Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Tuna Asam Manis yang Lezat Sekali

Dipos pada October 10, 2021

Tuna Asam Manis

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Tuna Asam Manis yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Tuna Asam Manis yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Tuna Asam Manis, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Tuna Asam Manis sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Tuna Asam Manis sekitar 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Tuna Asam Manis diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tuna Asam Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tuna Asam Manis memakai 9 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menu makan sahur beberapa hari yang lalu, dikasih ikan tuna sekantong plastik ma bibi istrinya mamang sayah pas saya timbang ada 200 gr. Jujur saya belum pernah masak ikan tuna potongan soale bapake + anak2 ga doyan,tapi alhamdulilah setelah cari2 resep dicookpad ketemulah dengan resepnya Dwinita Lestari. Ini resepnya ya tapi maaf warna masakan saya tidak secantik resep asli soale lupa masukin margarin pas tahap terakhir proses memasak,tapi soal rasa mantablah tuk teman makan sahur.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tuna Asam Manis:

  1. 250 gr Daging Ikan Tuna tanpa kulit (Arni,200 gr)
  2. 1 sachet Tepung Serbaguna
  3. Bumbu Iris :
  4. 2 buah Bawang Putih
  5. 1 buah Bawang Bombay
  6. Secukupnya Saus Tomat
  7. Perasan Air Lemon/Cuka
  8. secukupnya Garam
  9. Secukupnya Gula Pasir

Langkah-langkah untuk membuat Tuna Asam Manis

1
Pisahkan tuna dari kulitnya,lalu potong kecil2. Setelah dipotong kecil2 masukan tuna pada tepung serbaguna tekan2 agar tepung melekat sempurna.
Tuna Asam Manis - Step 1
2
Panaskan minyak lalu goreng daging tuna sampai kecokelatan,lalu biarkan sampai tidak terlalu panas.
Tuna Asam Manis - Step 2
3
Iris bawang putih dan bawang bombai,kemudian tumis sampai harum.
Tuna Asam Manis - Step 3
4
Jika sudah harum beri air sedikit,lalu masukan saus tomat,garam,gula dan air jeruk lemon/cuka secukupnya.
Tuna Asam Manis - Step 4
5
Jika saus sudah mendidih rasakan,jika ingin agak kental ditambahkan tepung maizena/sagu jangan lupa dicairkan terlebih dahulu,kalau saya lebih suka cair. Jika dirasa sudah pas,masukan potongan ikan yang sudah digoreng. Aduk rata,selesai.
Tuna Asam Manis - Step 5
6
Hmmmm..... Nikmat disajikan hangat2 😍😍
Tuna Asam Manis - Step 6
7
Tips : Untuk membuat kesan mengkilap pada sausnya,gunakan sedikit margarin pada sausnya. Tidak perlu banyak2,masukan margarin sebelum memasukan ikan kedalam saus.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi uduk simpel magic com

Nasi uduk simpel magic com

2 tahun yang lalu, saya dan adik ditinggal ortu kami ke halaman kampung simbah di pontianak.. Bertepatan dengan bulan Ramadhan, maka saya berniat memasak yang simpel2 aja tapi kenyang dan bisa buat sahur nantinya karna hanya berdua dirumah.. Maka jadilah saya membuat nasi uduk simpel ini ala anak anak kos πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

3-4 porsi
20 menit
Ayam woku ala arien's kitchen

Ayam woku ala arien's kitchen

Menu ini pas bgt buat dimakan saat sahur atau berbuka puasa. Rasanya yg pedas, sedikit asam segar bikin nafsu makan bertambah. Yuk, cobain.

5 porsi
30 menit
Bistik Ayam Kampung

Bistik Ayam Kampung

#Harike1Ramadhan2019 Source : Tyara Kesuma dg modifikasi Hari pertama menuju ramadhan, buat ayam kampung bistik kesukaan suami utk sahur. Kata suami mantullll πŸ˜πŸ™πŸ˜, resep terinspirasi dari resep @tyara kesuma dengan modifikasi. #SiapRamadan #AhlinyaAyam #PekanInspirasi

Oseng tahu saus tiram

Oseng tahu saus tiram

Menu simple untuk yang kaya aku ga mau ribet punya waktu mepet mepet bisa buat menu sahur set set set jadi #SiapRamadhan #AntiRibet

