Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Kambing yang Enak Banget

Dipos pada January 1, 2023

Gulai Kambing

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Kambing yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Gulai Kambing yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Kambing, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai Kambing bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Kambing biasanya untuk 4 - 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Gulai Kambing diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai Kambing bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Kambing memakai 31 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jaman kecil dulu, ada Gulai di daerah kami.. yg masak simbah simbah udah suepuuuh banget, kuahnya bening tapi masyaaAllaaah rasanya luar biasa kaya rempah. Gulai Mbah Suji namanya, waktu kecil tak kira mbahnya namanya begitu karena pinter masak gule, ternyata ya emang karena itu namanya gais.. hahaha, Yaudah, langsung aja yuk mumpung moment-nya pas hari raya Idul Adha, cekidot !!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kambing:

  1. Bumbu Halus :
  2. 7 Cabe Rawit
  3. 1 Cabe Merah Besar (Menyesuaikan)
  4. 7 siung Bawang Merah
  5. 5 siung Bawang Putih
  6. 2 lembar Daun Jeruk
  7. 1 ruas Jahe
  8. 1 ruas Lengkuas
  9. 1 ruas Kunir
  10. 1 sdt Merica
  11. 3 butir Kemiri
  12. sejumput Jinten
  13. Bumbu Cemplung :
  14. 3 Daun Salam
  15. 3 batang Serai
  16. 2 Asam Jawa
  17. secukupnya Kayumanis
  18. 7 Bunga Cengkeh
  19. 1 buah Tomat (iris kasar)
  20. 3 butir Kapulaga
  21. secukupnya Gula Jawa
  22. Bahan Lain :
  23. 250 Gr Daging Kambing (potong dadu)
  24. 500 Gr Daging + Tulang Kambing
  25. 3 sdm Minyak Goreng
  26. secukupnya Air
  27. secukupnya Santan
  28. secukupnya Garam
  29. secukupnya Gula
  30. secukupnya Penyedap Rasa
  31. secukupnya Bawang Goreng

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kambing

1
Haluskan semua bumbu halus, tumis dengan minyak goreng sampai tekstur merata dan matang. Masukkan bumbu cemplung, tumis hingga harum.
2
Masukkan daging kambing. Tumis sampai daging terlihat kaku dan berubah warna. Tambahkan air, rebus hingga mendidih.
3
Tambahkan santan, gula, garam dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa. Matikan kompor, diamkan 20 - 30 menit.
4
Masak lagi dengan api besar 7 - 10 menit. Taburkan bawang goreng. Sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Salah satu makanan favoritku😍 Masaknya gampang rasanya luarrr biasaπŸ˜‹ #FestivalRamadanCookpad #DiRumahAja #TiketMasukGoldenApron3

Gulai Paku

Gulai Paku

Resep gulai paku/pakis ini enak banget ternyata.... Padahal baru perdana bikin. Tp pas dimakan, yummiii...orang rumah pada kasih komentar "enaaaak" hehe. Teman2 boleh ditambahkan lg dng pete atau kerupuk kulit spy makin mantap rasanya. Ini krn saya malas nyari2 bahan lagi, jd gak dikasih apa2, cuma daun paku aja.

Gulai daging qurban

Gulai daging qurban

Alhamdulillah dapat daging qurban dari tetangga.. muter nyari bumbu instan gak nemu, akhirnya diPD²in bikin bumbu sendiri 😁

3 orang
45 menit
Gulai Pucuak Ubi Udang

Gulai Pucuak Ubi Udang

Temennya nasi hangat dan sambalado.. Maknyus πŸ˜‹ #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Padang

Gulai Ampai Dusun

Gulai Ampai Dusun

Mamaku senang masakan ini, simpel dan mudah πŸ˜‚

4 Porsi
15 Menit
Gulai Ayam Kampung (Tanpa Santan)

Gulai Ayam Kampung (Tanpa Santan)

