Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakpia Isi Kacang Hijau yang Enak

Dipos pada November 7, 2019

Bakpia Isi Kacang Hijau

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bakpia Isi Kacang Hijau yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakpia Isi Kacang Hijau yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakpia Isi Kacang Hijau, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bakpia Isi Kacang Hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bakpia Isi Kacang Hijau biasanya untuk 34 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakpia Isi Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakpia Isi Kacang Hijau memakai 14 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah, ๐Ÿง๐Ÿฐ Resep ke : 0058 ๐Ÿฐ๐Ÿง

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakpia Isi Kacang Hijau:

  1. โ— Bahan I :
  2. 200 gr tepung terigu
  3. 50 gr gula halus
  4. 75 gr mentega
  5. 70 mL air biasa (bisa menyesuaikan)
  6. โ— Bahan II :
  7. 100 gr tepung terigu
  8. 75 gr mentega
  9. 1 sdm minyak goreng
  10. โ— Bahan Isian kacang hijau :
  11. 250 gr kacang hijau
  12. 100 mL santan kental
  13. 100 gr gula pasir
  14. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bakpia Isi Kacang Hijau

1
โ— Bahan isian kacang hijau : Rendam kacang hijau kurang lebih 8-10 jam, bersihkan dari kulitnya. Lalu rebus atau kukus kacang hijau yang sudah dibersihkan dari kulitnya, masak hingga matang. Note : โ–ช๏ธŽ Kalau tidak mau ribet, bisa beli kacang hijau yang sudah dikupas ya. โ–ช๏ธŽ Sebaiknya kacang hijau dikukus, karena tidak terlalu banyak mengandung air.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 1
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 1
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 1
2
Kemudian haluskan kacang hijau menggunakan blender, sendok atau semisalnya. Siapkan bahan isian kacang hijau :
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 2
3
Campur semua bahan isian kacang hijau. Aduk rata. Masak hingga isian kacang hijau mengental dan kalis. Sisihkan Note : โ–ช๏ธŽ Jika tidak suka manis, bisa dikurangi takaran gulanya.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 3
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 3
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 3
4
Setelah isian kacang hijau dingin. Bagi isian menjadi : โ–ช๏ธŽ 10 gr /pcs = 34 buah
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 4
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 4
5
โ— Bahan I : Campur semua bahan, lalu uleni hingga kalis. Diamkan kurang lebih 15 menit. Sisihkan.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 5
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 5
6
โ— Bahan II : Campur semua bahan, lalu uleni hingga kalis. Diamkan kurang lebih 10 menit. Sisihkan.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 6
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 6
7
Setelah adonan I dan II didiamkan. Bagi adonan menjadi : โ–ช๏ธŽ Bahan I : 10 gr /pcs = 34 buah โ–ช๏ธŽ Bahan II : 5 gr /pcs = 34 buah Atau bagi berat adonan sesuai selera.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 7
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 7
8
Ambil adonan I, lalu pipihkan menggunakan tangan. Kemudian ambil adonan II, letakkan di atas adonan I.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 8
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 8
9
Selanjutnya bulatkan adonan dan diamkan kurang lebih 30 menit.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 9
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 9
10
Setelah didiamkan. โ–ช๏ธŽ Ambil adonan, lalu gilas memanjang dan lipat (lipatan ke-1). โ–ช๏ธŽ Kemudian letakkan lipatan pada bagian bawah. Note : โ–ช๏ธŽ Untuk gilasan, bisa mengarah ke atas bawah atau kanan kiri. โ–ช๏ธŽ Tapi biasanya yang sering dipakai gilasan mengarah ke atas bawah.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 10
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 10
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 10
11
โ–ช๏ธŽ Lalu gilas. โ–ช๏ธŽ Lipat lagi adonan (lipatan ke-2). โ–ช๏ธŽ Kemudian letakkan lipatan pada bagian atas.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 11
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 11
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 11
12
โ–ช๏ธŽ Lalu gilas. โ–ช๏ธŽ Dan liipat adonan (lipatan ke-3).
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 12
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 12
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 12
13
Diamkan adonan kurang lebih 30-60 menit. Note : โ–ช๏ธŽ Semakin lama adonan didiamkan, akan semakin baik karena tekstur adonan akan lentur dan mudah untuk digilas.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 13
14
Setelah didiamkan, ambil adonan lalu gilas melebar. Kemudian letakkan isian kacang hijau ditengah adonan.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 14
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 14
15
Bulatkan adonan, lalu pipihkan sedikit menggunakan jari.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 15
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 15
16
Susun bakpia di atas loyang yang telah diolesi minyak goreng. Panggang bakpia pada 2 sisi, yaitu atas dan bawah hingga matang. Note : โ–ช๏ธŽ Bila sisi bawah sudah berwarna kecoklatan, balik bakpia dan panggang kembali sampai sisi atas berwarna kecoklatan.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 16
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 16
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 16
17
Bakpia isi kacang hijau siap disajikan.
Bakpia Isi Kacang Hijau - Step 17

