Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Candil (Biji Salak) yang Anti Gagal

Dipos pada October 17, 2018

Bubur Candil (Biji Salak)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Candil (Biji Salak) yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bubur Candil (Biji Salak) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bubur Candil (Biji Salak), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Candil (Biji Salak) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil (Biji Salak) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil (Biji Salak) memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kali makan bubur candil ini waktu buka puasa di rumah tante. Langsung jatuh cinta sama rasa dan tekstur kenyalnyaaa. Apalagi kalo ditambah belewah dan kolang kaling jadi paket lengkap bangettt. Maaf yaa kuah bubur candilnya gak coklat, soalnya saya pakai gula aren yang bener2 cuma rasa manisnya aja yang bisa di andalin πŸ˜‚ alias gulanya gak ngebuat kuah jadi kecoklatan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil (Biji Salak):

  1. Bahan A :
  2. 5 buah Tape Ubi
  3. 5 sdm Tepung Kanji (sagu)
  4. 5 sdm Gula Pasir
  5. Bahan B :
  6. secukupnya Air Gula Aren
  7. Air Gula Pasir (Dari 4 sdm Gula + Air satu gelas)
  8. secukupnya Santan
  9. Kolang Kaling
  10. Belewah

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil (Biji Salak)

1
Haluskan tape ubi menggunakan garpu atau sendok juga bisa. Lalu tambahkan gula pasir dan aduk rata hingga rata.
2
Masukkan tepung kanji (sagu) perlahan - lahan ke dalam adonan tape tadi sambil di aduk hingga rata.
3
Bentuk adonan menjadi bulat atau berbentuk seperti biji salak (jangan lupa lapisi tangan anda dengan sagu terlebih dahulu).
4
Lalu panaskan panci yang berisi air + sedikit garam. Tunggu hingga agak umup lalu masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi.
Bubur Candil (Biji Salak) - Step 4
5
Tunggu hingga candil nya mengapung, lalu angkat dan tiriskan.
Bubur Candil (Biji Salak) - Step 5
6
Saatnya finishing, Letakkan kolang kaling, belewah, dan biji salak ke dalam mangkuk lalu sirami dengan air gula aren, air gula merah dan santan.
Bubur Candil (Biji Salak) - Step 6
7
Selesai dehh, siap dihidangkan 🍧🍯

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur candil

Bubur candil

Punya saus santan susu sisa buat singkong Thailand kemarin masih 1 gelas dari pada mubazir carilah saya resep yang sekiranya bisa dibuat tuk campuran si santan susu ini carilah resep dicookpad kecantol lah saya sama resep mba Agnes Primadhani yg porsi kecil ya wis tadi pagi buta saya eksekusi kata pak suami enak bu, cuma saya warna gula merah yang saya pakai tidak secantik punya mba Agnes kurang merah dikit dan saya menambahkan 1 lembar daun pandan , 😊😊. Ni saya catat resepnya ya.

4 porsi
30 menit
Bubur ayam

Bubur ayam

4 porsi
Bubur ayam oat

Bubur ayam oat

klo bosen makan oat dalam bentuk manis,, boleh coba makan ini di jamin gk kalah sama bubur ayam si abang πŸ˜…

2 porsi
30 mnt
Jenang Grendul a.k.a bubur candil

Jenang Grendul a.k.a bubur candil

Pagi-pagi uda hujan deras aja, paling enak makan bubur anget ni tapi mau beli keluar males karena takut ujannya keroyokan.haha mumpung ada bahan bikin sendiri aja lagian mudah bikinnya, itung2 jg pengiritan, alhamdulillah semua suka termasuk pak suami... Langsung aja yuuuk cekidoooot,

18 porsi
20 menit
Bubur ayam bandung ricecooker

Bubur ayam bandung ricecooker

Kangen bubur ayam dibandung akhirnya nemu resep ibu suci nabilla. Alhamdulillah suami dan anak suka.

5porsi
Bubur Ayam kuah kuning

Bubur Ayam kuah kuning

Lagi panas dalam enaknya makan buburπŸ˜‹bikin sendiri lbh higienis pastinya

Bubur Candil

Bubur Candil

3 porsi
60 menit
Bubur Ayam Praktis

Bubur Ayam Praktis

Memanfaatkan nasi sisa ceritanya. Pengen sarapan yang gak banyak gorengannya

4 porsi
1 jam
Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung

Masih #dirumahAja kali ini saya tiba2 pengen bikin bubur ayam, kebetulan ada sisa ayam di kulkas. Jujur saya bukan penyuka bubur nasi, geli aja klo makan bubur nasiπŸ˜… tapiiii setelah makan bikinan sendiri jadi sukaπŸ˜„ suami juga bilang enak buburnya, ahhh senangnyaaa😍😘 Step2 tdk sempat terfoto krn lg ribet bgtπŸ˜‘ Resep by : Suci Nabbila

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

#PejuangGoldenApron2

Bubur grendul

Bubur grendul

Hujan2 malad keluar husby minta cemilan dan taraaa jadilah jenang grendul kesukaan suami :*

10 porsi
30 menit
Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

Ampun... pengalaman yang menghebohkan di dapur. Cengar - cengir dewe antara pengen nyerah dan bangga. Bangga.. Pertama bikin kuah bubur sok banget. Deuh... ini mah sambil merem juga bisa. Gampang banget. Bisa - bisa tiap hari bikin bubur ayam nih. Hehe Nah.. Pas bikin bubur rasanya berasa ada gempa, berantakan pisan. Gonta ganti panci. Pertama pakai panci teflon bekas magic com, muat. Karena airnya dimasukin separo doang. Udah mendidih airnya meluap hampir tumpah. Reflek, matikan kompor. Ganti pakai panci ukuran sedang, air dimasukan semua. Aman.. Hampir nyerah mak... Kapan jadinya nih bubur? Udah pegel tangan ngaduk - aduk bubur biar enggak gosong. Memang aku enggak pakai metode - metode - an atau magic.com. Alhamdulillah, setelah hampir 1 jam buburnya matang juga. Berasa nikmat makan bubur ayam buatan sendiri. Enggak kapok kapan - kapan coba lagi. Karena masak itu asik.. #BERASanikmatnya #MasakAsik #GenkGadoGado #Cookpadid #CookpadcommunityKarawang

Jenang grendul

Jenang grendul

Memang klo baca resep itu musti teliti apalagi mata tua kayak saya..πŸ˜‚πŸ˜‚ lupa masukkin garam dan skip air kapur sirih.... Hasilnyaaaaa.........tetap endeees dong! 😍😍

Bubur candil

Bubur candil

Source : Tintin Rayner

Bubur Candil 3 Warna

Bubur Candil 3 Warna

Bumil tuh kalo di rumah sendiri pengen nya ngemil, tp gak ada yang di makan.. Yaudah bikin bubur Candil ajh

Bubur Candil ubi ungu kuah nangka

Bubur Candil ubi ungu kuah nangka

Enak banget Candil ubi ungu ini,pas d nikmati saat cuaca panas.... Harum nangkanya bikin nagihhh....😁😁😁