Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Ketupat Simple yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 8, 2022

Ketupat Simple

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Ketupat Simple yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Ketupat Simple yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Ketupat Simple, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat Simple ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Ketupat Simple yaitu 50 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Ketupat Simple diperkirakan sekitar 2 - 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Simple memakai 6 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Simple:

  1. 2 kg Beras
  2. 5 gayung air
  3. Lilin
  4. plastik ukuran 1 ons
  5. korek
  6. lidi

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Simple

1
Cuci bersih beras. Kemudian tuntaskan sampai kering.
Ketupat Simple - Step 1
2
Setelah kering..masukkan beras dalam plastik. Ulangi sampai beras habis. Sambil membungkus beras.. Bisa panaskan air dg panci yg besar.
Ketupat Simple - Step 2
3
Siapkan korek dan lilin lalu rekatkan stengah bagian atas plastik liat gambar👉 (jangan terlalu keatas, jangan terlalu kebawah) ulangi sampai habis
Ketupat Simple - Step 3
4
Setelah itu tumpuk beberapa bh, bisa lima lima kemudian tusuk2 menggunakan lidi yg lancip jangan yg tumpul
Ketupat Simple - Step 4
5
Jika air dalam panci sudah mendidih, masukkan bungkusan beras satu persatu agar tidak saling menempel ketika di rebus.
6
Tunggu sekitar 2 - 3 jam. Sesekali harus di aduk agar matang merata dan tidak gosong
7
Jika sudah matang, angkat kemudian buang airnya. cuci dg air bersih. Lalu ambil ketupatnya dan sisihkan Dalam wadah
8
Tunggu sekitar 30 menit agar tekstur.na menjadi padat
9
Ketupat siap dihidangkan.
Ketupat Simple - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

Menu 1 ini selalu ada di hari raya idul Fitri... Di daerah Sumatera biasanya ketupat ketan ini disajikan dengan srikaya, ataupun rendang..

12 ketupat
#ketupat

#ketupat

👌

Ketupat kilat

Ketupat kilat

Sudah lama banget gak memasak ketupat. Kalau makan sih sering. Soalnya suka males membuat ketupat, karena merebusnya yang lama. Kurang praktis buat ibu dengan bayi kecil seperti saya. Pengin nyoba rebus ketupatnya pake presto deh. Suami bilang, emang bisa. Lihat aja..he..he

7 ketupat bawang
1 jam 30 menit
Sayur ketupat / Lontong Sayur

Sayur ketupat / Lontong Sayur

Ini enak banget deh..resepnya aku modifikasi dr cookpad mba Rita...cocok ama lidah ku...

Ketupat sayur simpel (bahan seadanya)

Ketupat sayur simpel (bahan seadanya)

Jadi ceritanya bingung mau bkin apa, pas kbtulan di tukang sayur ada ketupat tp sy lupa beli sayurnya (labu siam) 😂 jadilah ketupat kuah tempe dn telur puyuh. bukan ketupat sayur huehehe blm lagi bumbu2 yg seadanya. Gak pakai kunyit dsb 😁

3 orang
30 menit
Sayur besan / sayur ketupat betawi

Sayur besan / sayur ketupat betawi

Puasa udh masuk tanggal 15, artinya sudah kunutan, dan tradisiny kl kunutan buat sayur ketupat #BikinRamadhanBerkesan

5-6 orang
45-60 menit
Sayur ketupat khas Cilegon

Sayur ketupat khas Cilegon

15 hari Romadhon buat ketupat sayur. Walaupun kulit Tangkil harganya mehong, tetep wajib pake. Katanya itu khas Cilegon. Okelah kita eksekusi...biar misua suka.

