Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Pecel yang Menggugah Selera

Dipos pada June 21, 2019

Pecel

Anda sedang mencari inspirasi resep Pecel yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Pecel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pecel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Suka banget sama sambal kacang. Apapun sayurnya kalo dibikin pecel bakal kumakan. Kalo suka pedas cabenya bisa ditambahi ya buibu~

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel:

  1. 2 ikat sawi putih, rebus
  2. 1/4 kg tauge
  3. Bumbu kacang
  4. 300 gr kacang tanah, goreng/sangrai
  5. 8 buah cabai rawit merah
  6. 3 cm kencur
  7. 5 siung Bawang putih
  8. 8 lembar daun jeruk
  9. 1/2 tangkup gula jawa
  10. Sejumput garam
  11. Sedikit penyedap rasa
  12. Pelengkap
  13. Tahu goreng
  14. Telur rebus

Langkah-langkah untuk membuat Pecel

1
Kacang tanah digoreng atau disangrai. Lalu dihaluskan. Bisa diblender atau ditumbuk.
Pecel - Step 1
2
Kemudian goreng bawang putih, cabai, kencur, dan daun jeruk. Jangan terlalu kering.
Pecel - Step 2
3
Ulek kacang tanah yang telah dihaluskan dengan bahan lainnya ditambah gula jawa. Beri garam juga penyedap rasa. Ulek hingga semua lembut dan tercampur rata.
Pecel - Step 3
4
Rebus sawi putih yang telah dipotong, tiriskan. Untuk tauge tidak perlu direbus, cukup dicuci saja. Oh ya, variasi sayurnya boleh disesuaikan sendiri.
Pecel - Step 4
5
Ambil beberapa sendok bumbu kacang. Beri air sedikit, jangan terlalu encer. Mencampurkan bumbu kacang dan air bisa dengan diulek pelan. Bila adonan bumbu kacang jadi bisa dicampurkan pada sayuran yang ada.
Pecel - Step 5
Pecel - Step 5
Pecel - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel terong

Pecel terong

Td pagi kpasar beli terong 1kg y cuma Rp3500 enaky y dmasak pecel terong aj

10 porsi
Pecel terong ala ndeso#5resep terbaruku

Pecel terong ala ndeso#5resep terbaruku

Lg bosen masak lodeh.... Pgn yg seger2... D kulkas ada terongπŸ†πŸ† d msk apa y???πŸ€”πŸ€”πŸ€” Keinget ma masakan ibuk dulu... PECEL TERONG.... oke juga nih... Cobain ahh... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹Dan ternyata suuuegerrr bingiittt....

15menit
Pecel Purwodadi

Pecel Purwodadi

Kepingin makan yang sehat tanpa banyak minyak goreng tapi cepet masaknya? Masak pecel ajah. Kenapa purwodadi? Karna kali ini pakai bumbu pecel jadi khas purwodadi. Dari segenap bumbu pecel, paling pas di lidah ya bumbu ini ! Try it !

4 porsi
20 menit
Pecel n Baked Potato Menu #GMdiet Day 2

Pecel n Baked Potato Menu #GMdiet Day 2

Masuk hari kedua GM diet sayur sepanjang hari. Ngemil juga sayuran, direbus, dikukus ato mentahan. Semua jenis sayuran, kecuali wortel ya... Kentang juga boleh buat sarapan. Sebiji aja dipanggang.

#32. Sambal Terasi (Ala Pecel Lele!)

#32. Sambal Terasi (Ala Pecel Lele!)

Bismillah... Hampir terlupa share resep untuk #PejuangGoldenBatikApron.. Waktunya hampir habis dan ini mulai masuk waktu2 US Baiklah, resep yg simpel dulu.. Ini resep Umi (ibunda). Bahan udah disiapin saya tinggal eksekusi Syedappp MasyaAllah πŸ‘πŸ”₯ Noted: -Gunakan terasi berkualitas -Di bahan saya tulis takaran 'micin'; tapi kami jaranggg sekali pakainya :) -Foto langkah, ada yang diambil saat saya buat 4 kali takaran resep di bawah 🍚 Selamat Mencoba 🍚

15 menit
Bumbu Pecel Madiun

Bumbu Pecel Madiun

Akhirnya buat sendiri bumbu pecel gara2 kurang puas dengan rasa bumbu pecel yang beli jadi.

Nasi pecel madiun

Nasi pecel madiun

Pecel.....mungkin tdk asing lg. Pecel madiun ini hampir sering sy buat krn alm ibu dari madiun. Biasanya kami menyantapnya dgn peyek, lempeng atw kerupuk gendar. Tempe dan tahu disajikan panas2. Terkadang jg kita hanya gado aja tuh sayur2an dgn sambel pecelnya tanpa pake nasi😊.....serasa klw mkn pecel seperti di kampung....madiun. Kpn lg yah kesana....inget brem jg☺😊....mari ikuti resep yg tdk asing lg.......

6 porsi
30 menit
Mie sambel pecel rasa sate

Mie sambel pecel rasa sate

#AntiRibet cocok untuk menu sarapan buat yang sibuk karena tak perlu menyiapkan banyak bahan Dan bumbu. Menghadirkan citarasa lokal sambel pecel khas madiun.

2 porsi
15 menit
Salad jawa (nasi pecel)

Salad jawa (nasi pecel)

Ceritanya lagi diet menunya sayuran tiap hari

5-6 porsi
30mnt
Nasi Pecel Praktis

Nasi Pecel Praktis

Ini sebenernya stok foto untuk ikut acara nya royco hehe tapi sambil menyelam minum air ahh sekalian share aja di cookpadπŸ˜…

Pecel Madiun

Pecel Madiun

Salad ala Indonesia yg sedap dan sehat..πŸ˜‹

Pecel Sayur

Pecel Sayur

Yang seger-seger kali ini bund 😊

Pecel tempe telur penyet

Pecel tempe telur penyet

Sama kayak pecel terong kemarin. Hanya saja kali ini terong diganti sama tempe, dan bikinnya hanya porsi sekali makan. Buat sarapan atau makan malam enak loh

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Ceritanya kelupaan beli bumbu pecel instan.. Jadilah bumbu pecel home made. Lebih hemat dan sehat 😍

Sambel Pecel Pake Blender Praktis :)

Sambel Pecel Pake Blender Praktis :)

Praktis tanpa ulek2 kelamaan,,, :D