Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Jenang grendul/Bubur candil yang Enak Banget

Dipos pada October 19, 2018

Jenang grendul/Bubur candil

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Jenang grendul/Bubur candil yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Jenang grendul/Bubur candil yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Jenang grendul/Bubur candil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Jenang grendul/Bubur candil enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jenang grendul/Bubur candil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jenang grendul/Bubur candil memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

nga ada cerita sih...cuma lagi pgen makan bubur ini aja.gulanya bs krgi atau ditmbhi tergantung selera ya๐Ÿ˜๐Ÿ

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jenang grendul/Bubur candil:

  1. 225 gr tepung ketan
  2. 25 gr tepung kanji
  3. secukupnya air
  4. 100 gr gula merah(bs +/-)
  5. 100 gr gula pasir(bs +/-)
  6. 2 lbr daun pandan ikat
  7. secukupnya air
  8. Bahan pengental
  9. 2 sdm tepung ketan
  10. 1 sdm tepung kanji
  11. sedikit air utk melarutkan
  12. Bahan santan
  13. 200 ml santan kental+100 ml air
  14. 2 lbr daun pandan ikat

Langkah-langkah untuk membuat Jenang grendul/Bubur candil

1
Uleni tepung ketan dan kanji dgn air hangat secukupnya sampai bs dipulung.
2
Rebus gulmer dan gula putih,pandan hingga mendidih lalu saring.
3
Masukkn adonan ketan yg sdh dipulung td kedlm rebusan gulmer rebus sampai empuk/menggambang.
4
Tambahkan bahan pengental,aduk. masak sampai mendidih/meletup2.matikan api
5
Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih.
Jenang grendul/Bubur candil - Step 5
6
Sajikan dgn buburnya.
Jenang grendul/Bubur candil - Step 6
7
Jenang grendul/Bubur candil - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak candil ubi ungu

Kolak candil ubi ungu

Hujan2..bikin yg anget2 yuukk.. cari yg gampang bgt bikin kolak candil dari ubi ungu, mumpung ubi ungu yg dikasih tegangga dr Malang kemarin masih ada dan eksekusi !! ๐Ÿ˜

5 orang
1 jam
Katiri Mandi Ubi Ungu (Bubur Candil UBI Ungu)

Katiri Mandi Ubi Ungu (Bubur Candil UBI Ungu)

Resep Bunda hesti ini rasanya enak jg, disajikan hangat atau + es batu tinggal pilih sesuai selera. Bisa untuk teman berbuka puasa jg. Berikut resepnya dg bbrp bahan sdh sy sesuaikan dg selera saya.

5 porsi
Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Day. 18 Bubur Sop Telur Puyuh (6 month+)

Si kecil mulai bersin2 dan agak batuk. Jadi bikinkan bubur dengan kuah yg lebih banyak dari biasanya. Alhamdulillah sarapannya bersih tak bersisa. ๐Ÿ˜˜ Makan malamnya ga habis. Masih kenyang habis minum susu sepertinya.

Bubur Sop Tetelan

Bubur Sop Tetelan

Kemarin masak goreng gorengan atau santan dan mas bojo minta yang kuah seger gitu yaudah ta masakin sop tetelan ๐Ÿ˜Š Masaknya juga serba sedikit karena persiapan mau mudik jadi nggak mau stok sayur atau lain lain dikulkas biar kosong kulkasnya nanti mulai lagi pas balik mudik๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ #PekanInspirasi #Pekan_Cirebon #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #cookpadcommunity_jakartatimur #masakitusaya

Bubur CandiL Rainbow

Bubur CandiL Rainbow

Buat bubur candil alias grendul. Kesukaan q. Tiap bulan puasa pasti wajib beli. Untuk tahun ini mulai buat sendiri aja kali ya. Hehe (praktek pertama berhasil uenak e puol2an)

