Cara Gampang Menyiapkan Tangsuyuk / Daging asam manis yang Menggugah Selera

Dipos pada October 29, 2023

Tangsuyuk / Daging asam manis

Sore-sore begini enaknya membuat Tangsuyuk / Daging asam manis yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Tangsuyuk / Daging asam manis yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tangsuyuk / Daging asam manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Tangsuyuk / Daging asam manis sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Tangsuyuk / Daging asam manis sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Tangsuyuk / Daging asam manis memakai 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gara-gara film Korea lagi πŸ˜„. Ternyata ini masakan cina-korea. Di film itu tiap kali masak tangsuyuk. Jadi kepengen cobain kan. Kalau ke Korea langsung lagi zaman begini ga bisa soalnya πŸ˜” Rasa dagingnya crunchy, ada bau jahe ditambah sausnya yang asam manis. Sedeeep πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ #belanjaidedipasarcookpad #ga_thenextlevel #cookpadcommunity_jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tangsuyuk / Daging asam manis:

  1. 500 gr daging sapi has dalam/ babi bagian kapsim
  2. 15 gr jahe, cacah halus
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/4 sdt lada hitam bubuk
  5. 2 sdm maizena
  6. Minyak untuk menggoreng
  7. Lapisan daging
  8. 110 gr maizena + 600ml air
  9. 1 butir putih telur
  10. Saus
  11. 1 sdt minyak goreng
  12. 60 gr Bawang bombay, iris
  13. 60 gr wortel, iris serong
  14. 2 buah jagung muda, iris serong
  15. 2 lembar jamur kuping
  16. 40 gr apel merah
  17. 90 gr zucchini
  18. 1 sdt garam
  19. 2 sdm cuka putih/ cuka apel
  20. 60 gr gula
  21. 600 ml air
  22. Larutan maizena (2sdm maizena + 2sdm air), aduk rata
  23. 1 sdt minyak wijen

Langkah-langkah untuk membuat Tangsuyuk / Daging asam manis

1
Potong daging memanjang. Bumbui dengan jahe, garam dan lada hitam. Tutup dan simpan di kulkas (me : semalaman)
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 1
2
Bikin pelapis daging : campur jadi satu maizena dan air. Aduk rata. Diamkan selama 1,5 jam hingga maizena mengendap (pisah dengan airnya). Buang air bagian atas. Beri putih telur, aduk rata dengan endapan maizena.
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 2
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 2
3
Keluarkan daging dari kulkas. Beri 2sdm tepung maizena. Aduk rata. Tuang endapan maizena telur ke daging. Aduk rata lagi. Campuran jadi agak encer ya. (Saya ada goreng 2batch untuk siang dan malam. Wkt siang digoreng dalam keadaan adonan encer gini. Rasanya garing namun daging agak keras dikit. Lalu untuk malam, saya masukin ke kulkas lagi. Maizena jadi mengendap. Waktu digoreng rasanya lebih enak, lebih garing dan daging empuk banding lapisan encer gini)
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 3
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 3
4
Panaskan minyak. Goreng daging selama kurang lebih5-7menit. Angkat. Tiriskan. Lalu goreng lagi daging selama 2-3menit. Angkat dan tiriskan. Daging lebih crunchy rasanya.
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 4
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 4
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 4
5
Saus : panaskan minyak. Tumis bawang bombay, wortel, jagung muda dan jamur kuping selama 1menit. Masukkan apel, tumis lagi selama 1 menit. Bumbui dengan gula, cuka, garam dan air. Masak hingga mendidih. Lalu masukkan larutan maizena. Masak hingga saus mengental. Masukkan zuchini dan minyak wijen. Aduk rata, tes rasa. Jika asam sekali, boleh tambahkan 1sdm gula lagi. Matikan api. Saus siap disajikan
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 5
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 5
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 5
6
Daging boleh disajikan terpisah dengan sausnya atau siram langsung jika sudah mau disantap
Tangsuyuk / Daging asam manis - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lapis babi Manado (non halal)

Lapis babi Manado (non halal)

Kalo di Manado namanya Lapis karena pakai daging lapis babi kali yaa. Ini makanan kesukaan saya dari kecil. Tiap hari raya Natal di rumah oma sering buat ini. Dan ini paling saya cari-cari di antara semuanya. Hanya resep oma saja yg paling kusuka. Pernah makan di acara-acara di kampung, tapi rasanya beda dengan resepnya oma.

