Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kolak biji salak yang Lezat

Dipos pada May 3, 2021

Kolak biji salak

Sore-sore begini enaknya membuat Kolak biji salak yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Kolak biji salak yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Kolak biji salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak biji salak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Busui tidak puasa. Busui mencari kesibukan saat bulan puasa.. bikin kolek biji salak aja karna emang cuma punya ubi πŸ˜‚ kl punya pisang mgkn ku tambah pisang ehehe.. inimah gacuma bulan puasa deh, tiap pagi juga ada yg jual biasanya dicampur bubur sumsum hehe.. tapi bikin sendiri lebih hemat, yuk kita bikin sendiriiiii yuukkk, kalau engga sekalian jualan nih oke banget bisa dipadukan sama bursum,kolek pisang, es butolemu, banyak deh.. bijisalak emang gapernah milih2 temen, semua cocok sm diaa 😍😍😍 | #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #Mingguke18 #SiapRamadan #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #JemputRejeki #SayangAnak #segarnyaberbuka #semarakramadan #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Jayapura

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. Adonan Biji Salak :
  2. 650 gr ubi (boleh ubi oren,ubi ungu, ubi apa aja terserah ya)
  3. 200 gr tepung sagu
  4. Kuah Kolek :
  5. 200 gr gula merah (sesuai selera)
  6. 1 liter air
  7. 3 sdm tepung maizena, larutkan dg 3sdm air matang
  8. Kuah santan :
  9. 50 ml santan kental (saya pakai kara)
  10. 100 ml air matang
  11. 2 lembar daun pandan, simpul
  12. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih ubi, lalu kukus ubi hingga matang. Kupas ubi, lalu haluskan ubi. (Halusinnya bisa pakai ulekan yaa). Campur sagu dan ubi yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
Kolak biji salak - Step 1
Kolak biji salak - Step 1
2
Bentuk adonan ubi bulat-bulat atau lonjong atau sesuai selera ya hehe. Lakukan sampai adonan habis. Setelah itu rebus ubi hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. Air rebusannya dibuang yaa..
Kolak biji salak - Step 2
Kolak biji salak - Step 2
Kolak biji salak - Step 2
3
Setelah biji salak matang. Selanjutnya kita buat kuah kolek gula merah dan santannya, panaskan 1liter air, masukan gula merah. Masak hingga gula larut. Setelah itu, masukan biji salak yang tadi sudah matang ke dalam kuah kolek gula merah. Aduk-aduk, sambil perlahan masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk rata, masak hingga mendidih. Lalu sisihkan. Sajikan bersama dengan kuah santan.
Kolak biji salak - Step 3
Kolak biji salak - Step 3
4
KUAH SANTAN : campurkan santan, air, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Harus diaduk terus yaa biar santan tidak pecah..setelah mendidih, lalu sajikan bersama dengan kolek biji salak.
Kolak biji salak - Step 4
Kolak biji salak - Step 4
5
Sajikan kolek biji salak bersama dengan kuah santannya. Sajikan dingin atau hangat sama nikmatnya 😍 untuk penyimpanan lebih baik kolek dan kuah santan disimpan terpisah yaa, apalagi kalau mau buat jualan nih.. biar tahaaan lama tanpa kulkas harus di pisah yaa.. selamat mencobaa ya..
Kolak biji salak - Step 5
Kolak biji salak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Pisang

Kolak Pisang

Fav banget sama kolak pisang ini.. Suka bikin banyak terus ditaruh dikulkas, kalau mau makan dinggal ambil dikit dikukus deh..

Kolak pisang dadakan

Kolak pisang dadakan

Jadi inget Ramadhan.. Masya allah cepat sekali waktu berlalu..

3 porsi
Kolak candil pisang

Kolak candil pisang

#SiapRamadan

Kolak Keladi

Kolak Keladi

Bengong dikost nda ada kerjaan. Trus liat ke dpur masih ada bnyak Keladi oleh2 dari kampung, bingung mau diolah bgmna trus kepikiran buat kolak. Ingat masa kecil sering dibuatkan mama😁 bhan2x juga lgi tersedia😊

5-6 orang
30-45 mnit
Kolak ubi n pisang

Kolak ubi n pisang

Ada sisa pisang kepok kmrn habis bikin piscok ya sudah lah di bikin kolak saja lumayan kan buat ujan" anget makan kolak😁

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Sekedar iseng.. πŸ˜€

8 porsi
1 jam
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Suka sih sama dessert lokal ini tapi kadang sukak gak cocok pas belik jadii buat sendiri yg sesuai sama keinginan dengan modal seadanyaa wkwkw .. let’s try guyyss

4-5 porsi
30 menit -+
Kolak Pisang Kolang Kaling #PekanInspirasi

Kolak Pisang Kolang Kaling #PekanInspirasi

Resep ke-6 #BikinRamadanBerkesan Kolak yang rasanya manis ini selalu bisa #BikinRamadanBerkesan, Ibu suri sering banget bulan puasa bikin kolak, saya paling suka kolak pisang karena rasanya legit😍. Untuk santan disesuaikan dengan selera ya mau kental atau biasa aja, saya suka yang biasa aja gak kental.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ramadhan di depan mata, ayo cobain resep ini untuk takjil di bulan suci nanti πŸ™ selamat mencoba semoga memberikan manfaatπŸ™

10-15 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Source: Elvira Yus

Kolak biji salak

Kolak biji salak

#siapRamadhan Biasa ya ramadhan siapkan menu2 andalan buat keluargaπŸ‘πŸ‘

Bubur Candil Ubi Merah / Kolak Biji Salak

Bubur Candil Ubi Merah / Kolak Biji Salak

Makanan manis yang banyak ditemui pada bulan puasa. Karena banyak pisang tanduk dan ubi di rumah, akhirnya saya membuat kolak candil dan resep ini enak sekali. Source : @heny_rosita

3 porsi
Kolak candil

Kolak candil

Ceritanya mau recook bubur candil ubi dari resepnya mbak @jeihannabila namuuuun kok ya jadi kolak ya.. Kebanyakan kuah nya dan candil nya sedikit juga

2 porsi
Kolak Singkong

Kolak Singkong

20 porsi
25 menit
Kolak pisang cincau

Kolak pisang cincau

menu buka puasa

Kolak Biji Salak dan Pisang

Kolak Biji Salak dan Pisang

Di rumah ada ubi dan pisang akhirnya dibuat biji salak. Lumayan dijadikan cemilan untuk berbuka puasa #DiRumahAja πŸ˜ƒ

Kolak Pisang Simple

Kolak Pisang Simple

Dimakan hangat ataupun dingin tetap sedap 😍

Kolak kacang hijau

Kolak kacang hijau

9/5/2018. #BikinRamadanBerkesan #1. makanan/minuman ini biasanya sllu ada dlm menu buka puasa,karna rasanya yg manis jg gurih ccok bgtt untuk menu buka puasa 😊😊,untuk pnyajianya sendri kolak bisa dimakan dg keadaan hangat/dingin dg dtmbah es batu, Untuk pembuatan kolak sndri kita jg bisa menambahkn dg bahan lain, misalnya ubi,singkong, pisang, nangka,tape dsbnya sesuai selera kita masing".untuk kali ini Q menggunakn tape singkong sebagai pelengkapnya(menyesuaikan stok yg ada dikulkas πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€)