Cara Gampang Membuat Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada December 29, 2022

Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang kira-kira 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang diperkirakan sekitar 1 jam.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang memakai 22 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jantung pisang pemberian kakak mengingatkan saya waktu kecil, orang tua mengatakan bahwa sayur gulai jantung pisang rasanya seperti"Iwak Kebo"(daging kerbau), sehingga saya mau makan dengan sayur tersebut karena ada kata daging kerbau....he...he...he itu jaman dulu. Nah, sekarang.....dalam keluarga kecil saya apa yang dimasak ibunya pasti anak-anak mencicipi dan suka termasuk sayur jantung pisang . Ada tips juga lho.....cara merebus agar jantung pisang kelihatan putih dan empuk gak sepet. #bamasakjosantan #CABEKU #cookpadcommunity_yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #mingguke12 #agustus #2020

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang:

  1. 1 buah jantung pisang
  2. 1 ikat daun pepaya jepang, rebus dahulu hingga empuk
  3. 1,5 lt santan (saya pakai 1 butir kelapa diparut)
  4. 10 bj cabai merah besar, direbus
  5. 54 gr gula merah
  6. 6 siung bawang merah
  7. 6 siung bawang putih
  8. 3,5 sdm garam, terbagi untuk 1 sdm merebus jantung pisang sisanya untuk kuah gule
  9. 1/4 bh biji pala
  10. 2 ruas jari jahe, dikeprek
  11. 2 ruas jari lengkuas
  12. 4 lbr daun salam
  13. 2 bt daun serai, dikeprek
  14. 3 lb daun jeruk purut
  15. 2 sdm minyak, untuk menumis
  16. 1 sdm gula pasir
  17. 1 bt kayu manis
  18. 5 biji cengkih
  19. 1/2 sdt merica bubuk
  20. 1/2 sdt kunyit bubuk
  21. Taburan :
  22. Bawang merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang

1
Tips merebus jantung pisang : Rebus air di panci ditambah garam dapur 1 sdm tunggu hingga mendidih. Sementara menunggu air mendidih bersihkan jantung pisang dari lapisan yang berwarna merah hanya berwarna putih yang digunakan. Bunga pisang jangan pada lapisan yg berwarna merah jangan dibuang bisa kita rebus bersama dengan cara membuang putiknya dahulu.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 1
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 1
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 1
2
Jika sudah mendidih masukkan bunga pisang yang sudah dibersihkan dari putiknya dahulu. biarkan bebrapa menit mendidih.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 2
3
Potong-potong tipis jantung pisang diatas panci rebusan air yang mendidih dan pastikan semua potongan jantung pisang masuk dan terendam di air mendidih.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 3
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 3
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 3
4
Aduk-aduk dan celupkan di air mendidih potongan jantung pisang hingga empuk, segera angkat, saring, cuci dengan air bersih berulang kali dan tiriskan. jantung pisang sudah bisa diolah.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 4
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 4
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 4
5
Membuat Gulai jantung pisang : Siapkan bumbu, goreng sangrai jinten, ketumbar dan kemiri, haluskan dengan menambah buah biji pala, bawang merah, bawang putih dan cabai merah.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 5
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 5
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 5
6
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan menambah merica bubuk dan kunyit bubuk hingga berbau harum masukkan daun serai, daun jeruk purut, daun salam, jahe, kayu manis, cengkih dan lengkuas, biar tidak gosong tambahkan air santan sebanyak 1 sdk sayur. Jika sudah semua daun layu pindahkan tumisan bumbu dipanci lain yang berisi air santan.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 6
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 6
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 6
7
Didihkan air santan dan bumbu, masukkan daun pepaya jepang yang sudah direbus dulu dan jantung pisang. Tambahkan gula merah, garam dan gula pasir pada panci. Aduk-aduk tunggu hingga mendidih kembali dan bumbu meresap.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 7
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 7
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 7
8
Jika sayur sudah mendidih dan bumbu sudah meresap segera matikan api kompor. Sayur jantung pisang dan daun pepaya jepang siap disajikan dengan menambah taburan bawang merah goreng.
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 8
Gulai Jantung Pisang dan Daun Pepaya Jepang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

(21) Gulai Sayur Batak (bangun bangun)

(21) Gulai Sayur Batak (bangun bangun)