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Wingko Babat Keju

Wingko Babat Keju

Bismillah๐Ÿ˜ŠSource : @MomsFirza_310571 aku sedikit modifikasi Resep nya dengan menambahkan Keju di dalam adonan,dan lupa pakein pasta pandan,jadinya warna nya putih deh hehehe tanpa cetakan hanya mengandalkan Teflon pulak๐Ÿ˜†jadi bentuk nya ya alakadarnya๐Ÿคญtapi Rasanya sih udah enak banget Budhe,takaran nya pas ..besok2 pengen bikin lagi buat cemilan di rumah,soalnya tadi kurang banyak bikin nya budhe hihii ๐Ÿ˜Terimakasih inspirasi Resepnya๐Ÿ˜ #GA650_budeati #CookpadCommunity_Tangerang

5 Orang
1 Jam
Kue lapis sakura

Kue lapis sakura

Bikin kue lapis dng versi cepat ya dicetak pk cetakan kecil dong. Yuks dicoba yakin uenakkkk.

22 pcs
Nagasari Labu Kuning

Nagasari Labu Kuning

Di ajak #Barampaan alias masak bareng sama Cilmin #cookpadcommunity_Borneo dengan tema olahan nagasari labu kuning #Barampaan_Nagasari. Nah... kalau di Kalimantan, olahan labu kuning ini disebut juga dengan nama pais (pepes) waluh (labu kuning). Dannn... biasanya khan nagasari dimasak dalam bentuk yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus ya....? Tapi kali ini saya bikin nagasari labu kuning dari resepnya @Bunda_Nafisha yang saya modifikasi dalam versi kekinian tanpa menggunakan daun pisang namun menggunakan cetakan bunga kemudian dikukus, terinspirasi dari resep nagasari milik @cookingwithhel di IG. Rasa manis gurihnya pas dengan tekstur yang sedikit kenyal. Bisa nih buat ide jualan. Yuk ah diintip resepnya #PekanPosbar #OlahanAnekaBuah #KulaEtamCoCok #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #CookpadIndonesia

Bika ambon mini rasa pandan

Bika ambon mini rasa pandan

Entry for @aop_indonesia minggu kemaren. Bika ambon ekonomis ini enak, lumayan lah buat cemilan moms

30biji
1jam 40menit
Klepon Labu kuning

Klepon Labu kuning

Alhamdulillah sudah sabtu lagi..saatnya kita setoran semarak untuk clover kali ini ak yang nantangin temanยฒ clover untuk mengolah makanan dari bahan utama Tepung ketan...dan hasilnya diluar ekspetasi alias mengagumkan karena temanยฒ mengolah tepung ketan dengan ideยฒ brilian dan semuanya enakยฒ..makasih ya temanยฒ clover..kali ini kami warga 3C juga kedatangan tamu spesial ini saya cooksnap resep beliau klepon labu kuning dan foto ini di krisan langsung sama cikgu @heshidayat makasih ya cikgu ilmunya editnya cuma crop dan watermark aja..sehatยฒ ya cikgu berkah ilmunya in sya Allah.. Source : @heshidayat #imaimey #imaimeykleponlabukuning #OlahanLabukuningimaimey #TepungKetaninAku #Semarak_TepungKetaninAku #TidakSekedarMemasak #CloversCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #CookingCommunityClass_MinimalisFoodPhoto #Spatula3C_HesHidayat #SpesialGA3C_DesfitaMamiCay #SalamKompkSelalu

