Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambal Pecel Homemade yang Menggugah Selera

Dipos pada June 12, 2019

Sambal Pecel Homemade

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sambal Pecel Homemade yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Sambal Pecel Homemade yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Pecel Homemade, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Sambal Pecel Homemade sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Pecel Homemade sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Pecel Homemade memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berbagi resep sambel pecel, buat yang suka. Bisa juga buat stok dari pada beli lagi beli lagi, bisa bertahan cukup lama kok di suhu biasa ataupun di freezer. Atau mungkin untuk makan porsi besar, misal syukuran, hajatan dll, oleh2 bikinan sendiri buat famili juga bisa. Sip kan (bumbu bisa disesuaikan dengan banyaknya kacang yang dibutuhkan)...πŸ‘πŸ™πŸ‘©β€πŸ³ #antiribet #freezerfriendly #pekaninspirasi (17 maret 2019) #berburucelemekemas #goldenapron #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_lamongan #cookpadlovers #tidaksekedarmemasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Pecel Homemade:

  1. 1 kg kacang tanah
  2. 1/4 kg cabai rawit merah
  3. 1/2 ons cabai merah besar
  4. 10 siung bawang putih
  5. 6 siung bawang merah
  6. 1/4 kg gula merah
  7. 1 ons asam jawa
  8. 1 ons kencur
  9. secukupnya daun jeruk
  10. secukupnya minyak goreng (untuk menggoreng kacang dan bumbu)
  11. Bahan pelengkap
  12. secukupnya gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Pecel Homemade

1
Siapkan semua bahan.
Sambal Pecel Homemade - Step 1
2
Goreng kacang tanah dengan minyak secukupnya sambil diaduk-aduk, jika sudah matang angkat dan tiriskan sampai minyak tidak menetes.
Sambal Pecel Homemade - Step 2
Sambal Pecel Homemade - Step 2
3
Goreng bumbu dengan minyak sisa menggoreng kacang, sebelumnya potong-potong terlebih dahulu agar ketika digoreng tidak meletus. Jika sudah layu angkat dan tiriskan sampai minyak tidak menetes.
Sambal Pecel Homemade - Step 3
Sambal Pecel Homemade - Step 3
4
Sebelum digiling, dinginkan kacang dan bumbu terlebih dahulu. Jika sudah dingin tambahkan daun jeruk, asam jawa, gula merah dan gula pasir secukupnya aduk jadi satu.
Sambal Pecel Homemade - Step 4
5
Lalu giling secara bersama-sama. Jika punya alat penggiling pribadi bisa langsung saja, kalau tidak punya bisa digiling di pasar, dipenggilingan bumbu. Jika porsinya sedikit bisa menggunakan blender.
Sambal Pecel Homemade - Step 5
Sambal Pecel Homemade - Step 5
6
Bisa disajikan dengan sayuran yany sudah direbus/mentah, sesuai selera saja. Ambil secukupnya sambal pecel lalu tuang air panas, tambahkan garam sesuai selera, karena pada saat menggiling tadi belum dikasih garam ya. Lalu sebagian lainnya bisa disimpan diwadah tertutup dan taruh di kulkas atau lemari makanan (bertahanΒ± selama 2 minggu).πŸ‘©β€πŸ³πŸ₯œ
Sambal Pecel Homemade - Step 6
Sambal Pecel Homemade - Step 6
Sambal Pecel Homemade - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

26. Bumbu pecel

26. Bumbu pecel

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru Kepengen bisa buat bumbu pecel sendiri, ampe minta diajarin tetangga. Enak loh hasilnya.

Sambel Pecel

Sambel Pecel

Punya sawi pahit 1 iket di kulkas, bikin pecel, simpel, soalnya udah simpen sambel pecel...stok.

Sayur Kuah Pecel KangkungToge

Sayur Kuah Pecel KangkungToge

#SiapRamadan #MamahCookpad #pemburuParcel

Pecel kepala ayam

Pecel kepala ayam

kmrn liat postingan ig @doyanmasak posting pecel kepala ayam kyknya enak bgt,hr ini sy coba bikin tp sy ksh serundeng buat anak2,sambalnya sy pake sambal pecel lele lamongan,mantaaappp πŸ‘πŸ‘cucok!

