Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan LADDU KURMA yang Lezat

Dipos pada January 23, 2021

LADDU KURMA

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat LADDU KURMA yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya LADDU KURMA yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari LADDU KURMA, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan LADDU KURMA sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian LADDU KURMA biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak LADDU KURMA diperkirakan sekitar 25 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan LADDU KURMA sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat LADDU KURMA memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

ALHAMDULILLAH rejeki yg dturunkn lwt tamu yg dtg hbis shalat tarawih... wktu bkin ne jdi ingt Bima yg suka Ladoo (HEHEHE efek film Mahabharata). BUAH ARA (TIN) Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan dan berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara). Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus. Pemerian Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat. Penampakannya berupa pohon besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping. Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya. Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit. Pemanfaatan Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengalibuah tin diolah sebagai sayuran. Islam Pohon tin adalah salah satu dari dua pohon keramat dalam Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat disebut dengan nama ini (QS Surah At-Tin ayat 1) karena Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat LADDU KURMA:

  1. 110 gr kurma cincang
  2. 3 sdm almond (badam)
  3. 2 sdm kismis
  4. 1 ½ sdm kacang mete
  5. 9 bh ara kering utuh
  6. 2 sdm kelapa kering (opsional)
  7. 2 polong kapulaga hijau
  8. Beras basmati sangrai untuk variasi

Langkah-langkah untuk membuat LADDU KURMA

1
Kupas polong kapulaga dan hancurkan bijinya, sisihkan.
LADDU KURMA - Step 1
2
Sangrai almon hingga kecoklatan dan aduk sesekali.
LADDU KURMA - Step 2
3
Sambil menunggu almon, potong kurma dan buah ara.
LADDU KURMA - Step 3
4
Campur cincangan kurma, buah ara, kacang mente, kismis, almond, kelapa kering dan tumbukan kapulaga. Tambahkan almond panggang.
LADDU KURMA - Step 4
5
Aduk rata adonan, lalu buat bola-bola sesuai keinginan. Jika tidak ingin terlalu lengket ditangan dan agar lebih hygienis, gunakan sarung tangan plastik saat membulatkan adonan.
6
Setelah selesai, simpan pada wadah kedap udara dan letakkan di kulkas atau biarkan dalam suhu ruang. Ladu bisa bertahan beberapa hari, dan cantik untuk suguhan di hari raya.
7
penampilan Buah ARA/TIN.
LADDU KURMA - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chocolate Pots de Crème

Chocolate Pots de Crème

Sejujurnya, saya tuh gak pernah makan dessert ini sebelumnya. Jangankan makan, pernah denger namanya aja juga kagak 🤣 tapi sebab nongol di Instagramnya Comfy Belly, saya pun jadi tertarik bikin. Sebab bikinnya gampang banget dan pas lagi punya stok alpukat bagus. Langsung cus! But first, dessert apaan sih Chocolate Pots de Crème itu? Ini tuh dessert dari Prancis, yang artinya ‘pots of cream/custard’ dan sudah ada sejak abad ke 17. Potnya di situ maksudnya wadah penyajiannya yang berbentuk cup dari porselen/ramekin. Mirip mousse dong? Well, tekstur pots de crème ini lebih padat dibanding mousse sih. Umumnya dessert ini berbahan dasar kuning telur, susu dan heavy cream. Cara memasaknya dioven pake metode a bain-marie. Tapi resep pots de crème yang satu ini simple banget, plant-based dan gak pake dioven, tinggal blender aja udah beres. Per usual, saya modifikasi sweeternya dari madu ke kurma. Monggo dicoba yang pengen ngerasain dessert a la Prancis 🇨🇵 #anitamakespotsdecreme #coklatmoussesehat #potsdecreme #dessertprancis

6 porsi
Air nabezz (kurma infused water)

Air nabezz (kurma infused water)

Nyoba bikin malam buat disantap sahur....

