Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) yang Lezat Sekali

Dipos pada January 2, 2022

Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya)

Anda sedang mencari inspirasi resep Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) sekitar 16 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) memakai 43 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.🙏 Masih moment lebaran nih.. sama seperti lebaran2 sebelummnya. Menu hari raya nya sederhana saja. Karena yaa cuma untuk bertiga aja dirumah. Kali ini bikin opor dari daging ayam kampung. Semoga ibu Yeni dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_solo #pejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya):

  1. 🔹Bahan Lontong :
  2. 300 gr beras kwalitas bagus
  3. 500 ml air, utk memasak nasi
  4. Secukupnya Daun pisang yang panjang
  5. Lidi potong serong untuk menyemat
  6. 🔹Bahan Opor :
  7. 1 ekor ayam kampung (berat 2 kg), potong 16 bagian
  8. 2 santan Cair instan (kara)
  9. 1 sdm air asam jawa
  10. 1 sdm gula merah sisir
  11. 1 batang serai, ambil putihnya lalu digeprek
  12. 2 lembar daun salam
  13. 2 lembar daun jeruk
  14. 1 ruas jari lengkuas digeprek
  15. 3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  16. 8 siung bawang merah, haluskan
  17. Secukupnya air
  18. Secukupnya garam
  19. Secukupnya gula pasir
  20. Secukupnya kaldu bubuk
  21. 5 siung bawang putih, haluskan
  22. 5 butir kemiri, haluskan
  23. 1 sdt merica, haluskan
  24. 1/2 sdt jinten, haluskan
  25. 1 sdm ketumbar, haluskan
  26. 1 ruas jari kunyit, haluskan
  27. 2 cm jahe, haluskan
  28. 🔹Bahan& Bumbu Sambal Goreng :
  29. 3 siung Bawang putih, rebus&haluskan
  30. 6 siung Bawang merah, rebus &haluskan
  31. 5 buah Cabai merah keriting. Rebus&haluskan
  32. 3 butir Kemiri, Rebus& Haluskan
  33. 2 lembar Daun salam
  34. 1 ruas Lengkuas, memarkan
  35. 1,5 sdt Garam
  36. 1 sdm Gula merah, sisir
  37. 300 ml Santan sedang
  38. 3 sdm Minyak, untuk menumis
  39. 800 ml air
  40. 1 buah Hati ampela ayam, rebus dan potong dadu
  41. 3 buah kentang potong dadu
  42. 1/4 kg krupuk sapi (cecek)/ krupuk sayur
  43. 3 buah Cabai merah besar, buang biji dan iris serong

Langkah-langkah untuk membuat Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya)

1
SAMBEL GORENG KENTANG ATI AMPELA : 1. Cuci bersih ati ampela, rebus sampai matang. Angkat. tiriskan, lalu potong dadu. Potong dadu juga si kentang. 2. Rebus bumbu halus, kecuali kemiri. Kemudian haluskan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan air. 3. Masukkan hati ampela,krupuk sapi (cecek) dan kentang. Aduk rata. Tambahkan garam dan gula merah. Aduk rata. Tuang santan. Aduk sampai bumbu menyerap dan mengental. Angkat.
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 1
2
OPOR : 1. Haluskan semua bumbu halus. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. 2. masukkan air asam, gula, garam lalu masukkan ayam tumis sebentar, lalu masukkan santan cair 1 gelas kemudian ditutup sampai ayamnya empuk. 3. Setelah bumbu meresap dan ayam empuk, masukkan santan kental kemudian aduk sampai mendidih, lalu cicipi dan koreksi rasa, angkat.
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 2
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 2
3
LONTONG : Cuci beras lalu tiriskan. rebus sampai air terserap/setengah matang (diaron). Angkat. Rebus air dalam jumlah banyak sampai mendidih, gunakan panci besar. Ambil 2 lembar daun pisang, tumpuk. Letakkan 2-3 sendok makan nasi aron. Gulung daun pisang baik-baik. Sematkan kedua ujungnya dengan lidi. Lakukan langkah ini sampai nasi aron habis. Masukkan lontong mentah ke dalam panci berisi air mendidih. Pastikan lontong terendam.
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 3
4
Rebus selama lebih kurang 4 jam dengan api sedang sambil aduk balik sesekali. Jika matang, angkat lontong dari air. Tiriskan, letakkan berdiri agar air mudah keluar. Dinginkan, kemudian potong sesuai selera.
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 4
5
PENYAJIAN : Tata itisan lontong, sambel goreng dan daging ayam. Sajikan.
Lontong -Opor Sambel Goreng (Set Menu Sederhana Untuk Hari Raya) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

248. Opor Putih Tahu Tempe Telur (3T)

248. Opor Putih Tahu Tempe Telur (3T)

Gak cuma sambal penyet yg pake menu 3T, Tahu Tempe Telur. Opor pon bisa. Sedap. #ResepRumahan

1jam
Es Alpukat Buah Naga

Es Alpukat Buah Naga

Bismillahirrahmanirrahim..... 7 Ramadhan 1442 H Alhamdulillah Ramadhan sudah di hari ke tujuh, senang sekali Kemaren mendapat kesempatan ikut kegiatan di RAKIT, banyak banget ilmu yang di dapat bisa lebih mengenal teman-teman Cookpad juga, kebetulan saya mengikuti 2 kelas di RAKIT yaitu kelas Manajemen Dapur dan kelas Bakulan.... Di kelas Manajemen Dapur saya jadi tau mulai dari menata dapur, isi kulkas sampai mengatur uang belanja. Sementara di kelas Bakulan, saya jadi tau cara memasarkan produk di medsos hingga menentukan harga jual dan mengambil peluang bisnis. Bahkan yang paling berkesan bagi saya adalah ilmu Furoshiki nya, hanya dengan selembar kain kita bisa membungkus berbagai bentuk benda sehingga memudahkan di bawa kemana-mana sehingga bisa meminimalisir penggunaan plastik. sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih atas ke dua kegiatan tersebut, dengan rasa GEMBIRA saya buatkan ta'jil khusus hari ini.....😘🥰 Saya bikin Es alpukat buah naga, saya sebut ini es campur karena ada temannya, sehingga alpukat dan buah naga nya tidak sendirian 😂 Ini beneran seger dan manis loh, kalau ndak percaya ayooo silahkan ikutan bikin juga, kalau masih kurang manis juga....sini duduknya dekat saya aja 😀😀😀 Intip resepnya yuuuk....... #EsCampur #EsAlpukatBuahNaga #BerapiBerami_AnekaEsCampur #EsDiCampur #PekanPosbarEsCampur #POSBARGEMBIRA #RAKITDICOOKPAD #RAKIT2021 #PosbarKampoengRamadhan #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Opor Ayam

Opor Ayam

Ada lontong dan ayam tinggal 4 potong. Dibikin opor aja ditambahin telur 😅

3-4 orang
1 jam
Kolak Pisang Kolang Kaling Gula Aren

Kolak Pisang Kolang Kaling Gula Aren

Takjil kita hari ini ☺️ #KampoengRamadan # #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

MPASI 9+ BUBUR NASI OPOR AYAM

MPASI 9+ BUBUR NASI OPOR AYAM

Makin mulai semangat bikin MPASI buat baby bening, tiap dibuatin makannya lahap banget tak tersisa anak pinter, anak hebat. Smoga kedepannya makin banyak menu yang dia kenal ya & dia suka.

3x makan
1 jam 30 menit
#244. Sate Tahu Bumbu Kacang

#244. Sate Tahu Bumbu Kacang

Minggu, 18 April 2021 Alhamdulillah posbar minggu pertama dibulan suci Ramadhan bulan yang penuh barokah, dengan tema "pekan posbar protein". Makanan yang mengandung protein dan gizi yang seimbang akan mendukung kelancaran Ibadah puasa kita. Salah satu makanan yang mengandung protein adalah tahu. Tahu merupakan salah satu jenis protein nabati, bisa diolah menjadi berbagai macam olahan dari olahan basah sampai kering. Kali ini saya buat sate tahu rasanyapun tak kalah dengan sate ayam. #PekanPosbar #PosbarProtein #CookpadCommunity_Indonesia #Cookpadcommunity_Madura #Cookpadcommunity_Kangean #Masakitusaya #CookpadIndonesia #stayathome #dirumahaja #kedapuraja #Dapoer_Windha

Martabak telor isi jagung & wortel🌽🥕

Martabak telor isi jagung & wortel🌽🥕

Ada kulit lumpia, bikin martabak telor aja buat buka puasa🥚

Opor Ayam FiberCreme

Opor Ayam FiberCreme

Resep nya ada di balik kemasan FiberCreme tapi ada bahan nya yg aku kurangin dan aku tambahan ..

