Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Ayam Kuah Kuning yang Enak

Dipos pada January 27, 2019

Bubur Ayam Kuah Kuning

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Ayam Kuah Kuning yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur Ayam Kuah Kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Ayam Kuah Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur Ayam Kuah Kuning ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Kuah Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Kuah Kuning memakai 29 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenApron2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning:

  1. 250 gram dada ayam
  2. Minyak untuk menggoreng
  3. Bahan bubur
  4. 1 sdt garam
  5. 2 centong nasi
  6. 1 liter air
  7. 2 sdm santan bubuk
  8. 2 lembar daun salam
  9. Bahan kuah kuning
  10. 2 ruas jari kunyit
  11. 2 siuang bawang merah
  12. 2 sing bawang putih
  13. 1/2 sdt jahe
  14. 1/2 buah kemiri
  15. 1/4 sdt merica
  16. 1 sdt garam
  17. Seujung sdt pala bubuk
  18. 1 lembar daun salam
  19. 2 lembar daun jeruk
  20. 2 1/2 batang sereh
  21. 1/2 sdt gula pasir
  22. 500 mL air
  23. 2 sdm santan bubuk
  24. Bahan pelengkap
  25. Kacang tanah goreng
  26. Daun bawang
  27. Kerupuk
  28. Sambal
  29. Telur rebus

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Kuah Kuning

1
Rebus nasi dengan panci anti lengket bersama dengan garam dan daun salam. Gunakan air sekitar 500 mL dulu, jika belum cukup hancur bisa ditambahkan sedikit demi sedikit. Larutkan santan ke dalam kurang lebih 100 mL air, masukkan ke dalam bubur, aduk sampai air surut kembali kemudian angkat.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 1
2
Untuk kuah kuning, ulek bumbu kecuali sereh (gepek sereh), daun salam, daun jeruk dan gula pasir.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 2
3
Tumis bumbu halus, daun salam dan sereh. Setelah harum, masukkan ayam, aduk sebentar kemudian air, daun jeruk (sobek2 dahulu agar wanginya keluar) dan gula pasir. Tutup kemudian masak hingga air bersisa kurang lebih 1/3nya dan ayam sudah matang.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 3
4
Angkat ayam. Larutkan santan dengan kurang lebih 100mL air. Aduk-aduk agar santan tidak pecah, koreksi rasa kemudian angkat.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 4
5
Goreng ayam sampai kecoklatan.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 5
6
Sajikan bubur bersama bahan pelengkap lainnya.
Bubur Ayam Kuah Kuning - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kanji simple ala dapur lisa

Bubur Kanji simple ala dapur lisa

Bubur simple tapi rasa enak manis, legit, lumeerrrr di mulut. Cuss ah di coba... #SiapRamadan #JemputRejeki #AnekaBuburManis

4-5 porsi
15 menit
Bubur daging ayam with vegie

Bubur daging ayam with vegie

#mpasi6month #mpasizaynwafi #mpasi6mo#mpasi6month #mpasizaynwafi #mpasi6mo#mpasi6month #mpasizaynwafi #mpasi6mo

2 porsi
3jam
Bubur daging ayam wortel Mpasi 6month simple enak

Bubur daging ayam wortel Mpasi 6month simple enak

#mpasi6month #mpasi6bulanpertama #mpasibaby #mpasihomemade

2 porsi 2xmakan
6. Bubur Ketan Kacang Ijo

6. Bubur Ketan Kacang Ijo

anak-anak doyan makan bubur ketan kacang ijo. tapi saya paling males masak yg ribet-ribet. saya pake metode 5.30.7 milik fah umi yasmin. tapi 7 menit terakhir itu saya masak sampai betul2 tanak/matang sempurna kacang ijo dan ketan hitamnya.

Bubur Nasi Gula Merah

Bubur Nasi Gula Merah

Masih punya sisa nasi putih akhirnya dibikin bubur aja. Resep sederhana,simple, dan cepat. Selamat mencoba 😊😊😊

