Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam warisan mama yang Enak Banget

Dipos pada February 15, 2022

Opor Ayam warisan mama

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam warisan mama yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor Ayam warisan mama yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam warisan mama, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam warisan mama ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam warisan mama sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam warisan mama memakai 15 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lebaran kemarin nyoba bikin opor, ngintip resep di CP...eh pas mama nyobain komentarnya "kurang sedep" πŸ™ˆ gak lolos stempel lidah mama πŸ™ŠπŸ˜‚ngerasa bersalah karena gak bs masak opor kayak opor mama. Nah kebetulan hari ini ada stok ayam kampung sekitar 2kg lebih, maka dg segala kebulatan tekad, mengingat request suami mau buka puasa makan opor ayam ala mama, saya pun bergegas ke rumah mama yg jaraknya cm 1 blok dari rumah, buat di trainning kelas masak opor πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dan inilah hasilnya. Semoga berkenan ya bunda... Happy baking 😊 Jangan lupa mencuci tangan sebelum mulai masak dan pastikan alat dan bahan yg akan kita pakai dalam keadaan bersih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam warisan mama:

  1. 2 kg ayam kampung yg sdh dipotong2
  2. 250 ml santan instan
  3. 2 ruas besar Jahe, kupas
  4. 2 ruas besar Lengkuas, kupas
  5. 1 ruas sedang Kunyit, kupas
  6. 7 butir Bawang Merah, kupas
  7. 7 butir Kemiri
  8. 2 bungkus Lada Halus (Ladaku)
  9. 1 bungkus Ketumbar Halus (Desaku)
  10. 1/2 sdt Biji Pala Halus
  11. 1 sdt Garam
  12. 1/2 sdt Vetsin
  13. 6 batang Sereh geprek
  14. 7 lembar Daun Salam
  15. 2 liter air

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam warisan mama

1
Siapkan semua bahan, cuci bersih
Opor Ayam warisan mama - Step 1
2
Potong-potong kasar : jahe, lengkuas, kemiri, kunyit dan bawang merah. Sisakan 3 butir bawang merah utuh ya bun...pisahkan bersama sereh dan daun salam.
Opor Ayam warisan mama - Step 2
3
Masukan ke dalam toples blender semua bahan yg td sdh di potong2 kasar, tambahkan garam. Lalu blender hingga halus.
Opor Ayam warisan mama - Step 3
4
Setelah halus, masukan bumbu halus/bubuk seperti : lada, ketumbar dan biji pala bubuk. Aduk rata saja dgn sendok.
Opor Ayam warisan mama - Step 4
5
Iris tipis bulat bawang merah yg 3 butir tadi, geprek serehnya.
Opor Ayam warisan mama - Step 5
6
Panaskan wajan, tumis bawang merah dan sereh serta daun salam hingga layu dan harum
Opor Ayam warisan mama - Step 6
7
Masukan bumbu halus, aduk sesekali dan biarkan hingga matang. Ciri bumbu sdh matang adalah ketika gumpalan bumbu sudah turun dan minyaknya keluar ya bun...
Opor Ayam warisan mama - Step 7
8
Nah setelah bumbu matang, masukan air. Aku sih td pakai gelas blender sisa bumbu halus dulu bun...sedikit biar sisa bumbunya kebawa semua πŸ™Šmubazir klo gak gitu...gak tega rasanya πŸ˜‚ (padahal mah emang medit) setelah itu baru tuangi air yang banyak, semua aja dituang yg 2 liter itu.
Opor Ayam warisan mama - Step 8
9
Tambahkan vetsin bun. Setelah itu diaduk sedikit.
Opor Ayam warisan mama - Step 9
10
Tutup wajan dan biarkan mendidih ya bun.
Opor Ayam warisan mama - Step 10
11
Setelah mendidih, baru kita masukan ayamnya.
Opor Ayam warisan mama - Step 11
12
Aduk rata kemudian tutup kembali, biarkan hingga ayam empuk. Ditengah perjalanan menuju empuk, boleh ditambahkan segelas santan encer ya bun..., aku pakai gelas belimbing, 1/4 gelas santan instan campur air trus tuang deh aduk sebentar biarkan terus mendidih smp ayam empuk. Ttp di tutup ya merebusnya. Klo kuahnya sdh menyusut dan masih ingin ttp berkuah boleh ditambahkan air sesuai selera bun. Klo kami sih, krn makannya gak pake lontong atau nasi jd kuahnya gak terlalu banyak.
Opor Ayam warisan mama - Step 12
13
Nah, klo sudah empuk artinya sudah matang bun...terakhir tuang semua santan, aduk biarkan mendidih. Setelah mendidih matikan kompor...angkat, tuang dipiring saji siap untuk disantap πŸ˜‰ selamat mencoba...semoga berkenan 😊
Opor Ayam warisan mama - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Tim, Opor Ayam, Sayur (Mpasi 8+)