Puasa+juice fasting day 1

Puasa+juice fasting day 1

Juice fasting adalah mengkonsumsi jus sayur dan buah dengan cara di juice full dalam 1 hari. Guna jus fasting =men detok racun dalam tubuh yg menumpuk lama Karena puasa .maka konsumsi jus sayur buahnya pada saat berbuka dan waktu setelah berbuka . Saat lapar boleh jus lagi .lapar jus lagi. Untuk sahur saya cukup air nabes +kurma (bisa di blender dengan air nabes ) atau kalau waktu nya mepet kunyah saja kurmanya Proses jus memakai juicer .krn saya membutuhkan sarinya saja .saya tidak bisa ampasnya 😊.kondisikan tubuh masing2

Ayam Asam Manis Pedas

Ayam Asam Manis Pedas

Ceritanya telat bangun sahur (sering banget). Bingung, bengong mau bikin apa, yg mudah, cepat, tapi tetep enak. Tengok isi kulkas.Dan bimsalabim, teng tong teng tong jadi deh Ayam Asam Manis Pedas.

4 porsi
Bakso + Sosis Saus Tiram #BikinRamadanBerkesan

Bakso + Sosis Saus Tiram #BikinRamadanBerkesan

day 20 Lagi ngabsenin isi kulkas nih. Bakso, ada. Sosis, ada. Bawang bombay, ada. Lanjut ngabsenin bahan lainnya ke dapur. Aneka bawang, ada. Cabe, waduh ada 4 buah itupun sudah agak kering, tapi okelah dianggap ada. Saus tiram, ada. Kecap, ada. Saus cabe, ada. Minyak, ada. Dan...... siap diolah jadi lauk buat buka puasa. Bikinnyapun praktis. Cocok juga buat hidangan sahur.

Cap Cay Ayam Sayur

Cap Cay Ayam Sayur

salah satu masakan favorit keluargaku .. cepat membuanya , menyehatkan dan warnanya cantik karena berwarna warni .. untuk mendapatkan warna cantik , tipsnya adalah tidak memasak terlalu matang , cukup sdh empuk saja .. ini pilihan masakan yg selalu aku pilih saat sahur di bulan Ramadhan 😊😊 semoga menjadi inspirasi untuk moms semua menjelang Ramadhan ini .. selamat mencoba #homemadelovers #cookpad #cookpadcommunity_jakarta #masakanibu #berburucelemekemas #resolusi2019 #kreasiibumenik2019 #dibuatdengancinta #homecook

5-7 orang
Sambel tumis bombay daun bawang

Sambel tumis bombay daun bawang

Tersisa di kulkas bombay dan daun bawang. Kepikiran pgn bikin sambel goreng biar tahan smpe sahur. Dan dicoba deh masukin apa yg ada di kulkas, jadilah sambel keluaran terbaru mamah haidarsyifa. Rasanya bikin nagih, gurih pedas.

3-4 porsi
5-10 menit
Orak arik telor campuran

Orak arik telor campuran

Kalau bosan makan nasi waktu sahur bisa makan ini sebagai penggantinya

Marie sprinkles

Marie sprinkles

Ini kue kenangan masa SD dulu... Kelihatannya bikin kue tapi seperti mainanπŸ˜‚ Ceritanya dapat resep ini dari majalah bobo, kalau tidak salah namanya bola-bola kesepian. Ada juga yang memberi nama bola-bola coklat dll... Karena memang aslinya dibentuk bulat-bulat... Marie sprinkles saya buat adonan menjadi kotak-kotak ya... Biskuit marie sering dijumpai di warung-warung, jadi mudah dijangkau. Ada banyak macam biskuit marie yang dijual. Tapi saya lebih memilih "marie regal", karena menurut saya enak dan lezat dari pada biskuit marie lainnya😁 Dan resep ini kue paling mudah dibuat karena tanpa perlu dioven, dikukus, digorengπŸ˜‡ Hanya dimasukkan frezer saja.. Ntar bisa buat camilan tiap sahur dan buka loh... #SiapRamadan #MomenManis #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Dendeng Lado Mudo

Dendeng Lado Mudo

Ini request suami buat sahur malam ini pengen dendeng balado. Liat dikulkas stok cabe merah minim, yg byk cabe ijo. Jadinya bikin dendeng lado mudo alias dendeng cabe ijo. Untuk bahan dan cara sm dengan resep dendeng balado sebelumnya ya moms tapi ini tanpa kentang😊 dan aku ga pake lengkuas karena stok nya habis 😁. Tapi rasanya tetap enak kok πŸ‘Œ #resolusi2019 #berburucelemekemas #siapramadan #cookpadcommunity_purwakarta