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Ketupat Sayur Betawi Komplit

Kalau aslinya sih Lontong Sayur Betawi, cuma saya pakai ketupat, jadinya Ketupat Sayur Betawi yang komplit. Ketupat disiram sayur pepaya muda, toppingnya ada semur, opor, kerupuk, sambal kuah (resep menyusul) dan taburan bawang goreng. Endeus banget lah pokoknya. #DariFarhahUntukCookpad #JelajahResepNusantara #MenuNusantara #MasakanKhasBetawi #ResepBetawiFarhah #DirumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_jakarta

Nastar Ketupat Lumer Dimulut (Kue Lebaran)

Nastar Ketupat Lumer Dimulut (Kue Lebaran)

🍍My very first Nastar Source 🔸IG cc @erlina.lim_ ⬇️ Foto rebake di posting di 🔸IG @lins.cookingjourney ⬇️ 🔸Resep asli ga dikasi olesan kuning telur krn konsepnya nastar karakter. 🔸Tapi selama proses berlangsung aku takut retak jd ku oles kuning telur tipis2. 🔸Alhasil matangnya ga cantik krn ada warna lain dr olesan kutelnya. 🔸Untuk rebake lagi disarankan jgn dioles kuning telur ya moms. 🔸Untuk rasa menurut aku udah oke bgt chrunchy plus lembut dr wijsman nya. Selamat mencoba🥰 #nastarketupat #nastarkarakter #nastar #kuekering #posbar_ramadan #KampoengRamadan #AkuManis #CookpadCommunity_Semarang

2 Jam
Ketupat Janur

Ketupat Janur

Ini pertama kalinya masak ketupat sendiri, biasanya udah tinggal makan aja kalo mudik 😅 Untuk banyak orang, tahun ini adalah yg pertama kali tidak mudik, masak sendiri, jauh dari keluarga terutama yg rantauan. Begitupun saya yg rantau, tapi saya tetap bahagia bisa tetep bareng anak & suami. #dirumahsaja #TiketMasukGoldenApron3

Ketupat opor #BikinLebaranBerkesan

Ketupat opor #BikinLebaranBerkesan

Lebaran di tanah rantau, gara-gara suami gak dapat cuti lebaran. Akhirnya iseng-iseng bikin ketupatlah biar lebaran gak semakin terharu. #cookpadcommunity

Cara Memasak Ketupat dengan irit gas

Cara Memasak Ketupat dengan irit gas

#TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadhanCookpad #MudikOnline

Ketupat Lebaran

Ketupat Lebaran

Kami Sekeluarga, Menghaturkan Selamat Lebaran, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, 1Syawal 1442H/2021M. .🙏🙏🙏. Tradisi di kelg, Rasanya kalau sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sbg tanda Kemenangan di Hari Fitri, memasak Ketupat Lebaran ini. . Masak Sedikit Saja sbg Symbolis hanya 20buah Ketupat Lebaran. . 🤲🤲🤲😄😄☺️.

Rame-rame
5Jam
Sayur Ketupat Labu Siam

Sayur Ketupat Labu Siam

Ada bermacam sayur ketupat di hari Lebaran. Sayur labu siam merupakan jenis sayur ketupat khas Betawi yang menjadi favorit keluarga di Hari Raya. Rasanya segar dan gurih..Bisa juga untuk sayur hidangan sehari-hari.

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

Kalau di tempatku bikin ketupat itu setelah seminggu lebaran, jadi bukan hari pertama lebaran...namanya Bodo Kupat...😊 Di sini aku tdk pake kemiri ya Mom...krn aku udah pake kaldu daging dan ebi...jd udah gurih...dan aku tdk suka sayur yg kuahnya kental...aku lebih suka kuahnya ringan tp gurih.

Ketupat presto cuma 1 jam

Ketupat presto cuma 1 jam

Pertama kali bikin ketupat dan hasilnya bagus bangeeet,g nyangka bisa berhasil sampai pengen loncat2 saking senengnya

Terik ati ayam, tempe, tahu dan telur

Terik ati ayam, tempe, tahu dan telur

Satu kali masak bisa dpt berbagai macam makanan. Ada tempe, tahu, telur dan ati ayam jadinya irit waktu. Ini kali pertama bikin terik khas Yogya, rasanya enak sekalee mirip" opor rasanya. Resep dari idolaku, Mba Diah Didi yg selalu menginspirasi.

Sate sapi teflon empuk bumbu kacang + ketupat

Sate sapi teflon empuk bumbu kacang + ketupat

Dalam rangka memperingati hari raya idul adha, menu ini pasti wajib ada di setiap qurban. Langsung deh eksekusi...Semua bahan yang digunakan disesuaikan saja dikira-kira. Supaya daging sapinya empuk ga alot, saya bungkus menggunakan daun pepaya selama 1 jam.

15 tusuk