Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Ayam Cakwe yang Lezat Sekali

Dipos pada January 20, 2019

Bubur Ayam Cakwe

Bagaimana membuat Bubur Ayam Cakwe yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bubur Ayam Cakwe yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Ayam Cakwe, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Ayam Cakwe sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Cakwe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Cakwe memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kepengin makan bubur ayam Chinese, yg ada cakwe nya. Jauh dari negeri sendiri, harus sedikit rempong membuat cakwe. Tapi hasilnya menuaskan. Rasa bubur asin dan manis berbaur. Enak dilidah. Rasanya terbayar, kelelahan yg dialami.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Cakwe:

  1. 1/2 kg dada ayam
  2. 7 siung bawang putih, haluskan
  3. 4 buah bawang merah, iris tipis
  4. 1 sdm minyak wijen
  5. 1 sdm kecap asin
  6. 3 sdm kecap manis
  7. Garam
  8. Gula
  9. 1.5 cup beras, cuci bersih
  10. 1.5 ltr air
  11. 5 butir Telur rebus, kupas
  12. Topping
  13. Daun Bawang, iris tipis
  14. Bawang goreng
  15. Cakwee, potong tipis
  16. Krupuk rambak/krupuk bawang

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Cakwe

1
Rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam, garam, jahe dan sedikit bawang putih halus. Masak hingga ayam matang. Matikan kompor, ambil ayam dinginkan. Air kaldu disaring.
2
Ambil beras yg sdh dicuci, masukkan dlm rice cooker. Tuang air kaldu. Masak dlm rice cooker. Jika air kurang, bisa tambahkan air panas. Masak hingga bubur matang. Sisihkan.
3
Ambil ayam yg sdh matang, suwir2 dan potong kotak. Didihkan minyak, tumis bawang putih halus, bawang merah, dan masukkan ayam dan telur rebus. Masukkan garam, gula, kecap manis, minyak wijen, dan kecap asin. Aduk rata. Tambahkan air. Masaj hingga air setengah sat. Tambahkan air, koreksi rasa. Jika sudah pas rasanya, matikan kompor.
4
Siapkan semua toping. Tata bubur dalam mangkok. Tuang daging ayam, cakwe, telur, bawang goreng, daun bawang, dan krupuk/rambak.
Bubur Ayam Cakwe - Step 4
5
Sajikan dalam keadaan panas. Selamat menikmati

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI 6M+ - Bubur Uduk & Sup Hati Ayam

MPASI 6M+ - Bubur Uduk & Sup Hati Ayam

Alhamdulillahhh setelah drama tumgi, akhirnya baby mau makan lagi dan lahappp banget!

3 porsi
Bubur tim mpasi 4**** baby febrian

Bubur tim mpasi 4**** baby febrian

Variasi sedikit2 memanfaatkan bahan2 yg masih ada di dapur. Maap plating berantakan.. 😁

2 porsi
Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Kemaren suami minta dibuatin bubur ayam. Okelah.. Pagi ini sarapan sama si bubur kuah kuning ini.. Masak kuahnya kmren, jadi paginya ga terlalu terburu2 ya. Krena pagi2 itu emang hari yg sibuk. Source : angela #basidoncek #community_sumbar

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Kok fotonya bersanding dg roti tawar ya..?? Iyaa krn makan bubur kacang ijo belum afdhol rasanya jika blm disandingkan dg si roti tawar.

Menu MPASI 4**** bubur tim ati & dada yampung+edamame+baby welok

Menu MPASI 4**** bubur tim ati & dada yampung+edamame+baby welok

Masih memanfaatkan bahan2 yg ada di kulkas

Bubur Ayam Rice Cooker

Bubur Ayam Rice Cooker

Adakah diantara Ibu2 yg sering kebingungan “menghadapi” sisa nasi di rice cooker? Saya pun demikian :) Pagi ini putri saya ijin tidak bersekolah karena kurang sehat, maka bubur ayam menjadi pilihan terbaik saat melihat sisa nasi di panci rice cooker. Beberapa bahan bisa di skip ya bun, jika tidak punya. Seperti kecap asin, kecap ikan dan kaldu jamur. Mengapa? Karena sebelum tertarik untuk belajar masak, bahan2 itu pun jarang/hampir tidak pernah ada di dapur saya :) Jadi, jangan sampai karena tidak ada, jadi batal masak. Bahan utama selain sisa nasi adalah cincangan Ayam dan bawang putih. Sayurannya silahkan disesuaikan dengan yg ada. Jagung, Brokoli, Kacang Polong bisa jadi pilihan sehat. Yuk, dicoba. #SayangAnak

