Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) yang Menggugah Selera

Dipos pada July 1, 2019

Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step)

Sore-sore begini enaknya membuat Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) yaitu 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) memakai 10 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rugi rasanya kalau orang asli madiun tidak bisa membuat sambel (nasi) pecel yang notabene makanan khas asli Madiun. Resep ini turun temurun.. :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step):

  1. 125 gr kacang tanah
  2. 50 gr gula merah
  3. 9 buah cabe rawit
  4. 2 buah cabe keriting
  5. 6 gr bawang putih
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 5 gr asam jawa
  8. 12,5 gr gula pasir
  9. 6 gr garam
  10. 6 gr kencur

Langkah-langkah untuk membuat Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step)

1
Kacang tanah disangrai (digoreng tanpa minyak) hingga matang
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 1
2
Setelah dingin, remas-remas agar kulit arinya terkelelupas
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 2
3
Setelah bersih, kacang dihaluskan (diuleg atau diblender)
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 3
4
Siapkan bumbu-bumbunya
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 4
5
Diuleg bersama-sama hingga lembut
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 5
6
Setelah bumbunya lembut dan rata, siap digabung dengan kacang
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 6
7
Masukkan bumbu halus ke dalam kacang yang sudah lembut
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 7
8
Campur hingga rata menggunakan spatula
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 8
9
Sambel siap dikonsumsi.
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 9
10
Cairkan dengan air hangat secukupnya
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 10
11
Aduk hingga semua sambel sudah larut dengan air.
Sambel (Nasi) Pecel Madiun Ekspress Pedes (foto step by step) - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambel Pecel Lele

Sambel Pecel Lele

Kalau sambel pecel lele begini yg bikin rasa lebih enak dari jeruk limaunya ni, bikin gagal diet ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Nasi uduk ricecooker lauk pecel lele an

Nasi uduk ricecooker lauk pecel lele an

Pingin nasi uduk tapi pakai lauk ala pecel lele an pinggir jalan. Buat deh nasi uduk ricecooker gampang dan enak. Untuk resep ayam nya bisa dilihat di menu cookpad ku ๐Ÿ˜Š

2 porsi
Pecel Lele

Pecel Lele

Suka bingung kalau mau masak. Kira2 masak apaa ya biar ngga ngebosenin yang makan, tapi ke ekonomisan teuteup terjaga..yang tak kalah penting diperhatikan gizi dan tentu saja rasanya ๐Ÿ‘. ( meni banyak pertimbangan nya ai emak2!, hi..hi..). Menurut saya ini harus, so'alnya menurut pengalaman, meskipun sudah hemat dan bergizi, tapi rasanya kurang ok dilidah, anak2 suka nggak mau. Kan mubadzir! Malah ujung2ngnya jadi boros karena harus nambah menu ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ญ. Naah..pecel lele ini termasuk dalam daftar menu yg disukai oleh anak2. Selain rasa lelenya yg gurih- gurih syedap, juga di padu dengan sambal pecelnya yang agak2 manis pedass..so..maknyuss! ๐Ÿ‘Œ, ( menurut saya siih!..๐Ÿ˜๐Ÿ˜). Kita intip aja yuk!

1 porsi
Sambel pecel lele/ayam

Sambel pecel lele/ayam

Keluargaku seneng banget sama nasi uduk pecel lele/ayam. Karena masa PPKM susah mau beli2, akhirnya coba2 lah kombinasi resep sambal. Kan kalau bikin sendiri lebih higienis juga. Hehe... akhirnya dapet resep ini.. alhamdulillah dirumah pada suka..

