Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul yang Menggugah Selera

Dipos pada October 18, 2018

Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul sekitar 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul diperkirakan sekitar 120 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul:

  1. 250 gr tepung ketan
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 1 sdt kapur sirih larutkan dengan 3 sdm air, saring
  4. secukupnya garam
  5. 5 sdm gula pasir
  6. 5 butir gula merah
  7. 2 batang daun pandan wangi panjang kurleb 30 cm
  8. 1/2 butir kelapa
  9. secukupnya air
  10. 1 batang serai

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul

1
Siapkan wadah, tuangkan tepung ketan, tambahkan air kapur sirih, beri garam secukupnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Adonan agak lembek tapi tidak lengket yaa.
Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul - Step 1
2
Siapkan nampan, taburi tepung tapioka. Pulung adonan sedikit bulatkan dan letakkan pada nampan yg telah ditaburi tepung. Note sisakan 5 sdm tepung tapioka dari 100 gram totalnya tadi. Selain itu seluruhnya untuk taburan agar tidak lengket satu sama lain. Lakukan sampai adonan habis.
Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul - Step 2
3
Sembari membentuk adonan jadi bulatan kecil-kecil. Didihkan 5 gelas air, rebus gulpas dan gulmer bersama daun pandan dan serai sampai gula larut. Kemudian saring air gula. Bola-bola adonan sudah jadi taraaaa
Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul - Step 3
4
Panaskan kembali air gula, setelah mendidih masukkan bola adonan, biarkan sampai mengambang sambil sesekali diaduk sampai dasar panci yaa agar tidak lengket di dasar panci. Tunggu sampai semua mengambang. Sembari menunggu larutkan 5 sdm tapioka dengan segelas air. Setelah mengambang masukkan larutan tapioka sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Aduk sampai matang, matikan api.
Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul - Step 4
5
Parut halus kelapa, beri 3 gelas air dan saring. Disihkan santan tambahkan sedikit garam, aduk saat santan mulai mendidih agar tak pecah. Matikan api.
6
Sajikan bubur candil lalu tuangkan santan diatasnya. Siap memanjakan lidahmu kenyal gurih sluuuuurpp :P
Bubur Candil a.k.a Jenang Grendul - Step 6
7
Happy cooking dan selamat mencoba. See you!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur candil

Bubur candil

Mau bikin kolak ada sisaan ubi beda warna alhasil bikin ini aja sayang gak ada daun pandan nya

Jenang Grendul/Jenang Sapar

Jenang Grendul/Jenang Sapar

Sebagai orang Jawa yang masih memegang teguh ajaran Jawa,biasanya ibu saya tiap bulan safar membuat bubur ini dan diantarkan ke tetangga- tetangga. Hari ini saya ingin sekali membuatnya sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Bubur Nasi Sisa Kemarin

Bubur Nasi Sisa Kemarin

Memanfaatkan nasi sisa.. yang biasanya cuma dibuat nasi goreng ataupun bola-bola nasi, nah sekarang buat bubur dong. Awalnya mau di buat nasi goreng, terus pas cari resep bubur ayam, lihatlah si bubur dari nasi sisa ini. Kebetulan dirumah ada, langsung aja eksekusi. Ternyata rasanya enak lho, gak kalah sama bubur ayam yang dari beras asli (eh ini asal mulanya juga dari beras ya) 🤭😋 Source : @DapoerTara_8305039 #KopiJos #SelaluIstimewa #CookoadCommunity_Yogyakarta

3-4 porsi
± 1 jam
Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

Hujan"lagi pingin makan bubur😋

5_6orang
Kolak candil rainbow ubi cilembu

Kolak candil rainbow ubi cilembu

Punya ubi udah 3hari ddiemin aja,bingung mau d bikin apa..akhirnya suami ksh ide bikin kolak aja..spy ada variasi akhirnya bikin kolak candil rainbow 😍

5 porsi
1jam
Bubur candil

Bubur candil

Mau bikin cemilan tp yg ramah tenggorokan 😂 liat2 cookpad, ktemulah resep ini trims2

Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung

Mendadak bikin bubur ayam karna suami mendadak "gusi bengkak" wkwk takut kalo bikin nasi gak kemakan karna yang tukang habisin nasi dirumah kan doi 😂 Baru sekali bikin bubur ayam bandung yang pakai kuah khas gini , biasanya beli di abang abang di alun alun tiap minggu pagi sebelum ada Pandemi ini :) Bikin dadakan tapi cukup mengobati rasa rindu makan buryam bandung , udah lama tidakkkkk... Tak percaya tenyata aku rajin juga bikin beginian🤓 Source : Sri Nabila #PejuangGoldenApron3 #AksiDutaRecookMartapura #AksiDutaRecookBanjarmasin

4 Porsi
1 jam
Bubur Sumsum dan Candil

Bubur Sumsum dan Candil

Kalau di medan namanya candil, kalau anak jabodetabek biji salak.

Bubur kuah kaldu ayam

Bubur kuah kaldu ayam

Hujan2 enaknya makan bubur kuah🤤

keluarga kecil
1 jam
Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Edisi nemu foto lama, save lagi resepnya di cookpad.. Supaya gampang kalo mu buat lagi.. Source resep dari cookpad dengan beberapa penyesuaian..

Candil ubi ungu alias jenang grendul vrs jawa

Candil ubi ungu alias jenang grendul vrs jawa

Ada sisa ubi rebus kemarin, di makan malas, karena ubi rebus enaknya pas lg hangat dan baru... Buat candil aja... Hasilnya malah ludes ,,, 😁 #intipISIpiringku

Bubur ayam rumahan

Bubur ayam rumahan

Bikin buryam untuk pertama kali nya dan Alhamdulillah rasanya memuaskan 😻 yukkk di recook Bun ..

5 porsi
Bubur Candil

Bubur Candil

Buka IG nemu resep bubur candil uni Icha Irawan, so jd pengen ikutan bikin jg. Bikinnya gampang banget ya, dan sy hanya bikin 1/2 resep sj.

Bubur ayam

Bubur ayam

Lagi lagi menu favorit utk berbuka puasa,karena anak anak kurang suka makan kue bakwan dll jd lah saya buatkan bubur ayam yg simpel,, #siapramadhan

Bubur sop ayam cirebon

Bubur sop ayam cirebon

Gak bs mudik, membawa hikmah untuk buat bubur sop ayam cirebon ini. Rasanya blm nendang ky yg di langganan, tp stdknya bs mengobati rindu pd kampung halaman, mirip rasanya, cm krg kacang kedelai goreng, bawang goreng. Krn gak suka daun bawang iris jd gak pke

2 porsi
Candil labu kuning

Candil labu kuning

Terbanyak labu kuning sisa masak kemarin, daripada busuk di kulkas di bikin candil aja toh ada tepung ketan sisa bikin dhongsoi​ yuen 😀 Akihnya bikinlah Candil sederhana

Bubur kacang ijo+candil

Bubur kacang ijo+candil

Coba coba sebenarnya dan jadi juga hasilnya..hhee