Jus Kurma Hangat Ladzidz

Jus Kurma Hangat Ladzidz

Bagi keluarganya ku tidak selamanya yang namanya jus itu harus dingin, apalagi kami masih punya anak kecil yang gampang banget pilek, karena #sayanganak solusi lainnya bautlah jus dengan menggunakan air hangat, si kecil tetap suka karena rasanya yang Ladzidz. Di Ramadhan tahun ini saya coba untuk menyajikan #menuberbukapuasa dengan sajian jus kurma hangat ladzidz, agar si kecil #SiapRamadan dengan saum sehari penuh tanpa rasa letih atau lemas. Untuk para bunda #cookpadders semoga menu ini bisa menjadi inspirasi Selamat mencoba

Chewy Choco Pancake

Chewy Choco Pancake

Ada temen yang ngasih Cocoa Powder bikinan sendiri. Whoaa I'm so excited to cook something. Kebetulan ada terigu dan tepung ketan. Hmmm, I got an idea^^

3 orang
30 menit
Jus Kurma Booster Asi

Jus Kurma Booster Asi

Sibuk ngajar dan jadwal pumping pun berkurang, efek nya asi mulai berkurang, baby sy sudah 1y1m. Semalam mulai buat minuman ini lagi. Dan alhamdulillah hari ini pun terasa banyak. Sy konsumsi diawal masa menyusui dan saat puasa ramadhan.

1 gelas
3 Menit
Kurma cokelat

Kurma cokelat

Ada sisa dcc wktu bikin brownies, ada kurma d kulkas. Lgsg dech d sulap jd kurma cokelat yg endeeeez bingitz,😌

Bubur Kentang lakurbah (labu kurma cambah) MPASI 6+

Bubur Kentang lakurbah (labu kurma cambah) MPASI 6+

🍚karbo: kentang, 🌱sayur: labu siam, kacang2an: cambah pendek

susu almond rasa kurma

susu almond rasa kurma

katanya susu almond mentah itu enak dan bergizi tinggi. katanya lagi, bisa jadi booster asi. tapi saya suka karena membuat nya mudah dan relatif murah dibanding beli susu almond jadi. oya, susu ini ga cocok utk anak2 ya :)

3 porsi
10 menit
Vegan Cake Tape Toping Kurma

Vegan Cake Tape Toping Kurma

Buat Cake Tape , karna banyak yg kasi saran. Utk make it Vagen Cake. Alhamdulillah, di tahap belajar ternyata banyak guru di sekitar kita..

Peach Gum Dessert

Peach Gum Dessert

Dessert satu ini paling enak dimakan pas udah dingin dan keluar dari kulkas. Peach gum ini juga banyak mengandung kolagen yang sangat cocok buat kita para wanita. Yuk cobain aja.

Muffin Apel Dan Kurma

Muffin Apel Dan Kurma

Muffin merupakan kue khas negeri Inggris yang cara pembuatannya tidak rumit. Tinggal campur bahannya dan aduk merata lalu tuang kecetakan. Cake yang manis dan gurih inipun siap dipanggang. Cocok buat cemilan si kecil atau teman minum teh dikala santai.

6 porsi
25 menit
PKK (Puding Kurma Kismis)

PKK (Puding Kurma Kismis)

karena masih ada sisa kurma di kulkas. resep terinspirasi dari youtube. hasilnya legit pulen, healthy yummy

Puding Kurma Sukari

Puding Kurma Sukari

Puding lezat, sehat cuma pake 3 bahan, pasti emak emak seneng kaaan??? Hheee Yuk bikin mak utk orang orang tercinta..

Bolu pisang tanpa terigu dan gula

Bolu pisang tanpa terigu dan gula

Berawal dari berusaha mengurangi gluten dan sugar,terciptalah resep asal jadi tapi rasa jangan ditanya beehhh...anak sya aja lebih milih bolu yg ga pke terigu n gula dari pada yg pake Jdi ceritanya dikasih pisang kepok sama tetangga,dan anak2 n suami ga suka gadoin pisang kepok jdi ta bikinin bolu pisang yg pke terigu dan yg ga pake terigu,alhasil yg habis duluan yg ga pake terigu katanya lebih gurih...heeemmm

Silky pudding avocado dates (camilan mpasi 9m+)

Silky pudding avocado dates (camilan mpasi 9m+)

Sukaaaaakk..mamanya juga sukaak

Bolu tape Kurma keju

Bolu tape Kurma keju

Awalnya untuk dinikmati sendiri.. akhirnya jualan.. hehehe