Langkah Mudah untuk Membuat Siffon Pandan Cake ala dapur Dina yang Enak

Dipos pada March 15, 2019

Siffon Pandan Cake ala dapur Dina

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Siffon Pandan Cake ala dapur Dina yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Siffon Pandan Cake ala dapur Dina yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Siffon Pandan Cake ala dapur Dina, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Siffon Pandan Cake ala dapur Dina enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Siffon Pandan Cake ala dapur Dina dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Siffon Pandan Cake ala dapur Dina memakai 12 jenis bahan dan 21 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Source : Dapur Dina. Salah satu cake kesukaan suami....dia begitu ringan dan lembut, jd makan satu slince pun tak cukup...cake ini sehat karna tanpa BP dan SP dan lainnya...bagi yg takut gemuk...ini rekomen..karna lowfat...di resep aslinya menggunakan 6 telur tetapi karna loyang saya hanya muat 5 telur maka saya sesuaikan komposisi bahan bahannya. yuk lihat resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siffon Pandan Cake ala dapur Dina:

  1. Bahan A
  2. 5 btr Kuning Telur
  3. 100 gr Tepung protein rendah
  4. 120 ml Santan kental yg diencerkan dg air (aku 100 ml+20ml air)
  5. 3 sdm Minyak goreng
  6. 1/2 sdt Pasta Pandan
  7. 1 saset vanili bubuk
  8. Sejumput garam
  9. Bahan B :
  10. 5 btr Putih Telur
  11. 100 gr Gula Pasir
  12. 1 sdt Perasan Jeruk Nipis (atau lemon)

Langkah-langkah untuk membuat Siffon Pandan Cake ala dapur Dina

1
Nyalakan oven. Di suhu 150Β°C disesuaikan dengan oven masing2 yaa..
2
Siapkan bahan-bahan dan timbang
3
Pisahkan putih telur dan kuningnya
4
Campur santan dan pasta pandan serta minyak goreng, aduk sampai rata. Sisihkan.
5
Mixer putih telur sampai berbusa kemudian masukan gula pasir secara bertahap secara 3 kali. Masukan perasan jeruk nipis. Mixer sampai soft peak Yaitu jika wadah adonan putih telur dibalik maka adonan tidak jatuh. Atau jika diujung pengaduk mixer nampak adonan telur yg menempel membentuk jambul yg melengkung ujungnya.
6
Mixer kuning telur dan vanili sampai kuning pucat sekitar 5 menit. Kemudian masukan tepung bergantian dengan campuran santan mixer dengan kecepatan rendah asal rata. (selang seling dalam memasukan tepung dan santan sebanyak 3 kali).
7
Masukan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan pasta pandan tadi, aduk dengan tehnik aduk balik sampai rata. Setelah rata ambil lagi 1/3 adonan putih telur dan aduk lagi pelan saja sampai rata. Yg terakhir masukan adonan pasta pandan tadi ke dalam wadah putih telur aduk lagi sampai rata. Jangan over mix ya.
8
Adonan yg bagus jika dicampur antara adonan pasta dan adonan putih telur itu kental, tidak cair. Dan tidak ada gelembung2 udaranya...jika cair itu tandanya over mix. Bisa dipanggang tp hasil tidak mengembang tinggi.
9
Masukan adonan ke dalam loyang siffon lalu masuka ke dalam oven yg sudah dipanaskan sebelumnya min.15 menit.....panggang selama 45 mnt..atau jika permukaan sudah coklat tes tusuk dg lidi atau tusuk sate. Jika sdh tidak menempel atau mulus pada lidi berarti matang.
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 9
10
Ini contoh kalau menggunakan api kebesaran. Atasnya retak. Jadi kenali oven masing masing yaa. Dibawah suhu rata rata memanggang bolu biasa.
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 10
11
Keluarkan dari oven lalu tengkurapkan. Ini penting sekali agar cake tidak ambles.
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 11
12
Tunggu dingin baru keluarkan dari loyang.
13
Cara mengeluarkan dari loyang dengan menyisir pinggiran loyang dengan pisau.
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 13
14
Ini loyang siffon uk. Diameter 18x10cm. Telur 5 tinggi menjulang hasilnya..
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 14
15
Lembut dan ringan...wangi pandan dan gurihnya santan cocok banget..
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 15
16
Makan 1 sline tak cukup..
Siffon Pandan Cake ala dapur Dina - Step 16
17
Tips : dalam pengadukan adonan putih telur ke dalam adonan pasta jika menggunakan spatula maka dengan tehnik aduk balik dan spatula saat mengaduk tidak keluar dari dalam adonan, hal itu menghindari masuknya udara dari luar ke dalam adonan maupun sebaliknya. Gelembung gelembung yg muncul itu diakibatkan tehnik pengadukan yg kurang tepat. Maka harus teliti dan hati hati.
18
Tips 2 : jika dalam pengadukan ingin menggunakan wish maka harus dari permukan memutar pelan pelan baru masuk kedalam adonan secara pelan pelan sampai rata.
19
Tips 3 : Sebaiknya gunakan loyang khusus siffon. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di goggle contoh loyang siffon. Dan dalam memanggang loyang tanpa diolesi apapun. Hal ini untuk menghindari amblasnya cake. Ini wajib kalau menurut saya.
20
Tips 4 : Siffon pandan cake ini cepat basi jika tidak dimasukan ke dalam kulkas. Dia hanya bertahan 1 hari di suhu ruang. Hal ini terjadi karena menggunakan santan. Jika ingin tidak cepat basi maka santan dapat diganti susu cair. Demikian tips dan resep.dari saya, semoga bermanfaat..😊😘
21
NB : Mengapa saya mengocok adonan putih telur dahulu daripada adonan kuning telur...itu agar kita menghemat dalam mencuci pengaduk mixernya 😊..jd setelah mixer dipakai mengocok adonan putih telur bisa langsung digunakan untuk mengaduk adonan kuning telur. Tetapi jika mengaduk adonan kuning telurnya menggunakan whis (pengocok manual) juga tidak apa apa, yg penting harus tercampur rata.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

