Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Jenang grendul yang Enak Banget

Dipos pada October 19, 2018

Jenang grendul

Bagaimana membuat Jenang grendul yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Jenang grendul yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Jenang grendul, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Jenang grendul di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jenang grendul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jenang grendul memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan favorit dari masih kecil. buatan eyang uti paling enak, manisnya pas, kenyalnya....aaah bikinan eyang paling top dah. Sekarang belajar bikin sendiri...dan enak hampir mirip buatan eyang uti 😊.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jenang grendul:

  1. Bahan jenang
  2. 260 gr tepung ketan utk jenang
  3. 50 gr tepung ketan utk taburan waktu buletin biar gak lengket
  4. 60 gr tepung tapioka
  5. 250 ml air
  6. 1/2 sdt garam
  7. Bahan air gula:
  8. 300 gr gula jawa
  9. 1 liter air
  10. 4 lbr daun pandan
  11. Bahan pengental:
  12. 4 sdm tepung beras + air, encerkan
  13. Bahan kuah santan:
  14. 400 ml santan
  15. 4 lbr daun pandan
  16. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Jenang grendul

1
Campur semua bahan jenang, uleni hingga kalis tidak lengket ditangan. Bentuk bulat2 taruh ditempat yg sdh ditaburi tepung ketan (50gr).
Jenang grendul - Step 1
2
Rebus air + gula jawa + daun pandan sampai mendidih. Kalo sdh mendidih boleh disaring,jika banyak ampas dari gula jawanya.
Jenang grendul - Step 2
3
Masak lagi air gula jawa, kemudian masukkan bulatan jenang beserta tepung taburannya, rebus smp mengapung dan masak agak lama agar air gula meresap ke bulatan jenangnya.
4
Setelah meresap tuang bahan pengentalnya, aduk agak cepat, agar tidak menggumpal dibawah panci. Tunggu smp mendidih meletup2 matang.
5
Utk kuah santan, rebus santan smp mendidih, aduk2 jgn smp santannya pecah.
Jenang grendul - Step 5
6
Kalo jenang grendul sdh hangat sajikan dimangkok siram dg kuah santan.
Jenang grendul - Step 6
7
Yuuuk bikin yuuk...mudah murah enak 😊☺
Jenang grendul - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil ubi ungu

Candil ubi ungu

Beli ubi ungu bingung enaknya diapain, akhirnya coba bikin candil aja 😄

2 porsi
20 menit
Bubur ayam cianjur

Bubur ayam cianjur

Dicatat biar gak lupa banyaknya air yg dimasukan ke panci.☺

8 porsi
Bubur CandiL Rainbow

Bubur CandiL Rainbow

Buat bubur candil alias grendul. Kesukaan q. Tiap bulan puasa pasti wajib beli. Untuk tahun ini mulai buat sendiri aja kali ya. Hehe (praktek pertama berhasil uenak e puol2an)

Candil kentang

Candil kentang

#latepost ini Candil telat tayang... Awal nya pengen d bikin rainbow, tapi apa daya stok pewarna cuma itu aja 😉

Bubur nasi tim daging sapi ghaniarss 9m+

Bubur nasi tim daging sapi ghaniarss 9m+

Mulai daging sapi pas 9bulan karena kasian pernah sembelit waktu 7bulan pas dikasih daging sapi..

3 porsi
Jenang Grendul/Jenang Sapar

Jenang Grendul/Jenang Sapar

Sebagai orang Jawa yang masih memegang teguh ajaran Jawa,biasanya ibu saya tiap bulan safar membuat bubur ini dan diantarkan ke tetangga- tetangga. Hari ini saya ingin sekali membuatnya sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Bubur Ayam Khas Cianjur

Bubur Ayam Khas Cianjur

Ada stock nasi sisa kemaren, bosen dibikin nasgor terus kepikiran pengen bikin bubur khas cianjur yang khas pake sayur bawang daun. Rasanya enak, gurih, higienis dan pastinya lebih banyak ayamnya. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor

4 porsi
30 menit
Bubur YangZhou 6+

Bubur YangZhou 6+

Dikenal dngn nama nasi goreng Yangzhou tapi sy buat versi baby .. Adapun manfaat bayam merah untuk bayi yaitu membantu pertumbuhan, kekebalan tbh, utk kesuburan rmbt, mempercepat penyembuhan.

Bubur rice cooker

Bubur rice cooker

Lagi pengen sarapan bubur ayam. Gak pernah bosen sama menu yg satu ini... berhubung gak ada yg jual jadi kita bikin sendiri aja... kebetulan ada sisa nasi jadi kita bikin pake rice cooker biar gampang 🤭😂

Bubur Candil Daun Suji

Bubur Candil Daun Suji

Kalau orang jawa menamakan bubur ini jenang sapar. Nikmat, manis, dengan sensasi rasa dari daun suji.

Mpasi Bubur Wortel + Sup ayam

Mpasi Bubur Wortel + Sup ayam

Iseng aja pagi pagi nyari bahan buat menunya Mei yang lagi moody banget makannya, nemu ayam dikulkas sepertinya bikin sup ayam ok juga😉👌

pagi dan siang
Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Wisata kuliner di Pantai Gua Cemara, Sanden, Bantul yang tidak boleh terlewatkan adalah bubur ayam yang khas gurihnya. Namun, sekarang sudah menemukan resep masakan yang tidak kalah rasanya. Selain itu, tentu saja kebersihannya jelas lebih terjamin. #PejuangGoldenApron3 #Angelic https://cookpad.com/id/resep/2402614-bubur-ayam-kuah-kuning

2 porsi
50 menit
Bubur Lobak Ebi

Bubur Lobak Ebi

bubur emang paling pas buat sarapan! apalagi di tambah lobak ebi dan ikan teri, ini salah satu makanan favorite sekeluarga, yummy! cobain yuk :)

6 orang
1 jam
Bubur candil merah putih

Bubur candil merah putih

Hasil recook dari siapa ya nama nya lupa 😃 tapi makasih resep nya 😁

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Kalo tinggal jauh di Negeri orang seperti ini,kadang datang waktu nya kepengen Sarapan atau Makan Bubur Ayam ala Abang-abang kalo pagi lewat depan Rumah.. Berhubung nunggu si Abang gak lewat2,jadi dech kita buat.. Ternyata proses Pembuatannya gak susah dan yang sudah pasti kita tau bahan apa yang ada di Bubur Ayam Itu sendiri. Dan kita juga bisa menggunakan Nasi Putih sisa untuk Nasi Buburnya. Selamat Mencoba !!!

10 orang
1 jam 30 menit