1 orang
MPASI 7m+ 4⭐ Bubur Tim Saring Ikan

MPASI 7m+ 4⭐ Bubur Tim Saring Ikan

Awal-awal mulai kenal MPASI, banyak pelajaran masak memasak dan ilmu tentang dunia per-MPASI-an yang saya dapat entah dari Mbah Google, dari sharing sama tmn, dll. Hehehehe ala-ala intermezo dulu πŸ˜… Cerita utamanya nih, masuk bulan ke-7, Satrio cinta hati bunda sempat GTM parah karena menunya yang mungkin dirasa kurang sreg atau dia bosan sama cita rasa makanannya. Jadilah saya berinisiatif masak menu bubur tim saring ikan dengan Bismillah pake' cara saya & naluri keibuan saya. πŸ˜‡ Alhamdulillah Satrio gak GTM lagi. ☺️πŸ₯° #DiaryMPASISatrio #PawonTayo #BanggaJadiCookpaders #CookpadCommunity_Ambon #Resolusi2019 #OneRecipeOneTree 🌳 #TeamTreesπŸŒ³πŸŒ²πŸŒ΄πŸ’ž

Gyoza dan bubur hongkong

Gyoza dan bubur hongkong

Pulang kerja malam,kehujanan kok pingin yg anget2 gni πŸ€ͺπŸ‘»πŸ‘»

Bubur ketan hitamqu

Bubur ketan hitamqu

Resep ini adalah resep yg saya dapat melalui trial eror ... utk mendapatkan bubur yg pas kentalnya dan g pake gosong serta pegel karena mengaduk..... Dengan ini masak bubur ketan hitam jadi mudah tnp khawatir gosong bau sangit dan pegel ngaduk didepan kompor. Silahkan berkreasi ....#siapramadhan

Bubur tambahan untuk anak yg masih minum susu formula

Bubur tambahan untuk anak yg masih minum susu formula

anakku usianya Β± 21bln,mkan nasinya jarang jadi untuk mengatasinya q buatkan bubur ini,praktis dan mudah anaknya kenyang dan sehat insya Allah.

Bubur Biskuit Susu

Bubur Biskuit Susu

Bismillah Malam...malam..laparrr,akhirny bumil ngemil bubur biskuit deh... Bisa dibuat sarapan anak juga ya... Anak2 saya sangat suka...Kalau g dimarahin sama saya, 2 hari saja ludesss biskuitny..sadapppp,,, #murahmeriah

1 porsi
Bubur kanji rumbi (khas Aceh)

Bubur kanji rumbi (khas Aceh)

Penasaran saya sama rasanya seperti apa.. Klo mie aceh nya saya sudah sering makan dan pernah buat sendiri. Ternyata bubur kanji rumbi ini memiliki aroma yang khas. dan bahan2 yang digunakan sedikit beda dengan bubur ayam pada umumnya. Tapi rasanya nya sedap.. Kata anak saya😊 Resep ini saya ambil dari beberapa sumber diinternet salah satunya resep nya mba Endang indriani / justtryandtaste.com, termasuk abang2 penjual mie aceh di depan rumah sayaπŸ˜… Untuk takaran resep saya sesuaikan dan saya modif sedikit, langsung saya persiapkan bahan yg ada di dapur dan mulai eksekusi #Pekan_Aceh #CookpadCommunity_Batam #3weekschallenge

Mpasi - Bubur Sapi Wortel

Mpasi - Bubur Sapi Wortel

5 Porsi @ 100ml
Rice Cooker Chicken Porridge with πŸ… and πŸ₯•

Rice Cooker Chicken Porridge with πŸ… and πŸ₯•

Request kaka untuk breakfast pagi ini😍

4 porsi
60 menit
Bubur Sulaiman

Bubur Sulaiman

Hallo para moms dan calon moms, yuk kita buat dessert dengan bahan seadanya di dapur. Cocok banget nih disantap saat musim hujan gini.

5 porsi
Menu mpasi hari pertama bubur tim (tanpa slow cooker)

Menu mpasi hari pertama bubur tim (tanpa slow cooker)

DSA aku mnyarankan utk mmberi lbh bnyk protein hewani diawal mpasi. Knp sprti itu? Karena bayi mmbutuhkan bnyk zat besi, sayur dan buah sulit utk dicerna oleh bayi wlaupun mngandung zat besi. Ini menu untuk 3hr berturut2 karena mau lihat juga, alergi anak thdp mkanan yg kita berikan. Maaf, baru pngen nulis stelah makanan habis. Jd tdk prepare foto πŸ™πŸ»

1 porsi
20 menit
Bubur Ayam Pedas

Bubur Ayam Pedas

Pagi pagi trus tambah hujan deras, enaknya itu makan bubur ayam, anget anget d perut bikin nyaman... Hehehe kayak dia bikin nyaman, dianya siapa? Wkwkwk emng ad? Okok yuk langsung cus yuk sis resepnya... #AhlinyaAyam #SiapRamadan