Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bumbu Kacang Serbaguna yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada August 26, 2019

Bumbu Kacang Serbaguna

Sore-sore begini enaknya membuat Bumbu Kacang Serbaguna yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Bumbu Kacang Serbaguna yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu Kacang Serbaguna, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Kacang Serbaguna enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Kacang Serbaguna sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Kacang Serbaguna memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini ceritanya di kasih siomay dari yang selesai hajatan. Tapi bumbu kacangnya habis. Jadilah buat sendiri. Ini saya tanpa cabe nanjung karena pas tidak punya stok. Kalo pakai cabe nanjung warnanya agak kemerahan. Pedasnya di sesuaikan selera masing2 aja ya. Bumbu ini bisa untuk siomay, batagor, gado2 siram, atau sate. Mungkin tidak sedasyat bumbu dari penjual masing2 ya. Ini bumbu sederhana aja. Ala2 dapur kami.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Kacang Serbaguna:

  1. 250 gram kacang tanah, goreng
  2. 6 siung bawang putih
  3. 4 buah cabe merah keriting, atau sesuai selera
  4. 2 buah cabe merah nanjung, cabe yg tdk pedas
  5. 3 buah cabe rawit atau sesuai selera
  6. Secukupnya gula merah
  7. Secukupnya garam
  8. 200 ml air untuk memblender
  9. 4 sdm air asam jawa, atau sesuai selera
  10. 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Kacang Serbaguna

1
Blender kacang goreng, bawang putih, cabe, gula merah dan garam.
2
Panaskan teflon/panci. Beri sedikit minyak.
3
Masukan bumbu halus dan daun jeruk. Tambahkan air asam jawa. Beri air tambahan jika di rasa terlalu kental. Masak hingga tingkat kekentalan yg diinginkan.
4
Bumbu siap di sajikan.
Bumbu Kacang Serbaguna - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Sapi Bumbu Kacang #FestivalResepAsia#[Indonesia]#DagingSapi

Sate Sapi Bumbu Kacang #FestivalResepAsia#[Indonesia]#DagingSapi

Kurban tahun ini barokaaaah, daging sapinya melimpah. Padahal saya kepengen bikin sate kambing, elahdalah gak kebagian daging kambing. Kebetulan juga pak suami kan gabisa makan kambing karena punya turunan darah tinggi. Kalo yang ini dijamin aman buat beliau. Bumbunya miriiiiip sate madura, karena saya bosan kalo cuma pakek kecap. Cussss ini dia resepnya.

30 tusuk
1 jam
Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Aneka Jajanan Pasar yang suka saya beli adalah cilok. Karena keluarga saya suka banget. Karena semua suka, akhirnya kenapa gak bikin aja sendiri. Akhirnya nemu resepnya Mbak dapur vy, ciloknya enak banget, kenyal tapi gak alot. Pas di makan gak bikin pegel mulut. Bumbu kacangnya juga pas rasanya. Pokoknya enak dech sesuai banget sama selera keluargaku. #jemputrejeki #siapramadan #berburucelemekemas #resolusi2019 #Cookpadcommunity_Karawang #resep3r

Rujak Campur bumbu kacang khas Sunda

Rujak Campur bumbu kacang khas Sunda

Rujak memang sangat enak klo dinikmati pas cuaca panas. Berikut saya akan berbagi resep rujak khas Sunda yg sangat sederhana.

Untuk 5 porsi
Sayur asem kacang bumbu ulek

Sayur asem kacang bumbu ulek

Biar nanti pas buka kerasa seger, akhirnya kepikiran deh bikin sayur asem, hmmm enyak 😍😁 #SiapRamadan, berbagi resep menyenangkan πŸ˜‚

2-3 orang
Terong bakar bumbu kacang

Terong bakar bumbu kacang

Tidak ada cerita dibalik masakan ini..hhhh

Patin bakar bumbu kacang

Patin bakar bumbu kacang

Dari semua ikan bakar saya paling rekomendasi dengan ikan patin ini. Dagingnya lembut dan manis. Usahakan cari ikan patin yang masih hidup jadi masih segar bugar Dimakan selagi panas pakai sambal kecap dan lalapan.

Kikil bumbu kacang

Kikil bumbu kacang

Rasa gurih dari kacang dan sedikit manis benarΒ² pas di lidah,cocok jadi lauk teman nasi

Cilok bumbu kacang sederhana

Cilok bumbu kacang sederhana

Jadi ceritanya sore2 ujan, nungguin suami pulang. Liat2 dapur, ada bahan yg bisa dibikin. Taraaaa jadi deh cilok alakadarnya. Mantteeppp.... 😊😊😊

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Source: Ayuni's Kitchen Baru nulis lagi karna ini masakan yg kedua kali nya yg aku bikin hhehe , yg pertama ga pede karna bumbu kacang nya kurang air alhamdulilah jd juga mirip punya abang2 yg jual dan ini enak bgt πŸ‘πŸ»

Cireng bumbu kacang alakadarnya πŸ˜†

Cireng bumbu kacang alakadarnya πŸ˜†

Selamat siang cookpaders. Siang-siang begini gk seru ya kalo cuma bengong melompong dibawah pohon, mendingan bengongnya ditemenin sama cireng bumbu kacang yang di jamin gak bakal buat melompong, mari simak resep cireng alakadarnya ini πŸ˜„ (maapkeun gambar kaki yang mengganggu)

3-4 orang
Ayam Bumbu Kacang

Ayam Bumbu Kacang

Tekstur kuahnya mirip kuah santan, tapi bukan ya, ini bumbu kacang πŸ™‚ Harusnya dikasih tomat juga tp lg ga ada persediaan jadinya aku skip.

Bumbu Kacang Siomay Endeess

Bumbu Kacang Siomay Endeess

Suka masak memang saya, coba2 bikin ini eh ketagihan..daripada beli bumbunya kadang seuprit kan jadi gak berasa..klo bikin sendiri mau bumbu kacangnya doang bebas suka-suka🀣🀣

Cilok bumbu kacang pedas

Cilok bumbu kacang pedas

lagi pingin banget makan cilok hasilnya lumayan enak heeee #cookpad #cookpadcommunity #siapRamadan #antiribet

Terong bakar bumbu kacang

Terong bakar bumbu kacang

#cookpadCommunity #seninSemangat

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Msh liat cilok kmrn yg disimpan dikulkas, drpd g ada yg sentuh, lbh baik diksh bumbu aza ingat wkt kecil dl suka jajan cilok bumbu kacang persis kyk gn, kebtln msh lihat kacang tanah kupas yg msh bertengger didlm toples hihihi...πŸ˜„

Kacang Bawang (bumbu ceker)

Kacang Bawang (bumbu ceker)

Sebelum mencoba resep kacang bawang dari kakak ipar ini, heran juga...kok aneh ya pake ceker ayam...? Fungsi dan tujuan nya apa ya? Tapi...setelah dicoba ketagihan bikin pagi pakai resep yang sama, menurut saya bumbunya lebih meresap, lebih gurih, garing namun empuk... Yang mau ikut coba2 juga...ni dia resepnya...

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Cemilan murah meriah, enak, simple dan dapat banyak πŸ˜‹ apalagi dimakan pas lagi hujan sama keluarga, so yummii.. 😍