Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Lumpia Sayur Khas Bali yang Enak Banget

Dipos pada October 11, 2020

Lumpia Sayur Khas Bali

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Lumpia Sayur Khas Bali yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Lumpia Sayur Khas Bali yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lumpia Sayur Khas Bali, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lumpia Sayur Khas Bali bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Lumpia Sayur Khas Bali kira-kira 15 pc. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lumpia Sayur Khas Bali sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lumpia Sayur Khas Bali memakai 23 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jalan-jalan ke pantai terus ngemil lumpia? Ah, mantap! Jangan lupa minumnya es kelapa muda. 🤤 Bayanginnya aja udah enak banget, apalagi beneran? Terselip doa, semoga suatu hari bisa mengunjungi dan meng-eksplore keindahan Pulau Bali... Aamiin... **** Coboy Ngaco kali ini bareng Mbak @oliveiafaizin dari komunitas Bali, jadilah kita diajakin jalan-jalan kulineran yang ada di Bali. Bingung mau buat apa, kebetulan ada kulit lumpia di freezer, jadi buatlah lumpia khas Bali ini. Katanya, yang bikin khas adalah di Pantai Bali itu banyak yang menjajakan lumpia ini. Sebenarnya lumpia ini disajikan dengan saos tauco, tapi karena nggak dapat tauco akhirnya saya pakai saos tomat pedas aja. Rasanya nggak kalah enak dan bikin nagih, satu resep ini masih kurang. 🤤 Cooksnap resep milik : @Erlyn_DapurMomsKI Resep asli pakai kubis, tapi karena si mbah nggak suka kubis, jadi saya ganti sawi putih. #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_OliveiaFaizin #NgacoBareng_OliveiaFaizin #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #Rekreasi_Bali

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lumpia Sayur Khas Bali:

  1. 15 lembar kulit lumpia siap pakai
  2. Bahan Isian :
  3. 2 buah wortel
  4. 250 gram sawi putih
  5. 100 gram kecambah
  6. 1 batang bawang prei
  7. 5 siung bawang putih
  8. 6 buah bawang merah
  9. 1 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt kaldu jamur
  11. 1/2 sdt merica
  12. 1/2 sdt garam
  13. Bahan Saos Pedas :
  14. 1 siung bawang putih
  15. 5 buah cabe rawit
  16. 5 sdm saos tomat
  17. 1 sdm saos cabe
  18. 50 ml air
  19. Bahan Perekat
  20. 1 sdm tepung terigu
  21. 5-7 sdm air
  22. Bahan Lain :
  23. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Lumpia Sayur Khas Bali

1
Cuci bersih sayuran. Parut wortel dan rajang sawi putih. Siapkan duo bawang, cincang kasar
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 1
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 1
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 1
2
Tumis duo bawang dengan sedikit minyak, masukkan gula, aduk rata, biarkan bawang kecokelatan dan gula larut.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 2
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 2
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 2
3
Masukkan sawi putih dan wortel, aduk rata. Jika sudah sedikit layu, masukkan kecambah, bawang prei, kaldu jamur, merica, dan garam.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 3
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 3
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 3
4
Aduk rata dan test rasa. Setelah pas dan matang. Dinginkan.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 4
5
Buat adonan perekat, campur terigu dan air, aduk rata. Kekentalannya sesuaikan saja, ya.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 5
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 5
6
Mari kita mulai melipat. Siapkan semua bahan.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 6
7
Ambil selembar kulit lumpia siap pakai, isi dengan bahan isian, lipat sisi kiri, beri bahan perekat, lipat sisi kanan. Tekan sedikit dibagian tengahnya.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 7
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 7
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 7
8
Gulung lumpia, beri bahan perekat lagi di ujung gulungan. Lakukan hingga bahan habis. Sisihkan.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 8
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 8
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 8
9
Goreng lumpia dengan minyak panas dan banyak. Goreng hingga kuning kecokelatan. Tiriskan.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 9
10
Buat sambal cocolannya, ya. Ulek kasar bawang putih dan cabe (cabe bisa disesuaikan selera) beri saos tomat, campur rata.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 10
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 10
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 10
11
Dalam teflon atau wajan kecil, didihkan 50 ml air, Masukkan saos tomat cabe tadi, masukkan 1 sdm saos sambal, aduk rata. Karena rasanya sudah pas jadi tidak saya tambah bumbu apa-apa lagi. Biarkan air sedikit menyusut. Angkat dan dinginkan.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 11
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 11
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 11
12
Lumpia Sayur Khas Bali siap disajikan lengkap dengan saosnya. Ini enak sekali. Oiya, semisal tidak punya kulit lumpia siap pakai, bisa membuat sendiri dengan resep yang saya sertakan di bawah ini. (Memang untuk kulit risoles, tapi bisa juga untuk lumpia) Selamat mencoba.
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 12
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 12
Lumpia Sayur Khas Bali - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

Bismillah #Cookpadcommunity_Kalsel Lagi suka yang kres- kres mumpung ada bahan yang praktis buatnya. Al hamdulillah bersyukur padaMu ya ...Allah.

