Bagaimana Membuat Chiffon cake ketan hitam ncc yang Sempurna

Dipos pada April 3, 2019

Chiffon cake ketan hitam ncc

Hari ini saya akan berbagi resep Chiffon cake ketan hitam ncc yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Chiffon cake ketan hitam ncc yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Chiffon cake ketan hitam ncc, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Chiffon cake ketan hitam ncc sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Chiffon cake ketan hitam ncc bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Chiffon cake ketan hitam ncc memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon cake ketan hitam ncc:

  1. Adonan kuning telur:
  2. 160 gr kuning telur
  3. 75 gr gula kastor
  4. 1 sdt vanilli
  5. Adonan putih telur:
  6. 240 gr putih telur
  7. 125 gr gula kastor
  8. 1/2 sdt garam
  9. Campuran tepung, campur jadi satu:
  10. 100 gr tepung terigu protein sedang
  11. 100 gr tepung ketan hitam
  12. 1 sdt BPDA
  13. Campuran santan:
  14. 150 ml santan kental instan
  15. 3 sdm minyak sayur

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon cake ketan hitam ncc

1
Panaskan oven 160 derajat Celcius.
2
Kocok bahan adonan kuning telur hingga kental, sisihkan.
3
Kocok bahan adonan putih telur hingga kaku
4
Campurkan adonan putih telur ke dalam kuning telur hingga rata.
5
Ayakkan campuran tepung ke dalam adonan di atas, aduk rata.
6
Masukkan campuran santan, aduk balik hingga rata.
7
Tuang adonan ke dalam loyang chiffon diameter bawah 24 cm tinggi 12cm tanpa dioles apa-apa. Panggang selama 90 menit pada suhu 160 derajat celcius.
8
Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
9
Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chiffon  Pandan

Chiffon  Pandan

Inspirasi bisa datang dari mana saja, setelah liat pasta pandan nangkring cantik di atas kulkas. Langsung kepikiran untuk buat bolu pandan. Searching di cookpad dan nemu resep cici Tintin Rayner. Langsung cus eksekusi si chiffon dengan beberapa modifikasi resepnya.

Chiffon cake tape ketan hitam

Chiffon cake tape ketan hitam

Masih seputar chifdon cake. Yg ini sebenernya bisa dibilang versi setengah gagal 😅 karena cakenya ambleeesss kyk gorong2 kalo diterjang banjir 😂 wkakaka Dan kenapa gagalnya setengah? Karena secara tekstur dan rasa sebenernya udah seperti yg diharapkan, udah chiffon cake buangeeet. Teksturnya fluffy dan rasa manisnya pas, legit tapenya juga kerasa. Gagalnya cuma karena cakenya kempes dan lembab aja setelah dingin. Perkiraan saya, ini mungkin disebabkan oleh penambahan tape ketan hitam yg berair (padahal air tapenya tak saring dulu). Ditambah lagi waktu pemanggangan cake saya kurang sempurna, karena si Ken gak ada yg momong, begitu saya tes tusuk kuenya udah mateng langsung saya matikan kompornya padahal bagian atasnya belum kering bener 😂 Ini resepnya masih sama ya pake resep simplenya mbak fitsas. Mungkin kalo mau nyoba resep ini lagi takaran santannya dikurangi disesuaikan dg jumlah tape ketannya (jd misal tapenya 3 sdm ya santannya dikurangi 3 sdm gitu)

Chiffon Kopi

Chiffon Kopi

Source: tintin rayner

Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Dlu pernah bikin chiffon pandan pake resep mommy.. trs baca" cookpad ada resep mbak tintin jadi pengen nyoba yang ketan hitam. Seru kali yaaa.. eh pas jadi share sama kakak. Dy bilang santan nya enak lagi kalo diganti susu kental manis.. hihi besokbesok nyoba baking lagi lah 😊. Ini empukk ngets gaes.. cm saya mmg kurang suka karna rasa ketan nya jd agak kalah sm santan nya.. tp boleh dicoba buat penyuka gurihgurih santan 😊

Ciffon cake metode simple

Ciffon cake metode simple

Berawal suka bngt sma cake, dan hobby mncoba smw yg baru trmsuk ngebaking ciffon ni, trnyta beda bngt ciffon dan cake biasa ya, klo ciffon irit tepung #mamak pelit 😂 tpi hasilnya moist dan lembut bngt, mncoba resep mb @fitri sasmaya ciffon cake metode simple, alhamdulillah brhasil, asalkan ssuai ptunjuk dan bahan2nya hrus tepat 😄 makasi ya mb @fitri sasmaya 😘 maafkan yg msi agak basah atasnya tpi hsilnya luaar biasa paksu smpe brkali2 maem 😍

ChocoCoffee Chiffon Cake Keto ala Rantie

ChocoCoffee Chiffon Cake Keto ala Rantie

Masih belum beranjak dari kue yg satu ini, apalagi kemaren dateng tuh loyang sifonnya, jd pas lah.. Hanya saja, ada petugas benerin internet tuh, nggak punya suguhan jd dah dihidangkan sebelum sempat difoto. Haha.. habis jg sama yg nggak keto... hihi

