Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kolak merah dengan buah bit yang Lezat Sekali

Dipos pada April 22, 2021

Kolak merah dengan buah bit

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Kolak merah dengan buah bit yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Kolak merah dengan buah bit yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak merah dengan buah bit, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Kolak merah dengan buah bit sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Kolak merah dengan buah bit yaitu 4 -6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak merah dengan buah bit diperkirakan sekitar 1-2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak merah dengan buah bit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak merah dengan buah bit memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini modifikasi lagi... Hahaha... Ceritanya mau buat kolak tidak ada gula jawa. Pikirku klo tidak ada gula jawa, maka nanti kolaknya akan putih (tidak merah gula jawa), seperti sayur. Nah, karena di rumah masih nyimpen buah bit dan ubi ungu.. Udah tuh pakai aja bahan itu. Warnanya jadi merah dan cantik :D Maaf, foto yang ada ini aja. Gegara ingetnya juga pas makan. Hampir mau habis, baru inget. Perlu foto minimal hasilnya untuk bisa di share :D #beranibaking

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak merah dengan buah bit:

  1. 100 gr kacang hijau, rendam, buang yang mengapung dan cuci bersih
  2. 1/2 buah bit, dikukus masak
  3. 1 buah ubi ungu, ukuran kecil, dikukus masak
  4. 2 buah pisang (aku pakai pisang raja), diiris agak tebal melingkar (atau sesuai selera)
  5. 1 santan instan klatu (aku suka pakai merk ini, karena rasa dan bau bahan pengawetnya tidak sekuat yang lain), pakai ukuran kecil
  6. Secukupnya gula pasir
  7. Secukupnya garam
  8. Air
  9. Vanili (kalau ada daun pandan,  juga bisa)

Langkah-langkah untuk membuat Kolak merah dengan buah bit

1
Rebus air hingga mendidih, masukkan kacang hijau. Masak dengan api kecil. Biarkan hingga kacang hijau mekar. Sesekali cek, bila air mulai menyusut tambahkan air (suhu normal, bukan panas/dingin).
2
Setelah kacang hijau tampak mekar, masukkan semua bahan lainnya (bit, ubi, pisang). Sambil diaduk pelan, masukkan santan. Sambil diaduk pelan-pelan permukaannya hingga mendidih.
3
Bila sudah mendidih, matikan api. Masukkan gula, garam, vanili. Aduk agar merata.
4
Cicipi rasanya. Jika sudah pas, siap dihidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

Source : Dapur Maritza Cerita nya ini beli labu 1/4 biji uda lama buat sayurnya evelyn. Tp koq ga abis2 ya masi byk banget takut rusak akhirnya cari2 resep olahan labu dapet kolak eh pas bgt bahan2 nya semua ada resep nya simpel bisa buat nyemil juga sore2 makasih ya mba resepnya. Ini kuah santen nya ga kentel n manis ya kalau mau lebih kentel n manis di tambah aja gula sama santen kentel nya. Kalau ditanya labu kuning, waluh, kabocha, labu parang sama ngga??? Rasanya sih sama ya even butternut pumpkin juga mirip2 cuma lebih creamy aja. Semua bisa dipakai. Mau tambah kolang kaling, pisang juga oke.

39. Kolak Pisang Kacang Ijo

39. Kolak Pisang Kacang Ijo

5 porsi
20 menit
Kolak Pisang Labu

Kolak Pisang Labu

Kalau bikin kolak gini serasa bulan puasa yaa 😅 Resep kolak biasanya tergantung selera masing-masing ya moms, ada yg suka buket, kentel, manis, seger, dll kalo aku sih tetep suka yg kentel+manis.. kalo mau yg lebih seger takaran santannya bisa dikurangi yaa.. Oiyaa, aku lebih suka bikin kolak labu pake kulitnya biar nggak hancur pas dimasak.

KOLBU...Kolak Ubi Ungu

KOLBU...Kolak Ubi Ungu

...hari kamis manis,kakak biasa puasa..yuuk kt buatin takjil buat buka 😍😍

3porsi
30 mnt
Kolak durian with ketan

Kolak durian with ketan

kebetulan lagi musim durian dan keluarga suka banget kalo dikolak campur ketan. Sebaiknya gunakan durian yang manis bukan hambar yaa.. jadi gula yang digunakan tidak terlalu banyak dan rasa kolak sendiri bukan mengandalkan manis gula karna rasa durian sendiri sudah manis.

.
sekitar45 menit
Kolak pisang labu kuning

Kolak pisang labu kuning

#bikinramadanberkesan Edisi 27 Ga ada bahan apapun yg bs dipake buat bikin sesuatu yg beda. Bikin yg klasik aja...

Kolak pisang kepok+nangka

Kolak pisang kepok+nangka

Yuk mari kita bikin kolak. Pas musim hujan pas pisang kepok murah, pas musim panen nangka. Ganti durian? oke juga tuh..

Es Lilin Kolak Pisang

Es Lilin Kolak Pisang

Pisang...? Hemm... Saya tak pernah kehabisan akal untuk mengolahnya menjadi makanan. Kali ini es lilin kolak pisang...

1. Kolak/sup ubi ungu favoritnya anak-anak & tetangga

1. Kolak/sup ubi ungu favoritnya anak-anak & tetangga

Favoritnya anak-anak dan tetangga, bisa untuk dijual juga. Saya pernah menjualnya semangkuk 5000 rupiah, kira-kira dua tahun yang lalu 😁. Eh iya, saya pernah coba gunakan ubi yang berbeda, tapi rasanya tidak seenak ini menurut saya. Menambahkan santan diakhir pun oke aja, karena awalnya saya begitu 😁

4 mangkuk kecil
± 30 menit
Kolak ubi singkong

Kolak ubi singkong

Favorit.. pas dan empuk banget rasanya.. #indonesiamemasak

Kolak pisang kepok medan

Kolak pisang kepok medan

Hujan tiba2 ibu saya kepingin kolak pisang ya udah mumpung ada Pisang di rumah yang baru di ambil dari ladang,sekalian aja deh di masak .

15 porsi
Kolak ketan durian - khas palembang

Kolak ketan durian - khas palembang

Biasanya makan di itc mangga dua. Beli ya kdg dpetnya kemanisan. Jujur first bikin ini, dpet kiriman 2 buah durian matang. Pas banget lagi suasana lebaran dan pasar belom bukaaa... coba deh, bikinnya lumayan gampang, dan sebentar. selamat mencoba 🙏🏻 #sweetrecipeDE

10 porsi
60 menit
Kolak ubi special

Kolak ubi special

Ini enak banget kamu harus nyobain Masaknya simple banget...

20menit