Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Sayur lontong / sayur ketupat yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 8, 2022

Sayur lontong / sayur ketupat

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Sayur lontong / sayur ketupat yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Sayur lontong / sayur ketupat yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sayur lontong / sayur ketupat, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sayur lontong / sayur ketupat di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sayur lontong / sayur ketupat kira-kira 5-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur lontong / sayur ketupat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur lontong / sayur ketupat memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

😋

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur lontong / sayur ketupat:

  1. 7 buah labu siam kecil, potong2
  2. 4 btg kacang panjang, potong2
  3. 1/4 papan tempe, potong orek2
  4. 200 gr daging sapi, potong kecil2 atau ssuai selera
  5. 2 batang serai (geprek)
  6. 2 lbr daun salam
  7. secukupnya santan
  8. secukupnya garam, micin jamur, gula
  9. bumbu yang di haluskan:
  10. 6 siung bawang merah
  11. 2 siung bawang putih
  12. 1 ruas kunyit, sebesar jari kelingking
  13. 3 butir kemiri
  14. 1 ruas lengkuas ±2cm
  15. 7 buah cabai merah keriting
  16. 3 buah cabai rawit (sesuai selera)
  17. pelengkap:
  18. lontong/ketupat
  19. bawang goreng
  20. kerupuk

Langkah-langkah untuk membuat Sayur lontong / sayur ketupat

1
Cuci bersih labu siam: rendam dalam air garam, bilas2. Tiriskan
2
Rebus kacang panjang sebentar, tiriskan. Lalu rebus juga daging sapi sebentar. Tiriskan
3
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan batang sereh & daun salam, masak sampai harum
4
Masukkan daging sapi, biarkan bbrp menit, masukkan labu siam, kacang panjang, tempe. Tambahkan air. Aduk2 rata. Masukkan garam,gula, micin jamur. Aduk2. Biarkan hingga mendidih
5
Tes rasa. Jika sudah pas tunggu hingga daging sapi sudah empuk dan labu siam layu, lalu masukkan sedikit bawang goreng, aduk2 (jadi wangi loh ditabur bawang goreng)
6
Matikan api, sajikan bersama lontong & kerupuk. Jgm lupa taburi lagi bawang goreng di atasnya. Hmmmmm😋😋

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

4 porsi
60 menit
Ketupat kandangan (ala anak rantau)

Ketupat kandangan (ala anak rantau)

Rindu ketupat kandangan banjarmasin ... gak ada haruan panggang , gurame pun jadi ..😄

Terik ati ayam, tempe, tahu dan telur

Terik ati ayam, tempe, tahu dan telur

Satu kali masak bisa dpt berbagai macam makanan. Ada tempe, tahu, telur dan ati ayam jadinya irit waktu. Ini kali pertama bikin terik khas Yogya, rasanya enak sekalee mirip" opor rasanya. Resep dari idolaku, Mba Diah Didi yg selalu menginspirasi.

KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

KETUPAT JANUR daun kelapa,untuk lebaran

15-20 orang
4 jam 30 menit
Ketupat kelapa parut

Ketupat kelapa parut

Hemm berhubung mau lebaran dan dirumah ada janur ya udah langsung eksekusi bikin ketupat .. eemmmm hasilnya sangat guriihhh 😊

10 buah ketupat
Cara Membuat Anyaman Ketupat dan Merebus Ketupat Praktis

Cara Membuat Anyaman Ketupat dan Merebus Ketupat Praktis

Selamat hari raya idul fitri buat teman2 yg merayakan🙏mohon maaf lahir dan batin🙏 Bikin ketupat buat acara makan2 sama adik ipar dan aku kebagian masak ketupat ,sambal bawang,sayur lodeh,tempe,kerupuk,cookies,es sedangkan adik iparku cuma bikin opor,dan rempelo ati🤣aku banyak banget dy cuma 2 menu🤦‍♀️yg ngajak masak2 dy yg dsruh masak banyak aku memang adik ipar paling baik dy😂🤣🤭 ceritax pengen makan ketupat dan pengen ikutan meryakan idul ftri meski gak ikutan tp kita slalu menghormati agama lain. Btw yg bikin anyaman ketupat suamiku ya doi memang suami andalan kalau aku gak bisa🤣🤭 aku hanya memasak bisax klau bikin anyamn mahh aku gak telaten🤣ambyyaaar🤣ak baru pertama bikin ketupat dan berhasil jdi seneng deh cuma prosesx bikin ngntuk krna lama ini baru matang langsung jepret dan posting🤣🤭 pasti kalau makanx cepat ya hahahha😂🤭 Source: Lieya tee #DiRumahAja #FestivalRamadanCookpad #MasakAsyik #GenkGadoGado #PejuangGoldenApron2 #Cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Surabaya

Ketupat Presto

Ketupat Presto

Kadang suka males kalau harus bikin ketupat karena waktu memasaknya yang cukup lama. Tapi berkat panci presto, jadi semangat bikin ketupat. Selain waktunya sangat cepat, praktis, dan hemat tentunya.

10 porsi
Ketupat sayur

Ketupat sayur

Berhubung ada lodeh kuning sisa kmrn...dan ada nasi sisa juga... Jadi sarapan pagi jadilah ini..😀

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

KABAR GEMBIRA utk IBU²..* Merebus ketupat masih cara lama? durasi hingga 5 jam?! Kini dengan trik baru, merebus ketupat cukup dalam waktu satu jam dengan panci biasa. Pesan ini berseliweran di WA grup, iseng2 coba deh .... Taraaaa ... bener loh dan hasil ketupatnya jg cukup halus.

Kupat

Kupat

3 orang
2 jam
Sayur ketupat lebaran bumbu simple

Sayur ketupat lebaran bumbu simple

Hallo semua salam kenal sebentar lagi bln Ramadhan abis puasa lebaran deh saya punya resep sayur ketupat yg ga ribet bikinnya , selamat mencoba semoga bermanfaat,

Ketupat Sayur Labu Siam

Ketupat Sayur Labu Siam

Salah satu menu sarapan ini mempunyai rasa gurih dan kaya rempah. Di Jakarta banyak kita jumpai penjual nya dipinggir² jalan sebagai menu alternatif untuk sarapan dg berbagai macam lauk. Sekarang kitacoba membuatnya sendiri....cuusss ah 😉

3-4 orang
1 jam
Nasi Opor

Nasi Opor

Bingung masak apa pas menjelang makan siang nih. Inget punya bumbu opor tapi males masak opornya 😁😁 Yaudah campurin k nasi aja. Praktir tur hemat daaaan lezat Yuuu cobain resepnya Gampang!

5 porsi
60 menit