Nasi Tim, Opor Ayam, Sayur (Mpasi 8+)

Reaksi Adri sukak... 😘😘😘

Opor ayam putih dengan ketupat

Opor ayam putih dengan ketupat

Jadi dari lebaran kemarin, emang lg pengen banget makan opor ayam pakai ketupat.. dan akhirnya baru sekarang tersampaikan.. resepnya gampang dan enak banget. Mari di coba ya teman2 cookpad.. Jamin nagih.. Porsi bs di sesuaikan ya..

Opor Ayam kuning

Opor Ayam kuning

Waktu serba mepet, cuma punya waktu 1 jam buat masak, bebenah dll, maklum harus nguli juga plus ngurus anakπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Ditambahin wortel sm kentang supaya krucil tetep makan sayurπŸ˜‚ Jd masak yg gampang aja deh hihi..

Opor ayam

Opor ayam

Tiap tahun pastinya makanan wajib buat nyambut lebaran ya pasti ini πŸ˜‰

Banyak
Opor daging tanpa SANTAN, tanpa msg

Opor daging tanpa SANTAN, tanpa msg

jadi aku lagi bikin opor daging telor tahu nih tanpa menggunakan santan , karna santan itu salah satu bahan makanan yg jahat untuk kesehatan kita 😊

40menit
Opor Ayam Instan

Opor Ayam Instan

Ini simpel banget, tapi enak πŸ˜‹

Opor telur pedas

Opor telur pedas

Menu baru buat suami dan rasanya enaaaqqq😍

2 porsi
Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Mau bikin ayam bumbu balado eee cabe merahnya kurang jadi di ganti masak opor dah

Opor ayam

Opor ayam

Bismillah Assalamualaikum buibuuu Selamat pagi menjelang siang semua nya, buibuu sudah masak buat makan siang belum ? Beberapa hari kemarin agak rempong badan juga remuk redam jadi baru hari ini on set lagi😁😁 ,ya udah kita ke resep aja lah buibuu tentu nya ini sesuai cara dan selera saya ya buibuu Jangan lupa nanti makan siang ya buibuu biar tetep kokoh ky semen tigarodaπŸ’ƒπŸ’ƒ Selamat makan siang semua nyaaa 🍽🍽

Opor Ayam

Opor Ayam

Lanjutan dari sambal goreng kentang yang sebelumnya diposting. Paling enak nyantap sambal goreng kentang dengan opor ayam ya! HmmmmπŸ€— saya pake ayam potong, tentunya kalo pake ayam kampung lebih enaaak! Resep masih turun temurun dari keluarga mama, nyontek via tante. Tapi takarannya tetep dikira-kira sendiri. Enakkk! Masaknya gampang dan cepet pula.

4 porsi
60 menit
Opor Ayam Enak

Opor Ayam Enak

Karena ada yang pengen dimasakin daging ayam, akhirnya terpikir untuk masak opor deh.... :) mumpung masih suasana lebaran ketupat :)

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam bumbu asli πŸ₯˜

5 porsi
Opor ayam putih

Opor ayam putih

Ini disebut opor ayam tapi seperti soto soalnya pake daun bawang aturan sih seledri tp enak juga, ngidam masakan mamah jd bumil bikin sendiri dengan bahan seadanya, selamat mencoba

Opor ayam (non MSG)

Opor ayam (non MSG)

Buat opor bisa kapan aja... Resep dr ibu, Inget waktu kecil buat opor yg habis pertama kali itu ayamnya, terus dipanasin bisa di tambah telur, kentang, tahu sampe tempe pun jadi, soalnya kuah opor itu enak.

14 porsi
65 menit
Opor Telur Tahu

Opor Telur Tahu

7 porsi
15 menit
Gule opor (cocok untuk kuah lontong juga)

Gule opor (cocok untuk kuah lontong juga)

Kali ini masak ny hanya untuk anak aja, jdi bahanny cuma sendikit dan simple.., ortunya makan menu lain πŸ˜‚