510. Chiffon Cake Zebra Coklat Pandan #SeninSemangat

510. Chiffon Cake Zebra Coklat Pandan #SeninSemangat

Selamat malam dear smart Paders ... pingin makan chiffon cake kombinasi rasa coklat pandan. Intip resep di bukunya Tintin Rayner dengan sedikit modifikasi, jadi deh, chiffon cake yang praktis dan ekonomis. Recommended yaah! πŸ‘

5 porsi
70 menit
Chocolate chiffon fluffy anti gagal

Chocolate chiffon fluffy anti gagal

Aslinya hari ini itu mager banget.. trus kepikiran bikin apa ya buat dibawa pulang ke gunung kidul.. liat stock dcc sm coklat bubuk di kantong ajaib (rak bahan2 kue) finally bikin chiffon aja.. wajib coba ya bunda, soft sekali percayaa deh😍😍😍

Chiffon keju (simple metode)

Chiffon keju (simple metode)

Ceritanya lagi seneng"nya belajar baking nih. Dan dari sebelum minat baking sendiri, emang udah jatuh Cinta bingit ama yg namanya chiffon cake. Begitu muncul keinginan belajar baking, mulailah coba bikin roti, pizza, donat, dan sampai pada cake kesukaan. Ini bukan chiffon pertama saya ya, karena saya udah ngalamin kegagalan demi kegagalan sebelumnya. 😭😭😭Mulai dari adonan yg terlalu encer, cakenya ambles, dan cakenya retak. Awal saya belajar baking hanya ditemani presto sebagai alat pemanggang. 😁😁😁Nekad bingit ya, saking semangatnya. Nahh cuss deh resep chiffon cake ala" saya ini. Tp kali ini saya pake otang ya buat manggangnya.

15/16potong
Sifon Susu

Sifon Susu

Keseringan gagal dalam membuat chiffon cake membuat semakin tertantang u/ terus mencoba, pertama bikin, cake melorot, dst, dst (entah berapa x coba πŸ˜‚) percobaan selanjutnya selanjutnya cake suka kempes kalau udah didiginkanπŸ˜‘. Akhirnya ketemu resep chiffon pandan cakenya mba @Dwiyani SSL, ternyata berhasill. waahhh...akhirnya PD buat aneka kreasi chiffon cake😊😁

Chiffon Putih Telur

Chiffon Putih Telur

Lagi2 bikin kue berkolesterol rendah yg kempus2 enyak simple. Sayang bgt ada sisa putih telur soalnya. Kali ini pengen rasa unik & aga berwarna hihii Terpilihlah bubuk blue velvet & mangga. Asik bgt perpaduan rasanya ternyata. Warnanya juga imut hehee

Loyang 23cm
80 menit
Chifon keju wortel

Chifon keju wortel

Pgn dr kemarin bikin cake pake wortel. Sekalian ngabisin stok creamcheese. Klo ga ada creamcheese bs pake cheese spread ya....yakin ini enak gurih bgt krn pake santan jg...kletis2 wortelnya jg enak...ga krasa sdh maem 3 potong....klo ga inget ini buat si kecil udah tkembat semuaπŸ˜‚...penampakan mmg kurang mulus tp don't judge a cake by it looks😊

Marble Chiffon Cake

Marble Chiffon Cake

First trial buat chiffon cake langsung pgn coba bikin yang marble soalnya penasaran sama efek marblenya. Hasilnya quite satisfying, soft, fluffy and well moisturized :)

Chiffon ketan hitam

Chiffon ketan hitam

Semenjak nemu resep chiffon ketan hitam semua pada ketagihan anak2 suami jg temen2.. Seminggu bisa 2 x buat mayeng lgsg diserbu anget2 ternyata enak bgt loh bu ibu cantik..

