya juga aku goreng dulu, sebelumnya dilumurin jeruk nipis sama garam.kenapa? Karna suami gamau.katanya "kalo ikanya basah nanti gamau makan" Hmm,okelah , aku jg gabegitu suka kalo ga digoreng dulu. Takut masih bau lumpur atau apalah itu. Okedeh klo gitu. Yuk ah langsung lihat resepnya.

8 porsi
Gulai ikan ala mama khairil

Gulai ikan ala mama khairil

Gulai ikan kacang panjang

Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Yuhuuuu ini favorit big boss (mama & papa) dirumah 😁. Klo udah makan ini bisa licin benerΒ² tinggal tulangnya πŸ˜…. Yuk cekidot resep andalan dirumah 😊.

Β±25 menit
Gulai (tanpa santan) ikan cucut+pakis

Gulai (tanpa santan) ikan cucut+pakis

Baru pertama kali moms olahan ikan cucut. Bingung mau di apain. Ehhh ada sayur pakis di warung jadinya diginiin deh 😊

Gulai ikan tongkol dan tahu πŸ‘

Gulai ikan tongkol dan tahu πŸ‘

Pengen makan gulai,kebetulan semua bahan ada di kulkas,cuusss ke dapur πŸ˜‚walau lagi hamil gak boleh malas malasan 😁

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Kegiatan hari minggu seperti biasa ke supermarket belanja kebutuhan bayik dan ke pasar belanja untuk masak seharian, pak cuam lagi bosen ayam jadi minta dimasakin ikan. bosen bebikin sop terus, gak apa2lah ya sesekali makan santanan.. buat mommies yg gak mau pakai santan bisa ganti fiber cream aja ya.. terus berhubung anak pertama belum terlalu bisa makan pedas jadinya mesti diakalin pedasnya dg cabai yg tidak dihaluskan.. yukk moms intip dan dicoba resepnya, alhamdulillah dikasi nilai 10 sama si pak cuamikπŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸŽŠπŸŽ‰

Gulai Terong Ikan Asin

Gulai Terong Ikan Asin

biasanya Mama mertua suka masak menu ini di rumah, kalau mama pakai ebi di bumbunya, aku pakai terasi di bumbunya. santan nya yang encer saja, jangan terlalu kental supaya kuahnya ga terlalu eneg di makan.. ikan asinnya di masak sampai aga lembek, jdnya ga berasa kayak makan ikan asin lg krn rasa asin ikannya juga sudah berbaur dengan kuah.. tapi ya itu tujuan ikan asinny di lembekin supaya bs menambah rasa kuah gulainy..

Gulai ikan nila kemangi

Gulai ikan nila kemangi

Anak saya yg sulung suka bgt klo ikan nila di gulai.spt biasa..tanpa cabe. Biar adeknya ikutan makan.yuk ah bun...kita ke dapur.πŸ˜„

Patin gulai tempoyak

Patin gulai tempoyak

bagi yang kurang suka ikan patin karena banyak lemaknya, boleh dicoba digulai aja. karena ini enak gak terasa lemaknya.

Gulai Ikan Padang

Gulai Ikan Padang

Kemarin2 ini ngidam pengen makan gulai ikan kaya di resto Padang ini, tapi ga mau beli karena penasaran pengen bisa bikin sendiri hehe. Aku beli bumbu halus di pasar, isinya kira2 yg aku tulis. Emang racikan tangan Uda mantap kerasa 'Padang'nya, padahal bumbu sama klo ngeracik sendiri tapi diracik doi kok kerasa lebih 'nendang' hehe. Pernah pake bumbu instant gulai tp ga cocok sama yg aku cari utk rasa gulai ikan, itu lebih ke gulai daging. Sesuaiin selera aja ya. Boleh pakai santan kental atau kara. Aku pakai santan kental sekitar 100ml + kara sedikit. Ikan bisa diganti apa aja kok. Save resep ini biar klo next time masak lagi gak lupa krn aku udah cocok sama rasanya, ini yg aku cari hehe.

4 porsi
Gulai kepala patin

Gulai kepala patin

Td waktu di pasar liat kepala patin besar2 begit saya tanya harganya cm 8rb murah meriah bunda...akhirnya punya ide bwt gulai kepala patin deh

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan

#15resepterbaruku