Bagaimana Membuat Pandan Chiffon Putih Telur yang Lezat Sekali

Dipos pada March 25, 2019

Pandan Chiffon Putih Telur

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Pandan Chiffon Putih Telur yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Pandan Chiffon Putih Telur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Pandan Chiffon Putih Telur, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pandan Chiffon Putih Telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Pandan Chiffon Putih Telur adalah 1 loyang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pandan Chiffon Putih Telur sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pandan Chiffon Putih Telur memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

chiffon cake pertama yg aku buat,, masih perlu banyak belajar ini πŸ™ˆ niat bikin karena punya stok putih telur yg lumayan banyak sisa kue kering kemarin, akhirnya ngubek-ubek cookpad buat bikin si putih telur ini biar jadi "sesuatu" 😁 tekstur kue ini beneran lembut dan moist banget,, aaaa sukaa 😍😍 resep chiffon ini saya adaptasi dari cookpad ci tintin rayner yaa..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pandan Chiffon Putih Telur:

  1. Bahan A :
  2. 110 gram tepung terigu protein rendah (Kunci Biru)
  3. 1/2 sdt baking powder
  4. 50 gram susu bubuk
  5. Bahan B :
  6. 100 gram minyak goreng
  7. 100 gram santan kental (Kara)
  8. 50 ml air
  9. 1 sdt pasta pandan
  10. Bahan C :
  11. 300 gram putih telur segar
  12. 1 sdt cream of tartar (atau 2 sdt air jeruk nipis)
  13. 1/2 sdt garam halus
  14. 125 gram gula pasir (butiran halus)
  15. secukupnya keju cheddar parut untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Pandan Chiffon Putih Telur

1
Ayak semua bahan A, sisihkan
2
Campur semua bahan B, sisihkan
3
Buat lubang pada bahan A, tuang bahan B, aduk rata pake whisk sampai tidak bergerindil (note : jangan terlalu kuat aduknya yaa, biar ga bantet), sisihkan
4
Pada wadah lain, kocok bahan C dengan mixer (kecuali gula pasir) sampai berbusa, kemudian perlahan masukkan bertahap gula pasir 3X, kocok dengan speed sedang saja sampai kaku (note : kalo wadah dibalik adonan tidak tumpah)
5
Kemudian masukkan adonan putih telur ke kedalam adonan pasta sebelumya secara bertahap 3X, aduk adonan dengan teknik aduk balik/folding. aduk sampai rata saja jangan berlebihan
6
Tuang adonan pada loyang khusus chiffon dan taburi dengan keju parut, loyang tanpa di oles apa-apa yaa
7
Panggang dengan oven sekitar 55 menit atau sampai matang (atau sesuaikan dengan oven masing-masing)
8
Setelah matang segera telangkupkan loyang chiffon selama + 1-2 jam (atau sampai suhu ruang)
9
Setelah suhu ruang cake bisa dikeluarkan dari loyang

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Black forest cake (base chocolate chiffon)

Black forest cake (base chocolate chiffon)

dulu suka bingung sama black forest,kok rasanya sama aja dengan cake coklat biasa hihi... akhirnya googling historynya.. trus liat anna olson yang membuat basic cakenya dari chiffon.. akhirnya cocoknya disini.. telur nggak perlu banyak meski 20cm loyangnya,bisa dapat 3 layer,meski kirschwasser tidak dapat saya temukan,saya bisa pakai pasta yang hampir sama.. dan tastenya..jelas! uenaaakkk... resep ini sudah saya ubah dari aslinya,dan jd andalan saya.. gunakan telur yang bagus,bahan berkualitas & coklat bubuk Dutch process agar bisa mendapatkan rasa coklat yang "deep". pasta/brandy yang saya gunakan bisa di skip.. tapi jelas rasanya akan lain..

16 porsi
2 jam
Chiffon pop ice taro

Chiffon pop ice taro

Kepingin buat chiffon taro, tapi di tbk di daerahku enggak ada jual bubuk taro, biasanya saya beli secara online....tapi kepinginnya sekarang...coba buat dari bubuk pop ice taro...enak juga....resep adonan ini seharusnya menggunakan loyang ukuran 24 ,tapi saya gunakan loyang ukuran 22 berlebih jadi saya taruh diloyang u 20 jadi 2 loyang deh.....