Selama masa pandemi, pak suami yg bertugas belanja ke pasar/tukang sayur/swalayan. Akibatnya seringkali pulang membawa bahan makanan yg tidak ada di daftar belanjaan, tp kode minta dimasakin itu. 😁 Kemarin beliau pulang dr super**do bawa ayam kampung agak besar. "Dibuat berkuah aja ya", katanya. 1 ayam itu dibuat 3 masakan, 2 berkuah, 1 bercabai. . Seiring pertambahan usia (duilee..), mulai mengurangi bahan-bahan yg terlalu enak seperti santan yg dipanaskan cukup lama. . Kalau menggunakan santan biasanya saya campurkan ke makanan menjelang dimakan, tanpa proses masak melainkan kelapa parut dicampur air hangat lalu diperas saring. . Untuk yg dimasak begini, saya biasanya ganti kelapa dengan kemiri. Jangan lupa kemiri harus selalu disangrai dulu.

Gulai Daging

Gulai Daging

Masih ada sisa daging kurban di kulkas dibikin gulai aja. Dagingnya bisa pake daging sapi atau daging kambing sesuai selera. Boleh juga dicampur dengan jeroan. Ini kuahnya encer ya mam, kalo mau kental tinggal tambah lagi santan kentalnya.

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Berempahh #PejuangGoldenApron3

Gulai cumi dan telor

Gulai cumi dan telor

Assalamualaikum πŸ™πŸ–οΈ,semoga semua sehat selalu.. WFH dan lagi Imlek 2021,suami minta dibuatkan cumi gulai yg isinya tahu.bumbu gulai ini kental dan kuahnya saja enak,jadi sayang kalau cuma isi cumi saja,aku memasukan telor dan juga tahu🀭dasar ngirit ya...tapi memasak ini,bisa mewakili bagi yg tdk suka cumi,bisa makan telor atau tahunya sajaπŸ˜ŽπŸ˜€

20 porsi
45 menit
14.Gulai Ikan Kakap Merah πŸ’•πŸ˜πŸŸ

14.Gulai Ikan Kakap Merah πŸ’•πŸ˜πŸŸ

Ikan kakap selalu menjadi menu favorit keluarga. Diolah menjadi masakan apapun, rasa dagingnya selalu juara. . Resep gulai ikan ini improvisasi pribadi dari beberapa resep cookpad gulai ikan, disesuaikan selera keluarga 😘 Juara deh pokoknya.

2-3 org
Gulai ikan tongkol praktis

Gulai ikan tongkol praktis

Tadi malam menu sahur,,lihat di kulkas ada ikan ada ayam ,,karena buka dah ma ayam baiklah sahur nya sama ikan ,,bikinnya jam 1/2 4 pagi mepet mau waktu makan sahur ,,,masak 15 menit kelar πŸ˜„ #tiketmasukgoldenapron3 #temandekattehmin #cookpadcommunity_bandung

Gulai ikan tenggiri (Fiber creme)

Gulai ikan tenggiri (Fiber creme)

Paling suka bikin gulai dengan ikan dari pada daging, kali ini bikin gulai yg sehat & enak dengan santan dari fiber creme, makan ini gak bikin kolesterol jadi naik... 😊 #PejuangGoldenApron3 #masakitusaya #week16 #cookpadcommunity_kalteng

3 porsi
30 menit
Gulai Ayam

Gulai Ayam

ga suka kambing jd bikin gulai pake ayam aja..

6 porsi
Gulai sapi tanpa santan

Gulai sapi tanpa santan

Saat awan merah mulai menghilang dari pandangan, pertanda senja akan berganti malam Mari kita menyiapkan makan malam yang lejat: Resep warisan mertua Tetap gurih walaupun tanpa santan #BertumbuhBersamaCookpad ig:#cutzamania #gulaisapi

5 orang
1.5 jam
Gulai gori urat sapi

Gulai gori urat sapi

Bikinnya mudah irit bumbunya enak rasanyaπŸ‘Œ

Gulai labu tahu

Gulai labu tahu

Pedes,gurih dan enaaak...

6 orang
25 menit
Gulai Kepala Mayong

Gulai Kepala Mayong

Udah lama ngak makan kepala ikan besar 😁 Kepala ikan enaknya di gulai, nikmat sekali rasanya πŸ€—πŸ˜˜ #cookpadcommunity #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunityborneo