Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur Candil yang Enak Banget

Dipos pada October 20, 2018

Bubur Candil

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Candil yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bubur Candil yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Candil, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Candil enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Candil kira-kira 25 cup mika. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya mau bikin selametan 7 bulanan anak keduaku, biasanya di daerah mertua dbikinin bubur candil gitu. Akhirnya pengen coba bikin sendiri buat dibagiin ke anak2 kecil sekitar rumah aja sih. Eh ternyata enyak. Smpe yg bikin ga kebagian. Hehe.. Semoga bermanfaat resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil:

  1. Untuk candilnya :
  2. 1 kg tepung ketan
  3. 6 sdm tepung tapioka
  4. 6 sdm tepung beras
  5. 1 sdt garam
  6. secukupnya Air
  7. (Semua tepung aku pake merk rosebrand)
  8. 500 gr gula jawa
  9. (Tips: pilih gula jawa yg coklat tua)
  10. 250 gr gula pasir
  11. 1500 ml air
  12. 6 lembar daun pandan
  13. 1 Butir kelapa (parut) untuk santan cairkan dengan 1 liter air
  14. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil

1
Campur tepung ketan, tepung tapioka, tepung beras dan garam, dengan air sedikit-sedikit sampai kalis dan bisa dipulung. Sisihkan seperempat adonan untuk pengental (bubur) nya.
2
Pulung adonan menjadi bulatan kecil-kecil sesuai selera.
3
Rebus air sampai mendidih, masukkan gula jawa, gula pasir, dan 3 lembar daun pandan. Matikan api, saring terlebih dulu.
4
Didihkan lagi, masukkan satu persatu adonan candil yg sudah dibentuk bulat-bulat tadi sampai mengambang seluruhnya.
Bubur Candil - Step 4
5
Sambil menunggu bulatan candil mengambang, buat adonan bubur caranya cairkan adonan candil yg sudah disisihkan tadi dengan air kurang lebih 1500 ml. Aduk terus sampai cair dan tidak ada bagian yg lengket lagi.
6
Setelah candil mengambang semua, masukkan adonan bubur yg dicairkan td ke dalam rebusan gula dan candil, aduk cepat sampai mengental dan meletup-letup. Matikan api.
Bubur Candil - Step 6
7
Rebus air santan dengan 3 lembar daun pandan dan garam. Aduk terus sampai mendidih.
8
Sajikan bubur, siram dengan santan secukupnya, beri garnish potongan daun pandan.
Bubur Candil - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Katiri Mandi Ubi Kuning

Katiri Mandi Ubi Kuning

Masak bubur untuk ngangetin badan,Musimnya yg udh mulai dingin" semriwing 🌬πŸŒͺβ›„... Krna di rumah pas lgi gk ada ubi Ungu, aq ganti pke ubi kuning, rasanya sama" Kenyal" manis enak, pas bnget untuk badan yg lagi ngerasa pegel".. Ini pke resep dari blognya mba hesti tpi aq modifikasi sesuai lidah ku πŸ˜‹ dan aq buat porsi yg banyak, krna di rumah penghuni nya banyak πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†,klau kebanyakan bisa bikin setengah resep saja ya πŸ˜„

Bubur Candil

Bubur Candil

Lagi pengen ngemil, terus keinget bubur candil, akhirnya eksperimen deh. Ini pertama kalinya aku buat sendiri, dan hasilnya enak, orang rumah pada suka.

Mpasi 7 bulan: bubur sapi labu siam

Mpasi 7 bulan: bubur sapi labu siam

kali ini aku masak pakai sc ya momsπŸ€—

2 kali makan
2 jam slow cooker
Bubur ayam bandung

Bubur ayam bandung

Di berau susah banget nemuin yang jualan bubur ayam suami kangen buryam Bandung jadilah yaaa kita buat dengan bahan seadanya 😊😊

3 porsi
Jenang Grendul

Jenang Grendul

1 - 2 porsi
Β± 10 menit
Bubur Candil Nangka

Bubur Candil Nangka

Berbicara tentang bubur candil, itu membuatku teringat akan masa kecilku. Ibu saya sering membuat bubur candil sebagai snack sore buat anak2nya. Bubur candil yang saya buat ini lembut, kenyal dan tidak berbau tepung sama seperti yang ibu saya buat. Semoga para pembaca juga menyukainya. Terima Kasih.

60 menit
Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Si kecil mulai bersin2 dan agak batuk. Jadi bikinkan bubur dengan kuah yg lebih banyak dari biasanya. Alhamdulillah sarapannya bersih tak bersisa. 😘 Makan malamnya ga habis. Masih kenyang habis minum susu sepertinya.

Bubur candil

Bubur candil

Ini termasuk makan kesukaan ku waktu kecil.kangen makanan ini tp bgg beli nya di mana kalo pun ada kadang rasanya gak sesuai manis n gurih santan nya kurang pas.jd dech lebih puas bikin sendiriπŸ˜€

Bubur nasi sisa

Bubur nasi sisa

Ga selamanya nasi sisa harus dibuang kan yah.. jadi mari kita berkreasi dengan nasi sisa.. dibikin bubur kaya gini, oke juga kan.. penampilan dan rasanya juga oke banget kok... Yummy... πŸ˜‹πŸ˜Š

MPASI 6+ Bubur Kentang Lembut

MPASI 6+ Bubur Kentang Lembut

Hari ini Kimiya makan bubur yang lebih mild dan ringan dulu alias double prona, karena lagi sedikit kurang enak badan kayaknya. Bawaannya ngantuk terus, semoga segera semangat lagi ya Kim.

3-4 Porsi
2 Jam
Bubur Ayam ala Abang2

Bubur Ayam ala Abang2

Anak sulung saya suka banget bubur ayam, tp sejak pandemik, kami sudah jarang sekali jajan diluar. Makanya coba2 bikin sendiri saja, dan hasilnya.. pagi siang malam dia makan bubur seharian! πŸ˜… Artinya enak yaaa😊

Bubur Jali Jali

Bubur Jali Jali

#PejuangGoldenApron3 #buburJaliJali Jali mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk tubuh, mulai dari melancarkan buang air besar hingga jadi obat tradisional kanker. Terdapat kandungan gizi seperti prebiotik, beta-sitosterol yang bagus untuk mengendalikan kolesterol gula darah tubuh. Bukan hanya mengontrol gula darah saja, malah di China jali itu dipakai sebagai obat tradisional untuk kanker

Bubur Ayam Express

Bubur Ayam Express

Saya sekeluarga hobi jajan tengah malem πŸ˜…πŸ˜… orang lain tidur kita malah keluyuran nyari makanan. Terutama bubur ayam dan bubur kacang ijo. Kebetulan di daerahku ada yang jual bubur 24 jam semacam warkop (warung kopi). Dari hobi beli bubur ini, terinspirasi bikin bubur homemade dan express πŸ˜…πŸ˜… ala kadarnya, seadanya stok yang ada dikulkas aja. Ini saya bikin bubur perdana banget dan puas dengan hasilnya, sampe suami bilang "apa kita jualan bubur aja"? 🀣🀣 disaat pandemi gini apa aja yang penting halal. Aku bikin bubur ini langsung dari nasi y, jadi cepet banget.

4 porsi
2 jam