Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi/Bubur Ayam Hainan yang Lezat

Dipos pada February 14, 2019

Nasi/Bubur Ayam Hainan

Bagaimana membuat Nasi/Bubur Ayam Hainan yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Nasi/Bubur Ayam Hainan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Nasi/Bubur Ayam Hainan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Nasi/Bubur Ayam Hainan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Nasi/Bubur Ayam Hainan yaitu 4-5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi/Bubur Ayam Hainan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi/Bubur Ayam Hainan memakai 29 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya dari minggu kemarin sdh pengen banget makan nasi hainan. Tapi beli nasi hainan di resto porsinya kecil dan harganya biasanya mahal. Akhirnya disempetin bikin sendiri. Lebih ekonomis dan bisa puas makannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi/Bubur Ayam Hainan:

  1. 1/2 potong ayam
  2. 5 cm jahe potong-potong tipis
  3. 1 batang daun bawang besar, potong2 sktr 3 cm
  4. secukupnya Garam
  5. 2 sdm minyak wijen
  6. 2 sdm kecap asin
  7. 1/4 potong bawang bombay, iris tipis2
  8. Bahan saos olesan
  9. 3 siung bawang putih, cincang halus
  10. 2 sdm minyak wijen
  11. 2 sdm kecap asin
  12. 1 sdt gula pasir
  13. 1 sdm saus sukiyaki/kecap inggris (opsional)
  14. Bahan nasi/bubur
  15. secukupnya Beras, cuci bersih
  16. secukupnya air/Kaldu rebusan ayam
  17. 1/4 potong bawang bombay, iris tipis2
  18. 2 cm jahe, geprek/potong2
  19. 2 lembar daun pandan, ikat
  20. Bahan sambal
  21. 2 buah cabe merah besar, potong2
  22. 10 buah cabe rawit merah
  23. 3 siung bawang putih
  24. 1/2 sdm gula pasir
  25. Secukupnya garam
  26. 2 sdm cuka apel/air lemon/air jeruk nipis
  27. secukupnya Air
  28. secukupnya Air es/air dingin
  29. secukupnya Minyak goreng/margarin

Langkah-langkah untuk membuat Nasi/Bubur Ayam Hainan

1
Scrub permukaan ayam dengan garam, sambil diremas2 dan membersihkan bulu2 halus yg msh menempel, lalu bilas agar ayam bersih dan mengkilap.
2
Marinasi ayam dengan kecap asin dan minyak wijen. Tips: bila ayam utuh 1 ekor jangan dipotong2 agar bumbu2 bisa langsung dimasukkan ke dalam badan ayam.
3
Siapkan air untuk merebus ayam. Saya menggunakan rice cooker. Lebih baik air agak banyak agar bisa digunakan untuk menanak nasi dan membuat sup. Masukkan bawang bombay, jahe, daun bawang, dan ayam dalam rice cooker, rebus kurang lebih 40 menit.
4
Setelah 40 menit, matikan rice cooker. Siapkan air es dalam baskom/panci. Angkat ayam dari rice cooker dan masukkan ke air es. Ini untuk menjaga agar ayam tidak overcook dan kulitnya tetap kenyal.
5
Tiriskan ayam dari air es. Olesi permukaannya dengan minyak wijen agar mengkilap. Pisahkan dari tulangnya dan potong kecil-kecil.
6
Untuk membuat nasi/bubur, panaskan 2 sdm minyak goreng. Tumis bawang bombay dan jahe hingga layu. Masukkan daun pandan, tumis hingga aromanya keluar. Masukkan beras, aduk sebentar lalu tambahkan air/kaldu secukupnya. Bila ingin membuat nasi, takaran air/kaldu seperti menanak nasi biasa. Bila membuat bubur, air/kaldu 4-6 kali dari beras. Masukkan dalam rice cooker.
7
Untuk membuat saos olesan, panaskan 1 sdm minyak. Tumis bawang putih hingga kecoklatan. Dalam wadah lain, campurkan minyak wijen, kecap asin, saus sukiyaki/kecap inggris, lalu tambahkan bawang goreng + minyaknya jika suka.
Nasi/Bubur Ayam Hainan - Step 7
8
Untuk membuat sambal, blender/haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang putih, gula, garam, cuka apel/air lemon/air jeruk nipis. Incip dan koreksi rasa bila perlu.
9
Tips penyajian: siapkan seporsi nasi atau bubur. Tambahkan potongan ayam, tuangkan sedikit saos bawang goreng di atas ayam. Tambahkan sambal sesuai selera. Sajikan kuah kaldu di mangkuk terpisah, beri taburan daun bawang, tambahkan merica dan kecap asin sesuai selera.
Nasi/Bubur Ayam Hainan - Step 9
Nasi/Bubur Ayam Hainan - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo Simple