Kemul Buncis Pedas Manis

Kemul Buncis Pedas Manis

Assalammualaikum...salam sejahtera dan sehat selalu...aamiin Yang menang kocokan arisan minggu ini di Arisan Cooksnap member 3C yaitu chef @dapoerMama_2670 Saya cooksnap kemul buncis nya, selain masakanya yg praktis, tertarik juga sama olahan buncisnya. Baru tau kalo buncis bisa dimasak balur tepung gini, selama ini taunya ditumis, dimasak kuah gitu2 aja. Dan setelah tau rasanya bener2 bikin nagih chef. Ini saya skip ragi instan nya, dan saya tambahin bumbu pedas manis. Tengyu inspirasi resepnya chef Nuning🙏👍🤤. Minggu, 07 11 2021 #ArisanCooksnap3C_NuningPutri #CookingCommunityClass #CookpadCommunity_Kotamu #SalamKompakSelalu

Tempe Mendoan Simpel Gak Pake Ribet

Tempe Mendoan Simpel Gak Pake Ribet

Pagi-pagi pengen nyemil, pengen mendoan tapi lagi mager. Pake bahan seadanya, gak kalah enak dari mendoan cafe gaes kalo masih anget ya wkwk.

4-5 orang
Lumpia (isi kulit semangka, wortel, tauge, ebi)

Lumpia (isi kulit semangka, wortel, tauge, ebi)

🍁 Bismillah,......... Ini pertama kalinya buat saya memasak dgn memanfaatkan kulit semangka (bagian putihnya). Langsung nyontek resep nya mba @Alodia_Kitchen, dengan penyesuaian bahan. Terimakasih ya mba untuk sharing ilmunya tentang #MasakSetiapBagian , sangat2 menginspirasi 🙏😊 Berikut link resep aslinya 👇 https://cookpad.com/id/resep/14214537-lumpia-pedas-isi-bayam-pepaya-muda-tauge?invite_token=SQnR4fUe1y3juFXJDrHurSnb&shared_at=1635079850 #CPBali_CooksnapVey #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_Bali

Bakwan jagung wortel

Bakwan jagung wortel

Biar minyak lagi mahal, gak bisa lepas dari gorengan. Gak ada gorengan sehari aja meja makan rasanya sepi banget, xixixi. Semoga berkenan ya mbk dessy, sehat selalu 🤗. Sumber : @dessy_solehyanti #GenkPejuangDapur #ArisanCooksnap_DessySolehyanti #CookmemberGenkPeDa_DessySolehyanti #GenkPeDa_DessySolehyanti #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Pajeon (Pancake Korea/Bakwan Korea)

Pajeon (Pancake Korea/Bakwan Korea)

Makanan ini termasuk hidangan korea, olahannya terbuat dari telur, tepung terigu, tepung beras, daun bawang dan bahan lain lainnya tergantung jenisnya. Pokoknya wajib ada daun bawang, krn itu bahan utama nya. Karna maksud dr pajeon itu berbahan dasar daun bawang. Sesuai dg penjelasan dr mba anif, mksh y mba resepnya, akhrnya menyantap makanan korea 😍😍 Source : @dshh_29060818 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookMemberGenkPeDa_AnifAgustina #CookpadCoomunity_Sumbar

Gehu Jeletot

Gehu Jeletot

Haloo Lur ! Gehu Jeletot ini salah satu kudapan yang paling saya suka. Gehu singkatan dari Tauge Tahu. Jadi bisa dibilang Gehu Jeletot ini Tahu Isi Tauge Pedasss Pertama kali saya tau menu ini waktu saya sempat tinggal di Skyland Jatinangor. Nah di seberangnya Skyland tuh ada Mamang Mamang pedagang Gehu Jeletot. Enaaaak banget, seuhah pisaaan !! 😋😋 Alhasil hampir tiap sore saya jajan Gehu Jeletot hahahaha. Resep tepungnya saya cooksnap resep Mba @didowardah yaaa Lur, mantab banget renyaaah dan awet juga renyahnya. Resep bisa diakses di sini Lur : https://cookpad.com/id/resep/3777235-tahu-jeletot-khas-bandung-anti-gagal-cocok-untuk-bisnis-rumahan?invite_token=SBzHAmwvTZfBLamQN9YPtYd9&shared_at=1636040723 Oh ya untuk resep isiannya, saya lampirkan aja yaaa (lihat resep di bawah 👇) biar lebih lengkap. Yuk cekidot !