Sayur yg punya banyak manfaat. Gak hanya buat menambah asi aja tpi masih banyak manfaat lainnya. Boleh di cek digoogle..hehehehe🙏✌️🤗

Gulai Telur Kurma

Gulai Telur Kurma

Kurma selain dibuat camilan atau dessert, bisa juga dijadikan masakan gurih Biasanya sama masak bersama ayam (next time saya share resepnya) tapi kali ini saya akan masak bersama telur

4org
1jam
Gulai tuna kemangi

Gulai tuna kemangi

Menu hari ini

4 porsi
30 menit
Gulai gabus kecombrang/honje/nias

Gulai gabus kecombrang/honje/nias

cobain ahh masak pake kecombrang dikreasiin jadilah gulai ini, yuk coba bareng

2-3 porsi
45 menit
Gulai ayam,telur(menu diet)

Gulai ayam,telur(menu diet)

#tanpagula #tanpaminyakgoreng #tanpasantan

Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Btw mamah mamah cantik hari ini InshaAllah aku mau rapel resep yang selama ini aku posting di ig ku ya, so semoga menginspirasi 😘 (cc: ig ku @kfennyandrean)

5-6 orang
+/- 1 jam
Gulai Daun Singkong Teri tanpa santan

Gulai Daun Singkong Teri tanpa santan

Sedang ingin mengurangi masakan bersantan, tapi pengen juga makan gulai daun singkong. Baiklah kali ini coba buat yang tanpa santan aja. Tetap enak dan segar kok👍 #GA_TheNextLevel #week14

Gulai Tahu

Gulai Tahu

Ceritanya pengen gulai iga, tapi yang adanya tahu, ya udah bikin gulai tahu aja..

Banyakan
40 menit
Gulai Daun Ubi

Gulai Daun Ubi

Biskillahirrahmanirrahim Assalamualaikum moms.... Masak apa hari ini, kalau saya hari ini masak Gulai Daun Ubi. Daun Singkong kalau di daerah saya biasa di sebut daun ubi. Kali ini saya masak sesuai stok yang ada sekalian ikutan #BanggaKirimRecook serta merupakan Recook minggu ke lima pada #AksiDutaRecook di #DutaRecookPontianak.... Resep ini terinsfirasi dari ibu #Hj. Tintin Purnama Sari, hanya saja Resepnya sedikit saya sesuaikan dengan selera saya dan ketersedian stok di dapur. Pada sayur Gulai daun ubi ini saya tambahkan labu perenggi (Labu kuning) dan udang ebi, sehingga lebih yummy. Intip resepnya sekarang yuk.... Links Bumbu Dasar Kuning : https://cookpad.com/id/resep/13501478-bumbu-dasar-kuning?invite_token=Zd2pm9Q2NJxd1KAgFuV7G9Vk&shared_at=1598635630 Link Bumbu Dasar Merah: https://cookpad.com/id/resep/13501709-bumbu-dasar-merah?invite_token=AHw8eqX5adEw4m4UPrpSGXiy&shared_at=1598635703 #OlahanDaunSingkong #DaunSingkong #DaunUbi #GulaiDaunUbi #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #BanggaKirimRecook #Cookpadcommunity_Pontianak #Cookpadcommunity_Borneo #kedapuraja

1 porsi
45 menit
Gulai Domba Kacang Merah Tanpa Santan

Gulai Domba Kacang Merah Tanpa Santan

Tiap beli lamb / daging domba selalu dimasak itu-itu aja jadi bosen juga. Lalu kebayang segernya gulai kambing di warung sate langganan di Bali. Akhirnya nyoba masak lamb tapi di kuah. Kali ini gak pake santan ya. Saya beli daging dombanya yang kemasan, jadi dapat tulangnya dikit banget. Lebih pasnya pake 1kg daging + 500 gram tulangan. Dan untuk kacang merahnya lebih baik yang segar jika ada. Tapi kalau tidak, bisa pake yang kering dengan di rendam semalaman atau pake yang kalengan. Saya pake yang kalengan