Turnip Cake alias Kue Lobak Putih dengan Daging Babi

Turnip Cake alias Kue Lobak Putih dengan Daging Babi

Hasil baca2 dari beberapa resep yg ada, akhirnya buat juga kue lobak ini.. Di resep2 yg saya baca banyak yg buatnya polos, disini saya pakai campuran daging babi cincang. Bila mau di skip boleh ya.. Kemudian untuk bawang, saya hanya pakai bawang merah saja. Sepertinya bila ditambah bawang putih lebih enak..

65. Babi Kecap buat isian Roti / Pao

65. Babi Kecap buat isian Roti / Pao

Punya sisa daging babi, bingung mo masak apa. Jadi mo dicoba buat isian sourdough bakpao aja buat besok. Daging bebas ganti sesuai selera. Untuk bumbu juga sesuaikan selera masing". Ad yg suka manis, banyakin kecap manisnya. Klo suka yg asin, kecap asin nya banyakin aja.

Almost Full English Breakfast

Almost Full English Breakfast

Kenapa almost? Karena masih ada kondimen yang kurangπŸ˜….. disini ga ada jamur, bacon, dan black pudding.. tapi lumayan mendekati lah. Kenapa saya masak ini? British Invasion lagi? Simpel aja, gara-gara liat baked beans di etalase toko, langsung kepikiran pengen bikin english breakfast, bahannya juga bukan bahan yang harus masak dari 0, dan bisa distok di kulkas, jadi meski kondimennya banyak, masaknya bisa cepet.. Dan meski judulnya almost full, saya makan sepiring bertiga sama kedua adek saya aja, perut udah full rasanya Perjalanan minggu ke-4 #PejuangGoldenBatikApron kali ini meski judulnya breakfast tapi jadinya lebih ke brunchπŸ˜…πŸ˜… kombinasi masak santai pake bahan banyak di hari libur itu relaxing banget Nilai plus dari masakan ini, meski yang dimasak macamnya banyak, tapi one pot cooking, cuma 1 pan aja yang kepake, hemat cuci piringnyaπŸ˜…

Babi kecap/Babi Hong anti gagal

Babi kecap/Babi Hong anti gagal

Udh lama gak masak Babi Hong. Mau masak lg ahhhh ky nya yummy πŸ˜‹πŸ˜‹ agar daging tidak bau Amis , saya rebus dulu .

Gyoza γŽγ‚‡γ– part 1

Gyoza γŽγ‚‡γ– part 1

Halo, maaf saya vakum seminggu memasak karena ada sesuatu hal yang harus diselesaikan i miss my mini kitchen soo much!! 🍳🍳 So today, i will cook gyoza, but actually aku masih belajar karena resep ini tidak mudah. So i will share part 1 mungkin bisa diperbaiki di part 2 ya ladies! Lets cooking!!

Pork Chop

Pork Chop

2 pax
Japanese hamburg steak (hanbagu)

Japanese hamburg steak (hanbagu)

Makanan merakyat yg ad dmn2 d resto mewah/biasa,supermarket,mal2 maupun rumah n setiap keluarga punya cara masak n rasa sendiri2.benernya variasi rasanya bnyk bgt kl ni ku share yg simple n mendekati basic nya πŸ˜„makanan ni d gemari dr anak2 kecil mpe org dewasa...tudei request ank ce buat makmal...yu maree 🌠untuk menghasilkan hanbagu yg empuk perhatikan cr masaknya ya...

Babi goreng garing/ crispy fried pork

Babi goreng garing/ crispy fried pork

Bikin nya gampang banget, pengganti siobak kalo gak punya oven

Simple spaghetti

Simple spaghetti

Simple lunch ya simple spaghetti

Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Wrap telur ham & keju - cepat dan simple

Resep cepat dan simple utk makan siang atau brunch kekinian 😁. Lumayan bikin kenyang dan rasanya leker. Recook dari resep di internet (https://www.sandraseasycooking.com/2016/02/egg-cheese-and-ham-wrap.html)

1 porsi besar
15 menit
Babi Kecap (non halal)

Babi Kecap (non halal)

Supaya halal dagingnya bisa ganti sapi, ayam atau apapun sesuai selera ya 😊

3-4 orang
Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo)

Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo)

Saya baru tahu ada yang namanya asinan lobak (jaipo) setelah tinggal bersama mertua.. maklum mama saya bukan tipe yang suka masak, jadi kalaupun masak pasti makanannya super simple dengan bahan2 yang sering ditemui saja. Jaipo ini teksturnya renyah dan rasanya condong ke manis. Resep ini boleh dimodifikasikan dengan tambahan tahu ya teman2.. samcan pun boleh diganti dengan daging sapi bagian iga untuk teman2 muslim.. silahkan dicoba πŸ˜‰

6 porsi