± 10 buah
± 60 menit
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Ujan2 gini tu enaknya makan gorengan yang masih anget2 & teh manis anget..😆

Gorengan mangga

Gorengan mangga

Mangga digoreng? kenapa tidak.. yuk dicoba mom. Sebaiknya gunakan mangga yang matang dan manis ya, supaya kriuk di luar, lumer manis di dalam

Lumpia Sayur Daging!

Lumpia Sayur Daging!

Di resep asli pake daging cincang, aku pake beef burger. Source : Mba @moonas_kitchen ☺️ #CookpadCommunity_Depok #LumpiaSayurDaging

Bakwan Sayur 🥬

Bakwan Sayur 🥬

Resep bakwan sayur simpel dari my mom 😁

30 menit
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Masih dengan tema makanan khas Semarang, saya mau coba bikin lumpia Semarang. Secara makanan ini favorit suami banget. Lumayan jg kalo bisa bikin, walaupun hrs bbrp kali percobaan supaya dpt rasa yg pas nih.. semangaat💪💪💪 Oh ya ini hanya beberapa sj yg sy goreng, karena suami lebih suka yg dikukus atau dipanggang. Dan saya tambah ayam suir sedikit supaya ada gurih2nya. Btw terima kasih Madam Elisabeth dan mba Riska🙏 Sumber resep lumpia dan kulitnya: @DapoerMADAMElisabeth Sumber resep saos manis: @cook_13361238 mba Riska Citra Nurlita #Rekreasi_Semarang #ANJANGSANAKHAS_SEMARANG #COOKPADCOMMUNITY_BOGOR

15 pcs
Bakwan bihun

Bakwan bihun

Yuk buat cemilan dari olahan bihun. Masaknya praktis karena menggunakan tepung bakwan instan. Bakwan bihun ini enak dimakan hangat dengan saos sambal atau cabai rawit. #PekanPosbar #KreasiBihun

Lumpia Bali ala Pantai Sanur

Lumpia Bali ala Pantai Sanur

Minggu lalu #CookpadCommunity_Surabaya melali (jalan-jalan) ke Bali ditemani Mbak @oliveiafaizin. Sungguh jadi pingin melali betulan ke sana... 😍 Diantara banyak resep yang direkomendasikan, sebenarnya ada beberapa yang sudah lama saya cookmark, dan pengen eksekusi 😄, tapi begitulah, nggak kesampaian hingga saatnya tiba. Banyak resep teman-teman #CookpadCommunity_Bali yang bikin saya ngiler. Kali ini saya coba bikin Lumpia Bali. Cooksnap dari Erlyn Bukhori @Erlyn_DapurMomsKI, sumber dari Ni Ketut Kardini @GayaUnik_Kitchen Matur suksma Mbak2 cantik.. serasa duduk2 di Sanur. Bikin ini cukup cepat, dan habisnya sekejap. 😍 #CoboyNgaco #CoboyNgacoBareng_OliveiaFaizin #NgacoBareng_OliveiaFaizin #CoboyWani #Cooksnap #CoboyCooksnap #Rekreasi_Bali

10 porsi
Risol Ayam Sayur

Risol Ayam Sayur

Sekarang kalo sore suka mendung, Papi juga WFH jadi kalo sore suka request cemilan yang anget anget gitu, jadi kali ini Mom bikinin aja risol ayam sayur, jadi gizi nya dapet, kenyang nya dapet, gimana cara bikin nya? Cuss yuk Mom share

12 keping
1 jam 30 menit
Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Ceritanya ponakan mendadak mo dateng, tapi cuma ada lauk seadanya. Di kulkas pun cuma ada tahu sebiji, kurang pantes klo digoreng biasa aja 😅 so, kita sulap jadi bakwan tahu aja yuk. Udah praktis, cepet, dan jadi banyaakk 😁😁

5 orang
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

source : @dapurkobe menu simple dan mudah, apalagi u anak2 yg susah makan sayur, bisa di akalin dg dibuatkan bakwan. tambah simple dan praktis mengunakan tepung bakwan kress kobe, jadi lebih mudah. silahkan di coba yah bunda 😘 #cookpadcommunity_Depok

20m
Bakwan Baby MPASI 9m

Bakwan Baby MPASI 9m

Baby akhir-akhir ini kalau makan suka diemut doang lama ngunyahnyaa.. jadilah puter otak cari tambahan lauk untuk stimulasinya biar mau ngunyah.. alhamdulillah jadi lebih cepet makannya karna disela2 makan sambil disuapin pakai tangan si bakwan ini😘 selamat mencobaa

+/- 15 buah
Tempe Goreng Sajiku

Tempe Goreng Sajiku

Resep suka2 aja siii, suami suka tempe, rencana mau bkin mendoan, tp kok kyaknya ribet yaaa, ya udah deh bkin tempe goreng sajiku aja, lebih praktis,

4 orang
30 menit