1 jam 30 menit
Gulai Paku 🌿

Gulai Paku 🌿

Minggu, 13 Desember 2020 #Basidoncek #Maminang_Basayua #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Padang #MasakanMinangHeni Posbar Cookpad Community Sumbar kali ini temanya "Olahan Sayur Khas Minang".Kali ini aku buat "Gulai Paku"ini adalah masakan populer di Sumatera Barat terutama di daerah pesisir barat.Gulai Paku(Gulai Pakis)biasa di sajikan dengan ketupat.KATUPEK GULAI PAKU adalah masakan khas dari daerah Pariaman.Kota Pariaman letaknya tidak jauh dari kota Padang. Jaraknya sekitar 56 km dari kota Padang atau 25 km dari Bandara Internasional Minangkabau Sumber:wikipedia.org

Gulai Daun Ubi

Gulai Daun Ubi

Mw ikutan challenge #CABEKU masak yg pke santan.. Udh lama gak makan daun Ubi, skrng lngsng kita masak aja #bamasakjosantan

243. Gulai Pakis / Gulai Paku khas Padang

243. Gulai Pakis / Gulai Paku khas Padang

Jumat, 18 Desember 2020 Berhubung Bumbu Gulai saya masih ada di kulkas, yuk mari buat Gulai Pakis / Gulai Paku khas Padang. 😉😊 #GA_TheNextLevel #GoldenApronChallenge #mingguke29 #KulaEtamCoCoK #DiRumahAja #243resepmarin #gulaipakumarin #gulaipakismarin #masakitusaya #homemadeisbetter #semuabisamasak #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunityPaser #cookpadcommunityTanahGrogot #cookpadcommunityLongikis #alaDapurMarinBorneo #by_DapurMarinBorneo #DapurMarinBorneo #resepMarin #cookinggalery #galerycooking #cookingwithhearteatingwithlove

Gulai ayam kampung

Gulai ayam kampung

Kali ini saya mau masak ayam di gulai. Biasanya pakai santan tapi hari ini karena di warung dekat rumah habis kelapanya makanya saya ganti dengan susu

6 org
45 menit
Gulai kol padang

Gulai kol padang

Kalo kerumah makan padang pasti gak asing dengan sayuran ini,kebetulan ada Stock kol di rumah bosan di masak begitu aja akhir di masak gulai ternyata enak Boleh di tambahin kacang panjang ya moms 👩🏻‍🍳☺️ #pejuanggoldenapron#masakansimple#mudah

2 0rang
15 menit
Gulai Daun Singkong Kuah Susu

Gulai Daun Singkong Kuah Susu

Ciuss deh dah lama bangeuut ga masak daun singkong ini😅alasannya cuman satu..karena pakai santan😅, karena lagi ada masalah lambung, jdnya ditunda melulu ..hikss,,jadi kangeuun,, alhamdulillah lihat² resep ada yang pakai kuah susu / fiber creme, cocok banget tuh diperut, akhirnya,jadilah bikin..sekalinya makan,, hmmm...nambah lagi😄ternyata pakai kuah susu juga ga kalah enaknya dengan santan😋🤗 #pekanposbar #pekanposbarsayurlebaran #kampungramadan #cookpadcommunity_Cilegon #cookpadcommunity_Banten #masaksekeluarga Source : Dapoer Ummu Ibrahim( dgn modifikasi)

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Ngobatin kangen nasi padang bisa bikin ini aja dirumah.. #PejuangGoldenApron3

215. Gulai Daun Singkong

215. Gulai Daun Singkong

Source : Sita Maria Ulfa #DutaRecookBeraksi #DutaRecookKotabaru #Cookpadcommunity_Kotabaru #Cookpadcommunity_Kalsel #Cookpadcommunity_Borneo

Gulai Ayam Tidak Pedas

Gulai Ayam Tidak Pedas

Resep ini dari igtv nya dr audy (@abigailaudity), istrinya SPOG hits dr yassin.. Kata beliau, gulai Ayam ini favorit anak2nya, kalo mereka makan gulai ini bisa habis belasan potong ayam 😍 Akhirnya tertarik nyoba resep ini buat anak toddler ku yg suka banget sama ayam.. Dan taraaaa ternyata hasilnya enak bangetttt, ga pake penyedap aja udh enak bangetttt.. Dan anakku juga suka, alhamdulillah 🤗 Oh iya resep aslinya utk 1 ekor ayam (12 potong), kalo aku cuma 1/2 ekor (6 potong), jadi semua bahan aku pake separuh dari resep aslinya..

2-3 orang
1 jam