30 menit
Pecel sayur selera

Pecel sayur selera

Ini dia. saladnya orang jawa yang sehat, mengenyangkan dan mudah dibuat. Selamat mencoba :))

213) Nasi Pecel Madiun

213) Nasi Pecel Madiun

Source : ayunabillarumaropen Alhamdulillah sabtu kemaren bener2 menjadi sabtu kenangan yg tak terlupakan. Utk pertama kalinya bertemu team cookpad dan jg ketemu teman2 yg slama ini cm chit chat di grup wa, cp, fb atopun ig. Jg berkenalan dg teman2 yg aktif selancar dicookpad. Dan yg penting pengalaman berharganya adlh disamping menyambung silaturahmi, kitapun jadi tau apa it cookpad, sejarah berdirinya cookpad dan tujuannya cookpad. Jg kmrn dpt bonus baking bikin bolu gulung batik mini dr ibu siswaty elfin bachtiar. Masya Allah senengnya kan,, semoga momen2 ini bisa terulang kembali. Aamiin. Mgkin awal perkenalanku dg cookpad agak sedikit berbeda ya dg org yg kenalan dg cookpad utk menyimpan resep, menulis resep ato mencari resep. Baru menikah, baru belajar masak ato belajar baking. Tp aq kenalan dg cookpad awalx krn aq ingin melampiaskan kekecewaanku pd takdir. Iyap januari lalu aq kehilangan janin yg aq tunggu2,, biar aq gk nyalahin takdir aq selancar didunia maya& berkenalan dg cookpad,, akhirnya sedikit demi sedikit aq dah lupa kejadian pahit itu krn saking asyiknya main didapur. Terima kasih cookpad Pecel,, salah satu makanan favorit kami. Dan kta tetangga yg org madiun, pecel madiun sedikit identik agak manis dan kacangnya it disangrai, enggak digoreng. Tpi karna jam 06.30 wib ud hrus mateng masaknya, aq goreng aja nih kacang. Makax resep mbk ayu ini pas dihati. Makasih mbk ayu. Makasih cookpad #cookpadcommunity_surabaya #combro_surabaya #homemadeisbetter #alamamarayya

#68 Nasi Pecel

#68 Nasi Pecel

Dulu waktu masih tinggal di surabaya punya langganan nasi Pecel enak banget. Saya type org yang kalau makan nasi Pecel nggak mau lauk yang neko neko, buat saya makan nasi Pecel, rempeyek plus telur ceplok itu surga dunia. #MasakAsik #nasipecel #resepnasipecel

Pecel Lele

Pecel Lele

Sederhana. Enak dan seger.

11 porsi
Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun

Bismillah,... Rabu 4 Agustus 2021,.. Alhamdulillah,... Kemaren coba bikin nasi pecel Madiun resep dari mba mala,.. nyummii banget cuman disini saya pake bahan2 yang ada dikulkas . . #CookpadCommunity_Palangkaraya #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng

Pecel lele trasi mentah

Pecel lele trasi mentah

Menu makan malam kali ini adalah ikan lele, masak sederhana aja cari yg simpel-simpel ๐Ÿ˜„

8 porsi
Sambal Kemangi ala Pecel Lele

Sambal Kemangi ala Pecel Lele

Sambal ini paling enak sih menurut aku. Ada wangi khas kemanginya. Dan menemukan resep di cookpadnya mba indri. Thanks mba resepnya. Beberapa bahan aku skip karena gak punya.

Sego Pecel

Sego Pecel

tiba2 pingin bngt bikin pecel khas madiun, dgn lauk peyek ae wes nikmat nya tiada tara...yukz kepoin resepnya

Sambel ala pecel lele Lamongan๐ŸŒถ๏ธ

Sambel ala pecel lele Lamongan๐ŸŒถ๏ธ

Pasangan lele gorengโ˜บ๏ธ..

Pecel Lele

Pecel Lele

dibawain lele suamik lsg cusss dong. . buat makan malem

Pecel Lele Pedas Kemangi

Pecel Lele Pedas Kemangi

#reseppertamaku

5 porsi bisa
Pecel Lele

Pecel Lele

Menu makan malam special bwt paksuami dan anak... secara aq ga makan lele... he...he... menu yang sangat umum siih..,cuma sambal yang mungkin beda beda... masing" punya cita rasa sendiri...klo paksuami ku suka sambal yang pedas, jd pemakaian tomat hanya sedikit dan beliau ga sukak klo sambalnya dikasih jeruk... jd ga pedes katanya...ha...ha...ha Ini sambal qu, mana sambal mu...๐Ÿ˜€

Sambel kemangi/sari laut pecel lele

Sambel kemangi/sari laut pecel lele

Source:dapur vy.thanks.