Toge Tumis Oncom #bikinramadhanberkesan

Toge Tumis Oncom #bikinramadhanberkesan

Ngidam oncom tapi pengennya di mix dg sayuran lain hehe akhirnya bikin yg mudah aja tinggal iris oseng2 jadi tp rasanya yahudd.. Cocok bgt buat menu sahur krn gak makan banyak waktu.. aku bikin agak kering nih bun, tp sesuai selera ya mau nyemek2 jg endess..

10 menit
Sup ayam kampung

Sup ayam kampung

Kangen dengan Sup Ayam Kampung Pak Min Klaten jadilah masak KW nya tapi rasanya tidak kalah segar hangat untuk menu makan sahur panas panas #bikinramadanberkesan . Sebetulnya pengin buka outlet di Bandung kebetulan teman kuliah setelah Purna tugas buka sampai 4 tempat di Purwokerto 2 dan di Semarang 2 sangat ramai pengunjungnya namun di Bandung sudah survey kurang cocok 😨 paling kalau pulkam baru berburu kuliner yang satu ini . πŸ™ Gede Prabowo suksek terus kedepan πŸ‘πŸ‘Pengin temu ternyata dia mudik juga ke Semarang & Magelang 😎 Alhamdulilah pulang mudik menikmati arus balik dengan system cotraflow sampai bandung jam 23.00 tepat bisa istirahat pagi posting Resep : 38 pascaramadanπŸ˜€ ( 20 juni 2018 )

4 porsi
90 menit
Kentang musthofa

Kentang musthofa

D kala tak ad lauk tuk makan, ni bs jdi inspirasi bwt para bunda, enk jg bwt cemilan saat nton TV, aplgi sbntar lg mw puasa, cocok deh bwt tmn menu makan d kala sahur kesiangan y bun 😁krn kentang musthofa ni bs tahan smpe 1 minggu loh bun & rasanya pn msh ttp kriuk πŸ˜‰asalkn d ttup rapat y bun

Mun Tahu

Mun Tahu

Bismillah... Dapat resep di cookpad mbak @Giacinta Permana di sesuaikan dg bahan yg ada Menu makan siang Khadijah.... Alhamdulillah suka dia mn bikinnya gampang enak dan nggak pake lama... Pake sahur enak juga niiih....😍😘 #berburucelemekemas #resolusi2019 #minggukeenambelas #cookpadersjawabali #cookpadcommunity #MurahMeriah #serbatahu #Siapramadan #cookpadindonnsia #masakitusaya #Bagikaninspirasimu

Ayam Kecap Simple

Ayam Kecap Simple

Sebentar lagi ramadan menu ini simple dan cocok untuk hidangan buka puasa dan sahur 😊 #SiapRamadan

Ayam mentega ala mommy ubay

Ayam mentega ala mommy ubay

Makanan yg super gampang buatnya & tdk mudah basi bsa dipke buat sahur juga,,,

Ayam Suwir Pedas Khas Bali

Ayam Suwir Pedas Khas Bali

Ayam suwir pedas khas bali ini favorit keluarga saya bunda. Simple dan bahannya mudah didapat. Sangat cocok jika dimakan dengan nasi hangat. Untuk buka dan sahur kala ramadan juga oke #Pekan_BALI #Pekan_BALI #Pekan_BALI #ayamsuwir #olahanayam

5 Porsi
Ayam goreng mentega ala fe’ #pekaninspirasi

Ayam goreng mentega ala fe’ #pekaninspirasi

Masaknya malam jadi fotonya rada eksotik tapi rasanya enak banget cocok buat sahur/buka. Masaknya juga simpel ga susah. Fe pake ayam fillet yang praktis sekalian buat bekal anak2. Kalo pake tulang suka pada males makannya πŸ˜… Bisa dimasak banyakan lalu disimpan di freezer dibagi beberapa box. Tinggal ambil 1 dipanaskan sebentar dengan cara dikukus sesudah ayam mencair di suhu ruang. Jadi hemat waktu masak. Source : mba Susan Mellyani #bikinramadanberkesan #fe

4 porsi
30 menit