Bagaimana Membuat 5. Gulai Ayam yang Lezat Sekali

Dipos pada January 29, 2023

5. Gulai Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep 5. Gulai Ayam yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya 5. Gulai Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari 5. Gulai Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian 5. Gulai Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 5. Gulai Ayam adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat 5. Gulai Ayam diperkirakan sekitar 60 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi 5. Gulai Ayam dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan 5. Gulai Ayam memakai 26 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 5. Gulai Ayam:

  1. 1/2 kg ayam
  2. Bumbu Halus
  3. 6 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 butir kemiri
  6. 2 cm kunyit
  7. 1/4 sdt ketumbar
  8. 1/4 sdt lada bubuk
  9. 6 butir cabe merah keriting
  10. 3 butir cabe rawit
  11. Bumbu Geprek
  12. 2 cm lengkuas
  13. 1 cm jahe
  14. 1 batang sereh
  15. Bahan Pelengkap
  16. 2 lembar daun salam
  17. 2 lembar daun jeruk
  18. 1 buah tomat (potong-potong)
  19. 1 batang daun bawang (potong-potong)
  20. 1 batang seledri (potong-potong)
  21. secukupnya garam
  22. 2 cm gula Jawa
  23. secukupnya gula pasir
  24. secukupnya kaldu ayam
  25. minyak wijen secukupnya (additional)
  26. santan kental (Kara)

Langkah-langkah untuk membuat 5. Gulai Ayam

1
Potong-potong daging ayam sesuai keinginan kemudian cuci hingga bersih.
2
Rebus daging ayam hingga daging lunak dan mengeluarkan kaldu. Jika sudah matang, angkat, tiriskan.
3
Haluskan semua bumbu halus menjadi satu, boleh diblender atau diulek. Selanjutnya, geprek memar bumbu-bumbu geprek.
4
Panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu. Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus dan bumbu geprek menjadi satu ke dalam minyak panas. Aduk-aduk bumbu tersebut sampai matang dan layu serta mengeluarkan bau harum.
5
Setelah bumbu sudah matang, masukkan air secukupnya. Aduk-aduk bumbu tersebut, dan biarkan hingga air mendidih. Setelah mendidih, masukkan ayam yang sudah direbus. Jangan lupa untuk menambahkan air kaldu sisa rebusan ayam tadi.
6
Tunggu hingga bumbu meresap. Setelah itu masukkan santan ke dalam wajan. Aduk hingga rata. Masukkan bumbu-bumbu pelengkap seperti gula, garam, kaldu bubuk, gula jawa, minyak wijen. Cicip dan koreksi rasa. Jika belum sesuai, bisa menambahkan kembali bumbu-bumbu tersebut.
7
Jika rasa sudah sesuai, tunggu hingga bumbu meresap. Setelah itu, masukkan tomat dan daun bawang. Aduk-aduk hingga bahan tersebut layu. Tunggu hingga kuah meresap dan mengental.
8
Jika sudah pas, matikan kompor dan gulai ayam siap disajikan.
9
Taburkan potongan seledri di atas gulai ayam tersebut untuk menambah citra rasa.
10
Selamat menikmati

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ikan Tongkol Gulai Aceh

Ikan Tongkol Gulai Aceh

Hidup diperantauan selalu mengingatkan masakan favorit rumah. Ikan Tongkol Gulai Aceh adalah salah satunya.

