Bagaimana Menyiapkan Gulai Toco yang Menggugah Selera

Dipos pada May 15, 2023

Gulai Toco

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Gulai Toco yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Gulai Toco yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Toco, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Toco enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Toco oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Gulai Toco memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Assalamu'alaikum ga berasa udh waktunya GoDa lagi aja ni, temanya kali ini adalah "aneka gulai" Ide dari @wellyherlina(mommyzhi). Pas lihat tema nya tentu yg terbayang adalah masakan yg kental penuh bumbu dan rempah, tapi kali ini saya mencoba membuat yg berbeda, "Gulai Toco" Recook dari resepnya uni @michicooctavian Gulai Toco adalah masakan khas minang yg biasa di sajikan sebagai pendamping ketupat. Rasanya enak walau dgn bumbu yg simpel. Isi dari gulai Toco yakni buncis, tahu, tempe, dan kerupuk kulit. Yg berbeda dr rasa kuahnya itu karena ada rasa khas dari tauco / Toco nya. Wah patut dicoba nih... Eh iya btw slide terakhir itu akibat ikutan yg lagi viral di grup WA Paders. "Kalender barisan patah hati" πŸ˜† patah hati karena ga dapet kalender dari mamah Cookpad 😞 @Cookpad_id @komunitaspaders #GoDa_GulaiLuNdro #GoDaPaders #komunitaspaders #cookpad_Paders #CookpadIndonesia #PejuangGoldenApron2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Toco:

  1. 250 gr buncis
  2. 100 gr cabe hijau keriting, iris serong
  3. 1/2 papan tempe
  4. 7 buah tahu
  5. 15 butir petai (saya skip)
  6. 200 gr kerupuk kulit
  7. 1 botol kecil tauco medan
  8. Santan dari 1 butir kelapa (me kara)
  9. secukupnya Gula, garam dan kaldu bubuk
  10. Bahan cemplung
  11. 1 batang sereh geprek
  12. 2 lbr daun salam
  13. 2 ruas lengkuas geprek
  14. Bumbu halus
  15. 3 siung bawang putih
  16. 1 ruas jahe
  17. 6 siung bawang merah

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Toco

1
Siapkan bahannya, goreng tahu dan tempe. Sisihkan
Gulai Toco - Step 1
Gulai Toco - Step 1
2
Tumis bumbu halus dan bahan cemplung hingga harum, masukkan tauco, lalu masukkan santan. Aduk
Gulai Toco - Step 2
Gulai Toco - Step 2
3
Masukkan santan. Aduk-aduk hingga mendidih lalu masukkan buncis dan cabe masak hingga buncis layu lalu masukkan tahu tempe dan kerupuk kulit aduk.
Gulai Toco - Step 3
Gulai Toco - Step 3
Gulai Toco - Step 3
4
Tambahkan gula garam dan kaldu bubuk secukupnya, tes rasa dan siap disajikan.
Gulai Toco - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai lele

Gulai lele

Ngasih menu lele lain ke anak Lanang,Krena ni bocah snengnya kalo lele di goreng mulu,semangat #PejuangGoldenApron2

Gulai ikan Tuna

Gulai ikan Tuna

Olahan ikan yg gurih, tidak terlalu pedas, anak-anak pun suka.

304.Gulai Daun Singkong

304.Gulai Daun Singkong

Sayur gulai singkong niy favorit ibu aku bgt....kesukaan....kl masak sayur ini jadi inget sama ibu..kangeen ibu.... #PejuangGoldenApron2 #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Probolinggo #SatuResepSatuPohon #SemuaTenTangIbu #IbuKangenKampung

Gulai nangka muda

Gulai nangka muda

#RecookAdmin3G #ResepBundaDewi #GenkGadoGado #MasakAsyik #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_dumai Tadi pagi suami minta bikinin lontong gk tw knp tiba2 mnta bikin lontong biasanya klo pengen yaa tinggal beli,, munkin pengen mkan lontong buatamln istri nya yaaπŸ˜…, sy blm pernah buat lontong ni baru pertama kali, dan alham dulillah berhasil sy masih ingat sidikit2 dulu waktu ibu sy bikin lontong pke plastik,,,.. Dan untuk sayur ny sy pke resep bunda dewi dengan sedikit modifikasi,sy buat 2 kali resep yg sy tulis resep asli yaa... makasih resep ny mba.. Source:Bunda Dewi(cookpad)

🌢 6. ️Gulai jeroan 🌢️

🌢 6. ️Gulai jeroan 🌢️

Mulai mengikuti tantangan admin #cookpaders_malang #siapbersinar

s
Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap

Pas lagi musim hujan, pengen makan yang anget2 tapi seger 😁

4 porsi
Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 #Cookpadindonesia #Bagikaninspirasimu #Masakitusaya

Gulai Cumi

Gulai Cumi

Udah lama mau bikin gulai cumi ini..baru sekarang tereksekusi..πŸ˜€..saya buat gak pakai cabe karena si anak biar bisa makan..kalau mau pedas bisa ditambahkan cabe sesuai selera ya..😊 #berburucelemekemas#resolusi2019#cookpadcommunity_yogyakarta

Gulai Kurma

Gulai Kurma

#pejuanggoldenapron2 Minggu ke 11 Gulai Kurma tp ga Ada buah Kurma nya di gulai itu 😁. Dinamakan gulai Kurma Karena dulu katanya masakan ini dibawa Dari saudagar Arab yg mampir ke sumatera barat. Dan gulai nya sendiri menggunakan banyak rempah2. Gulai ini bisa diganti dengan daging Ayam ya.

Gulai balungan ikan pari

Gulai balungan ikan pari

Minggu pagi liat2 isi pasar ada mbak2 bakul lagi potong2 ikan pari. Hemhh..cuss..pengen bikin gulai balungan

2 orang
2.Gulai ndeso kikil sapi

2.Gulai ndeso kikil sapi

Rasa kenyal dan gurihnya kikil selalu dirindu #berburucelemekemas #pejuanggoldenapron2 #PejuangGoldenAppron2 #CookpadCommunity_Kudus

Gulai Paru sapi campur kentang

Gulai Paru sapi campur kentang

Paru sapi kesukaan suami #kuraskulkas#berburucelemekemas

Gulai tahu dan telur rebus

Gulai tahu dan telur rebus

Pagi ini bikin, sarapan buat anak2 yg gk puasa dan menu favoritnya kakak sm adik adl. Gulai tahu dan telur#SiapRamadhan

3-4 porsi
30menit
Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Kebetulan ada tetangga yang panen singkong, & saya dikasih singkong juga daunnya. Karena saya punya santan di kulkas jadi daunnya saya buat gulai daun singkong dech.. #berburucelemekemas #resolusi2019 #saturesepsatupohon

Gulai Cumi Gendud Instan

Gulai Cumi Gendud Instan

Lebih sedap bila pakai bumbu gulai sendiri.. tp karena mau praktisnya kali ini saya buat pake bumbu gulai instan dan santan instan juga.. mohon maap buibu yang ga suka instan2 bisa pake bumbu beneran aja hehehe..

3 orang
30 menit
Gulai nangka muda

Gulai nangka muda

Dikasih nangka muda utuh sm temen. Baru bisa diolah hari ini. Dari ngupas sampe bersihin bener2 butuh tenaga karena sblumnya ga pernah ngupas nangka muda utuh gini. Ga bisa cekrak cekrek pas masak, hp dikudeta anak2..

Gulai buncis

Gulai buncis

Hari ini temanya nuansa padang masaknya.... bikin gulai buncis dan daging cincang.