Milo Tiramisu Chiffon Cake #beranibaking

Milo Tiramisu Chiffon Cake #beranibaking

Dulu saya takut banget untuk membuat chiffon...cake satu ini terkenal tricky, tapi kalau kita patuh pada resep dan ikutin step2 nya insyaAllah berhasil..karena kalo sekali berhasil maka kita akan ketagihan bikin si chiffon ini..rasanya begitu enakk, wangi dan lembut banget...yuk #beranibaking moms...coba dan bikin cake kesukaan keluarga..kalau gagal artinya harus coba lagi dan semakin banyak pengalaman akan semakin bertambah ilmu pengetahuan 😊 Inspirasi saya kali ini adalah chiffon coklat punya Tintin Rayner..yg kali ini saya modifikasi ala saya...yukk kita cek resep dan kita bikin moms😘😘😘

Coffee mocca chiffon

Coffee mocca chiffon

chiffon ini bnr2 lembut n wangiii kopi bgt moms ..mst try πŸ˜‰πŸ˜‰

Marbel chiffon cake

Marbel chiffon cake

Membuat untuk berbagi..

Neapolitan Shiffon Cake

Neapolitan Shiffon Cake

Minggu ini hujan shiffon di grup Arisan Jabodetabek... Walau masih amatiran bikin cake tp harus tetap berusaha. Alhamdulillah banyak ilmu dan suporg yg didapat dr temen2, jd bikin saya semangat untuk belajar n terus belajar... İni saya bikin setengah resep yaaa #Rebaked_Susan_Gracia #Cookpadcommunity #Cookpadcommunity_Tangerang #ko͝okpader

Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Rasanya mau nangis pertama kali bikin chiffon cake sendiri, dan jadiiiiii 😍😘 kempus kempus, endolitaaaaa pokoknya πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ‘πŸ’˜ bikinnya sampe nahan napas, ngaduk pelan pelaaannn, takut bantet soalnya kwkwkwkkwk. Mana ata ikut bantuin lagi (red : ngerecokin) πŸ˜€πŸ˜…πŸ˜„ Saya share ya resepnya, sapa tau ada yg mau coba dirumah.

1,5 jam
Chiffon tape pandan cupcake very simple and easy πŸ˜ƒ

Chiffon tape pandan cupcake very simple and easy πŸ˜ƒ

Source : Fitri Sasmaya Kali pertama bikin chiffon cake, pake cup karena blm punya loyang khusus chiffonnya. Sesuai judulnya, resep ini emang simple dan gampang banget buat diikutin oleh pemula kayak saya gini. Simplenya karena gak perlu ngocok telur terpisah2 dan aduk2 balik meskipun putih dan kuning telurnya dipisah tp pengocokan diserahkan sama mixer semua. Ini resepnya saya modif dikit dg tambahan tape singkong, resep aslinya gak pake. Makanya chiffon saya gak begitu kempus, agak berisi krn ada tapenya itu πŸ˜…. Tapi overall ini kuenya sesuai harapan saya, empuuukkk kyk bantal πŸ˜‚, manisnya pas kyk saya πŸ˜πŸ˜† wkwkw, dan yg pasti uenyaaakkk 😁 Oh iya ini takarannya juga sy konversi ke sdm ya untuk memudahkan. Buat bakers pemula kyk saya, resep ini recomended bangeeettt pokoknya

20 cups
Healthy lemonade chiffon roll

Healthy lemonade chiffon roll

Dua kali bikin chiffon gagalnya selalu saat sesi pemotongan.wkwkwk akhirnya coba bikin yg diroll aja. Tetep enak kok, Lembut khas chiffon. Apalagi ditambahkan aroma dan rasa lemon yg seger bener.

Siffon Pandan Cake ala dapur Dina

Siffon Pandan Cake ala dapur Dina

Source : Dapur Dina. Salah satu cake kesukaan suami....dia begitu ringan dan lembut, jd makan satu slince pun tak cukup...cake ini sehat karna tanpa BP dan SP dan lainnya...bagi yg takut gemuk...ini rekomen..karna lowfat...di resep aslinya menggunakan 6 telur tetapi karna loyang saya hanya muat 5 telur maka saya sesuaikan komposisi bahan bahannya. yuk lihat resepnya.

Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Bismillah. Baru kali ini buat chiffon bisa sebaik ini, bentuknya dapet, seratnya lembut, dan rasanya enak, pas deh. Resep saya modifikasi sendiri, silahkan dicoba InsyaAllah ketagihan hehe..

Banana Chiffon Cake / Chiffon Pisang #PR_babananakeik

Banana Chiffon Cake / Chiffon Pisang #PR_babananakeik

Setor banana chiffon untuk pr di komunitaspader #PR_babananakeik sebenrnya resep aslinya ini (diyah kuntari) adalah chiffon gulung cuma lagi gak niat buat gulung jadinya chiffon lapis aja. Oh iya saya pakai pisang nya pisang emas sengaja beli 2 sisir buat setor keik gak tau tumben rumah susah pisang😁 padahal biasanya mpe busuk busuk. Ya gak papa lah ya...yg penting bisa ikut pr hihihi . . Ini resep rekomen bgt buat pecinta pisang apalagi ketemu madu khas bgt aromanya ..kalo yg gak suka pisang ya maappp maap aje ye😁 yang gak suka madu bisa ganti coklat bubuk ini kelihatannya aja teksturenya padet padahal ini ringan bgt cocok kalo di padu sma selai atau cream.

Chocolate Chiffon Cake

Chocolate Chiffon Cake

Resep Chiffon Cake Pandan by Vetrarini Leroy yg saya adaptasi jd chiffon coklat Sumber Grup Latbar Masak Palu (Rizka Hayyu) Ultah bareng saya dan si sulung.. tdk ada kue tart (krn mamaknya nda pandai pegang spuit).. buat chiffon cake sj.. sudah lama pengen buat cake ini. Penasaran katanya kempus2 gitu πŸ˜‚.. terus jg harus pake loyang chiffon bongkar pasang untuk hasil maksimal krn loyang tdk dipoles apapun gunanya supaya kue tetap kokoh saat sdh dingin. Senang bs bikin cake ini meski belum bagus maksimal..

Chiffon Yoghurt (tanpa loyang chiffon) 3 telur saja

Chiffon Yoghurt (tanpa loyang chiffon) 3 telur saja

Chiffon bisa dibuat tanpa loyang khusus. Adonan chiffon yang rentan sesaat selesai dipanggang membutuhkan 'pegangan' agar tidak berkerut. Karenanya loyang untuk chiffon tidak boleh diolesi mentega supaya chiffon dapat mempertahankan bentuknya hingga kondisinya dingin dan stabil. Chiffon juga butuh dibalik untuk mempertahankan volumenya. Maka dari itu, loyang chiffon memiliki 'kaki'. Hal ini bisa diakali dengan memakai loyang biasa yang lebih tinggi dari tinggi adonan. Karena dinding dan dasar loyang tidak diberi mentega, maka dasar loyang chiffon dirancang dengan sistem bongkar pasang agar kue mudah dikeluarkan. Kalau pake loyang biasa cuma perlu dikasih kertas roti aja di dasarnya😎 Oya, kunci sukses bikin chiffon ini terutama pada pengocokan putih telur, teknik pencampuran adonan kuning dan putih telur serta pemanggangan. Karena oven masing-masing berbeda, maka perlakuan juga berbeda. Jadi, 'kenali ovenmu' is a must!

6 porsi
65 menit
Chiffon cake 3 warna

Chiffon cake 3 warna

ini chiffon udah beberapa hr yg lalu bikinnya nangkring di IG saya...rasanya tuh lembutnya membelai lidah... kempus-kempus..manisnya pas..muji sendiri..tp beneran ini enak bngt..πŸ‘πŸ‘ cuss intip resepnya yuukk..

Chiffon chocolate cake

Chiffon chocolate cake

Bolu chiffon mank cake kesukaanku.karna rasanya yg lembut..makan gini aja udah enak..gak perlu topping.tp kali ini bikinnya dikaseh topping chocolate ganache..tambah yummy..bahannya gampang gak perlu baking soda apalag cream of tar tar.yg penting telurnya hrs fresh( tandanya putih telurnya tdk encer tp maseh kental).ini aku buat pake telur yg sudah saya simpan di kulkas bbrp hr.asal fresh gak masalah siy insyaallah..

12potong