Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Candil yang Menggugah Selera

Dipos pada October 20, 2018

Bubur Candil

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Candil yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bubur Candil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Candil di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya nitip beras ketan putih sama suami, tapi malah diblikan tepung ketan putih πŸ˜€ ya udah gpp, akhire dibuatlah bubur candil ..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil:

  1. 250 gram tepung ketan putih
  2. 1/2 sdt garam
  3. secukupnya air hangat
  4. Bahan kuah :
  5. 1000 ml air
  6. 250 gram gula merah, sisir
  7. 3 lembar daun pandan, diikat simpul
  8. 1 sdt garam
  9. 3 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3sdm air
  10. Bahan santan :
  11. 1/2 butir kelapa(300ml santan)
  12. 1/4 sdt garam
  13. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil

1
Campur tepung, garam dan air sedikit demi sedkit sampai rata. Uleni adonan sampai bisa dibentuk. Pulung adonan bentuk bola" kecil. Sisihkan.
2
Untuk kuahnya.. masukkan air kedalam panci, didihkan. Kemudian masukkan gula merah, garam dan daun pandan, aduk" sampai mendidih.
3
Masukkan bola"candil ke dalam kuah gula, sedikit demi sedikit. Sambil diaduk sampai bola candil mengapung. Masukkan larutan maizena kedalam gula, aduk" biar kental. Masak sampai meletup" dan matang. Angkat dan hidangkan diatas mangkok.
4
Untuk santannya.. Rebus air santan, garam dan daun pandan sampai mendidih. Aduk" biar santan tidak pecah. Biarkan sampai mendidih.
5
Tuang kuah santan diatas bubur candil yang telah disajikan diatas mangkok.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 6+m bubur ayam bayam

Mpasi 6+m bubur ayam bayam

Untuk makan pagi dan sore
2 jam (menggunakan slow cooker)
Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Menu sarapan tdi pagi, nyantap yg anget" aktivitas jdi semangat ✊ πŸ˜„,

Bubur candil pisang

Bubur candil pisang

Seharian mendung ya, hawanya pengen nyemil yang anget2, mumpung lagi banyak stok pisang, nyoba2 bikin bubur candil pisang,enakk juga hehe

Bubur organik dan tumis ayam

Bubur organik dan tumis ayam

Hai mom πŸ‘‹πŸ» Silahkan ikutin resep aku yaaa Siapa tau selera anak kita sama ☺️

Bubur Asse Betawi

Bubur Asse Betawi

Aku dan anak anak ku senang sekali jika diberi bubur asse betawi dari tetangga ku yang orang betawi. Enak karena rasa nya berbeda dengan bubur ayam biasa. Cari cari resep nya dapat di channel youtube #Chef Christo Tjahyanto . Bubur asse ini bubur nya orang Betawi , yang tidak semua orang Betawi tahu apalagi generasi sekarang. Rasanya gurih karena ada rasa semur, dicampur dengan asinan toge dan timun , dipadukan dengan taburan kacang goreng dan bawang goreng menambah kenikmatan bubur ini. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

Bubur candil mutiara

Bubur candil mutiara

Menu lama...cocok buat ramein #bikinramadanberkesan

Kolak candil ubi rainbow

Kolak candil ubi rainbow

Di dapur ternyata masih nyisa ubi sebiji,, bener2 sebiji! πŸ˜‚πŸ˜‚ mungkin waktu itu kececer,,hahaha... Nah,dr kemarin suami minta tuh ubi digoreng aja,,tapi aku males,,cuma sebiji ini 😝😝 Ehh..tadi kepikiran, mau dibikin apa yaa...kok ya nanggung banget cuma sebiji πŸ˜‚ Akhirnya bikin kolak aja,, mana cuaca dingin mau ujan..pas banget makan kolak sore ini... Nah..biar rame..ditambahin candil,, dibikin warna warni, sekalian manfaatin tepung 'salah ambil' kemarin hihihi...

Bubur moreng

Bubur moreng

3 orang
30 menit
Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Memasak untuk keluarga bahagia. Mawaddah warohmah. Insya Allah. Untuk sarapan pagi Terima kasih Angelic.

3 porsi
60 menit
Bubur Candil

Bubur Candil

Minggu ini udh buat 2 kali bubur candil..sangking enaknya..dan ternyata buatnya gampiiilll....

4 porsi
45 menit
Bubur Candil Rainbow

Bubur Candil Rainbow

Assalamualaikum πŸ˜™ Yey .. back to the reality udahan ya .. udah Selesai liburan nya, tapi krucil-krucil dirumah Masih pada libur sekolah , jadilah Masih bikin cemilan buat mereka βœŒοΈπŸ˜†. . Hari ini bikin bubur Candil aka Bubur Biji Salak ya .. udah lama pingin tapi blm sempet aja bikin, Dan kebetulan Ada sisa ketela yg lama nganggur Karena kurang manis, jadilah ketela nya tadi dikukus trus Di campur tepung Ketan , trus mikir pasti itu krucil-krucil pada kurang familiar sma bubur Candil, jadilah Coba Coba diwarnain rainbow macam Gini, biar mereka tertarik makan nya πŸ˜™, hehe .. . Disini tekstur Candil nya aka biji Salak nya engga alot ya .. malah enak empuk bgt tapi gk terlalu chewy juga .. pokoknya Pas buat Aku 🀀 .. tadi nyicip dikit Pas makan Siang Dan OMG ngidam Ku keturutan πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚ wkwkw ..

Bubur Candil

Bubur Candil

Ceritanya mau bikin selametan 7 bulanan anak keduaku, biasanya di daerah mertua dbikinin bubur candil gitu. Akhirnya pengen coba bikin sendiri buat dibagiin ke anak2 kecil sekitar rumah aja sih. Eh ternyata enyak. Smpe yg bikin ga kebagian. Hehe.. Semoga bermanfaat resepnya.

25 cup mika
Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

#PejuangGoldenApron2

Bubur candil ubi ungu Postingrame2_recookumbiumbian

Bubur candil ubi ungu Postingrame2_recookumbiumbian

Pr minggu ini berbahan umbi kebetulan di pasar lihat ubi ungu yg montok" jadi kepikiran di bikin candil😊 Source:melanie

Jenang grendul/Bubur candil

Jenang grendul/Bubur candil

nga ada cerita sih...cuma lagi pgen makan bubur ini aja.gulanya bs krgi atau ditmbhi tergantung selera ya😍🍁

Kolak Candil Uhuy

Kolak Candil Uhuy

makanan wajib nih buat buka puasa, sebagai anak kuliahan yang lagi libur panjaaaaaang banget, daripada gabut mending bikin candil ajaa hehe #05 #BikinRamadanBerkesan

2-5 Porsi
45 Menit
24. Bubur Ayam ala abang-abang gerobak

24. Bubur Ayam ala abang-abang gerobak

Pertama kali nyoba bikin bubur ayam sendiri, rasanya ngga kalah sama bubur ayam abang-abang gerobak Untuk buburnya karena saya males sekali kalau harus bikin bubur dari beras akhirnya saya pakai nasi yang sudah jadi lalu ditambahkan air rebus hingga mendidih lalu tambahkan santan, daun salam dan sedikit garam lalu tunggu hingga mendidih, jadi deh. Untuk toppingnya sesuai selera yaa bisa ditambahkan telur rebus jika suka. Kalau saya pakai bahan seadanya dirumah saja πŸ˜€