Telur Dadar Gulung Jelita

Telur Dadar Gulung Jelita

Terinspirasi dari CAKE JELITA. Kalo telur dadar dibuat JELITA bisa nggak ya. Mmm, gini deh hasilnya. Walaupun belum rapi banget tapi Alhamdulillah bisa menyenangkan sikecil dan lahap makannya. #MeolahCaruan_DadarGulungSayur #DadarGulungSayur #KreasiDadarGulungSayur #KulaEtamCoCok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Bontang #PejuangGoldenBatikApron #PekanPosbar #SerbaWrap

Kicak Rainbow Bekuah Santan

Kicak Rainbow Bekuah Santan

Source: @dapur_imaimey Semarak lagi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Kali ini tema di tentuin sama mba @dapur_imaimey yaitu olahan tepung ketan, kebetulan saya punya stock tepung ketan sama santan. Jd bikin yg ada saja lah ya.. Hehe Initip resepnya mba imaimey ada kicak rainbow dan aku tertarik membuatnya ๐Ÿ˜ Kicak ini rasa nya mirip dengan candil kalau di Jawa, hanya saja kuahnya pakai gula putih. Kicak ini makanan khas kalimantan dengan bentuk nya yg unik bulat pipih cekung di tengahnya.. Lucu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #TepungKetaninAku #Semarak_TepungKetaninAku #CloversCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang

2 porsi
30 menit
418. Risol Roti Tawar Mayo Frozen #RamadanCamp_Misi4

418. Risol Roti Tawar Mayo Frozen #RamadanCamp_Misi4

Ini adalah salah satu kudapan yang bisa dikonsumsi untuk takjil saat berbuka puasa. Roti tawar sepertinya menarik untuk disiapkan menjadi takjil yang anti ribet, apalagi bisa disimpan frozen. Risol roti tawar mayo frozen Tips : mayones atau saus jangan terlalu banyak supaya tidak encer. Pastikan kita melipat risol sampai rapat betul dan melumurinya sampai rata. Sehingga tidak pecah saat digoreng. #RamadanCamp_Misi4 #posbar #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood #CookpadCommunuty_Bogor #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron week8 Minggu 152

8 pcs
30 menit
Nagasari Waluh Jagung

Nagasari Waluh Jagung

Baru tau kalau nagasari waluh ini sejenis pais waluh ๐Ÿ˜… karena sebelumnya sudah ada resep pais waluh kali ini dikreasikan dengan jagung. #barampaan #pekanposbar #olahananekabuah #cookpadcommunity_kalsel

Bolu karamel a.k.a sarang semut anti gagal

Bolu karamel a.k.a sarang semut anti gagal

Baru pertama kali nyobain resep ini . Alhamdulillah sesuai ekspektasi. Jadi cantik juga bersarang . Di sini pake loyang tulban UK 22 cm . Di oven selama 50 menit .

Loyang bulat 22 porsi
50 menit
Misro (Amis Dijero)

Misro (Amis Dijero)

Cocok banget ini buat pengganjal lapar,mudah bgt buatnya juga, selamat mencoba bund ๐Ÿค—

6 orang
10 menit
Roti Moho

Roti Moho

Sudah lama pengen bikin kue ini, karena dulu suka banget sama kue ini dan sekarang sudah langka, nggak ada yang jual di pasar. Kebetulan ada tape singkong, ya udah bikin aja Roti Moho ๐Ÿ˜‰ rasa dan tekstur khas banget, kayak kembali ke masa lalu ๐Ÿ˜ kalo penasaran, yuk intip cara pembuatannya di bawah ini! ๐Ÿ˜Ž #RotiMoho #JajananPasar #PejuangGoldenBatikApron