4 orang
45 Menit
Gulai ayam kampung

Gulai ayam kampung

Gulai ayam pedas,enak dan gurihπŸ‘Œ

5-7 orang
1jam
Gulai sotong

Gulai sotong

#pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_jakarta

Gulai (Kepala & Iga) Kambing

Gulai (Kepala & Iga) Kambing

Meski tidak ikut merayakan Idul Adha. Namun, semangat Idul Adha keluarga kami tetap sama seperti Idul Adha tahun sebelumnya ☺ Apalagi, kalau bukan karena ikutan ketiban rejeki kiriman daging? ❀ Yashh, biasanya daging ngga cuma didapat dari kiriman tetangga di lingkungan sekitar rumah, pun juga dari rekan kerja si kakak kedua. Waaah...kalau udah dapet kepala kambing, si kakak sama si papah girangnya bukan main. Pasti langsung request dimasakin gulai! πŸ˜… Biasanya kalau masak gulai, bumbunya beli jadi di pasar. Tapi, kali ini coba bikin sendiri ajalah. Kata si papa... "Emang bisa seenak bumbu yg dibeli di pasar, Win?" 😜 Beeeh, mari dibuktikan.... Sebenarnya bumbunya mirip-mirip dengan bumbu dasar Opor Ayam. Cuma, kali ini coba bumbunya disangrai dulu. Cabe merah besarnya juga dibanyakin, supaya warnanya jadi lebih merah, otomatis jadi lebih cantik dan menggugah selera makan πŸ€—. Plus, tambahan daun jeruk dan daun salam yg lebih banyak juga bikin aroma kambingnya jadi ngga 'prengus' πŸ‘Œ Dan hasilnya...yummm, orang serumah kompak bilang enak! Hihi senangnyaaa ❀. Rasanya gurih, paduan asin dan manisnya pas. Ditambah santannya juga, bikin makin sedeeeep. Bumbunya meresap dan aromanya bikin lapeeeer πŸ˜‹ Minggu ke-9 Minggu, 2 Agustus 2020 / 11.26 #PejuangGoldenApron3 #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass

5 orang
2-3 jam
Gulai Ikan Kerapu

Gulai Ikan Kerapu

Sepotong ikan kerapu yg besarnya sepiring. Hasil mancing dr orang baik yg lalu dibagi2kan. Semula mau dimasak lempah, asam segar. Tp krn nggak ada stok nanas, jadilah dimasak gulai. Sama2 enak dan bikin nagih.

3 orang
30 menit
Gulai kambing

Gulai kambing

Menu favorite suami, tapi perlu diingat. Gak boleh sering2 ya 😁. Pengen masak ini gara2 semalem makan nasgor kare kambing, gak liat2 harga. Langsung pesen aja. Pas bayar, hmm... lumayan menguras kantong. Jd lah hari ini buat gulai kambing biar puas πŸ˜…

4_5 orang
1jam 30 menit
Gulai Daun Singkong Campursari

Gulai Daun Singkong Campursari

Gulai itu sebenarnya identik dengan bumbu rempah2,ini hanya pakai bumbu minimalis saja,masihkah bisa disebut dengan gulai???πŸ˜ƒ Ini versi saya,boleh diutak-atik sesuai selera sajaπŸ‘

14.Gulai Ikan Kakap Merah πŸ’•πŸ˜πŸŸ

14.Gulai Ikan Kakap Merah πŸ’•πŸ˜πŸŸ

Ikan kakap selalu menjadi menu favorit keluarga. Diolah menjadi masakan apapun, rasa dagingnya selalu juara. . Resep gulai ikan ini improvisasi pribadi dari beberapa resep cookpad gulai ikan, disesuaikan selera keluarga 😘 Juara deh pokoknya.

2-3 org
Gulai kikil

Gulai kikil

Berhubung punya kikil di kulkas. Bingung mau di apain, di kecapin sama di sambelin bosen, jadilah di bikin gulai kikil.

3 porsi
Gulai nangka muda

Gulai nangka muda

Kalau di daerahku biasanya orang bilang sayur gori😁

4 orang
45 menit
Gulai iga dan daging sapi

Gulai iga dan daging sapi

47. #PejuangGoldenApron2 😊

Gulai nangka untuk kuah lontong

Gulai nangka untuk kuah lontong

#PejuangGoldenApron3

Gulai Ayam Tahu

Gulai Ayam Tahu

Suami hari ini ingin menu buka puasa dengan Gulai #menubukapuasa #gulaiayam #ramadhankareem #FestivalRamadanCookpad

2-3 Orang
30 Menit
Gulai kacang panjang

Gulai kacang panjang

Source : Ci Xander Kitchen Ini kali pertamanya coba kacang panjang di gulai ,, sumpahhhhh enak bgt dan masaknya pun ga ribet, untung sebagian bahannya ada di kulkas dan aku tambahin tempe jadi tinggal cusss eksekusi. Ini beneran sayur murah meriah tapi rasa ga murahan 😊😊😊 Gaada foto di dalam mangkok/piring karna ini masaknya darurat takut kesiangan makan sahur akhirnya begitu mateng langsung di serbu 😁😁😁 Intinya enak bgt bikin boros nasi, terimakasih resepnya ci Xander 😊😊😊 #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #authorsbandunghebring #Cookpadcommunity_bandung

4 porsi
Gulai kapau ala orang padang

Gulai kapau ala orang padang

Request suami yg kebetulan orang padang.