Langkah Mudah untuk Membuat Babi Kecap yang Enak Banget

Dipos pada June 2, 2023

Babi Kecap

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Babi Kecap yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Babi Kecap yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Babi Kecap, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Babi Kecap bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Babi Kecap bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Babi Kecap memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Resep simple tapi enak, sejak saya SMA sudah belajar masak ini dari mama. Resep turun temurun dlm keluarga :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Kecap:

  1. 250 gr daging samcan
  2. 10 butir telur puyuh rebus
  3. 2-3 pekak (bunga lawang)
  4. 3 siung bawang putih, geprek
  5. 3 cm jahe, geprek
  6. 1,5 sdm saus tiram
  7. secukupnya Kecap manis (3sdm atau lebih, sesuai selera)
  8. 1 sdt kecap hitam
  9. Sedikit ngohiong jika suka (di resep ini sy gak pakai)
  10. Gula Garam Merica
  11. Air

Langkah-langkah untuk membuat Babi Kecap

1
Potong2 daging ukuran sesuai selera. Cuci dan rebus sebentar hingga kotoran keluar. Cuci bersih. Tiriskan
2
Baluri dengan kecap manis & kecap hitam, 1/2 sdm saus tiram, merica, jahe dan bawang putih. Diamkan stengah jam.
3
Buat karamel dengan cara: panaskan wajan dan 2 sdm minyak, 1-2 sdm gula pasir. Panaskan hingga gula mencair dan berwarna agak kecoklatan (coklat tua, jangan sampai hitam). Api kecil.
4
Masukkan daging yg sdh dibumbui, tambahkan kecap2 dan saus tiram, pekak, aduk2 sebentar (disini proses karamelisasi, daging jadi agak kecoklatan krn gula & kecap meresap). Masukkan air, didihkan lalu kecilkan api & masak hingga daging empuk dan air menyusut. (Tambahkan air dan masak lagi jika daging blm cukup empuk).
5
Bumbui sesuai selera. Kentalkan sedikit dengan larutan maizena (jika suka). Sajikan bersama nasi hangat endeusssss bingitz.. 😋

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Seafood/pork sundubu jjigae

Seafood/pork sundubu jjigae

Ada 2 tipe ya, halal dan non halal Kuahnya sama, seasoningnya sama yg beda isiannya Halal: fishcake, paha ayam fillet/sapi, enoki, tahu jepang kotak, telur dan udang Non halal: pork belly, tahu jepang kotak, telur dan udang

3 porsi
Oseng babi mercon (non halal)

Oseng babi mercon (non halal)

resep aslinya saya ambil dari instagramnya doyan cooking judulnya oseng sapi mercon.. berhubung saya ga bisa makan sapi, jadi saya ganti sama babi. rasanya enak banget.. pedesnya mantap.. suami juga suka.. katanya masakan mama enak.. hihiii.. padahal resepnya nyontek..

Sop iga babi simple (non halal) untuk anak

Sop iga babi simple (non halal) untuk anak

ikut resepnya mbak dee devina di instagram, simple dan anak anak suka banget banget.. saya juga suka😁.

Sop Bakut Sayur Asin

Sop Bakut Sayur Asin

GBA 3, 14/02/2022 Masakan simpel tapi rasanya gurih. Citarasa unik berasal dari sayur asinnya. Pengalamanku sih lebih enak kalau pakai sayur asin yang beli di supermarket, tapi tergantung selera juga. Sajikan dengan irisan cabe rawit+kecap asin, makan dengan nasi panas, enak banget ! #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_Bandung

Babi Kecap ala Dapurku (Non Halal)

Babi Kecap ala Dapurku (Non Halal)

Babi kecap makanan yang enak bagiku, Aku selalu masak hidangan ini setidaknya seminggu sekali waktu di negeri tirai bambu, kenangan masak bersama dengan boss yg gaul 🤭 Babi kecap yang rasanya manis gurih sangat cocok dilidah #PejuangGoldenApron3 🤞🙏💪 #Week52 🤲🎉 #CookPad_Indonesia 🇲🇨❤️

2 porsi
1 jam 15 menit
Bubur Daging Babi Gurih

Bubur Daging Babi Gurih

#deebelindacooks

2 orang
1 jam
Sate manis B2 (non muslim) 45

Sate manis B2 (non muslim) 45

Utk ikut merayakan Hari Raya Imlek adik ipar, saya dmnta utk membuat sate manis (daging B2) yg biasa (almh) ibu buat klo anak"nya lg kmpl kuuy ah lngsng aja 🙏🙏 Source : resep (almh) ibu ❤️❤️ #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #3weekschallenge #Mingguke5 #CookpadCommunity_Subang #Cookpad_Indonesia #Resepke11 #GoldenApronChallenge #Memasaklahdgnhatidancinta

30tusuk
60menit
Arsik Babi Pork in yellow curry (Non-Halal)

Arsik Babi Pork in yellow curry (Non-Halal)

Awalnya mau masak arsik B2. Tp berhubung andaliman simpanan saya hilang dan bbrp bumbu seperi kecombrang tdk ada di Jepang, jadi saya ga berani ngasih judul arsik B2 hehehe, dan prefer kasih judul Pork in yellow curry. Ini hanya utk yg non muslim ya. Kalo yg teman2 muslim mau coba pake resep ini, pork nya bisa di ganti dgn daging ayam. Endeusss

Samcan Goreng Crispy (b2)

Samcan Goreng Crispy (b2)

Hidangan ini cocok didampingi sambal / saos

3-4 porsi
Baso Goreng Udang Daging Ayam / Babi Sederhana

Baso Goreng Udang Daging Ayam / Babi Sederhana

Kadang kurang lengkap bila tidak ada gorengan dlm menu makanan harian, berbekal bahan sederhana kita coba buat baso goreng udang yuk ..

15 potong kecil
Nasi goreng MaLing

Nasi goreng MaLing

Dapet maLing dari mertua, karna anaknya doyan maLing. Padahal udah nyetok duluan. Jadi banyak deh maLing di rumah

2 orang
1 jam
37. Pork Crispy

37. Pork Crispy

Nih gara gara kena racun pas makan d resto Chinese d sby barat.. Aduh enak banget.. Akhirnya searching searching resep.. Mix n match resep.. Jadi ini.. Enakk bangett..

3 org
30mnt
Tongseng Babi

Tongseng Babi

ini foto kala Sy pertama kali masak tongseng Krn sblmnya memang belom pernah masak tongseng2an gini.. dan Krn adanya daging babi.. jadi lah ini tongseng babi.. Krn dagingnya cuman seperempat kilo, JD bahan yg lain menyesuaikan ... Resep asli daging nya aja 1kg... kebanyakan kalo Sy masak segitu ngga habiss... source : dapurvy cp.