Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Jenang biji salak yang Lezat

Dipos pada September 13, 2018

Jenang biji salak

Anda sedang mencari inspirasi resep Jenang biji salak yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Jenang biji salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Jenang biji salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Jenang biji salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jenang biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jenang biji salak memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya mengenang masa kecil. Ini jajanan favorit waktu SD, teksturnya kenyal2 lembut gurih enak 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jenang biji salak:

  1. Bahan Biji Salak:
  2. 250 gr ubi kuning kukus
  3. 70 gr tapioka
  4. Bahan jenang:
  5. 7 sdm tapioka
  6. 2 sisir gula merah
  7. 2 sdm gula pasir
  8. 800 ml air
  9. 1/4 sdt garam
  10. Kuah santan:
  11. 500 ml santan
  12. 2 lembar daun pandan
  13. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Jenang biji salak

1
Haluskan daging ubi kukus dengan ulekan, masukkan dalam wadah. Lalu tambahkan tapioka, uleni hingga tercampur rata dan kalis.
2
Bentuk adonan menjadi bulat2 kecil. Lakukan hingga adonan habis. Panaskan air hingga mendidih. Masukkan adonan biji salak, lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.
Jenang biji salak - Step 2
3
Kuah santan: masukkan santan dalam panci. Tambahkan daun pandan dan garam. Panaskan diatas kompor hingga mendidih sambil terus diaduk. Matikan kompor. Angkat dan sisihkan.
4
Jenang: masukkan tapioka dalam mangkuk, beri sedikit air lalu aduk hingga rata. Sisihkan. Letakkan 800 ml air dalam panci, panaskan diatas kompor dengan api sedang. Masukkan gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam. Rebus hingga mendidih dan gula larut. Jika gula sudah larut, buang pandan kemudian masukkan tapioka yg sudah diencerkan td kedalam air rebusan gula sambil diaduk hingga mengental dan meletup2. Masukkan biji salak lalu aduk kembali hingga rata. Angkat dan sisihkan.
5
Masukkan jenang biji salak kedalam mangkuk, beri kuah santan. Sajikan hangat2 ❤️
Jenang biji salak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Belum lengkap rasanya kalau bulan puasa ga bikin kolak biji salak... walaupun ga setiap hari, tapi pasti ada beberapa hari dalam sebulan di ramadhan ini bikin kolak ini... maklum cuma bisa ngerasain kolak biji salak hanya di moment ramadhan, kalo bulan2 yg lain rasanya makan waktu bgt bikin ini... hihihi... #bikinramadanberkesan #22

10 porsi
1 jam
Judul : bubur biji salak

Judul : bubur biji salak

5 orang
1 jam
Tape biji salak

Tape biji salak

Kebetulan.punya tape sisa kmarin. Bosen dengan biji salak dari ubi coba bikin biji salak dari tape singkong

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Bingung mau buka puasa pake apa, di rumah ada stock ada ubi oranye.. Cuss lah langsung bikin..

5 0rang
1 jam
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Si kolak biji salak #BikinRamadanBerkesan

Bubur biji salak

Bubur biji salak

Lagi suka masak, ya meskipun hanya sekedar bikin takjil

7 porsi kecil
30 menit
Biji salak/ candil butternut squash

Biji salak/ candil butternut squash

Awalnya bikin candil dr butternut gara2 ayahny beli butternut gede banget ada kali 7 kg bwt mpasi sikecil. Akhirnya sebagian di olah deh jd makanan dewasa.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Persiapan Takjil nanti sore Mams 😁

4porsi
Kolak Biji Salak dan Pisang

Kolak Biji Salak dan Pisang

Di rumah ada ubi dan pisang akhirnya dibuat biji salak. Lumayan dijadikan cemilan untuk berbuka puasa #DiRumahAja 😃

Biji Salak Ubi Orange

Biji Salak Ubi Orange

Makanan ta'jil yang slalu bikin kangen akan bulan ramadan. #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadhanCookpad

4-5 orang
Biji Salak

Biji Salak

Cobain biji salak yuk. Aku coba fengan 2 adonan tepung berbeda.. tapi emang lebih best biji salaknya pake tapioka.. pame tepung ketan+teoung beras kurang kenyel. Selamat mencoba 🙏🏻

Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Dapat resepnya dari Ko Ade Koerniawan, Top 3 Master Chef Indonesia Season 6⭐👌

Kolak biji salak (jenang grendul)

Kolak biji salak (jenang grendul)

Experiencing Ramadan in Uk is quietly challenging, not only due to 18 hours of fasting but also less variety of iftar's dessert could be chosen, no es2 buah, cendol, goreng2an. Harus putar otak buat nnt mau bikin apa buat buka And here it is, kolak biji salak atau kalo di surabaya aku taunya jenang grendul

Bubur Ayam Ricecooker

Bubur Ayam Ricecooker

Gegara suami lagi sakit maunya makan bubur ayam mulu, dan semalem kesel bgt beli buryam daerah MGT, buburnya man 2 centong nasi yg lbh bikin kesel ngambil ayamnya itu lhoo pk 2 jari kebayang kan ayamnya man 5 suwir trs kata suami rasanya gg jelas . Mahal+dikit+gg enak apes bgt kan. . Nemu resep kuah dr mb andin pas dilidah, tp buburnya masak pk ricecooker. . Yug ah kita eksekusi

5 porsi
60 menit
Bubur Ayam Praktis

Bubur Ayam Praktis

ini awalnya PakSu yg ribut mulu suruh bikin bubur ayam,padahal gak bisa sama sekali bikin beginian,apalagi ngebayangin kayaknya banyak pri tilan yg harus disiapkan,dengan paksaan PakSu,akhirnya coba beberapa resep,dan setelah berkali2 nyoba,akhirnya ini yg dirasa pas dilidah kita.Untuk takaran asin,manis kembali ke selera masing2 lagi ya moms 😊

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Kata Bapak Suami, dia baru tau kalo bubur biji salak itu bukan dari biji salak beneran. Astaghfirullah. Siapa orang yang iseng ngumpulin biji buah salak coba? :"

2 porsi
30 menit