Cake Pandan Mirip Chiffon

Cake Pandan Mirip Chiffon

Resep ini dari Nazilatul Nafiah, pada dasarnya ini cake pandan namun mirip dengan chiffon bisa dibilang chiffon kw 😁 Resep ini saya dedikasikan untuk para guru, suhu, sensei, master dan apapun sebutan yg bisa menggambarkan rasa terimakasih saya untuk para pengguna Cookpad yang berbaik hati membagi hasil racikan tangannya utk menjadi bahan makanan di meja makan saya. Ada banyak sekali member cookpad yg menjadi guru memasak saya mulai dari nama² besar spt Tintin Rayner, ci Xander, Fridajointcoffe, Fitri Sasmaya hingga pengguna² pemula yang resep²nya tidak kalah sedap. Bahkan Nazilatul Nafiah yg masih mengeyam pendidikan menengah atas ini juga saya jadikan guru karena postingan resepnya yg lengkap dan mudah diikuti. Sekali lagi terimakasih warga Cookpad😘😊 Dan terimakasih juga utk pencipta dan pengelola aplikasi cookpad, peluk dan cium dari saya utk kalian 😘😍😊 #terimakasihguru #gurukuidolaku #cookpadcommunity_langsa #cookpadcommunity_aceh #cookpadcommunity_medan

Hokaido Chiffon Cupcake

Hokaido Chiffon Cupcake

Ceritanya mau kasih surprise hubby yang lagi ultah 😊 Chiffon ini texturnya sangat lembut dan fluffy

15 cup
Shifon Beng-beng Drink takar sendok

Shifon Beng-beng Drink takar sendok

Source Rose Shanti Jadi ketagihan bikin shiffon. Tapi kali ini kurang oke karena bubuk beng-bengnya ada gula pasirnya. Membebani si shiffon. Atau, karena ngoven tak tinggal mandi. Lalu karena udah waktunya mateng, sama suami kompor dimatiin, kuenya gak dikeluarin. Hik hik... Rasa sih, juara. Oh iya, resepnya aku ubah jadi takaran sendok.

Chiffon Cake Rasa Pisang

Chiffon Cake Rasa Pisang

Source : Tintin Rayner 11Jan2018 Ga pernah bosan sama Cake yang satu ini 😉

Triple Chocolate Chiffon Cake

Triple Chocolate Chiffon Cake

Recook resepnya mbak Tintin Rayner. Ini enak sekali, favoritnya khansa. Lembut kayak kapas 😄😄

Lemon chiffon cake

Lemon chiffon cake

Mertua lagi panen buah lemon.lemonnya cuma sebatang sih tp buahnya buanyak banget.gede2 lagi.dikasih 2kg ke sy kesenangan minta ampun.jd dlu pernah sekali bikin lemon chiffon.rasanya enk bgt.harum lemon terasa disetiap gigitan.bikinnya cuma sekali itu doang mengingat harga lemon di toko buah lumayan mahal.nah,ini ada lemon cuma2 wajib bikin lagi nih.sy langsung berselancar di grup fb untuk mencari resepnya.daru sekian byk resep langsung jatuh cinta dgn resep mbk "Eny Rere". Thankyou for your recipe mbk Rere.cocok bgt resepnya.cus mom kita ke resep.yg gak punya lemon boleh ganti dgn pasta pandan,moka,coklat,dll ya mom.

Hokkaido chiffon vanila cupcakes

Hokkaido chiffon vanila cupcakes

Bikinnya siang, masuk kulkas dulu baru di makan pas buka puasa, enaakkkkk lohh 😀😀 Masih setia pake resep sebelumnya. Tp ada yg di rubah dikit. Jd di tulis lagi aja ya.. mungkin ada yg mau coba.. hehe

Chocolate Chiffon Cake (Chiffon Cake Putih Telur)

Chocolate Chiffon Cake (Chiffon Cake Putih Telur)

Lagi demen bikin chiffon cake, jd kepengen nyoba semua resepnya ci Tintin 😁 ini juga msh resep yg sama hanya variant rasanya aq modif, yukk disimak & bagi yg mo coba silahkan

1 loyang
1,5 jam
Chiffon pandan cake super soft

Chiffon pandan cake super soft

Berhubung aku suka sekali dengan bau" pandan dan apapun makanan/cake yg rasa pandan aku suka bgt jadi coba coba bikin resep chiffon Yeri pandan cake dijamin super soft . Bayi juga suka klo makan bolu" yg lembut . Yeeeeyy pertama kali bikin cake sendiri .

Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Adaptasi resep dr IG Fen.z Chiffon cake ini teksturnya seperti kapas.. ringan dan wangi.. ❤❤

12 - 15 potong
90 menit
Cinnamon Chiffon Cake

Cinnamon Chiffon Cake

udah paling pas kalo nyontek resep chiffon itu di cookpad ci tintin, karena memang ahlinya dan selalu jelas kalo bikin step by step nya.. buat pemula kaya aku gini sangat membantu sekali,, thankyou so muuch cii..

Chiffon Oreo Cup Cake

Chiffon Oreo Cup Cake

Ini resep saya dapat dari Ig nya mba ayoe_widya83 .. Makasih mba resepnya