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Kegiatan ๐˜พ๐™ค๐™—๐™ค๐™ฎ (Cookpad Community Surabaya) minggu ini dengan Tema ๐™…๐™–๐™Ÿ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ฃ ๐™๐™ง๐™–๐™™๐™ž๐™ฉ๐™ž๐™ค๐™ฃ๐™–๐™ก ๐™๐™š๐™ข๐™–๐™ฃ ๐™‡๐™ž๐™—๐™ช๐™ง๐™–๐™ฃ Bersamaan dengan tugas dari ๐™ˆ๐™–๐™ข๐™–๐™ ๐˜พ๐™ค๐™ค๐™ ๐™ฅ๐™–๐™™ yaitu ๐™‹๐™š๐™จ๐™ค๐™ฃ๐™– ๐™†๐™ช๐™ก๐™ž๐™ฃ๐™š๐™ง ๐™„๐™ฃ๐™™๐™ค๐™ฃ๐™š๐™จ๐™ž๐™–, dimana kita ditantang untuk memperkenalkan keanekaragaman kue khas dari berbagai daerah yang pernah kita singgahi sebagai oleh-oleh yang senantiasa dinanti oleh keluarga dan handai taulan yang kita sayangi. Dan pilihan saya jatuh ke kota ๐™Ž๐™ค๐™ก๐™ค atau ๐™Ž๐™ช๐™ง๐™–๐™ ๐™–๐™ง๐™ฉ๐™–, bagi saya Solo adalah kota yang indah dengan keramahtamahan masyarakat nya dipadu dengan berbagai jajanan kuliner yang istimewa, dan yang paling berkesan dan selalu saya rindukan tiap kali ke Solo adalah ๐™†๐™ช๐™š ๐™Ž๐™š๐™ง๐™–๐™—๐™ž ๐™ ๐™๐™–๐™จ ๐™‰๐™ค๐™ฉ๐™ค๐™จ๐™ช๐™ข๐™–๐™ฃ nya, Kue Serabi ini berbeda dengan kue serabi dari daerah lain, Citarasa manis yang pas dipadu dengan siraman santan kental diatasnya dengan aneka topping semakin menambah kelezatan kue ini. Beberapa kali saya mencoba membuat namun belum menemukan rasa yg pas dan mirip dari aslinya, baru saat ini lah saya mencoba dan 90% mendekati rasa dari khas nya Serabi Notosuman, karena rasa kangen dan pengen sekali dengan serabi favorit saya, saat mencoba dan ternyata berhasil rasanya itu sangat luar biasa senang nya, tdk perlu harus jauhยฒ saya ke Solo hanya utk membeli Serabi kesukaan saya dan keluarga. #Mbois_JajananTradisionalTemanLiburan #CoboyMbois_JajananTradisionalTemanLiburan #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #PesonaKulinerIndonesia #PekanRekreasi #masakbarengkakmin #Mbk_serabi

10 pcs
120 menit
Kue lumpur labu kuning

Kue lumpur labu kuning

Alhamdulillah .... bisa ikut meramaikan Goyang Dapur Paders Rabu 10 November 2021 dengan Tema Baking : " Kreasi Labu Kuning " . Macam macam kudapan yang menggunakan labu kuning atau kabocha ide dari Mba @niar_arifuddin . Akhirnya mencoba KUE LUMPUR LABU KUNING yang belum pernah . Ternyata pas komposisi resepnya , lembut , manis pas rupanya labu kuning dicoba dibuat apapun memang enak ๐Ÿคญ. Source : @MomsFirza_310571 #GoDa_BuLabu #GoDa_Paders #komunitaspaders #Cookpadindonesia #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

28 buah
120 menit
Wajik

Wajik

Favorit banget......dicoba yukkk

Serabi Kuah Kinca

Serabi Kuah Kinca

Akhirnya ngerasain juga bikin serabi.Pertama kali ini๐Ÿ˜,jadi harap maklum bentuknya ga bulet cantik Utk resep,anti gagal yah...aku pake resep youtuber cantik @rhestidanty yuk yuk cobain resepnya Source: @rhestidanty #GenkPejuangDapur #CookMemberGenkPeda_RhestiDanty #GenkPeda_Eksis

Pastel Brutus isi bihun

Pastel Brutus isi bihun

Source:@lysatangkulung.posbar bersama cookpad cookpaders tema bihun.saya bikin pastel Brutus isi bihun.sangat puas dengan hasilnya,enak dan renyah serta nampak brutusnya.yuk ini resep yang saya pakai #pekanposbar #kreasibihun #idemasakku #cookpadcommunity_bandung #cookpadindonesia #olahanbihun #bihun #pastelbrutus #pastelrenyah

Onde onde ketawa mini

Onde onde ketawa mini

edisi nyenengin suami, soalny kalo jajan nyarinya onde onde ketawa. pas bgt dpt resepnya. cuss langsung bikin dirumah aja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