149. Bubur Sagu Gula Merah

149. Bubur Sagu Gula Merah

Bubur sagu buat suami yang asam lambungnya lagi naik.... Biar "anyep" diperut....😊 #SiapRamadan

MPASI BUBUR SARING 👯6bln

MPASI BUBUR SARING 👯6bln

Baby Naj-naj Dah mo 6bln aja nih...ga berasa ya..dan ini Menu Lengkap pertama..sblmnya hanya dikenalkan sama buah2 aja.makannya msh dikit2 tp Alhamdulillah mau masuk..hrs sabar pelan pelan.untuk porsi banyak bisa dikalikan dua ya..

Bubur Kacang Ijo Fibercreme

Bubur Kacang Ijo Fibercreme

Yang anti santan, bisa banget makan bubur kacang ijo nikmat dg tambahan fibercreme, rasanya gurih dan lebih cremy mom..

8 porsi
Bubur Tempe Tomat MPASI6BLN

Bubur Tempe Tomat MPASI6BLN

Hari ini 1st time adek Jenar mpasi Moms. Dan Bunda kelupaan ga beli prohe, biar bisa bikin menu 4bintang. Jadi nya bikin seadanya yg td belanja buat menu kakak yang mana favorit banget ma tempe dan sayur asem. Jadi laaah, saya bikin bubur tempe tomat plus evoo dan chiaseed. Yuk mulai masak nya Moms.

2 porsi
15menit
Bubur kacang ijo #elsaapril1

Bubur kacang ijo #elsaapril1

anakku suka bubur kacang kalo beli di kaki lima adanya malem doang,kalo bikin sendiri cuma bermodalkan kacang ijonya aja 6rb seperempat tp bisa jd sepanci eeeemmmm

Bubur ayam beras merah saus jagung manis MPASI

Bubur ayam beras merah saus jagung manis MPASI

Mpasi 6mo+ bubur ayam beras merah saus jagung manis

1 porsi
Bubur ayam Dari Nasi Praktis

Bubur ayam Dari Nasi Praktis

Aku sangat suka makan Bubur tapi karna ribet jadi malas bikin dicookpad ketemu resepnya Hj. Tintin Purnama Sari ternyata praktis dan enak 😋😋😍 Ayo cek resep ini: Bubur ayam https://cookpad.com/id/resep/4552981-bubur-ayam?token=kf8Lu8CnWQjjiFGhmrEkfK3o #WanilahMeolahBeasa Kalau banyak punya bahan dikulkas dibikin bubur nasi gini enak banget sayur n lauk cocok menjadi bahan tambahan #KurasKulkas

Bubur terik tahu

Bubur terik tahu

Punya nasi sisa semalam, udah pada ga mau makan, dari pada kuning...diuprek aja di dapur

4 porsi
45-60 menit
Bubur ketan item praktis

Bubur ketan item praktis

Mau buka puasa bingung dan bosen bikin apa lagi.. Eh afa beras ketan item sisaan bikin peyeum.. Bkim bubur ajalah

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Rasanya lebih enak dari punya abang-abang jualan hehe.

BuKu TOBaTe😅 (Bubur Kunyit Topping Oseng Bawang Putih Teri dll)

BuKu TOBaTe😅 (Bubur Kunyit Topping Oseng Bawang Putih Teri dll)

Ide BuKu TOBaTe tercetus saat saya bangun dengan badan yang kurang fit😔 Pengen beli bubur tapi saya takut kurang kenyang🤣 maklum porsi saya porsi jumbo🤣 karna bubur adalah makanan paporit saya sejak kecil🥰 Yasudahlah ya🙃 akhirnya saya eksekusi beras dan teman-teman nya😂 Jadilah BuKu TOBaTe 😅

5 Porsi
Bubur Ayam Kampung Telur Asin

Bubur Ayam Kampung Telur Asin

Terinspirasi dari bubur ayam chinese, yang biasanya udh jadi bubur nasi gurih. Saya coba buat versi saya ya....😍 #moonaskitchen #moonascooking #moonas_buburayam