Pandan Chiffon Cake

Pandan Chiffon Cake

Anak sulung ulang tahun, request nya kue rasa pandan. Jadilah memilih chiffon cake pandan ini. Di awal deg2an banget bikin cake ini karena dulu pernah bikin dan berakhir bantat. Akhirnya coba riset via YouTube dan tahu kenapa dulu bantat: overmix adonan putih telur ke kuning telur. Bismillah, memberanikan diri bikin lagi dan senenggg bangettt bisa berhasil bikin si chiffon pakai resep mba Primia yg dimodif dikit. Anak2 dan Bapaknya pun seneng kuenya 😍

20 potong
Chiffon Cake Putih Telur

Chiffon Cake Putih Telur

Di foto ini sebenernya ada 2 macem cake, satunya lemon, lainnya cheese. baru sempet foto pas potongannya udah acak2an. tadinya ga akan diupload, fotonya juga ngasal banget. tapi tiap aku posting di IG story selalu ada yg nanya resepnya. yang coklat kemaren juga resepnya sama, cuma susu bubuk diganti coklat bubuk. cairannya aku cairin DCC + susu cair sampe total 180 ml.

Ciffon pandan

Ciffon pandan

Sudah coba2 resep rasa lain, tetap pandan yg terfavorit 😍 yg blm prnh buat coba aja ya, gampang kok, saya belajar dari resep jg, tentu saja dari resep ci tintinrayner...recommend πŸ‘

Chiffon chocolate

Chiffon chocolate

My kids beberapa hari ini lagi suka sama chiffon cake. Kemarin sudah bikin yang pandan sekarang lagi pingin nyoba yg coklat. Basic resep dari chiffon pandan di ig mbak ricke ordinary kitchen, krn pingin yg coklat jadi saya ubah sedikit resepnya, ada penambahan dcc supaya lebih nyoklat rasanya. Dan ini saya bikin 1/2 resep.

Pandan chiffon

Pandan chiffon

Udah lama ga bikin chiffon.. Buka cookpad resep chiffon,jatuh hati sama resepnya mba fitri sasmaya. Simpel dan murahh..ijin share mba fitsas

5 orang
1 jam 15 menit
Cup cake Chiffon

Cup cake Chiffon

Tadinya mau bikin red velvet chiffon. Hiks...ternyata bit si pewarna merahnya , kurang banyak, maklumlah resep Tintin Rayner ini saya coba utak atik sendiri, jadilah si chiffon cuma bersemu merah. Tapi rasanya tetep khas chiffon, fluffy, alias kempus2 . Saya coba memvariasikannya dg memakai paper cup. 30 ml minyak goreng + 50 ml susu cair saya ganti dg 1 bj bit (50gram),dikukus, blender, ambil airnya + minyak goreng = 80 ml #cupcakechiffonlingga #chiffonlingga #cupcakelingga

Matcha & Cheese Chiffon Cake (3 telur dan gluten free)

Matcha & Cheese Chiffon Cake (3 telur dan gluten free)

Warnanya kayak pandan πŸ˜†πŸ˜… Lagi pingin pake loyang tulban mini..hehe ✌

Strawberry Oreo Chiffon Cake

Strawberry Oreo Chiffon Cake

Bismillah...sdh bbrp x bikin chiffon cake... Tp baru kali ini hasil maksimal menurut sy, hingga akhirnya berani sy share di cookpad. Resep diadaptasi dr resep chiffonnya bunda fitsas, Jazahalloh khoir...resep asli chiffon pandan coklat y bun... Sy rubah rasanya jd strawberry oreo chiffon cake...he... Utk komposisi bhn2 in syaa Allah te2p sama.

Taro Chiffon Cake

Taro Chiffon Cake

Sampai dibela2 in beli loyang chiffon krn penaaaran sama cake ini...apalagi liat di IG dimodel cracking kayaknya cantik dan menantang...tdnya mau buat versi pandan tp krn udah mainstream akhirnya buat yg taro aja kebetulan juga punya perisa Taro dn bubuk taro...setelah jadi...beneran amaze banget sm rasa cake ini...bener2 super lembut mpus2...thanks mbak Silvia Fiqah yg udah share resep dr Ci Tintin Rayner...