4 org
Pacri nanas

Pacri nanas

Bismillahirrahmanirrahim... Dari kemarin"pengen masak pacri baru sekarang bisa di kerjakan... Kata pak suami tinggal di rebuskan telur asin dan goreng ikan asin jadi lah menu berbuka puasa sore nanti😊 #Pacrinanas #Makwin #dirumahaja #cookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

5 orang
1 jam
Bolu Pisang Kurma

Bolu Pisang Kurma

Mau kasih teman yg sedang ultah,bikin bolu aja yg simple dan karna dalam suasana ramadhan aku kasih potongan kurma jadilah bolu pisang kurma ini😄😁 Untuk resep bolu pisangnya sudah terbukti enak ya..itu kata aku😁😊😘 #KampungRamadan #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Menu Lengkap MPASI 6+ (Bubur Opor Ayam)

Menu Lengkap MPASI 6+ (Bubur Opor Ayam)

Baca-baca buku soal mpasi ternyata Santan juga bisa buat lemak tambahan, jadi nyoba bikin opor ayam

3 porsi
Ayam Opor (Pelengkap Nasi Ayam Semarang)

Ayam Opor (Pelengkap Nasi Ayam Semarang)

Ini adalah pelengkap nasi ayam Semarang. Bumbu kuah nya kental terasa manis & gurih. Nasi Ayam Semarang masakan khas kota Semarang . Rasanya sedeeep bangeet, bisa disajikan utk sarapan pagi maupun utk menu makan malam. CS dari : @dina_khansa24 #CookpadCommunity_Depok #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #CooksnapDepok_Semarang #Posbar #Rekreasi_Semarang

1 jam
Opor ayam

Opor ayam

#PejuangGoldenBatikApron

4 orang
1 jam 20 menit
Es tomat lemon

Es tomat lemon

Bismillahirrahmanirrahim... 7 Ramadhan 1442 H Alhamdulillah bisa menjadi salah satu peserta RAKIT... Dan terimakasih saya ucapkan untuk bingkisan RAKIT nya 🤗...in shaa Allah mudah mudahan tahun depan ada RAKIT lagi😊... Di kelas RAKIT saya memilih Bakulan...dan mendapat kelompok KAIN...senang itu sudah pasti banyak mendapat teman dan berbagi pengalaman satu sama lain dari berbagai daerah... Banyak ilmu yang di dapat... bagai mana cara memasarkan bakulan dari segi pemasaran dan harga jual. Dan satu lagi ilmu yang di dapat di RAKIT ini...furoshiki...dari sebuah kain bisa menjadi suatu wadah untuk membawa barang atau benda selain ringan bentuknya pun cantik. Ucapan rasa syukur dan GEMBIRA 💐 saya mempersembahkan minuman yang menyegar kan...dengan bahan yang sederhana dan murah meriah. Rasa nya segar manis dan aroma lemon nya berasa enak di tenggorokan🤗... #Estomatlemon #PosbarGembira #EsCampur #PosbarKampoengRamadan #COOKPAD #RAKIT2021 #cookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia

2 orang
15 menit
Kelepon

Kelepon

Kelepon ini makanan terfavorit sepanjang masa, acara syukuran pasti ada Kelepon, takjil pasti ada, jajanan pasar pasti ada. Dmn2 ada 😂😂😂 Di Aceh nama nya boh rom rom, klo Melayu buah melaka . Kalau di daerah kalian apa ?

Opor ayam

Opor ayam

2 orang
Nugget Nangka dan Pisang

Nugget Nangka dan Pisang

Buka puasa pengen makan yang manis2 dulu. Bikin nugget ajah deh. #PejuangGoldenApron3

1 keluarga