Mpasi 7m+ Bubur daging oyong

Mpasi 7m+ Bubur daging oyong

Kali ini saya mulai naik tekstur dengan mencincang daging sapi giling

3 porsi
1 jam
Bubur CandiL Ubi Kuning & BurSum

Bubur CandiL Ubi Kuning & BurSum

Kemarin bikin sarapan Bubur Candil campur BurSum ๐Ÿ˜

Bubur sumsum,candil,mutiara ala saya

Bubur sumsum,candil,mutiara ala saya

Bubur kesakaan misua ,musim hujan gini enak makan bubur anget2

Mpasi bubur bayi(menu 4 bintang

Mpasi bubur bayi(menu 4 bintang

Mpasi ke-19 baby key. Berhub bunda nya gak suka ikan. Jd pas menu ini kurang suka Sama aroma nya. Pas suapi baby Lg duhh udh pusing kepala bunda๐Ÿ˜….maap Ya Neuk. Tp Bunda tetep hrus Kenali Kamu sma smua Jenis ikan. Supaya gak kayak bunda mu ini yg g suka ikan๐Ÿ˜…

2 porsi
Bubur Lobak Ebi

Bubur Lobak Ebi

bubur emang paling pas buat sarapan! apalagi di tambah lobak ebi dan ikan teri, ini salah satu makanan favorite sekeluarga, yummy! cobain yuk :)

6 orang
1 jam
Bubur Rempah

Bubur Rempah

Bubur Rempah ini kuliner khas kota pontianak..ini bubur rempah edisi HUT RI ke-76

Jenang Pentul / Jenang Candil

Jenang Pentul / Jenang Candil

Alasan kenapa buat jenang pentul karena ada yang request. Dan resep ini adalah resep asli dari ibu yang asal masukin tanpa ditimbang. Dan ternyata hasilnya nggak usah ditanya.... Uenak....๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘ juga jenang pentul ini buatnya express... Nyampe bisa dibawa ke sekolah buat sarapan pagiii.... Bahan dasar utamanya ya cuma tepung ketan sama tepung beras. Oh ya, biasanya ini disebut jenang candil atau bubur candil, tapi kalo di keluargaku namanya jenang pentul. Selamat mencoba...

8 porsi
Bubur Topping Katsuobushi Dkk

Bubur Topping Katsuobushi Dkk

Ini masakan masa-masa hanya #DiRumahAja kemudian kangen Bubur kuah kuning namun hanya ada stok kulit ayam, telur puyuh dan katsuobushi yang biasa jadi toppingnya Takoyaki. Nah, bubur tanpa daging ayam ini alhamdulillah cucok rasanya. Bumbu kuah kuningnya adalah hasil merebus kulit ayam + telur puyuh - mirip bumbu pesmol namun tanpa irisan tomat juga tanpa daun kemangi ya. Tentu saja setiap mengolah ayam baik kulit atau pun dagingnya maka selalu akan saya rebus terlebih dahulu dan dicemplungin bawang putih utuh + sedikit bubuk kunyit untuk menghilangkan rasa amis. Kemudian buang air rebusannya, lanjut mengolah kulit/ayamnya. Topping ditambah cincangan seledri, kerupuk dan sambal kacang khas sambal bubur. Alhamdulillah.

ยฑ 5 orang lebih
Bubur Oatmeal Gurih

Bubur Oatmeal Gurih

Badan lagi kurang fit,pengen makan bubur anget tapi males ribet. Jadinya pakai oatmeal aja. Dan sy memang gak doyan susu jadi ya beginilah cara makan oatmeal biasanya. Buat yang diet silahkan sesuaikan bahan dan topping dengan jumlah kalori.

1 porsi
10 menit
Bubur nasi pedas praktis

Bubur nasi pedas praktis

Bubur ini tuh cocok buat yang lagi mager, tapi pengen makan bubur bikinan sendiri ๐Ÿ˜ฌ. Ini buburnya pakai ikan ya, bisa pakai ikan pindang apa aja. Ikan tongkol, ikan kembung, atau ikan apapun yang ada dirumah. Diganti ayam juga bisa banget.

3 orang
Bubur candil ketan Manjahh

Bubur candil ketan Manjahh

Resep ini wajib dicoba ya bund.. Selain pembuatannya yang gampang, cemilan ini juga salah satu favorit keluarga dirumah.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ lets gets cooking.. ๐Ÿฎ๐Ÿฎ๐Ÿฎ

Bubur Ayam Cina

Bubur Ayam Cina

Buburnya "tukang bubur naik haji" Bikin sendiri lebih puas ! Tekstur lebih kental, kaldu ayam lebih terasa, topping sepuasnya ๐Ÿ˜Š

8 - 10 porsi
Bubur kaldu ceker

Bubur kaldu ceker

2 porsi pagi dan sore
1 jam