Bubur Kacang Ijo Simple

Sehat, bergizi, praktis, dan mudah. Cocok banget untuk menu sarapan atau cemilan di sore hari, ditambah dengan celupan roti tawar. Nyamnyamnyam😋 Ini kita ga pakai daun pandan 😀 tapi seharusnya menggunakan daun pandan, biar lebih wangi lagi. Untuk ukuran air nya,menggunakan 2/3 dari panci yang aku gunakan. #JemputRejeki #Sarapanku #cookpadcommunity_Tangerang #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bubur kacang ijo enak empuk, irit gas

Bubur kacang ijo enak empuk, irit gas

#tantanganakhirtahun dari Cookpad ini membuat saya sering berselancar melihat resep teman2 yang lain Nah ini ketemu inspirasi resep dan tips unik lagi, datangnya dari neng Wilda Wily Yang paling tricky dari merebus kacang ijo adalah karena lama empuknya Tips 5-30-7 : patut dicoba, 5 menit merebusnya di awal, 30 menit didiamkan sesudahnya, setelahnya rebus selama 7 menit. Burjonpun empuk tapi masih cakep berbutir2 kacang ijonya Saya padukan dg fibercreme dan gula merah serta bahan lainnya Yuk recook #buburkacangijo #buburlingga #resepsehatlingga #masakditahunbaru #CookpadCommunityBanjarmasin

4 porsi
50 menit
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Ada sisa kacang ijo.syg drpd d anggurin nanti dia ngambek..😄😄oh iya aku mnggunakan metode 5.30.7 biar cpt empuk tp hemat gas😘#5resepterbaruku

Bubur Ayam Bumbu Kuning

Bubur Ayam Bumbu Kuning

pas liat rice cooker, nasinya tinggal sedikit, klo dibuat nasi goreng buat sarapan pasti ga cukup, jadi deh ide buat bubur ayam ini, pas banget punya ayam di kulkas yang blm diungkep.. dann lagi2 inces makan banyak.. mamak senang..

Bubur Alpukat Jeruk

Bubur Alpukat Jeruk

Biasanya bayi lebih suka dg rasa yg ada manis2nya. Krn blm boleh diberi gula, jdlah sari manisnya jeruk jadi penggantinya..

6 bln +
Bubur Telur Orak Arik (MpASI)

Bubur Telur Orak Arik (MpASI)

Hari Minggu saya bikin menu yang simpel buat sarapan si kecil nih, Moms.. buat bekal jalan-jalan ke car free day. Telurnya saya pakai telur ayam biasa. Kenapa kuningnya saja padahal putih telur yang tinggi protein. Ya, karena Azril ada riwayat alergi telur dari yang saya konsumsi. Dengan kata lain, ketika saya makan telur, Azril alergi setelah minum ASI. Putih telur tinggi protein, risiko tinggi pemicu alergi. Mungkin saya baru akan kasih putih telur setelah 8m+, itu juga dalam jumlah yang sedikit dulu Moms.

Bubur ayam magic com

Bubur ayam magic com

Temukan kejanggalan pada gambar diatas! 😂 Lg atid tenggorokan mau flu kayaknya Bikin bubur kayaknya enak ya bu ibuu. ..

MPASI - bubur tim sehat (5)

MPASI - bubur tim sehat (5)

sumber proteinnya dari kuning telur ayam kampung moms, alhamdulillah baby ku doyan sampai nambah😊

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Pengen variasi dg ubi, biasanya sy membuat kolak tpi di modif menjadi bubur.

8 porsi
1 jam
Bubur ayam + jahe

Bubur ayam + jahe

Enak banget kalo dimakan pas lagi dingin, hujan dan kurang enak badan hehhehe

5 Porsi
Bubur oat susu kedelai

Bubur oat susu kedelai

Saya biasa sarapan dengan bubur, ini disebabkan oleh penyakit maag saya. jadi saya harus bisa membuat bubur yang enak dan tidak membosankan . biar maag ngak kambuh.. biasanya saya buat untuk 2 porsi , 1 porsi sarapan dirumah 1 porsi bawa kekantor , makan disela jam makan siang#5 resep baruku...😊

2porsi
20 menit
Cemilan: Bubur Kanji Telo

Cemilan: Bubur Kanji Telo

Cemilan simple enak. Kaget pas tepung kanjinya dituang tiba2 bergerindil karena nihilnya ilmu bahwa nyemplungin kanji harus dilarutin air dulu😭

Bubur Ayam

Bubur Ayam

Hari ini masak bubur ayam, enaak bgt 👍😍 langsung ke resep ya:

Bubur pati telo

Bubur pati telo

Ceritanya kemarin di beli in sama mz bojo telo lumayan banyak lah... Di goreng udah di rebus udah tapi masih banyak aja ni telo akhirnya q buat bubur pati telonya... Pas banget sama cuaca yang grimis terus gini nih.....

Bubur pulut hitam

Bubur pulut hitam

Bubur hitam yg ini rasanya manis, lembut dan aroma santanya yg menggoda.