Pecel Ndeso Praktis

Pecel Ndeso Praktis

biasanya saya siram bumbu pecelnya ke sayuran kalo sudah mau di mkn πŸ˜ƒ

Pecel

Pecel

Dulu jaman kita2 kecil (5 bersaudara) setiap minggu ibu selalu bikin pecel termasuk bumbu kacangnya dan herannya kita2 gak pernah bosan sampai sekarang. Sampe ditanya sama teman2 nya banyak2 amat beli sayur buat apa dan siapa... jualankah... gak taunya buat dirumah saja hehehe .. yg terkadang seharian kita hanya makan pecel aja gak makan nasi. Kl sekarang aku bikin pakai bumbu pecel yg ready biar cepat (pemalas hahaha). Tricky tuk merebus sayurannya, mulai dari yg gampang matang (toge) baru ke yg paling lama (kacang panjang) dengan hanya menggunakan 1x air rebusan. source : ibu tersayang

6 porsi
30 menit
58. Sambel Pecel khas Jawa Timur

58. Sambel Pecel khas Jawa Timur

Pecel, masakan tradisional ini punya citarasa yang khas. Manis, asin, gurih, seger rasanya menyatu dipiring saji. Kalau ditempat asal saya, sambel pecel wajib pakai daun jeruk. Mungkin ditempat kawan2 yg lain bisa berbeda ya.. Ini saya hanya buat sedikit, lumayan untuk obat kangen dengan kampung halaman #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunitypurwokerto

Pecel terong goreng pedas

Pecel terong goreng pedas

Pecel terong kesukaan suami, sederhana tapi menggugah selera di santap bersama telur dadar / telur ceplok nyum nyum.

3porsi
Bumbu pecel

Bumbu pecel

Resep ini ak dptkan dr penjual pecel pinggir jalan yg tiap harinya sll habis di jam 9 pagi, saking ramenya

Sate Ayam Bumbu Pecel

Sate Ayam Bumbu Pecel

25 tusuk sate
1 jam 30 menit
Pecal Sayur Sederhana

Pecal Sayur Sederhana

4 porsi
+- 15 Menit
Tahu Telur Bumbu Pecel

Tahu Telur Bumbu Pecel

Lama ga makan olahan ini, ingat dulu pernah dibikinin ade jadi pengen lagi. Berhubung si ade kerja di Jkt, ga mungkin disuruh bikinin ya bikin sendiri aja. Lumayan ngobatin rasa rindu pengen makan, bikinnya juga yang simple, cepat dan praktis #BikinRamadanBerkesan

Miehun bumbu pecal

Miehun bumbu pecal

Setelah Baca inbox klo sy dapet parcel ramadhan jd semangat lg ni share masakan, walaupun mskn sy alakadarnya ya hihihi..

Pecel Bandeng

Pecel Bandeng

My mom's recipe sebagai menu wajib Lebaran di salah satu desa di Kab. Gresik. Sesuaikan saja bahan bumbu pecel dengan ukuran ikan:)

8 porsi
30-45 menit
Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

3 porsi
1 jam
Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Hari 23..30 mei 2018 #bikinramadanberkesan Source : mbak lis_h. Thanks mbak😊. Bikinnya sore, kemudian sy simpan di kulkas. Td sahur pk sambel ini, mdh krn tinggal seduh sj. Oya..bisa utk jualan lho moms. Lbh enak kacangnya di sangrai ya drpd digoreng. Utk kencurnya, sy goreng jg. Ttp semangat utk celemek cookpad😊😊

Sambal PECEL makk nyusss

Sambal PECEL makk nyusss

Paling suka sama yg namanyaa pecel,, gak puas dg sambal2 yg di jual di luar2 sana akhirnya sering bikin sendiri dan di stok di kulkas,, ketika pengen makan pecel tinggal di seduh dan tinggal rebus sayur2,, jadiii dwhh,, biasanya bikin banyak biar sekalian repottt gt,, kebetulan tadi cuma ada sdkit kacang sihh,, lain kali mau bikin yg banyak,, 😁😁😁